- Struktur sosial dalam sekolah adalah :
- Materilnya (guru, murid dll)
- Hubungan antar materil (apa yang diharapkan guru dari murid dan sekolah)
- hakekat masyarakat itu sebagai keseluruhan (yakni cara bagian bagian menjadi suatu kesatuan yang menjalankan fungsinya)
- dalam struktur sosial sekolah, kepala sekolah menempati posisi teratas dan pesuruh sekolah adalah yang terendah.
- Kedudukan dan status menentukan posisi seseorangdalam struktur sosial
- Kedudukan dan status indvidu juga mempengaruhi perananya.
- Kedudukan seorang ada yang diperoleh berdasarkan kelahiran, ada pula yang diperoleh berkat usahanya sendiri
- Peranan adalah konsekuensi atau akibat kedudukan atau posisi seseorang yang mencakup hak dan kewajiban yang bertalian dengan kedudukan
Tingkat kedudukan dalam masyarakat sekolah :
- yang berkenaan dengan orang dewasa serta hubungan diantara mereka : mengenai kasek,guru, pegawai administrasi, pesuruh.
- yang berkenaan dengan system kedudukan dan hubungan antara murid-murid.
Kedudukan kepala sekolah di sekolah:
- menduduki posisi teratas dan sebagai pemimpin dalam struktur sekolah
- merupakan perantara antara atasan yakni kanwil dan guru
- sebagai konsultan yang memberikan nasehat, petunjuk dan saran kepada guru dalam usaha memperbaiki mutu sekolah
- sebagai pelindung dan perisai guru terhadap reaksi dari pihak luar
kedudukan guru dalam struktur sekolah :
- sebagai pegawai dan bawahan dari kepala sekolah
- sebagai tenaga pengajar
Hubungan Guru-Murid mempunyai ciri sebagai berikut :
- terdapat status yang berbeda antara murid dan guru. Guru mempunyai status yang lebih tinggi dari murid
- biasanya murid diharapkan mengalami perubahan kelakuan sebagai hasil belajar
- perubahan kelakuan yang diharapkan mengenai hal-hal tertentu yang lebih spesifik, misalnya agar menguasai bahan pelajaran tertentu
clique atau kelompok di kalangan guru disebabkan berbagai factor antaralain :
- jenis kelamin
- minat professional untuk membicarakan masalah-masalah pendidikan
- kesamaan minat
- lokasi atau tempat tinggal
struktur sosial murid di sekolah :
- pada umumnya struktur sosial murid bersifat tak formal. Kedudukan murid dalam sekolah hanya diketahui dalam lingkungan sekolah saja.
- Untuk mempelajari struktur informal murid, maka digunakan beberapa metode. Antara lain :
- Teknik sosiometri : dalam garis besarnya kepada murid ditanyakan berbagai hal menyangkut murid lainya. Maka hasil pertanyaan ini akan menghasilkan sosiogram.
- Metode partisipasi-observasi : yakni sambil turut berpartisipasi dalam kelompok tertentu selama beberapa waktu mengadakan observasi tentang kelompok tertentu.
- Di dalam sekolah terdapat kedudukan murid dan hubungan di antara mereka. Antara lain :
- Hubungan dan kedudukan berdasarkan usia dan tingkat kelas
- Struktur sosial berhubungan dengan kurikulum
- Kelompok persahabtan di sekolah
- Hubungan struktur masyarakat dengan pengelompokandi sekolah
- Kelompok elite
- Kelompok siswa yang mempunyai organisasi formal
Sosiologi pendidikan, Nasution.S Prof.Dr.MA, Jemmars, Bandung, 1983
fahdi yang nulis
0 komentar:
Posting Komentar