Minggu, 11 Maret 2018

PERAWATAN DAN PERBAIKAN COOLING SYSTEM KOMATSU HD785-7


LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
PT. PAMAPERSADA NUSANTARA
PERAWATAN DAN PERBAIKAN COOLING SYSTEM KOMATSU HD785-7








Nama          : Ady Syaifullah
NIS              : 955
Jurusan       : Tekhnik Kendaraan Ringan



  PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMKN 1 KINTAP
2016/2017



LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
PERAWATAN DAN PERBAIKAN COOLING SYSTEM KOMATSU HD785-7

Ady Syaifullah
NIS : 955

Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
SMKN 1 KINTAP

Tanggal :13-04-2017

Mengesahkan :
Pembimbing sekolah                                                                               Ketua Prakerin  
                                                                                                               Teknik Kendaraan Ringan


Yusuf wibisono S.Pd.I                                                                      Bobby pudjianto,S.Pd

Disetujui oleh :

Kepala Sekolah SMKN 1 KINTAP



Sudianto, SP

NIP: 197105026998021004


LEMBAR PENGESAHAN DUNIA INDUSTRI
PERAWATAN DAN PERBAIKAN COOLING SYSTEM KOMATSU HD785-7
Ady Syaifullah
NIS : 955

Telah disahkan oleh :
Departement PLANT
PT. PAMAPERSADA NUSANTARA Distrik PLANT

Tanggal :13-04-2017

Disetujui Oleh :

       Plant Dept. Head                                                                      Pembimbing Industri


Rochmandjai E.P                                                                              Wahyu K.I

Mengetahui :

Project Manager PT.Pamapersada Nusantara
Distrik ARIA


Bayu Setyawan



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Industri ini. Laporan ini merupakan hasil dari kegiatan Praktik Kerja di PT.Pamapersada Nusantara yang di lakukan kurang lebih 3 (tiga) bulan yang di mulai dari tanggal 09 Januari 2017 s/d 13 April 2017.
Laporan ini disusun untuk memenuhi persyaratan praktik kerja industri jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kintap agar dapat di jadikan sebagai bahan pengetahuan tambahan serta pengenalan pada siswa tentang dunia usaha agar dapat lebih mudah nantinya dalam dunia industri.
Adapun keberhasilan penulis dalam membuat laporan ini tidak lepas dari bantuan dan kerja sama dari berbagai pihak yang telah bersedia membimbing serta memberikan ilmu, amanah dan nasehat-nasehat yang bermanfaat nantinya bagi penulis.
Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.      Tuhan yang maha esa beserta Nabi Muhammad SAW yang telah  melipahkan
karunianya kepada saya.
2.      Bapak Bayu Setyawan, selaku Project Manager PT. Pamapersada Nusantara Distrik Aria.
3.      Bapak  Sudianto, sebagai Kepala Sekolah SMKN 1 Kintap.
4.      Bapak Bobby Pudjianto spd, sebagai kepala program Teknik kendaraan ringan SMKN 1 Kintap.
5.      Bapak Yusuf wibisono, sebagai pembimbing sekolah Praktik kerja Industri.
6.      Bapak Rochmandjai Ekoprasetyo, sebagai Plant Dept Head.
7.      Bapak Wahyu K.I, sebagai pembimbing industri.
8.      Seluruh karyawan Departement Plant dan karyawan PT.Pamapersada Nusantara yang telah memberikan bimbingan, arahan serta pelajaran yang belum saya dapat sebelumnya.
9.      Kedua orang tua beserta kerabat yang senantiasa memberikan dukungan dan do’a restunya.
10.  Seluruh guru dan semua Staff SMKN 1 Kintap.
Laporan ini disusun untuk memenuhi persyaratan kelulusan Praktik Kerja Industri Semester II jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kintap dan bisa menjadi pengetahuan serta pengenalan bagi siswa tentang Dunia Industri.
Tak ada gading yang tak retak, begitu pula laporan saya ini. Penulis menyadari bahwa
dalam menyusun laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan masukan–masukan dan saran yang sifatnya membangun, guna nantinya dalam membuat laporan berikutnya akan lebih baik dan sempurna.
Akhirnya penulis hanya bisa berharap nantinya laporan ini bisa bermanfaat bagi semua pihak, terutama saya sendiri.



Kintap, 13-04-2017
Penulis




Ady Syaifullah











DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................i                   
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH................................................... ii
LEMBAR PENGESAHAN DUNIA INDUSTRI.................................... iii
KATA PENGANTAR............................................................................... iv
DAFTAR ISI.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR................................................................................. vi
DAFTAR TABEL...................................................................................... vi
DAFTAR LAMPIRAN............................................................................. vi
DAFTAR NILAI PRAKEIN DARI INSTANSI........................................

DAFTAR GAMBAR
3.1 Gambar Cooling System...................................................................... 15
3.2.1 Gambar Radiator.............................................................................. 16
3.2.2 Gambar Thermostat.......................................................................... 16
3.2.3 Gambar Water Pump........................................................................ 17
3.2.4 Gambar Oil Cooler............................................................................ 17
3.2.5 Gambar Cylinder Head..................................................................... 17
3.2.6 Gambar Cylinder Liner..................................................................... 18

DAFTAR TABEL
2.5 Tabel Jam kerja karyawan.................................................................... 13
4.1 Tabel Engine Overheat........................................................................ 18
DAFTAR LAMPIRAN
Daftar Absensi Siswa Magang.................................................................. 21

BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang masalah.......................................................................... 1
1.2 Tujuan prakerin...................................................................................... 1
1.3 Manfaat Praktik Kerja Industri.............................................................. 2
1.3.1 Bagi Peserta Praktik Kerja Industri............................................... 2
1.3.2 Bagi Sekolah Menengah Kejuruan................................................. 2
1.3.3 Bagi Perusahaan............................................................................. 2
BAB II. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Profil Perusahaan/instansi...................................................................... 3
2.2 Lokasi Instansi....................................................................................... 3
2.3 Visi dan Misi Perusahaan/instansi.......................................................... 4
2.4 Struktur Organisasi Perusahaan/instansi................................................ 5
2.5 Jam Kerja Karyawan.............................................................................. 6
BAB III. LANDASAN TEORI
3.1 Nama Komponen COOLING SYSTEM HD785-7.............................. 7
3.2 Fungsi COOLING SYSTEM HD785-7................................................ 8
3.3 Cara Kerja COOLING SYSTEM HD785-7....................................... 10               
BAB IV.  PEMBAHASAN
4.1 Troble Masalah Yang Sering Terjadi
      Pada COOLING SYSTEM HD785-7..................................................11
BAB V. PENUTUP
5.1 Kesimpulan.......................................................................................... 12
5.2 Saran-Saran.......................................................................................... 12
5.2.1 Saran Untuk Perusahaan.............................................................. 12               
5.2.2 Saran Untuk Sekolah................................................................... 12

DAFTAR PUSTAKA............................................................................. 13
LAMPIRAN............................................................................................. 14

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Laporan praktik kerja industri (prakerin) ini dibuat sebagai salah satu syarat  kenaikan kelas bagi siswa/siswi SMK, disamping itu kurikulum pendidikan yang berlaku di SMK mewajibkan siswa/siswi untuk melakukan praktik kerja industri di perusahan/Industri, karena sebagai bekal pengalaman untuk bekerja di dunia Industri nanti.
Selama melaksanakan prakerin di PT.Pamapersada Nusantara banyak kegiatan yang dilaksanakan salah satunya melakukan perawatan dan perbaikan alat produksi dan alat support yang dimiliki PT.Pamapersada Nusantara. Dari kegiatan itu penulis memutuskan untuk mengambil judul laporan “Perawatan dan Perbaikan Cooling System KOMATSU HD785-7”.
Dengan kerja  industri (prakerin) penulis bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari dunia usaha/industri selain ilmu pengetahuan yang di dapat melalui pendidikan sekolah.

1.2 Tujuan praktik kerja industri
Kegiatan kerja industri atau pengalaman kerja lapangan yang bertujuan:
a.       Untuk menghasilkan tenaga kerja yang mempunyai keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
b.      Meningkatkan efisien proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
c.       Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
d.      Mempelajari organisasi atau tempat praktik yang mencakup nyata perusahaan struktur, manajemen, tenaga kerja dan lain-lain.
e.       Sebagai salah satu syarat mengikuti ujian akhir semester.




1.3 Manfaat Praktik Kerja Industri
         1.3.1  Bagi Peserta Praktik Industri
a.       Melatih kemandirian siswa dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan  yang terdapat di Dunia Usaha.
b.      Untuk memperoleh, mempraktikkan dan memperdalam ilmu yang telah  diperoleh
dibangku Sekolah ke dunia kerja/Industri.
c.       Mengenal cara kerja perusahaan secara umum.
d.      Dapat menambah wawasan dan pengalaman tentang praktik kerja di lapangan.
e.       Memberi bekal sebelum terjun ke dunia kerja secara nyata.
f.       Menambah bahan perbandingan antara teori yang diperoleh di bangku sekolah dengan praktik sesungguhnya di dunia kerja.
1.3.2  Bagi Sekolah Menengah Kejuruan
a.       Terjalinnya hubungan kerjasama dengan perusahaan yang ditempati untuk kerja praktik.
b.      Dapat mengetahui tolerasi antara ilmu yang diberikan dibangku sekolah dengan kondisi industri nyata.
1.3.3  Bagi Perusahaan
a.       Terjalinnya kerja sama dengan dunia pendidikan.
b.      Dapat membantu menyiapkan sumber daya yang potensial untuk perusahaan.













BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

2.1 Profil Perusahan/instansi
Nama Perusahaan                                    :   PT.Pamapersada Nusantara
Alamat Perusahaan                                 :   Simpang 4 Blok A/E, Desa Sungai Cuka,                                                                   
     Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut,
Kalimantan Selatan - 70883
Nama Kepala Perusahaan                       :  Bayu Setyawan
Jenis Perusahaan/Instansi                        :   Perseroan Terbatas (PT)
Bidang Usaha                                         :   Kontraktor Penambangan Batubara
Waktu Kerja                                            :   a. Hari Kerja        : 6 hari
                                                                    b. Hari Libur        : 1 hari
                                                                    c. Jam Kerja         : 06:00 s/d 18:00

2.2 Lokasi Instansi
Tempat pelaksanaan praktik kerja ini adalah di PT.Pama Persada Nusantara yang beralamatkan di : Simpang 4 blok A/E, Desa Sungai Cuka, Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut . Kode Pos 70883.

2.3  Visi Dan Misi Perusahaan

2.3.1. Visi Perusahaan PT.Pama Persada Nusantara
To be World Leader Mining Contractor With The Best PRESENT
(Productivity, Engineering, Safety and Environment)
“Menjadi Pemimpin kontraktor pertambangan kelas Dunia dengan Produktivitas,
Kemanpuan Enginering, Pengendalian Lingkungan dan Keselamatan kerja yang Terbaik”
2.3.2. Misi Perusahaan PT.Pama Persada Nusantara
a.    Menyediakan jasa operasi dengan peralatan berat dalam bidang pertambangan dan pemindahan tanah yang memungkinkan pelanggan memperoleh manfaat yang terbaik di tingkat dunia.
b.    Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengembang kompetensi untuk mencapai tujuan hidupnya.
c.    Memberikan nilai tambah pasar dan nilai tambah ekonomi yang terbaik bagi pemegang saham.
d.   Berupaya secara terus menerus untuk menguasai teknologi dan kemampuan rekayasa  yang berwawasan pada lingkungan dan keselamatan kerja.
e.    Melangsungkan usaha yang berkesinambungan dan bermanfaat kepasda bangsa dan Negara.

2.3.3 Visi Departemen Plant

To be be the best provider of product support with high availability

Best performance and the lowest possible reliable cost

“Menjadi Penyedia Product Spport yang Terbaik dengan Kesiapan Alat Tinggi,

Kemampuan yang Terbaik, Biaya yang Sewajarnya dan Serendah Mungkin”

 2.3.4 Misi Departement Plant
To be be the best provider of product support with high availability

Best performance and the lowest possible reliable cost

“Menjadi Penyedia Product Spport yang Terbaik dengan Kesiapan Alat Tinggi, Kemampuan yang Terbaik, Biaya yang Sewajarnya dan Serendah Mungkin”




2.4 Struktur Organisasi Perusahaan / instansi










2.5 Jam Kerja Karyawan
JAM KERJA KARYAWAN PLANT DEPARTEMENT
Jabatan/posisi
SHIFF
IN
OUT
Staff
SHIFF 1
06:00
18:00
SHIFF 2
18:00
06:00
Mekanik
SHIFF 1
06:00
18:00
SHIFF 2
06:00
18:00
Administrasi

07:00
17:00

 Waktu Kerja                                    :  Hari Kerja             : 6 hari
 Hari Libur             : 1 hari
 Jam Kerja              : 06:00 s/d 18:00
07:00 s/d 17:00
 jam Kerja Industri            : 07:00 s/d 17:00














BAB III
LANDASAN TEORI

3.1 Komponen Cooling System Komatsu HD 785-7
                                                                3.1 Gambar Cooling System







3.2 Fungsi Cooling System Komatsu HD 785-7
 Fungsi cooling system yaitu sebagai pendingin pada engine, sistem ini sangat di butuhkan pada setiap engine untuk dapat menyeimbangkan kinerja engine.
      
3.2.1 Radiator
Radiator berfungsi sebagai media pendingin air engine. Dan mendinginkan air tersebut dengan bantuan udara luar.
3.2.1 Gambar Radiator
3.2.2 Thermostat
          Untuk mengatur saat membuka dan menutup aliran air pendingin ke radiator, sehingga temperatur air pada sistem tetap pada batas-batas yang sudah di tentukan (70derajat C – 90derajat C).
                                                                             
3.2.2 Gambar Thermostat






3.2.3 Water Pump
Berfungsi untuk mensirkulasikan air dengan tekanan ke dalam sistem pendingin. Semua pompa air yang dipergunakan  pada engine umumnya mempergunakan jenis sentrifugal pump.
                                                  





           
3.2.3Gambar Water Pump
3.2.4 Oil Cooler       
Berfungsi sebagai media penyerap panas dari oli engine yang akan didinginkan dari cooling system.
3.2.4 Gambar Oil Cooler
3.2.5 Cylinder Head
Berfungsi menahan tekanan pembakaran, mengendalikan panas dalam ruangan (dengan system pendinginan) dan tempat duduknya valve intake/exhaust.
3.2.5 Gambar Cylinder Head
3.2.6 Cylinder Liner
Berfungsi untuk melindungi bagian dalam cylinder block dari gesekan ring piston.
3.2.6 Cylinder Liner
3.2.7 Water Manifold
Merupakan tempat bertemunya air sebelum menuju ke thermostat.

3.2.8 Cylinder Block
 Berfungsi untuk tempat slinder yang berfungsi sebagai tempat bergeraknya piston.

3.3 Cara Kerja Cooling System Komatsu HD 785-7
Water pump digerakan oleh putaran crank shaft melalui mekanisme gear untuk mensirkulasikan air dengan tekanan tertentu ke sirkuit pendingin setelah dari pompa, air pertama-tama menuju ke oil cooler untuk mendinginkan oli pelumas engine dan oli sistem lainnya. Kemudian, air tersebut mengalir ke water jacket.
Didalam water jacket, air pendingin tersebut mengalir ke sekitar silinder liner dan mendinginkan silinder liner dan ruang bakar. Setelah ini air tersebut masuk ke water jacket silinder head.
Air tersebut kemudian masuk ke thermostat. Thermostat mendistribusikan air pendingin ke dua saluran, yaitu ke water pump dan radiator. Volume air yang didistribusikan tersebut tergantung pada temperaturnya. Air yang mengalir ke radiator didinginkan oleh udara yang dihembuskan oleh kipas.
Volume air yang didistribusikan tersebut tergantung pada tempatnya. Air yang mengalir ke radiator didinginkan oleh udara yang di hembuskan oleh kipas.
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Troble Masalah Yang Sering Terjadi di COOLING SYSTEM HD785-7
Troble
Analisa/Sebab
Cara Perbaikan
Cara mencegah
-Engine Overheating
-Air pendingin kurang



 

-Radiator buntu


 

-Thermostat rusak

 

-Terdapat  udara di dalam cooling system
 

-Water pump bocor

 

-Fan belt putus



-leveling (Menambah) air pendingin.




-Membersihkan radiator dengan di semprot angin dan bersihkan pakai air

-Mengganti thermostat baru


-Mencari penyebab masuknya udara cooling system dan perbaiki.

-Mengganti waterpump baru


-Mengganti fan belt baru


-Pada saat engine dingin pastikan air pendingin dapat terlihat pada bagian bawah leher tube sub tank pengisi radiator.

-Pengecekan rutin pada saat service.


-Pengecekan rutin pada saat service.

-Pengecekan rutin pada saat service.


-Pengecekan pada saat service.

-Pengecekan pada saat service.
4.1 Tabel Engine Overheat



















BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Dari hasil praktek kerja industri (prakerin) selama tiga bulan penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1.      Melaksanakan peraktek kerja indutri (prakerin) adalah suatu kesempatan untuk menguji dan melatih kemampuan yang di miliki siswa.
2.      Melaksanakan praktek kerja industri (prakerin) adalah suatu kesempatan untuk mencari pengalaman kerja dan wawasan yang tidak didapat disekolah.
3.      Setelah melaksanakan peraktek kerja industri (prakerin) siswa dapat merasakan bahwa pengalaman pendidikan tidak cukup hanya sampai di SMK jika ingin mencapai cita-cita atau meniti karir.
4.      Gangguan-ganguan yang sering terjadi pada cooling system adalah engine overheating sehingga keaadan mesin terlalu panas dann tidak maksimal.
5.2 Saran-saran
5.2.1 Saran untuk Perusahaan / Dunia Indusrti
· Semoga untuk selanjutnya PT.Pamapersada Nusantara dapat bekerja sama dengan SMKN 1 Kintap, dengan cara menerima siswa magang dari SMKN 1 Kintap di tahun-tahun berikutnya.
· PT.Pamapersada Nusantara diharapkan dapat memberikan pelatihan terkait kegiatan Praktik Industri untuk peserta magang pada kesempatan berikutnya.

5.2.2 Saran untuk Sekolah
· Melakukan pendekatan-pendekatan kepada dunia Industri agar dapat menjalin kerja sama secara terus-menerus.
· Pembimbing sekolah diharapkan dapat secara rutin melakukan monitoring agar pihak sekolah mengetahui keadaan para siswa didunia Industri.
· Sekolah diharapkan dapat mengadakan pembekalan dengan durasi waktu yang lebih lama.
· Sekolah diharapkan dapat melakukan pembekalan dalam bentuk praktik.

DAFTAR PUSTAKA
·         Motordiesel.pdf




























LAMPIRAN
Daftar Absensi Siswa Magang
No
Tanggal
Kehadiran
Keterangan
1
minggu , 01 jan 2017


2
senin , 02 jan 2017


3
selasa , 03 jan 2017


4
rabu , 04 jan 2017


5
kamis , 05 jan 2017


6
jum'at , 06 jan 2017


7
sabtu , 07 jan 2017


8
minggu , 08 jan 2017


9
senin , 09 jan 2017


10
selasa , 10 jan 2017


11
rabu , 11 jan 2017


12
kamis , 12 jan 2017
Hadir

13
jum'at , 13 jan 2017
Hadir

14
sabtu , 14 jan 2017
Hadir

15
minggu , 15 jan 2017

Libur
16
senin , 16 jan 2017
Hadir

17
selasa , 17 jan 2017
Hadir

18
rabu , 18 jan 2017
Hadir

19
kamis , 19 jan 2017
Hadir

20
jum'at , 20 jan 2017
Hadir

21
sabtu , 21 jan 2017
Hadir

22
minggu ,22 jan 2017

Libur
23
senin , 23 jan 2017
Hadir

24
selasa , 24 jan2017
Hadir

25
rabu , 25 jan 2017
Hadir

26
kamis  26 jan 2017
Hadir

27
jum'at ,27 jan 2017

Ijin
28
sabtu , 28 jan 2017

Libur
29
minggu 29 jan 2017

Libur
30
senin , 30 jan 2017
Hadir

31
selasa , 31 jan 2017
Hadir

No
Tanggal
Kehadiran
Keterangan
1
rabu , 01 Feb 2017
Hadir

2
kamis , 02 Feb 2017
Hadir

3
jum'at , 03 Feb 2017
Hadir

4
sabtu , 04 Feb 2017
Hadir

5
minggu , 05 Feb 2017

Libur
6
senin , 06 Feb 2017
Hadir

7
selasa , 07 Feb 2017
Hadir

8
rabu , 08 Feb 2017
Hadir

9
kamis , 09 Feb 2017
Hadir

10
jum'at , 10 Feb 2017
Hadir

11
sabtu , 11 Feb 2017

Kesekolah
12
minggu , 12 Feb 2017

Libur
13
senin , 13 Feb 2017
Hadir

14
selasa , 14 Feb 2017
Hadir

15
rabu , 15 Feb 2017
Hadir

16
kamis , 16 Feb 2017
Hadir

17
jum'at , 17 Feb 2017
Hadir

18
sabtu , 18 Feb 2017
Hadir

19
minggu , 19 Feb 2017

Libur
20
senin , 20 Feb 2017

Libur
21
selasa , 21 Feb 2017
Hadir

22
rabu , 22 Feb 2017
Hadir

23
kamis , 23 Feb 2017
Hadir

24
jum'at , 24 Feb 2017
Hadir

25
sabtu , 25 Feb 2017
Hadir

26
minggu , 26 Feb 2017

Libur
27
senin , 27 Feb 2017
Hadir

28
selasa , 28 Feb 2017
Hadir

29



30



31











No
Tanggal
Kehadiran
Keterangan
1
rabu , 01 Mar 2017
Hadir

2
kamis , 02 Mar 2017
Hadir

3
jum'at , 03 Mar 2017
Hadir

4
sabtu , 04 Mar 2017
Hadir

5
minggu , 05 Mar 2017

Libur
6
senin , 06 Mar 2017
Hadir

7
selasa , 07 Mar 2017
Hadir

8
rabu , 08 Mar 2017
Hadir

9
kamis , 09 Mar 2017
Hadir

10
jum'at , 10 Mar 2017
Hadir

11
sabtu , 11 Mar 2017

Kesekolah
12
minggu , 12 Mar 2017

Libur
13
senin , 13 Mar 2017
Hadir

14
selasa , 14 Mar 2017
Hadir

15
rabu , 15 Mar 2017
Hadir

16
kamis , 16 Mar 2017
Hadir

17
jum'at , 17 Mar 2017
Hadir

18
sabtu , 18 Mar 2017
Hadir

19
minggu , 19 Mar 2017

Libur
20
senin , 20 Mar 2017

Sakit
21
selasa , 21 Mar 2017
Hadir

22
rabu , 22 Mar 2017
Hadir

23
kamis , 23 Mar 2017
Hadir

24
jum'at , 24 Mar 2017
Hadir

25
sabtu , 25 Mar 2017
Hadir

26
minggu , 26 Mar 2017

Libur
27
senin , 27 Mar 2017

Ijin
28
selasa , 28 Mar 2017

Libur
29
rabu , 29 Mar 2017
Hadir

30
kamis , 30 Mar 2017
Hadir

31
jum'at , 31 Mar 2017
Hadir







No
Tanggal
Kehadiran
Keterangan
1
sabtu , 01 Apr 2017
Hadir

2
minggu , 02 Apr 2017

Libur
3
senin , 03 Apr 2017
Hadir

4
selasa , 04 Apr 2017
Hadir

5
rabu , 05 Apr 2017
Hadir

6
kamis , 06 Apr 2017
Hadir

7
jum'at , 07 Apr 2017
Hadir

8
sabtu , 08 Apr 2017
Hadir

9
minggu , 09 Apr 2017

Libur
10
senin , 10 Apr 2017
Hadir

11
selasa , 11 Apr 2017
Hadir

12
rabu , 12 Apr 2017
Hadir

13
kamis , 13 Apr 2017
Hadir



0 komentar:

Posting Komentar