LAPORAN
KEGIATAN
PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
PT.
PAMAPERSADA NUSANTARA
PERAWATAN DAN PERBAIKAN COOLING SYSTEM KOMATSU HD785-7
Nama : Ady
Syaifullah
NIS :
955
Jurusan : Tekhnik
Kendaraan Ringan
PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMKN 1 KINTAP
2016/2017
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
PERAWATAN
DAN PERBAIKAN COOLING SYSTEM KOMATSU HD785-7
Ady Syaifullah
NIS : 955
Telah disahkan oleh :
Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
SMKN 1 KINTAP
Tanggal :13-04-2017
Mengesahkan :
Pembimbing sekolah Ketua Prakerin
Teknik Kendaraan Ringan
Yusuf wibisono S.Pd.I Bobby pudjianto,S.Pd
Disetujui oleh :
Kepala Sekolah SMKN 1 KINTAP
Sudianto, SP
NIP:
197105026998021004
LEMBAR PENGESAHAN DUNIA INDUSTRI
PERAWATAN
DAN PERBAIKAN COOLING SYSTEM KOMATSU HD785-7
Ady
Syaifullah
NIS : 955
Telah disahkan oleh :
Departement PLANT
PT. PAMAPERSADA
NUSANTARA Distrik PLANT
Tanggal :13-04-2017
Disetujui Oleh :
Plant Dept. Head Pembimbing Industri
Rochmandjai E.P Wahyu K.I
Mengetahui :
Project Manager PT.Pamapersada Nusantara
Distrik ARIA
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan
Praktik Kerja Industri ini. Laporan ini merupakan hasil dari kegiatan Praktik
Kerja di PT.Pamapersada Nusantara yang di lakukan kurang lebih 3 (tiga) bulan yang
di mulai dari tanggal 09 Januari
2017 s/d 13 April 2017.
Laporan ini
disusun untuk memenuhi persyaratan praktik kerja industri jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kintap agar dapat di jadikan sebagai
bahan pengetahuan tambahan serta pengenalan pada siswa tentang dunia usaha agar
dapat lebih mudah nantinya dalam dunia industri.
Adapun
keberhasilan penulis dalam membuat laporan ini tidak lepas dari bantuan dan
kerja sama dari berbagai pihak yang telah bersedia membimbing serta memberikan
ilmu, amanah dan nasehat-nasehat yang bermanfaat nantinya
bagi penulis.
Penulis mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada:
1.
Tuhan yang maha
esa beserta Nabi Muhammad SAW yang telah
melipahkan
karunianya
kepada saya.
3. Bapak Sudianto,
sebagai Kepala Sekolah SMKN 1 Kintap.
4.
Bapak Bobby Pudjianto spd, sebagai kepala
program Teknik kendaraan ringan
SMKN 1 Kintap.
5.
Bapak Yusuf wibisono, sebagai pembimbing sekolah Praktik kerja Industri.
6.
Bapak Rochmandjai Ekoprasetyo, sebagai Plant Dept Head.
7.
Bapak Wahyu K.I, sebagai pembimbing industri.
8.
Seluruh karyawan Departement Plant dan karyawan PT.Pamapersada Nusantara
yang telah memberikan bimbingan, arahan serta pelajaran yang belum saya dapat
sebelumnya.
9.
Kedua orang tua beserta kerabat yang
senantiasa memberikan dukungan dan do’a restunya.
10.
Seluruh guru dan
semua Staff SMKN 1 Kintap.
Laporan
ini disusun untuk memenuhi persyaratan kelulusan Praktik Kerja Industri
Semester II jurusan
Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kintap dan bisa menjadi
pengetahuan serta pengenalan bagi siswa tentang Dunia Industri.
Tak
ada gading yang tak retak, begitu pula laporan saya ini. Penulis menyadari
bahwa
dalam
menyusun laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan
masukan–masukan dan saran yang sifatnya membangun, guna nantinya dalam membuat
laporan berikutnya akan lebih baik dan sempurna.
Akhirnya
penulis hanya bisa berharap nantinya laporan ini bisa bermanfaat bagi semua
pihak, terutama saya sendiri.
Kintap, 13-04-2017
Penulis
Ady Syaifullah
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................i
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH................................................... ii
LEMBAR PENGESAHAN DUNIA INDUSTRI.................................... iii
KATA PENGANTAR............................................................................... iv
DAFTAR ISI.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR................................................................................. vi
DAFTAR TABEL...................................................................................... vi
DAFTAR LAMPIRAN............................................................................. vi
DAFTAR NILAI PRAKEIN DARI
INSTANSI........................................
DAFTAR GAMBAR
3.1 Gambar Cooling System...................................................................... 15
3.2.1 Gambar Radiator.............................................................................. 16
3.2.2 Gambar Thermostat.......................................................................... 16
3.2.3 Gambar Water Pump........................................................................ 17
3.2.4 Gambar Oil Cooler............................................................................ 17
3.2.5 Gambar Cylinder Head..................................................................... 17
3.2.6 Gambar Cylinder Liner..................................................................... 18
DAFTAR
TABEL
2.5 Tabel Jam kerja karyawan.................................................................... 13
4.1 Tabel Engine Overheat........................................................................ 18
DAFTAR
LAMPIRAN
Daftar Absensi Siswa Magang.................................................................. 21
BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang masalah.......................................................................... 1
1.2 Tujuan prakerin...................................................................................... 1
1.3 Manfaat Praktik Kerja Industri.............................................................. 2
1.3.1 Bagi Peserta Praktik Kerja Industri............................................... 2
1.3.2 Bagi Sekolah Menengah Kejuruan................................................. 2
1.3.3 Bagi Perusahaan............................................................................. 2
BAB II. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Profil
Perusahaan/instansi...................................................................... 3
2.2 Lokasi Instansi....................................................................................... 3
2.3 Visi dan Misi
Perusahaan/instansi.......................................................... 4
2.4 Struktur Organisasi
Perusahaan/instansi................................................ 5
2.5 Jam Kerja Karyawan.............................................................................. 6
BAB III.
LANDASAN TEORI
3.1 Nama Komponen COOLING
SYSTEM HD785-7.............................. 7
3.2 Fungsi COOLING SYSTEM
HD785-7................................................ 8
3.3 Cara Kerja COOLING
SYSTEM HD785-7....................................... 10
BAB IV. PEMBAHASAN
4.1 Troble Masalah Yang Sering Terjadi
Pada COOLING SYSTEM HD785-7..................................................11
BAB V. PENUTUP
5.1 Kesimpulan.......................................................................................... 12
5.2 Saran-Saran.......................................................................................... 12
5.2.1 Saran Untuk Perusahaan.............................................................. 12
5.2.2 Saran Untuk Sekolah................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA............................................................................. 13
LAMPIRAN............................................................................................. 14
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Laporan
praktik kerja industri (prakerin) ini dibuat sebagai salah satu syarat kenaikan kelas bagi siswa/siswi SMK,
disamping itu kurikulum pendidikan yang berlaku di SMK mewajibkan siswa/siswi
untuk melakukan praktik kerja industri di perusahan/Industri, karena sebagai
bekal pengalaman untuk bekerja di dunia Industri nanti.
Selama
melaksanakan prakerin di PT.Pamapersada
Nusantara banyak kegiatan yang dilaksanakan salah satunya melakukan perawatan
dan perbaikan alat produksi dan alat support yang dimiliki PT.Pamapersada Nusantara. Dari kegiatan itu
penulis memutuskan untuk mengambil judul laporan “Perawatan dan Perbaikan Cooling System KOMATSU HD785-7”.
Dengan kerja
industri (prakerin) penulis bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari dunia
usaha/industri selain ilmu pengetahuan yang di dapat melalui pendidikan
sekolah.
1.2 Tujuan praktik kerja industri
Kegiatan kerja industri
atau pengalaman kerja lapangan yang bertujuan:
a.
Untuk
menghasilkan tenaga kerja yang mempunyai keahlian profesional dengan tingkat
pengetahuan keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan
kerja.
b.
Meningkatkan efisien proses pendidikan dan pelatihan
tenaga kerja yang berkualitas profesional.
c.
Memberi
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan.
d.
Mempelajari
organisasi atau tempat
praktik yang mencakup nyata perusahaan struktur, manajemen, tenaga kerja dan
lain-lain.
e.
Sebagai salah
satu syarat mengikuti ujian akhir semester.
1.3
Manfaat Praktik Kerja Industri
1.3.1 Bagi
Peserta Praktik Industri
a.
Melatih
kemandirian siswa dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang terdapat di Dunia Usaha.
b. Untuk
memperoleh, mempraktikkan dan memperdalam ilmu yang telah diperoleh
dibangku Sekolah ke dunia kerja/Industri.
c.
Mengenal cara
kerja perusahaan secara umum.
d.
Dapat menambah
wawasan dan pengalaman tentang praktik kerja di lapangan.
e.
Memberi bekal
sebelum terjun ke dunia kerja secara nyata.
f.
Menambah bahan
perbandingan antara teori yang diperoleh di bangku sekolah dengan praktik
sesungguhnya di dunia
kerja.
1.3.2
Bagi
Sekolah Menengah Kejuruan
a. Terjalinnya
hubungan kerjasama dengan perusahaan yang ditempati untuk kerja praktik.
b. Dapat
mengetahui tolerasi antara ilmu yang diberikan dibangku sekolah dengan kondisi
industri nyata.
1.3.3 Bagi Perusahaan
a.
Terjalinnya
kerja sama dengan dunia
pendidikan.
b. Dapat
membantu menyiapkan sumber daya yang potensial untuk perusahaan.
BAB II
GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN
2.1 Profil Perusahan/instansi
Nama Perusahaan : PT.Pamapersada Nusantara
Alamat Perusahaan : Simpang 4
Blok A/E, Desa Sungai Cuka,
Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut,
Kalimantan Selatan - 70883
Nama Kepala
Perusahaan : Bayu Setyawan
Jenis Perusahaan/Instansi : Perseroan Terbatas (PT)
Bidang Usaha :
Kontraktor Penambangan Batubara
Waktu Kerja : a. Hari Kerja : 6 hari
b.
Hari Libur : 1 hari
c.
Jam Kerja : 06:00 s/d 18:00
2.2 Lokasi Instansi
Tempat
pelaksanaan praktik kerja ini adalah di PT.Pama Persada Nusantara yang
beralamatkan di : Simpang 4 blok A/E, Desa Sungai Cuka, Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut . Kode
Pos 70883.
2.3 Visi Dan Misi Perusahaan
2.3.1.
Visi Perusahaan PT.Pama Persada Nusantara
To
be World Leader Mining Contractor With The Best PRESENT
(Productivity,
Engineering, Safety and Environment)
“Menjadi
Pemimpin kontraktor pertambangan kelas Dunia dengan Produktivitas,
Kemanpuan
Enginering, Pengendalian Lingkungan dan Keselamatan kerja yang Terbaik”
2.3.2. Misi Perusahaan PT.Pama Persada
Nusantara
a.
Menyediakan jasa
operasi dengan peralatan berat dalam bidang pertambangan dan pemindahan tanah
yang memungkinkan pelanggan memperoleh manfaat yang terbaik di tingkat dunia.
b.
Memberikan
kesempatan kepada karyawan untuk mengembang kompetensi untuk mencapai tujuan
hidupnya.
c.
Memberikan nilai
tambah pasar dan nilai tambah ekonomi yang terbaik bagi pemegang saham.
d.
Berupaya secara
terus menerus untuk menguasai teknologi dan kemampuan rekayasa yang berwawasan pada lingkungan dan
keselamatan kerja.
e.
Melangsungkan
usaha yang berkesinambungan dan bermanfaat kepasda bangsa dan Negara.
2.3.3 Visi
Departemen Plant
To be be the best provider of product support with
high availability
Best performance and the lowest possible reliable
cost
“Menjadi Penyedia Product Spport yang Terbaik dengan
Kesiapan Alat Tinggi,
Kemampuan yang Terbaik, Biaya yang Sewajarnya dan Serendah Mungkin”
2.3.4 Misi Departement Plant
To be be the best provider of product support with high
availability
Best
performance and the lowest possible reliable cost
“Menjadi
Penyedia Product Spport yang Terbaik dengan Kesiapan Alat Tinggi, Kemampuan
yang Terbaik, Biaya yang Sewajarnya dan Serendah Mungkin”
2.4 Struktur Organisasi
Perusahaan / instansi
2.5
Jam Kerja Karyawan
JAM KERJA KARYAWAN PLANT
DEPARTEMENT
|
|||
Jabatan/posisi
|
SHIFF
|
IN
|
OUT
|
Staff
|
SHIFF 1
|
06:00
|
18:00
|
SHIFF 2
|
18:00
|
06:00
|
|
Mekanik
|
SHIFF 1
|
06:00
|
18:00
|
SHIFF 2
|
06:00
|
18:00
|
|
Administrasi
|
|
07:00
|
17:00
|
Waktu Kerja : Hari Kerja :
6 hari
Hari Libur :
1 hari
Jam Kerja : 06:00 s/d 18:00
07:00 s/d 17:00
jam Kerja Industri : 07:00 s/d 17:00
BAB III
LANDASAN
TEORI
3.1 Komponen Cooling System Komatsu HD 785-7
3.1
Gambar Cooling System
3.2 Fungsi Cooling System Komatsu HD 785-7
Fungsi cooling
system yaitu sebagai pendingin pada engine, sistem ini sangat di butuhkan pada
setiap engine untuk dapat menyeimbangkan kinerja engine.
3.2.1 Radiator
Radiator berfungsi sebagai
media pendingin air engine. Dan mendinginkan air tersebut dengan bantuan udara
luar.
3.2.1 Gambar Radiator
3.2.2 Thermostat
Untuk mengatur saat membuka dan menutup aliran air pendingin ke
radiator, sehingga temperatur air pada sistem tetap pada batas-batas yang sudah
di tentukan (70derajat C – 90derajat C).
3.2.2
Gambar Thermostat
3.2.3 Water Pump
Berfungsi untuk
mensirkulasikan air dengan tekanan ke dalam sistem pendingin. Semua pompa air
yang dipergunakan pada engine umumnya
mempergunakan jenis sentrifugal pump.
3.2.3Gambar
Water Pump
3.2.4 Oil Cooler
Berfungsi sebagai media
penyerap panas dari oli engine yang akan didinginkan dari cooling system.
3.2.4 Gambar Oil Cooler
3.2.5 Cylinder Head
Berfungsi menahan tekanan pembakaran, mengendalikan panas
dalam ruangan (dengan system pendinginan) dan tempat duduknya valve
intake/exhaust.
3.2.5 Gambar Cylinder Head
3.2.6 Cylinder
Liner
Berfungsi untuk melindungi bagian dalam cylinder block
dari gesekan ring piston.
3.2.6 Cylinder Liner
3.2.7 Water Manifold
Merupakan tempat bertemunya air sebelum menuju ke
thermostat.
3.2.8 Cylinder Block
Berfungsi untuk tempat slinder yang berfungsi
sebagai tempat bergeraknya piston.
3.3 Cara Kerja Cooling System Komatsu HD 785-7
Water pump digerakan
oleh putaran crank shaft melalui mekanisme gear untuk mensirkulasikan air
dengan tekanan tertentu ke sirkuit pendingin setelah dari pompa, air
pertama-tama menuju ke oil cooler untuk mendinginkan oli pelumas engine dan oli
sistem lainnya. Kemudian, air tersebut mengalir ke water jacket.
Didalam water jacket,
air pendingin tersebut mengalir ke sekitar silinder liner dan mendinginkan
silinder liner dan ruang bakar. Setelah ini air tersebut masuk ke water jacket
silinder head.
Air tersebut kemudian
masuk ke thermostat. Thermostat mendistribusikan air pendingin ke dua saluran,
yaitu ke water pump dan radiator. Volume air yang didistribusikan tersebut
tergantung pada temperaturnya. Air yang mengalir ke radiator didinginkan oleh
udara yang dihembuskan oleh kipas.
Volume air yang
didistribusikan tersebut tergantung pada tempatnya. Air yang mengalir ke
radiator didinginkan oleh udara yang di hembuskan oleh kipas.
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Troble Masalah Yang Sering Terjadi di COOLING
SYSTEM HD785-7
Troble
|
Analisa/Sebab
|
Cara Perbaikan
|
Cara mencegah
|
-Engine
Overheating
|
-Air pendingin kurang
-Radiator buntu
-Thermostat rusak
-Terdapat udara di dalam cooling system
-Water pump bocor
-Fan belt putus
|
-leveling (Menambah) air pendingin.
-Membersihkan radiator dengan di semprot angin dan bersihkan pakai air
-Mengganti thermostat baru
-Mencari
penyebab masuknya udara cooling system dan perbaiki.
-Mengganti waterpump baru
-Mengganti fan belt baru
|
-Pada saat engine dingin
pastikan air pendingin dapat terlihat pada bagian bawah leher
tube sub tank pengisi radiator.
-Pengecekan rutin pada saat service.
-Pengecekan rutin pada saat service.
-Pengecekan rutin pada saat service.
-Pengecekan pada saat service.
-Pengecekan pada saat service.
|
4.1 Tabel Engine
Overheat
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari hasil praktek kerja industri
(prakerin) selama tiga bulan penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1. Melaksanakan peraktek kerja indutri (prakerin) adalah suatu kesempatan
untuk menguji dan melatih kemampuan yang di miliki siswa.
2. Melaksanakan praktek kerja industri (prakerin) adalah suatu kesempatan
untuk mencari pengalaman kerja dan wawasan yang tidak didapat disekolah.
3. Setelah melaksanakan peraktek kerja industri (prakerin) siswa dapat
merasakan bahwa pengalaman pendidikan tidak cukup hanya sampai di SMK jika
ingin mencapai cita-cita atau meniti karir.
4. Gangguan-ganguan yang sering terjadi pada cooling system adalah engine
overheating sehingga keaadan mesin terlalu panas dann tidak maksimal.
5.2 Saran-saran
5.2.1 Saran untuk Perusahaan / Dunia Indusrti
· Semoga
untuk selanjutnya PT.Pamapersada
Nusantara dapat bekerja sama dengan SMKN 1 Kintap, dengan
cara menerima siswa magang dari SMKN 1 Kintap di tahun-tahun berikutnya.
· PT.Pamapersada Nusantara diharapkan dapat
memberikan pelatihan terkait kegiatan Praktik Industri untuk peserta magang
pada kesempatan berikutnya.
5.2.2 Saran untuk Sekolah
· Melakukan
pendekatan-pendekatan kepada dunia Industri agar dapat menjalin kerja sama
secara terus-menerus.
· Pembimbing sekolah diharapkan dapat secara rutin
melakukan monitoring agar pihak sekolah mengetahui keadaan para siswa didunia
Industri.
· Sekolah diharapkan dapat mengadakan pembekalan
dengan durasi waktu yang lebih lama.
· Sekolah diharapkan dapat melakukan pembekalan
dalam bentuk praktik.
DAFTAR
PUSTAKA
·
Motordiesel.pdf
LAMPIRAN
Daftar Absensi Siswa Magang
No
|
Tanggal
|
Kehadiran
|
Keterangan
|
1
|
minggu , 01 jan 2017
|
|
|
2
|
senin , 02 jan 2017
|
|
|
3
|
selasa , 03 jan 2017
|
|
|
4
|
rabu , 04 jan 2017
|
|
|
5
|
kamis , 05 jan 2017
|
|
|
6
|
jum'at , 06 jan 2017
|
|
|
7
|
sabtu , 07 jan 2017
|
|
|
8
|
minggu , 08 jan 2017
|
|
|
9
|
senin , 09 jan 2017
|
|
|
10
|
selasa , 10 jan 2017
|
|
|
11
|
rabu , 11 jan 2017
|
|
|
12
|
kamis , 12 jan 2017
|
Hadir
|
|
13
|
jum'at , 13 jan 2017
|
Hadir
|
|
14
|
sabtu , 14 jan 2017
|
Hadir
|
|
15
|
minggu , 15 jan 2017
|
|
Libur
|
16
|
senin , 16 jan 2017
|
Hadir
|
|
17
|
selasa , 17 jan 2017
|
Hadir
|
|
18
|
rabu , 18 jan 2017
|
Hadir
|
|
19
|
kamis , 19 jan 2017
|
Hadir
|
|
20
|
jum'at , 20 jan 2017
|
Hadir
|
|
21
|
sabtu , 21 jan 2017
|
Hadir
|
|
22
|
minggu ,22 jan 2017
|
|
Libur
|
23
|
senin , 23 jan 2017
|
Hadir
|
|
24
|
selasa , 24 jan2017
|
Hadir
|
|
25
|
rabu , 25 jan 2017
|
Hadir
|
|
26
|
kamis 26 jan 2017
|
Hadir
|
|
27
|
jum'at ,27 jan 2017
|
|
Ijin
|
28
|
sabtu , 28 jan 2017
|
|
Libur
|
29
|
minggu 29 jan 2017
|
|
Libur
|
30
|
senin , 30 jan 2017
|
Hadir
|
|
31
|
selasa , 31 jan 2017
|
Hadir
|
|
No
|
Tanggal
|
Kehadiran
|
Keterangan
|
1
|
rabu , 01 Feb 2017
|
Hadir
|
|
2
|
kamis , 02 Feb 2017
|
Hadir
|
|
3
|
jum'at , 03 Feb 2017
|
Hadir
|
|
4
|
sabtu , 04 Feb 2017
|
Hadir
|
|
5
|
minggu , 05 Feb 2017
|
|
Libur
|
6
|
senin , 06 Feb 2017
|
Hadir
|
|
7
|
selasa , 07 Feb 2017
|
Hadir
|
|
8
|
rabu , 08 Feb 2017
|
Hadir
|
|
9
|
kamis , 09 Feb 2017
|
Hadir
|
|
10
|
jum'at , 10 Feb 2017
|
Hadir
|
|
11
|
sabtu , 11 Feb 2017
|
|
Kesekolah
|
12
|
minggu , 12 Feb 2017
|
|
Libur
|
13
|
senin , 13 Feb 2017
|
Hadir
|
|
14
|
selasa , 14 Feb 2017
|
Hadir
|
|
15
|
rabu , 15 Feb 2017
|
Hadir
|
|
16
|
kamis , 16 Feb 2017
|
Hadir
|
|
17
|
jum'at , 17 Feb 2017
|
Hadir
|
|
18
|
sabtu , 18 Feb 2017
|
Hadir
|
|
19
|
minggu , 19 Feb 2017
|
|
Libur
|
20
|
senin , 20 Feb 2017
|
|
Libur
|
21
|
selasa , 21 Feb 2017
|
Hadir
|
|
22
|
rabu , 22 Feb 2017
|
Hadir
|
|
23
|
kamis , 23 Feb 2017
|
Hadir
|
|
24
|
jum'at , 24 Feb 2017
|
Hadir
|
|
25
|
sabtu , 25 Feb 2017
|
Hadir
|
|
26
|
minggu , 26 Feb 2017
|
|
Libur
|
27
|
senin , 27 Feb 2017
|
Hadir
|
|
28
|
selasa , 28 Feb 2017
|
Hadir
|
|
29
|
|
|
|
30
|
|
|
|
31
|
|
|
|
No
|
Tanggal
|
Kehadiran
|
Keterangan
|
1
|
rabu , 01 Mar 2017
|
Hadir
|
|
2
|
kamis , 02 Mar 2017
|
Hadir
|
|
3
|
jum'at , 03 Mar 2017
|
Hadir
|
|
4
|
sabtu , 04 Mar 2017
|
Hadir
|
|
5
|
minggu , 05 Mar 2017
|
|
Libur
|
6
|
senin , 06 Mar 2017
|
Hadir
|
|
7
|
selasa , 07 Mar 2017
|
Hadir
|
|
8
|
rabu , 08 Mar 2017
|
Hadir
|
|
9
|
kamis , 09 Mar 2017
|
Hadir
|
|
10
|
jum'at , 10 Mar 2017
|
Hadir
|
|
11
|
sabtu , 11 Mar 2017
|
|
Kesekolah
|
12
|
minggu , 12 Mar 2017
|
|
Libur
|
13
|
senin , 13 Mar 2017
|
Hadir
|
|
14
|
selasa , 14 Mar 2017
|
Hadir
|
|
15
|
rabu , 15 Mar 2017
|
Hadir
|
|
16
|
kamis , 16 Mar 2017
|
Hadir
|
|
17
|
jum'at , 17 Mar 2017
|
Hadir
|
|
18
|
sabtu , 18 Mar 2017
|
Hadir
|
|
19
|
minggu , 19 Mar 2017
|
|
Libur
|
20
|
senin , 20 Mar 2017
|
|
Sakit
|
21
|
selasa , 21 Mar 2017
|
Hadir
|
|
22
|
rabu , 22 Mar 2017
|
Hadir
|
|
23
|
kamis , 23 Mar 2017
|
Hadir
|
|
24
|
jum'at , 24 Mar 2017
|
Hadir
|
|
25
|
sabtu , 25 Mar 2017
|
Hadir
|
|
26
|
minggu , 26 Mar 2017
|
|
Libur
|
27
|
senin , 27 Mar 2017
|
|
Ijin
|
28
|
selasa , 28 Mar 2017
|
|
Libur
|
29
|
rabu , 29 Mar 2017
|
Hadir
|
|
30
|
kamis , 30 Mar 2017
|
Hadir
|
|
31
|
jum'at , 31 Mar 2017
|
Hadir
|
|
No
|
Tanggal
|
Kehadiran
|
Keterangan
|
1
|
sabtu , 01 Apr 2017
|
Hadir
|
|
2
|
minggu , 02 Apr 2017
|
|
Libur
|
3
|
senin , 03 Apr 2017
|
Hadir
|
|
4
|
selasa , 04 Apr 2017
|
Hadir
|
|
5
|
rabu , 05 Apr 2017
|
Hadir
|
|
6
|
kamis , 06 Apr 2017
|
Hadir
|
|
7
|
jum'at , 07 Apr 2017
|
Hadir
|
|
8
|
sabtu , 08 Apr 2017
|
Hadir
|
|
9
|
minggu , 09 Apr 2017
|
|
Libur
|
10
|
senin , 10 Apr 2017
|
Hadir
|
|
11
|
selasa , 11 Apr 2017
|
Hadir
|
|
12
|
rabu , 12 Apr 2017
|
Hadir
|
|
13
|
kamis , 13 Apr 2017
|
Hadir
|
|
0 comments:
Posting Komentar