Kamis, 11 Juli 2024

Posted by Rumah Ratu On Kamis, Juli 11, 2024

 


MODUL AJAR

BAB 2 : CABANG IMAN: KETERKAITAN ANTARA IMAN, ISLAM DAN IHSAN

 

INFORMASI UMUM

A.   IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun                    :   Yusuf Wibisono, S.Pd.I        

Satuan Pendidikan               :   SMAN 1 Hampang

Kelas / Fase                           :   XII (Dua Belas) - F

Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Elemen/ Topik                      :   Aqidah/ Materi Cabang Iman : Keterkaitan antara Iman, Islam dan Ihsan

Prediksi Alokasi Waktu      :   3 Pekan/ 9 JP

Tahun Penyusunan              :   2024

B.    KOMPETENSI AWAL

Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Materi Cabang Iman : Keterkaitan antara Iman, Islam dan Ihsan

 

C.   PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, bergotong royong,

 

D.   KATA KUNCI

Iman, Islam, Ihsan

 

E.    SARANA DAN PRASARANA

Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector, multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan kondisi di sekolah masingmasing

Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran

 

F.    TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

G.   MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).


 

KOMPONEN INTI

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Menjelaskan cabang iman: iman, islam dan ihsan

2.       Menganalisis cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari – hari

3.       Mempresentasikan paparan mengenai : keterkaitan antara iman, islam dan ihsan

4.       Menerapkan sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia

 

B.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Cabang Iman : Keterkaitan antara Iman, Islam dan Ihsan

 

C.   PERTANYAAN PEMANTIK

1.       Bagaimana keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari hari?

2.       Apa manfaat kita mempunyai iman, islam dan ihsan dalam diri kita?

3.       Jelaskan pengertian dari  iman, islam dan ihsan?

D.   PERSIAPAN PEMBELAJARAN

1.       Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.

2.       Guru menyiapkan bahan tayang PPT Cabang Iman : Keterkaitan antara Iman, Islam dan Ihsan

3.       Guru memeriksa dan memastikan semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia

4.       Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan nyaman

5.       Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran interaktif

E.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN PEKAN KE-1

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

a.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.       Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.       Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.       Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. AN-Nisa/4 : 136 dengan tartil beserta terjemahannya.

e.       Guru memberikan apersepsi tentang cabang iman: iman, islam dan ihsan

f.        Guru memberikan gambaran tentang cabang iman: iman, islam dan ihsan

g.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Menjelaskan cabang iman: iman, islam dan ihsan dan Menganalisis cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari – hari

Kegiatan Inti (105 Menit)

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.       Guru memberi pemahaman kepada peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Menjelaskan cabang iman: iman, islam dan ihsan dan Menganalisis cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari – hari

b.       Guru mendorong peserta didik untuk membaca materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 22 sd 33.

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.       Peserta didik membagi diri menjadi tiga kelompok, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.

b.       Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Kegiatan 2.2 dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 34 untuk memahami cabang iman: keterkaitan iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari-hari

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.       Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di  Kegiatan 2.2.

b.       Peserta didik diminta untuk masing-masing kelompok memilih sub tema yang berbeda yaitu cabang iman: keterkaitan iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari-hari

c.       Peserta didik secara bekelompok mencari kisah teladan tentang tokoh yang keimanan, keislaman dan ihsannya kuat dari berbagai sumber (diperbolehkan menambah referensi buku ke perpustakaan)

d.       Guru meminta untuk tiap kelompok dapat:

1.       Menjelaskan secara ringkas dengan media ppt tentang kisah teladan dan hikamah dari kisah tersebut dalam kehidupan sehari hari

2.       Memberikan pendapat disertai dalil terhadap masing-masing dari kisah teladan tersebut

e.       Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di  Kegiatan 2.2.

Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.       Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil dari diskusi kelompok tentang kisah teladan tersebut

b.       Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

c.       Guru meminta kelompok penampil memberikan pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.

d.       Hal tersebut diulangi sampai semua kelompok mempresentasikan hasilnya

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.       Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.       Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

Kegiatan Penutup (15 menit)

a.            Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu cabang iman: keterkaitan iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari-hari.

a.       Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

 

PERTEMUAN PEKAN KE-2 :

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)


a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang Menganalisis cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari – hari dan Mempresentasikan paparan mengenai : keterkaitan antara iman, islam dan ihsan

f.      Guru memberikan gambaran tentang Menganalisis cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari – hari dan Mempresentasikan paparan mengenai : keterkaitan antara iman, islam dan ihsan.

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Menganalisis cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari – hari dan Mempresentasikan paparan mengenai : keterkaitan antara iman, islam dan ihsan

 

2.       Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.   Guru memberi pemahaman kepada peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Menganalisis cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari – hari dan Mempresentasikan paparan mengenai : keterkaitan antara iman, islam dan ihsan

b.   Guru mendorong peserta didik untuk membaca materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 22 sd 33.

c.   Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema cabang iman : iman, islam dan ihsan.

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.   Siswa memilih tema terkait materi, yakni cabang iman : iman, islam dan ihsan

b.   Guru membagi siswa meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibuat minggu lalu

c.   Guru meminta kepada tiap kelompok untuk menyiapkan argumen dan hasil dari kelompok minggu lalu untuk diperdebatkan dengan kelompok lain.

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.   Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.   Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.   Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok untuk menyiapkan argumen sesuai dengan pendapat kelompok.

b.   Guru memberikan kesempatan kepada kelompok mana saja untuk memulai debat.

c.   Guru meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan, sanggahan, atau koreksi atas argumen tersebut.

d.   Guru mengakhiri debat pada saat yang tepat, yakni ketika masing-masing kelompok telah menyampaikan semua argumen

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru menyampaikan poin-poin penting dari proses debat tersebut dan mengaitkannya dengan materi pelajaran

c.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

 

3.       Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian memimpin doa selesai kegiatan

b.   Guru memberikan sampel soal dalam Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 35-36 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran

c.   Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.   Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

 

PERTEMUAN PEKAN KE-3 :

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang Menerapkan sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia.

f.      Guru memberikan gambaran tentang cara Menerapkan sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Menerapkan sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia

 

2.   Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.     Guru memberikan permasalahan tentang Menerapkan sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia

b.     Guru meminta peserta didik merumuskan masalah tentang Menerapkan sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia

c.     Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia.

d.     Guru meminta peserta didik menuangkan hasil diskusinya dalam sebuah proyek dalam bentuk master plan meningkatkan iman, islam dan ihsan berupa poster atau flyer yang merujuk tentang sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia.

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.     Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok terdiri 5-6 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.

b.     Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan proyek dalam bentuk master plan meningkatkan iman, islam dan ihsan berupa poster atau flyer yang merujuk tentang sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia.

c.     Peserta didik menentukan konsep kegiatan yang akan dilaksanakan dan media yang akan digunakan untuk mempublikasikan poster atau flyer tersebut dengan mendiskusikannya bersama kelompok

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.     Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.     Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.     Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

d.     Guru memberikan saran dan masukan atas konsep poster atau flyer yang di rancang oleh peserta didik

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Guru meminta masing-masing kelompok untuk menempelkan poster atau flyer ke tempat yang sudah disediakan

b.   Dengan metode window shopping Guru meminta kelompok lain saling mendatangi hasil/karya yang sudah ditempelkan

c.   Tiap kelompok diminta meninggalkan minimal 1 peserta didik untuk menjaga dan menjelaskan kepada kelompok lain yang datang

d.   Teknik ini seperti orang berdagang dimana 1 orang yang menawarkan dan kelompok lain yang membeli

e.   Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang hasil dari kelompok lain.

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

c.   Guru memberikan sampel soal dalam Uji Pemahaman, Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 37-38 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran.

 

3.   Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian memimpin doa selesai kegiatan

b.   Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan Soal Akhir Bab, Soal AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 39-42.

c.   Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.   Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

 

E.    ASESMEN / PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

1.       Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)

Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:

Pertanyaan

Jawaban

Ya

Tidak

Apakah sudah terbiasa bersikap sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia. ?

 

 

Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran dengan baik?

 

 

Apakah kalian sudah siap melaksanakan pembelajaran dengan metode point counter-point?

 

 

 

2.       Asesmen Formatif ( Selama Proses Pembelajaran)

Asesmen formatif dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan diskusi, presentasi dan refleksi tertulis.

a)         Asesmen saat point counter-point dan window shopping (ketika siswa melakukan kegiatan belajar)

Lembar kerja pengamatan kegiatan pembelajaran

No

Nama

Aspek Yang Dinilai

Nilai

Ide/ gagasan

Aktif

Kritis

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

Catatan:

·     Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan remedial (bila 20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat kelompok dan di atas 50 % bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali materi dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan.

·     Apabila nilai peserta didik sudah mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah disiapkan guru.

b)      Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur, yaitu Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 35-36

3.       Asesmen Sumatif ( Akhir Pembelajaran)

Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman,  dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 37-43

 

F.    PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pindailah QR Code dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 44, untuk mengakses soal-soal remedial dan pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial

 

G.   REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Perlu ada upaya melakukan refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam memahami cabang iman : keterkaitan iman, islam dan isan dalam kehidupan sehari hari

Refleksi Peserta Didik

1.       Tuliskan pengertian dari iman?

2.       Tuliskan pengertian dari islam?

3.       Tuliskan pengertian dari ihsan?

 

Refleksi Guru

1.       Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?

2.       Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?


 

LAMPIRAN- LAMPIRAN

LAMPIRAN 1

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Silakan kerjakan Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 35-43

 

LAMPIRAN 2

BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

 

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 22-44

 

LAMPIRAN 3

GLOSARIUM

Syuabul Iman: sebagai cabang-cabang iman. Berdasarkan hadis shahih dari Bukhari dan Muslim, Rasulullah menyatakan bahwa iman memiliki lebih dari tujuh puluh cabang, dengan kalimat "laa ilaaha illallaah" sebagai yang paling tinggi, dan menyingkirkan gangguan dari jalan sebagai yang paling rendah

Window Shopping : model pembelajaran kooperatif, itu mengacu pada kegiatan di mana siswa belajar melalui observasi dan eksplorasi di toko-toko atau pusat perbelanjaan. Mereka tidak hanya melihat barang, tetapi juga mengamati interaksi antara penjual dan pembeli, serta lingkungan sekitar

Point counter point: Strategi pembelajaran yang efektif untuk mengajak siswa terlibat dalam diskusi mendalam mengenai isu-isu kelompok

LAMPIRAN 4

DAFTAR PUSTAKA

 

Drs. H. Sadi, M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga

https://saranaguru.erlanggaonline.co.id

0 comments:

Posting Komentar