MODUL AJAR
BAB 2 : CABANG IMAN:
KETERKAITAN ANTARA IMAN, ISLAM DAN IHSAN
INFORMASI
UMUM |
A. IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun : Yusuf
Wibisono, S.Pd.I
Satuan Pendidikan : SMAN 1
Hampang
Kelas / Fase : XII
(Dua Belas) - F
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Elemen/ Topik : Aqidah/ Materi
Cabang Iman : Keterkaitan antara Iman, Islam dan Ihsan
Prediksi Alokasi Waktu : 3 Pekan/ 9 JP
Tahun Penyusunan : 2024
B. KOMPETENSI AWAL
Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan
memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang
dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Materi Cabang
Iman : Keterkaitan antara Iman, Islam dan Ihsan
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, bergotong
royong,
D. KATA KUNCI
Iman, Islam, Ihsan
E. SARANA DAN PRASARANA
Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector,
multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras
suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan
kondisi di sekolah masingmasing
Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai
PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran
F. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak
ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
G. MODEL PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN
INTI |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Menjelaskan
cabang iman: iman, islam dan ihsan
2.
Menganalisis
cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari –
hari
3. Mempresentasikan paparan mengenai : keterkaitan antara
iman, islam dan ihsan
4.
Menerapkan sikap konsisten cinta damai, bertanggung
jawab, dan berakhlak mulia
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Cabang Iman : Keterkaitan antara Iman, Islam dan Ihsan
C. PERTANYAAN PEMANTIK
1. Bagaimana keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan
sehari hari?
2. Apa manfaat kita mempunyai iman, islam dan ihsan dalam diri kita?
3. Jelaskan pengertian dari iman,
islam dan ihsan?
D. PERSIAPAN
PEMBELAJARAN
1.
Guru melakukan asesmen diagnostik dalam
bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan bahan tayang PPT Cabang
Iman : Keterkaitan antara Iman, Islam dan Ihsan
3.
Guru memeriksa dan memastikan semua sarana
dan prasarana yang diperlukan tersedia
4.
Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih,
aman dan nyaman
5.
Menyiapkan bahan tayang dan multimedia
pembelajaran interaktif
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PEKAN KE-1
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. AN-Nisa/4 : 136 dengan
tartil beserta terjemahannya.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang cabang iman:
iman, islam dan ihsan
f.
Guru memberikan gambaran
tentang cabang iman: iman, islam dan
ihsan
g. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam
materi yaitu Menjelaskan cabang
iman: iman, islam dan ihsan dan Menganalisis cabang iman: keterkaitan antara
iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari – hari
Kegiatan Inti (105 Menit)
Langkah 1.
Orientasi Masalah
a.
Guru memberi pemahaman kepada peserta didik
tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Menjelaskan
cabang iman: iman, islam dan ihsan dan Menganalisis
cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari –
hari
b.
Guru mendorong peserta didik untuk membaca
materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 22 sd 33.
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi tiga kelompok, yang dibagi secara acak dan
mempertimbangkan heteroginitas.
b. Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Kegiatan 2.2 dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 34 untuk memahami cabang iman: keterkaitan iman, islam dan ihsan dalam
kehidupan sehari-hari
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di Kegiatan 2.2.
b.
Peserta
didik diminta untuk masing-masing kelompok memilih sub tema yang berbeda yaitu cabang
iman: keterkaitan iman, islam dan ihsan dalam
kehidupan sehari-hari
c.
Peserta
didik secara bekelompok mencari kisah teladan tentang tokoh yang keimanan,
keislaman dan ihsannya kuat dari berbagai sumber (diperbolehkan menambah
referensi buku ke perpustakaan)
d.
Guru meminta
untuk tiap kelompok dapat:
1.
Menjelaskan
secara ringkas dengan media ppt tentang kisah teladan dan hikamah dari kisah
tersebut dalam kehidupan sehari hari
2.
Memberikan
pendapat disertai dalil terhadap masing-masing dari kisah teladan tersebut
e.
Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di Kegiatan 2.2.
Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang
mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta dengan
sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil dari
diskusi kelompok tentang kisah teladan tersebut
b.
Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
c.
Guru meminta kelompok penampil memberikan
pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes
kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.
d.
Hal tersebut diulangi sampai semua kelompok
mempresentasikan hasilnya
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang
sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu cabang
iman: keterkaitan iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari-hari.
a.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN PEKAN
KE-2 :
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Menganalisis
cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari –
hari dan Mempresentasikan paparan mengenai : keterkaitan antara iman, islam dan
ihsan
f.
Guru memberikan gambaran
tentang Menganalisis cabang iman:
keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari – hari dan Mempresentasikan
paparan mengenai : keterkaitan antara iman, islam dan ihsan.
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Menganalisis
cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari –
hari dan Mempresentasikan paparan mengenai : keterkaitan antara iman, islam dan
ihsan
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi
Masalah
a.
Guru memberi pemahaman kepada
peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Menganalisis cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan
ihsan dalam kehidupan sehari – hari dan Mempresentasikan paparan mengenai :
keterkaitan antara iman, islam dan ihsan
b.
Guru mendorong peserta didik
untuk membaca materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 22 sd 33.
c.
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan seputar tema cabang iman :
iman, islam dan ihsan.
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Siswa memilih tema terkait
materi, yakni cabang iman : iman, islam
dan ihsan
b.
Guru membagi siswa meminta
siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibuat minggu lalu
c.
Guru meminta kepada tiap
kelompok untuk menyiapkan argumen dan hasil dari kelompok minggu lalu untuk
diperdebatkan dengan kelompok lain.
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok untuk menyiapkan argumen sesuai
dengan pendapat kelompok.
b.
Guru memberikan kesempatan kepada kelompok mana saja untuk memulai
debat.
c.
Guru meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan, sanggahan, atau
koreksi atas argumen tersebut.
d.
Guru mengakhiri debat pada saat yang tepat, yakni ketika masing-masing
kelompok telah menyampaikan semua argumen
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru menyampaikan poin-poin
penting dari proses debat tersebut dan mengaitkannya dengan materi pelajaran
c.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari
ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian
memimpin doa selesai kegiatan
b.
Guru memberikan sampel soal
dalam Contoh Soal dan Pembahasan
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 35-36 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik
pembelajaran
c.
Guru mengkonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama-sama.
PERTEMUAN PEKAN
KE-3 :
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Menerapkan sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab,
dan berakhlak mulia.
f.
Guru memberikan gambaran
tentang cara Menerapkan sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan
berakhlak mulia
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Menerapkan sikap konsisten cinta
damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a.
Guru
memberikan permasalahan tentang Menerapkan
sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia
b.
Guru
meminta peserta didik merumuskan masalah tentang Menerapkan sikap konsisten cinta
damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia
c.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema sikap konsisten
cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia.
d.
Guru meminta peserta didik
menuangkan hasil diskusinya dalam sebuah proyek dalam bentuk master plan
meningkatkan iman, islam dan ihsan berupa poster atau flyer yang merujuk
tentang sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok
terdiri 5-6 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b.
Peserta didik dalam kelompok
mendiskusikan proyek dalam bentuk master plan meningkatkan iman, islam dan
ihsan berupa poster atau flyer yang merujuk tentang sikap konsisten cinta
damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia.
c.
Peserta didik menentukan konsep
kegiatan yang akan dilaksanakan dan media yang akan digunakan untuk
mempublikasikan poster atau flyer tersebut dengan mendiskusikannya bersama
kelompok
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
d.
Guru memberikan saran dan
masukan atas konsep poster atau flyer yang di rancang oleh peserta didik
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta masing-masing
kelompok untuk menempelkan poster atau flyer ke tempat yang sudah disediakan
b.
Dengan metode window shopping
Guru meminta kelompok lain saling mendatangi hasil/karya yang sudah ditempelkan
c.
Tiap kelompok diminta
meninggalkan minimal 1 peserta didik untuk menjaga dan menjelaskan kepada
kelompok lain yang datang
d.
Teknik ini seperti orang
berdagang dimana 1 orang yang menawarkan dan kelompok lain yang membeli
e.
Kelompok lain diminta untuk
menanggapi dan memberikan argumen tentang hasil dari kelompok lain.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c.
Guru memberikan sampel soal
dalam Uji Pemahaman, Soal Tipe AKM
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 37-38 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik
pembelajaran.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari
ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian
memimpin doa selesai kegiatan
b.
Guru memberikan tugas rumah
untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan
Soal Akhir Bab, Soal AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 39-42.
c.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama-sama.
E. ASESMEN
/ PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil
penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema juan hasil belajar
dan memperbaiki proses pembelajaran.
1.
Asesmen Diagnostik (Sebelum
Pembelajaran)
Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan
pertanyaan:
Pertanyaan |
Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
|
Apakah sudah
terbiasa bersikap sikap konsisten cinta damai, bertanggung
jawab, dan berakhlak mulia.
? |
|
|
Apakah kalian
ingin menguasai materi pelajaran dengan baik? |
|
|
Apakah kalian sudah siap
melaksanakan pembelajaran dengan metode point counter-point? |
|
|
2.
Asesmen Formatif ( Selama
Proses Pembelajaran)
Asesmen formatif dilakukan oleh guru
selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan
diskusi, presentasi dan refleksi tertulis.
a)
Asesmen saat point counter-point dan window shopping (ketika siswa melakukan
kegiatan belajar)
Lembar kerja pengamatan
kegiatan pembelajaran
No |
Nama |
Aspek Yang
Dinilai |
Nilai |
||
Ide/ gagasan |
Aktif |
Kritis |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
Catatan:
·
Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan
remedial (bila 20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat
kelompok dan di atas 50 % bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali
materi dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang
sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu
dan hari tertentu yang disesuaikan.
·
Apabila nilai peserta didik sudah
mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan
soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah
disiapkan guru.
b)
Peserta didik mengerjakan tugas
terstruktur, yaitu Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 35-36
3.
Asesmen Sumatif ( Akhir
Pembelajaran)
Latihan Soal Akhir
Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman, dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA
Kelas XII
dari PT Penerbit Erlangga halaman 37-43
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pindailah QR Code
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 44, untuk mengakses soal-soal remedial dan
pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak
melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman,
Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih
melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial
G. REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK
Perlu ada upaya melakukan
refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil
tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi
nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam memahami cabang iman :
keterkaitan iman, islam dan isan dalam kehidupan sehari hari
Refleksi Peserta Didik
1.
Tuliskan pengertian dari iman?
2.
Tuliskan pengertian dari islam?
3.
Tuliskan pengertian dari ihsan?
Refleksi Guru
1.
Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
2.
Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan
terfasilitasi dengan baik?
LAMPIRAN- LAMPIRAN |
LAMPIRAN
1
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Silakan
kerjakan Uji
Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
dari PT Penerbit Erlangga halaman 35-43
LAMPIRAN
2
BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas
XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 22-44
LAMPIRAN
3
GLOSARIUM
Syuabul
Iman: sebagai cabang-cabang iman. Berdasarkan hadis
shahih dari Bukhari dan Muslim, Rasulullah menyatakan bahwa iman memiliki lebih
dari tujuh puluh cabang, dengan kalimat "laa ilaaha illallaah"
sebagai yang paling tinggi, dan menyingkirkan gangguan dari jalan sebagai yang
paling rendah
Window
Shopping : model pembelajaran kooperatif, itu
mengacu pada kegiatan di mana siswa belajar melalui observasi dan eksplorasi di
toko-toko atau pusat perbelanjaan. Mereka tidak hanya melihat barang, tetapi
juga mengamati interaksi antara penjual dan pembeli, serta lingkungan sekitar
Point counter point: Strategi pembelajaran yang efektif untuk mengajak siswa terlibat
dalam diskusi mendalam mengenai isu-isu kelompok
LAMPIRAN
4
DAFTAR PUSTAKA
Drs. H. Sadi, M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga
https://saranaguru.erlanggaonline.co.id
0 comments:
Posting Komentar