Kamis, 11 Juli 2024

Posted by Rumah Ratu On Kamis, Juli 11, 2024

 



MODUL AJAR

BAB 1 : SABAR DALAM MENGHADAPI MUSIBAH DAN UJIAN

 

INFORMASI UMUM

A.   IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun                    :   Yusuf Wibisono, S.Pd.I        

Satuan Pendidikan               :   SMAN 1 Hampang

Kelas / Fase                           :   XII (Dua Belas) - F

Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Elemen/ Topik                      :   Al-Qur’an dan Hadis/ Kajian QS. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta hadis terkait tentang musibah dan ujian

Prediksi Alokasi Waktu      :   4 Pekan/ 12 JP

Tahun Penyusunan              :   2024

B.    KOMPETENSI AWAL

Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Menelaah QS. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta hadis terkait tentang musibah dan ujian

C.   PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, kreatif, bergotong royong,

D.   KATA KUNCI

Musibah, Ujian, Sabar, Ikhtiar, Tabah, Tawakal

E.    SARANA DAN PRASARANA

Disebabkan, materi ini berkaitan dengan telaah Al-Qur’an dan Hadis, maka harus dipersiapkan sarana dan media yang diperlukan, yakni: Al-Qur’an (Jika perlu, setiap peserta membawa Al-Qur’an, bahkan lebih bagus lagi yang dibawa itu adalah Al-Qur’an dan Terjemah); dan Buku Ilmu Tajwid, serta kitab Hadis Imam al-Bukhari dan Imam Muslim.

Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat mengunduh beberapa aplikasi, baik Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, maupun Hadis, di internet yang saat ini banyak membantu dalam memudahkan pembelajaran PAI yang berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Tak lupa dipersiapkan LCD proyektor , papan tulis dan spidol serta sound system untuk bisa mendengarkan bacaan Al-Qur’an, bisa juga dengan HP masing masing peserta didik

F.    TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

G.   MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).


 

KOMPONEN INTI

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Membaca dan menghafal QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian

2.       Menganalisis QS. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta hadis terkait tentang musibah dan ujian.

3.       Mengimplementasikan  sikap sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt.

4.       Menjelaskan sikap sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah merupakan cerminan dari iman

B.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9, serta Hadis tentang musibah dan ujian

 

C.   PERTANYAAN PEMANTIK

1.       Bagaimana cara membaca yang benar Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9, serta Hadis tentang musibah dan ujian?

2.       Dalam menafsirkan Al-Qur’an, Tafsir apa saja yang pernah kalian ketahui?

3.       Bagaimana mengimplementasikan Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta Hadis tentang musibah dan ujian dalam kehidupan sehari-hari?

D.   PERSIAPAN PEMBELAJARAN

1.       Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.

2.       Guru menyiapkan bahan tayang PPT Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta Hadis tentang musibah dan ujian

E.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN PEKAN KE-1 dan 2

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

a.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.       Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.       Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.       Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta Hadis tentang musibah dan ujian dengan tartil beserta terjemahannya.

e.       Guru memberikan apersepsi tentang cara membaca dan menghafal Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta Hadis tentang musibah dan ujian dengan baik

f.        Guru memberikan gambaran tentang cara membaca yang benar sesuai tajwid Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9

g.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Membaca dan menghafal QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian

Kegiatan Inti (105 Menit)

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.       Guru memberi pemahaman kepada peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Al-Qur’an, khususnya tentang membaca, menghafal, memahami dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari

b.       Guru mendorong peserta didik untuk berlatih membaca Al-Qur’an agar terbiasa membaca Al-Qur’an dan hadis dengan memindai QR Code dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 3 dan 5.

c.       Guru memberi arahan kepada peserta didik untuk menirukan bacaan secara benar dan melakukan hal tersebut secara berulang ulang

d.       Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan cara membaca QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

Seluruh peserta didik harus menyadari bahwa:

a.       Setiap muslim harus memantapkan dirinya agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar (sesuai dengan ilmu tajwid dan makharijul huruf);

b.       Lakukan tes Baca Al-Qur’an (BQ), menuju TBQ (Tuntas Baca Al- Qur’an). Caranya menirukan bacaan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian

c.       Bacalah secara berulang-ulang QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 sesuai dengan ilmu tajwid dan makharijul huruf, lalu hafalkan ayat-ayat tersebut kemudian setorkan kepada guru jika sudah hafal!

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.       Guru meminta peserta didik bekerja sama dengan teman sebangku untuk berlatih mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9

b.       Guru meminta peserta didik dalam kelompok dengan teman sebangku untuk mengidentifikasi arti perkata dari QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 dan hadis terkait.

c.       Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kelompok masing-masing.

d.       Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.       Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hukum tajwid yang terdapat dalam QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 dan hadis terkait.

b.       Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

c.       Guru meminta perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan arti perkata dari QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 dan hadis terkait.

d.       Kelompok lain diminta kembali untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.       Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.       Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

Kegiatan Penutup (15 menit)

a.       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu cara membaca dan menghafal QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian.

b.       Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

 

PERTEMUAN PEKAN KETIGA:

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang tafsir QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian dari buku-buku tafsir.

f.      Guru memberikan gambaran tentang tafsir QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian dari buku-buku tafsir.

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi kajian QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian.

 

2.       Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.   Guru memberikan permasalahan tentang tafsir dari QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian

b.   Guru meminta peserta didik merumuskan masalah tentang tafsir dari QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian.

c.   Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema musibah dan ujian.

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.   Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok terdiri 4-5 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.

b.   Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah tersebut, dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai buku tafsir dan melakukan analisa perbandingan isinya.

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.   Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.   Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.   Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang tafsir QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian.

b.   Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

 

3.       Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu tafsir dari QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian.

b.   Guru memberikan sampel soal dalam Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 10-11 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran

c.   Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

 

PERTEMUAN PEKAN KEEMPAT:

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang cara mengimplementasikan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian dalam kehidupan sehari-hari.

f.      Guru memberikan gambaran tentang cara mengimplementasikan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian dalam kehidupan sehari-hari.

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi kajian QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian.

 

2.   Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.     Guru memberikan permasalahan tentang mengimplementasikan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian dalam kehidupan sehari-hari.

b.     Guru meminta peserta didik merumuskan masalah tentang mengimplementasikan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian dalam kehidupan sehari-hari.

c.     Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema musibah dan ujian dalam kehidupan sehari-hari.

d.     Guru meminta peserta didik menuangkan hasil diskusinya dalam sebuah proyek berupa poster

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.     Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok terdiri 5 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.

b.     Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan poin-poin atas rumusan masalah tersebut, dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber.

c.     Peserta didik menentukan konsep yang akan disajikan dalam poster sesuai dari poin poin tersebut dengan mendiskusikannya dengan kelompok

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.     Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.     Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.     Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil poster yang sudah dibuat tentang mengimplementasikan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian dalam kehidupan sehari-hari yaitu sikap sabar, tabah, tawakal serta makin dekat dengan Allah Swt. Ketika mengalami musibah

b.   Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

c.   Guru memberikan sampel soal dalam Uji Pemahaman, Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 12-13 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran.

 

3.   Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu cara mengimplementasikan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian dalam kehidupan sehari-hari.

b.   Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan Soal Akhir Bab, Soal AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 14-18.

c.   Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

 

 

E.    ASESMEN / PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Aspek

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Sikap

·      Observasi selama kegiatan belajar.

·      Penilaian antar teman

·      Penilaian diri

·      Catatan dalam Jurnal Guru

·      Rubrik penilaian antar teman (bila diperlukan)

·      Rubrik penilaian diri (bila diperlukan)

Pengetahuan

Penugasan:

·      Tugas Individu: Menyalin QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9

Rubrik penilaian Tugas individu

·      Tes Tulis

Kunci dan skor Penilain

Keterampilan

Unjuk kerja: presentasi hasil diskusi

Rubrik penilaian presentasi

Praktik: membaca dan menghafal QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9

Rubrik penilaian membaca dan menghafal QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9

Portofolio: catatan semua aktivitas keagamaan, baik di sekolah, rumah, dan Masyarakat

Catatan semua aktivitas keagamaan, baik di sekolah, rumah, dan masyarakat di buku Praktikum Penilaian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Produk: Poster tentang implementasi sikap sabar, tabah, tawakal serta makin dekat dengan Allah Swt. Ketika mengalami musibah

Rubrik penilaian Poster tentang implementasi sikap sabar, tabah, tawakal serta makin dekat dengan Allah Swt. Ketika mengalami musibah  

Catatan:

·     Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan remedial (bila 20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat kelompok dan di atas 50 % bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali materi dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan.

·     Apabila nilai peserta didik sudah mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah disiapkan guru.

 

Penilaian Pengetahuan

Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur, yaitu Contoh Soal dan Pembahasan, Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman,  dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 12-18

Penilaian Keterampilan

Instrumen Penilaian Praktik (Membaca/Menghafal)

Q.S. Ali ‘Imran/3: 190-191 dan Q.S. ar-Rahman/55: 33

No

Nama

Aspek Yang Dinilai

Nilai

Tajwid

(1-4)

Tartil

(1-3)

Makharijul huruf

(1-3)

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian Aspek Praktik Dalam Bentuk Membaca/Menghafal Al-Qur’an  (Individual)

Aspek

Kriteria

Skor

Tajwid

Tidak melakukan kesalahan tajwid

4

Melakukan 1-5 kesalahan tajwid

3

Melakukan 6-10 kesalahan tajwid

2

Melakukan lebih dari 11 kesalahan tajwid

1

Tartil

Baik

3

Cukup

2

Kurang

1

Makharijul Huruf

Tidak melakukan kesalahan makharijul huruf

3

Melakukan 1-5 kesalahan makharijul huruf

2

Melakukan lebih dari 11 kesalahan makharijul huruf

1

Penskoran Nilai = Jumlah Skor

 

Instrumen Penilaian Praktik (Poster)

Judul        : Membuat poster ajakan bermuhasabah diri

Tujuan       : Siswa mampu menerima musibah dan ujian yang dialami dalam kehidupan sehari hari

Untuk instrumen penilaian bisa berkolaborasi dengan Guru Bahasa Indonesia, Guru Seni Rupa dan Guru Informatika, untuk petunjuk bisa dilihat dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 19

 

F.    PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pindailah QR Code dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 20, untuk mengakses soal-soal remedial dan pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial

 

G.   REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Perlu ada upaya melakukan refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam menghadapi musibah dan ujian dalam kehidupan sehari hari.

Refleksi Peserta Didik

1.       Apa Anda sudah pernah menghadapi musibah atau ujian dari Allah Swt.?

2.       Apakah bentuk dari musibah atau ujian tersebut?

3.       Bagaimana perasaan dan upaya yang anda lakukan dalam menghadapi musibah atau ujian tersebut?

 

Refleksi Guru

1.       Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?

2.       Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?


 

LAMPIRAN- LAMPIRAN

LAMPIRAN 1

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Silakan kerjakan Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 12-18.

 

LAMPIRAN 2

BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

 

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 1-20

 

LAMPIRAN 3

GLOSARIUM

Makhorijul huruf : tempat-tempat keluarnya huruf dalam Al Quran, yang dibagi menjadi 17 macam dengan 5 kelompok besar

Tadabur ayat : suatu proses memahami makna Al-Qur’an secara mendalam. Praktik ini merenungkan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya

Tajwid : ilmu yang mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar

Musibah : merupakan takdir dari Allah subhanahu wata’ala yang hadir untuk menguji kesabaran manusia sekaligus mengingatkan bahwa Allah-lah yang Mahakuasa

Ujian : sesuatu yang dipakai untuk menguji mutu sesuatu (kepandaian, kemampuan, hasil belajar, dan sebagainya)

LAMPIRAN 4

DAFTAR PUSTAKA

 

Drs. H. Sadi,M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga

https://saranaguru.erlanggaonline.co.id 

0 comments:

Posting Komentar