MODUL AJAR
BAB 1 : SABAR DALAM MENGHADAPI MUSIBAH DAN UJIAN
INFORMASI
UMUM |
A. IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun : Yusuf
Wibisono, S.Pd.I
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Hampang
Kelas / Fase : XII
(Dua Belas) - F
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Elemen/ Topik : Al-Qur’an dan
Hadis/ Kajian QS. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta hadis
terkait tentang musibah dan ujian
Prediksi Alokasi Waktu : 4 Pekan/ 12 JP
Tahun Penyusunan : 2024
B. KOMPETENSI
AWAL
Guru membimbing
peserta didik, agar mengamati gambar dan memberikan gambaran awal materi! Lalu
peserta didik memberi tanggapan yang dikaitkan dengan materi ajar yang
dipelajari, yakni: Menelaah QS. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS.
Ibrahim/14: 9 serta hadis terkait tentang musibah dan ujian
C. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan
berakhlak mulia, mandiri, kreatif, bergotong royong,
D. KATA KUNCI
Musibah, Ujian, Sabar, Ikhtiar, Tabah, Tawakal
E. SARANA
DAN PRASARANA
Disebabkan, materi
ini berkaitan dengan telaah Al-Qur’an dan Hadis, maka harus dipersiapkan sarana
dan media yang diperlukan, yakni: Al-Qur’an (Jika perlu, setiap peserta membawa
Al-Qur’an, bahkan lebih bagus lagi yang dibawa itu adalah Al-Qur’an dan
Terjemah); dan Buku Ilmu Tajwid, serta kitab Hadis Imam al-Bukhari dan Imam
Muslim.
Selanjutnya,
tentang media pembelajarannya, dapat mengunduh beberapa aplikasi, baik
Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, maupun Hadis, di internet yang saat ini banyak membantu
dalam memudahkan pembelajaran PAI yang berbasis TIK (Teknologi Informasi dan
Komunikasi)
Tak lupa
dipersiapkan LCD proyektor , papan tulis dan spidol serta sound system untuk
bisa mendengarkan bacaan Al-Qur’an, bisa juga dengan HP masing masing peserta
didik
F. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak
ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
G. MODEL PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN
INTI |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Membaca dan menghafal QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9
tentang musibah dan ujian
2. Menganalisis QS. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta hadis
terkait tentang musibah dan ujian.
3. Mengimplementasikan sikap sabar,
tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah
Swt.
4. Menjelaskan sikap sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu
berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah
merupakan cerminan dari iman
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9, serta Hadis tentang musibah dan ujian
C. PERTANYAAN PEMANTIK
1. Bagaimana cara membaca yang benar Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9, serta Hadis tentang musibah dan ujian?
2. Dalam menafsirkan Al-Qur’an, Tafsir apa saja yang pernah kalian ketahui?
3. Bagaimana mengimplementasikan Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta Hadis tentang musibah dan ujian dalam kehidupan
sehari-hari?
D. PERSIAPAN
PEMBELAJARAN
1. Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum
pembelajaran.
2. Guru menyiapkan bahan tayang PPT Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta Hadis tentang musibah dan ujian
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PEKAN KE-1
dan 2
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. Al-Baqarah/2:
155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta Hadis tentang musibah dan ujian dengan
tartil beserta terjemahannya.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang cara membaca
dan menghafal Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta Hadis tentang
musibah dan ujian dengan baik
f.
Guru memberikan gambaran
tentang cara membaca yang
benar sesuai tajwid Q.S. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Membaca dan menghafal QS.
Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian
Kegiatan Inti (105 Menit)
Langkah 1.
Orientasi Masalah
a. Guru memberi pemahaman kepada peserta didik tentang kompetensi yang
harus dimiliki terkait dengan Al-Qur’an, khususnya tentang membaca, menghafal, memahami
dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari
b. Guru mendorong peserta didik untuk berlatih membaca Al-Qur’an agar
terbiasa membaca Al-Qur’an dan hadis dengan memindai QR Code dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 3 dan 5.
c. Guru memberi arahan kepada peserta didik untuk menirukan bacaan secara
benar dan melakukan hal tersebut secara berulang ulang
d. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan cara membaca QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9
tentang musibah dan ujian
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
Seluruh peserta didik harus menyadari bahwa:
a.
Setiap muslim
harus memantapkan dirinya agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar (sesuai
dengan ilmu tajwid dan makharijul huruf);
b.
Lakukan tes Baca
Al-Qur’an (BQ), menuju TBQ (Tuntas Baca Al- Qur’an). Caranya menirukan bacaan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan
ujian
c.
Bacalah secara
berulang-ulang QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 sesuai dengan ilmu tajwid dan makharijul huruf, lalu
hafalkan ayat-ayat tersebut kemudian setorkan kepada guru jika sudah hafal!
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru meminta peserta didik bekerja sama dengan teman sebangku untuk
berlatih mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9
b.
Guru meminta peserta didik dalam kelompok dengan teman sebangku untuk
mengidentifikasi arti perkata dari QS. Al- Baqarah/2:
155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 dan hadis terkait.
c.
Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kelompok
masing-masing.
d.
Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta dengan
sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hukum tajwid yang terdapat
dalam QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 dan
hadis terkait.
b.
Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
c.
Guru meminta
perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan arti perkata
dari QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 dan
hadis terkait.
d.
Kelompok lain
diminta kembali untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang
sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu cara
membaca dan menghafal QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14:
9 tentang musibah dan ujian.
b.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN PEKAN
KETIGA:
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang tafsir QS. Al- Baqarah/2:
155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian dari
buku-buku tafsir.
f.
Guru memberikan gambaran
tentang tafsir QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan
QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian dari
buku-buku tafsir.
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi kajian QS.
Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian.
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a.
Guru
memberikan permasalahan tentang tafsir dari QS. Al- Baqarah/2:
155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian
b.
Guru
meminta peserta didik merumuskan masalah tentang tafsir dari QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan
ujian.
c.
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan seputar tema musibah dan ujian.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok
terdiri 4-5 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b.
Peserta didik dalam kelompok
mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah tersebut, dengan melakukan aktivitas
pengumpulan data dan informasi dari berbagai buku tafsir dan melakukan analisa
perbandingan isinya.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta
didik.
b. Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi
ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c. Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok
yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil
Karya
a. Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusi tentang tafsir QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang
musibah dan ujian.
b. Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen
tentang apa yang dipresentasikan.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi
terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan
bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang
kurang sesuai.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran
yang telah dilakukan, yaitu tafsir dari QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS.
Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian.
b. Guru memberikan sampel soal dalam Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 10-11 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan
memberikan umpan balik pembelajaran
c. Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya.
PERTEMUAN PEKAN
KEEMPAT:
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang cara mengimplementasikan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan
ujian dalam kehidupan sehari-hari.
f.
Guru memberikan gambaran
tentang cara mengimplementasikan QS. Al- Baqarah/2:
155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian dalam
kehidupan sehari-hari.
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi kajian QS.
Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian.
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a.
Guru
memberikan permasalahan tentang mengimplementasikan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan
ujian dalam kehidupan sehari-hari.
b.
Guru
meminta peserta didik merumuskan masalah tentang mengimplementasikan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan
ujian dalam kehidupan sehari-hari.
c.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema musibah dan
ujian dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Guru meminta peserta didik
menuangkan hasil diskusinya dalam sebuah proyek berupa poster
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok
terdiri 5 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b.
Peserta didik dalam kelompok
mendiskusikan poin-poin atas rumusan masalah tersebut, dengan melakukan
aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber.
c.
Peserta didik menentukan konsep
yang akan disajikan dalam poster sesuai dari poin poin tersebut dengan
mendiskusikannya dengan kelompok
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta
didik.
b. Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi
ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c. Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok
yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil poster
yang sudah dibuat tentang mengimplementasikan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan
ujian dalam kehidupan sehari-hari yaitu sikap sabar,
tabah, tawakal serta makin dekat dengan Allah Swt. Ketika mengalami musibah
b. Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen
tentang apa yang dipresentasikan.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi
terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan
peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang
kurang sesuai.
c. Guru memberikan sampel soal dalam Uji Pemahaman, Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 12-13 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan
memberikan umpan balik pembelajaran.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran
yang telah dilakukan, yaitu cara mengimplementasikan QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan
ujian dalam kehidupan sehari-hari.
b. Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan Soal Akhir Bab, Soal AKM dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 14-18.
c. Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya.
E. ASESMEN
/ PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil
penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema juan hasil belajar
dan memperbaiki proses pembelajaran.
Aspek |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Sikap |
·
Observasi selama kegiatan
belajar. ·
Penilaian antar teman ·
Penilaian diri |
·
Catatan dalam Jurnal Guru ·
Rubrik penilaian antar teman
(bila diperlukan) ·
Rubrik penilaian diri (bila
diperlukan) |
Pengetahuan |
Penugasan: ·
Tugas Individu: Menyalin QS.
Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 |
Rubrik penilaian Tugas
individu |
·
Tes Tulis |
Kunci dan skor Penilain |
|
Keterampilan |
Unjuk kerja: presentasi
hasil diskusi |
Rubrik penilaian presentasi |
Praktik: membaca dan
menghafal QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 |
Rubrik penilaian membaca dan
menghafal QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 |
|
Portofolio: catatan semua
aktivitas keagamaan, baik di sekolah, rumah, dan Masyarakat |
Catatan semua aktivitas
keagamaan, baik di sekolah, rumah, dan masyarakat di buku Praktikum Penilaian
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. |
|
Produk: Poster tentang
implementasi sikap
sabar, tabah, tawakal serta makin dekat dengan Allah Swt. Ketika mengalami
musibah |
Rubrik penilaian Poster
tentang implementasi sikap sabar, tabah, tawakal serta makin dekat dengan Allah Swt. Ketika
mengalami musibah |
Catatan:
·
Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan
remedial (bila 20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat
kelompok dan di atas 50 % bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali
materi dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang
sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu
dan hari tertentu yang disesuaikan.
·
Apabila nilai peserta didik sudah
mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan
soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah
disiapkan guru.
Penilaian Pengetahuan
Peserta didik mengerjakan tugas
terstruktur, yaitu Contoh Soal dan Pembahasan, Latihan Soal Akhir
Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman, dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 12-18
Penilaian Keterampilan
Instrumen Penilaian Praktik (Membaca/Menghafal)
Q.S. Ali ‘Imran/3: 190-191 dan Q.S. ar-Rahman/55: 33
No |
Nama |
Aspek Yang
Dinilai |
Nilai |
||
Tajwid (1-4) |
Tartil (1-3) |
Makharijul huruf (1-3) |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Aspek Praktik Dalam Bentuk Membaca/Menghafal
Al-Qur’an (Individual)
Aspek |
Kriteria |
Skor |
Tajwid |
Tidak
melakukan kesalahan tajwid |
4 |
Melakukan
1-5 kesalahan tajwid |
3 |
|
Melakukan
6-10 kesalahan tajwid |
2 |
|
Melakukan
lebih dari 11 kesalahan tajwid |
1 |
|
Tartil |
Baik |
3 |
Cukup |
2 |
|
Kurang |
1 |
|
Makharijul Huruf |
Tidak
melakukan kesalahan makharijul huruf |
3 |
Melakukan
1-5 kesalahan makharijul huruf |
2 |
|
Melakukan lebih dari 11
kesalahan makharijul huruf |
1 |
Penskoran Nilai =
Jumlah Skor
Instrumen Penilaian Praktik (Poster)
Judul : Membuat
poster ajakan bermuhasabah diri
Tujuan :
Siswa mampu menerima musibah dan ujian yang dialami dalam kehidupan sehari hari
Untuk instrumen penilaian bisa berkolaborasi dengan
Guru Bahasa Indonesia, Guru Seni Rupa dan Guru Informatika, untuk petunjuk bisa
dilihat dari Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit
Erlangga halaman 19
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pindailah QR Code
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 20, untuk mengakses soal-soal remedial dan
pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak
melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman,
Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih
melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial
G. REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK
Perlu ada upaya melakukan refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang
untuk melakukan dialog akan berhasil tidaknya pembelajaran yang dilakukan,
termasuk refleksi khusus terhadap kondisi nyata yang dialami umat (peserta
didik) dalam menghadapi musibah dan ujian dalam kehidupan sehari hari.
Refleksi Peserta Didik
1. Apa Anda sudah pernah
menghadapi musibah atau ujian dari Allah Swt.?
2. Apakah bentuk dari
musibah atau ujian tersebut?
3. Bagaimana perasaan dan
upaya yang anda lakukan dalam menghadapi musibah atau ujian tersebut?
Refleksi Guru
1. Apakah pembelajaran
dapat berlangsung sesuai rencana?
2. Apakah peserta didik
yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?
LAMPIRAN- LAMPIRAN |
LAMPIRAN 1
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Silakan kerjakan Uji Pemahaman, Soal Latihan
Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman
12-18.
LAMPIRAN 2
BAHAN
BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMK Kelas XI dari PT Penerbit
Erlangga halaman 1-20
LAMPIRAN 3
GLOSARIUM
Makhorijul huruf : tempat-tempat keluarnya huruf dalam Al
Quran, yang dibagi menjadi 17 macam dengan 5 kelompok besar
Tadabur ayat : suatu proses memahami makna Al-Qur’an secara mendalam. Praktik ini
merenungkan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya
Tajwid : ilmu
yang mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
Musibah : merupakan
takdir dari Allah subhanahu wata’ala yang hadir untuk menguji kesabaran manusia
sekaligus mengingatkan bahwa Allah-lah yang Mahakuasa
Ujian : sesuatu yang
dipakai untuk menguji mutu sesuatu (kepandaian, kemampuan, hasil belajar, dan
sebagainya)
LAMPIRAN 4
DAFTAR
PUSTAKA
Drs. H. Sadi,M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga
https://saranaguru.erlanggaonline.co.id
0 comments:
Posting Komentar