MODUL AJAR
BAB 8 : SIKAP INOVATIF DAN
ETIKA BERORGANISASI DALAM ISLAM
INFORMASI
UMUM |
A. IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun : Yusuf
Wibisono, S.Pd.I
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Hampang
Kelas / Fase : XII
(Dua Belas) - F
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Elemen/ Topik : Akhlak/ Materi
sikap inovatif dan etika berorganisasi dalam islam
Prediksi Alokasi Waktu : 3 Pekan/ 9 JP
Tahun Penyusunan : 2024
B. KOMPETENSI AWAL
Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan
memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang
dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Materi sikap
inovatif dan etika berorganisasi dalam islam
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Bernalar
Kritis, kreatif, bergotong royong,
D. KATA KUNCI
Inovatif, Etika
Organisasi, Rendah Hati
E. SARANA DAN PRASARANA
Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector,
multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras
suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan
kondisi di sekolah masing masing
Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai
PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran
F. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak
ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
G. MODEL PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN
INTI |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menganalisis sikap inovatif dan etika berorganisasi dalam islam
2. Mempresentasikan sikap inovatif dan etika berorganisasi
3. Menjelaskan bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah
agama
4.
Mengimplementasikan sikap inovatif,
etika berorganisasi dan sikap rendah hati dalam kehidupan sehari- hari
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Sikap inovatif, etika berorganisasi dan sikap rendah hati dalam
kehidupan sehari- hari
C. PERTANYAAN PEMANTIK
1.
Apa
pengertian sikap inovatif dan etika dalam berorganisasi?
2.
Bagaimana menumbuhkan sikap
inovatif dalam kehidupan sehari hari?
3.
Apa saja etika yang baik dalam berorganisasi?
D. PERSIAPAN
PEMBELAJARAN
1.
Guru melakukan asesmen
diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan bahan tayang
PPT sikap inovatif, etika berorganisasi dan sikap rendah hati dalam kehidupan
sehari- hari
3.
Guru memeriksa dan memastikan
semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia
4.
Memastikan bahwa ruang kelas
sudah bersih, aman dan nyaman
5.
Menyiapkan bahan tayang dan
multimedia pembelajaran interaktif
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PEKAN KE-1
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
a.
Guru
membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c.
Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d.
Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. Ar-Ra’d/13 : 11 dengan tartil beserta
terjemahannya.
e. Guru memberikan apersepsi
tentang Menganalisis sikap
inovatif dan etika berorganisasi dalam islam.
f.
Guru
memberikan gambaran tentang sikap inovatif dan
etika berorganisasi dalam islam
g.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Menganalisis sikap inovatif dan etika berorganisasi dalam
islam.
Kegiatan Inti (105 Menit)
Langkah 1.
Orientasi Masalah
a. Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang
akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian
contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb yang berhubungan sikap inovatif dan etika berorganisasi dalam
islam.
b. Guru mendorong peserta didik untuk membaca materi dari Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman
173 sd 194.
Langkah 2. Mengorganisasi
Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok, yang terdiri dari 4-5 orang dibagi
secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b. Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Kegiatan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 183 untuk memahami sikap inovatif
dan etika berorganisasi dalam islam.
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di Kegiatan
b.
Guru meminta
untuk tiap kelompok dapat:
1.
Menncari dan menganalisis tentang salah
satu inovator
2.
Menjelaskan
secara ringkas perjuangan dan perjalanan sang inovator
3.
Menjelaskan
dukungan baik internal maupun eksternal yang didapkan inovator tersebut
c.
Peserta
didik secara bekelompok mencari poin poin dari pembahasan sub tema dari
berbagai sumber (diperbolehkan menambah referensi buku ke perpustakaan)
d.
Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di Kegiatan
e.
Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta dengan
sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil dari
diskusi kelompok tentang pembahasan tema tersebut
b.
Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
c.
Guru meminta kelompok penampil memberikan
pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes
kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.
d.
Hal tersebut diulangi sampai semua kelompok
mempresentasikan hasilnya
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang
sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c.
Guru meminta hasil diskusi masing-masing
kelompok dikumpulkan
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menganalisis sikap inovatif dan etika
berorganisasi dalam islam
b.
Guru menugaskan tiap kelompok
membuat konten baik berupa poster, flyer ataupun video sesuai hasil diskusi
kelompok masing - masing
c.
Guru memberikan sampel soal
dalam Contoh Soal dan Pembahasan
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 184-185 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan
balik pembelajaran
d.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
e.
Guru mengakhiri pembelajaran
dengan berdoa bersama
PERTEMUAN PEKAN
KE-2 :
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Mempresentasikan sikap inovatif dan etika
berorganisasi
f.
Guru memberikan gambaran
tentang Mempresentasikan
sikap inovatif dan etika berorganisasi
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Mempresentasikan
sikap inovatif dan etika berorganisasi
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi
Masalah
a.
Guru memberi pemahaman kepada
peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Membuat konten sikap
inovatif dan etika berorganisasi
b.
Guru mengingatkan tugas dalam
membuat konten hasil diskusi kempok pertemuan sebelumnya
c.
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan seputar tema Membuat konten sikap inovatif
dan etika berorganisasi
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Guru meminta peserta didik
berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibuat minggu lalu
b.
Guru meminta kepada tiap
kelompok untuk mengundi siapa yang akan menyajikan presentasi pertama dan
seterusnya.
c.
Guru menjelaskan aturan
presentasi per kelompok dengan dimulai dengan membaca pantun dan di akhiri
dengan yel yel kelompok
d.
Guru mempersilahkan peserta
didik untuk menyiapkan kelompoknya masing masing sebelum mempresentasikan
konten yang telah dibuat
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat pantun dan yel yel
yang akan di bawakan tiap kelompok dan mengkritisinya.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Peserta didik mempresentasikan hasil konten masing-masing kelompok yang
sudah dibuat sesuai urutan yang sudah diundi.
b.
Peserta didik lainnya diminta
untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
c.
Guru meminta kelompok penampil
memberikan pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk
mengetes kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.
d.
Hal tersebut diulangi sampai
semua kelompok mempresentasikan hasilnya
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan apresiasi bagi
kelompok yang sudah membuat konten yang paling menarik
c.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari
ini, sebagai bentuk refleksi akhir.
b.
Guru meminta peserta didik
mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 186-187 untuk mengecek
pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran
c.
Guru mengkonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama-sama.
PERTEMUAN PEKAN
KE-3 :
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Menjelaskan bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi
merupakan perintah agama dan Mengimplementasikan sikap inovatif, etika
berorganisasi dan sikap rendah hati dalam kehidupan sehari- hari
f.
Guru memberikan gambaran
tentang Menjelaskan bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan
perintah agama dan Mengimplementasikan sikap inovatif, etika berorganisasi dan
sikap rendah hati dalam kehidupan sehari- hari
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Menjelaskan bahwa sikap inovatif
dan etika berorganisasi merupakan perintah agama dan Mengimplementasikan sikap
inovatif, etika berorganisasi dan sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-
hari
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a.
Guru
memberikan permasalahan tentang Menjelaskan
bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah agama dan
Mengimplementasikan sikap inovatif, etika berorganisasi dan sikap rendah hati
dalam kehidupan sehari- hari
b.
Guru
meminta peserta didik merumuskan masalah tentang Menjelaskan bahwa sikap inovatif
dan etika berorganisasi merupakan perintah agama dan Mengimplementasikan sikap
inovatif, etika berorganisasi dan sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-
hari
c.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema Menjelaskan
bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah agama dan
Mengimplementasikan sikap inovatif, etika berorganisasi dan sikap rendah hati
dalam kehidupan sehari- hari
a.
Guru meminta peserta didik
menuangkan hasil diskusinya dalam sebuah aksi nyata merujuk pada Menjelaskan
bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah agama dan
Mengimplementasikan sikap inovatif, etika berorganisasi dan sikap rendah hati
dalam kehidupan sehari- hari
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok,
yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b.
Peserta didik dalam kelompok
mendiskusikan Aksi Nyata merujuk pada Menjelaskan bahwa sikap inovatif
dan etika berorganisasi merupakan perintah agama dan Mengimplementasikan sikap
inovatif, etika berorganisasi dan sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-
hari
c.
Peserta didik menentukan konsep
Aksi Nyata yang akan dipresentasikan dan media yang akan digunakan untuk
mempublikasikan konten tersebut dengan mendiskusikannya bersama kelompok
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
d.
Guru memberikan saran dan
masukan atas konsep Aksi Nyata yang di rancang oleh peserta didik
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta masing-masing
kelompok untuk mempresentasikan hasil dari kegiatan di Ruang
Kolaborasi.
b.
Peserta didik lainnya diminta
untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
c.
Guru meminta peserta didik
untuk mengumpulkan tugas berupa laporan dalam bentuk Aksi Nyata dengan
menggunakan computer dari kegiatan di Ruang Kolaborasi.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c.
Guru meminta masing masing
kelompok untuk menilai Aksi Nyata terbaik
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari
ini, sebagai bentuk refleksi akhir.
b.
Guru memberikan tugas rumah
untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan
Soal Akhir Bab, Soal AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 189-192.
c.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama-sama.
E. ASESMEN
/ PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil
penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran.
1. Asesmen Diagnostik (Sebelum
Pembelajaran)
Untuk mengetahui kesiapan
siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:
Pertanyaan |
Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
|
Apakah sudah terbiasa mempunyai sikap inovatif
dan mempunyai etika dalam berorganisasi? |
|
|
Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran
dengan baik? |
|
|
Apakah kalian sudah siap
melaksanakan pembelajaran dengan metode Aksi Nyata? |
|
|
2. Asesmen Formatif ( Selama
Proses Pembelajaran)
Asesmen formatif dilakukan
oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa
melakukan kegiatan diskusi, presentasi dan refleksi tertulis.
a) Asesmen saat pembelajaran (ketika
siswa melakukan kegiatan belajar)
Lembar kerja pengamatan kegiatan pembelajaran
No |
Nama |
Aspek Yang
Dinilai |
Nilai |
||
Ide/ gagasan |
Aktif |
Kritis |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
3.
Asesmen Sumatif ( Akhir Pembelajaran)
Latihan
Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman, dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 186-192
Catatan:
· Apabila nilai
peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan remedial (bila
20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat kelompok dan di atas 50
% bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali materi dan guru
akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan
tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu
yang disesuaikan.
·
Apabila nilai peserta didik sudah
mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan
soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah
disiapkan guru.
b)
Peserta didik mengerjakan tugas
terstruktur yang diberikan
guru baik berupa konten maupaun Aksi Nyata
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pindailah QR Code
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 194, untuk mengakses soal-soal remedial dan
pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak
melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman,
Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih
melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial
G. REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK
Perlu ada upaya melakukan
refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil
tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi
nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam menumbuhkan sikap inovatif dan
beretika dalam organisasi
Refleksi Peserta Didik
1.
Apakah pengertian dari inovatif?
2.
Tuliskan pengertian dari etika dalam berorganisasi?
3.
Mengapa sikap inovatif dan etika berorganisasi sangat penting dalam
kehidupan sehari hari?
Refleksi Guru
1.
Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
2.
Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan
terfasilitasi dengan baik?
LAMPIRAN- LAMPIRAN |
LAMPIRAN
1
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Silakan
kerjakan Uji
Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
dari PT Penerbit Erlangga halaman 186-192
LAMPIRAN
2
BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas
XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 173 sd 194
LAMPIRAN
3
GLOSARIUM
1.
Inovatif = Kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai, yang dapat diasah
dengan rajin mempelajari hal-hal baru dan segera mengimplementasikannya
2.
Etika Organisasi = Prinsip-prinsip yang ditetapkan dan penerapan ilmu-ilmu yang
memandu operasi perusahaan dan perilaku bisnis antara manajemen dan karyawan
3.
Rendah Hati = Sikap yang menyadari keterbatasan
kemampuan diri dan ketidakmampuan diri sendiri serta tidak menjadi sombong
4.
AD dan ART = Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga dalam sebuah organisasi, yang
menjadi dasar dan patokan aturandalam berorganisasi
5.
Kreativitas = Kemampuan untuk melakukan hal yang
berbeda atau melakukan hal yang sama secara berbeda. Dengan kreativitas,
seseorang dapat memecahkan masalah sehari-hari dengan perspektif baru
NaudzubillahLAMPIRAN
4
DAFTAR PUSTAKA
Drs. H. Sadi, M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga
0 comments:
Posting Komentar