Jumat, 12 Juli 2024

Posted by Rumah Ratu On Jumat, Juli 12, 2024

 

MODUL AJAR

BAB 9 : KONSEP, FUNGSI DAN MANFAAT IJTIHAD

 

INFORMASI UMUM

A.   IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun                    :   Yusuf Wibisono, S.Pd.I        

Satuan Pendidikan               :   SMAN 1 Hampang

Kelas / Fase                           :   XII (Dua Belas) - F

Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Elemen/ Topik                      :   Fiqih/ Konsep, Fungsi dan Manfaat Ijtihad

Prediksi Alokasi Waktu      :   3 Pekan/ 9 JP

Tahun Penyusunan              :   2024

B.    KOMPETENSI AWAL

Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: konsep, fungsi dan manfaat ijtihad

 

C.   PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, bergotong royong, bernalar kritis

 

D.   KATA KUNCI

Ijtihad, Mujtahid, Ijma, Qiyas

 

E.    SARANA DAN PRASARANA

Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector, multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan kondisi di sekolah masingmasing

Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran

 

F.    TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

G.   MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).


 

KOMPONEN INTI

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Menganalisis konsep, fungsi dan manfaat ijtihad

2.       Mempresentasikan konsep, fungsi dan manfaat ijtihad

3.       Menjelaskan bahwa ijtihad adalah salah satu sumber hukum islam

4.       Mengimplementasikan sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat

B.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Konsep, Fungsi dan Manfaat Ijtihad

 

C.   PERTANYAAN PEMANTIK

1.       Apa itu Ijtihad?

2.       Bagaimana fungsi ijtihad dalam sumber hukum islam?

3.       Apa manfaat dari ijtihad?

 

D.   PERSIAPAN PEMBELAJARAN

1.       Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.

2.       Guru menyiapkan bahan tayang PPT Konsep, Fungsi dan Manfaat Ijtihad

3.       Guru memeriksa dan memastikan semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia

4.       Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan nyaman

5.       Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran interaktif

 

E.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN PEKAN KE-1

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

a.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.       Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.       Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.       Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. An-Nisa/4 : 59 dengan tartil beserta terjemahannya.

e.       Guru memberikan apersepsi tentang Konsep, Fungsi dan Manfaat Ijtihad

f.        Guru memberikan gambaran tentang Konsep, Fungsi dan Manfaat Ijtihad

g.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Menganalisis konsep, fungsi dan manfaat ijtihad dan Mempresentasikan konsep, fungsi dan manfaat ijtihad

 

Kegiatan Inti (105 Menit)

Langkah 1. Orientasi Peserta didik

a.       Pada kegiatan ini guru memberikan arahan agar peserta didik membuka buku paket Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 195 sd 216

b.       Guru memberi pemahaman kepada peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan tujuan pembelajaran yaitu Menganalisis konsep, fungsi dan manfaat ijtihad dan Mempresentasikan konsep, fungsi dan manfaat ijtihad

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.       Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok, dengan anggota 4-6 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.

b.       Setiap kelompok memilih satu orang dijadikan ketua kelompok

c.       Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Kegiatan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 206 untuk memahami konsep, fungsi dan manfaat ijtihad

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.       Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di  Kegiatan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 206

b.       Peserta didik dalam kelompok diminta untuk:

1.       Menjelaskan konsep dan fungsi ijtihad

2.       Mendiskusikan contoh ijtihad yang pernah diterapkan di Indonesia

3.       Dari data yang didapatkan, lakukan identifikasi manfaat ijtihad yang diterapkan di Indonesia

4.       Tuangkan hasil diskusi yang telah dilakukan dalam bentuk  powerpoint, canva atau media lainnya

c.       Peserta didik secara bekelompok mencari poin poin dari pembahasan sub tema dari berbagai sumber (diperbolehkan menambah referensi buku ke perpustakaan)

d.       Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di  Kegiatan

e.       Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.       Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil dari diskusi kelompok tentang pembahasan tema tersebut

b.       Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

c.       Guru meminta kelompok penampil memberikan pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.

d.       Hal tersebut diulangi sampai semua kelompok mempresentasikan hasilnya

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.       Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.       Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

 

Kegiatan Penutup (15 menit)

a.       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menganalisis konsep, fungsi dan manfaat ijtihad dan Mempresentasikan konsep, fungsi dan manfaat ijtihad

b.       Guru memberikan sampel soal dalam Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 206-208 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran

c.       Guru meminta peserta didik mengumpulkan laporan hasil diskusi yang sudah dibuat pada link drive kolaborasi

d.       Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

e.       Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa bersama

 

PERTEMUAN PEKAN KE-2 :

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang menjelaskan bahwa ijtihad adalah salah satu sumber hukum islam

f.      Guru memberikan gambaran tentang menjelaskan bahwa ijtihad adalah salah satu sumber hukum islam

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi menjelaskan bahwa ijtihad adalah salah satu sumber hukum islam

 

2.       Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Peserta didik

a.   Guru memberi pemahaman kepada peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan menjelaskan bahwa ijtihad adalah salah satu sumber hukum islam

b.   Guru mendorong peserta didik untuk membaca materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 195 sd 216.

c.   Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema ijtihad adalah salah satu sumber hukum islam.

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.   Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok besar, dengan anggota 9-10 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.

b.   Setiap kelompok memilih satu orang dijadikan ketua kelompok

c.   Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Praproyek dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 214 untuk melakukan study literer atau peneliataian literatur tentang produk hukum islam Hasil Ijtihad MUI tahun 2020-2021

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.   Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di  Praproyek

b.   Peserta didik diminta per kelompok diminta untuk:

1.       Melakukan pencarian dan pengumpulan data tentang produk hukum islam Hasil Ijtihad MUI tahun 2020-2021

2.       Dari data yang didapatkan, lakukan identifikasi (dibaca dan dikritisi) untuk dipetakan sesuai dengan bidang hukum

3.       Hasil dari kajian secara kritis terhadap produk hukum islam sebagai Hasil Ijtihad MUI tahun 2020-2021 ditulis dalam bentuk tabel secara landskap

4.       Hasil identifikasi juga dibuatkan presentasi berupa ppt, canva atau media lainnya untuk bisa dipresentasikan didepan kelas

c.   Peserta didik secara bekelompok mencari poin poin dari pembahasan sub tema dari berbagai sumber (diperbolehkan menambah referensi buku ke perpustakaan/online)

d.   Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di  Praproyek

e.   Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil dari kajian secara kritis terhadap produk hukum islam sebagai Hasil Ijtihad MUI tahun 2020-2021

b.   Guru meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan, sanggahan, atau koreksi atas presentasi masing masing kelompok.

c.   Guru meminta masing masing kelompok penampil memberikan pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru menyampaikan poin-poin penting dari proses debat tersebut dan mengaitkannya dengan materi pelajaran

c.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

 

3.       Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir.

b.   Guru meminta peserta didik mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 208-209 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran

c.   Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.   Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

 

PERTEMUAN PEKAN KE-3 :

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang mengimplementasikan sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat

f.      Guru memberikan gambaran tentang cara mengimplementasikan sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi mengimplementasikan sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat

 

2.   Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.     Guru memberikan permasalahan tentang mengimplementasikan sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat

b.     Guru mengaitkan materi pertemuan sebelumnya dengan implementasi sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat

c.     Guru meminta peserta didik merumuskan masalah tentang mengimplementasikan sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat

d.     Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema mengimplementasikan sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.     Guru meminta peserta didik saling berpasangan untuk membentuk kelompok kecil

b.     Guru meminta peserta didik yang berpasangan untuk mendiskusikan implementasi sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat dan kaitannya dengan ijtihad dengan metode think pair share

c.     Peserta didik dalam berpasangan dalam kelompok mendiskusikan implementasi sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat dan kaitannya dengan ijtihad

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.     Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.     Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.     Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi yang sudah dilakukan

b.   Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang hasil dari kelompok lain.

c.   Guru meminta setiap pasangan dalam kelompok untuk aktif dalam mempresentasikan dan menjawab argumen dari kelompok lain

d.   Tiap kelompok diberikan batasan waktu supaya seluruh kelompok dapat menyampaikan hasil diskusinya

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

c.   Guru meminta masing masing kelompok untuk menilai poster atau flyer terbaik

 

3.   Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir.

b.   Guru memberikan tugas untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan Soal Akhir Bab, Soal AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 210-214.

c.   Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.   Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

 

E.    ASESMEN / PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

1.       Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)

Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:

Pertanyaan

Jawaban

Ya

Tidak

Apakah sudah mengetahui mengenai ijtihad?

 

 

Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran dengan baik?

 

 

Apakah kalian sudah siap melaksanakan pembelajaran dengan metode think pair share?

 

 

 

2.       Asesmen Formatif ( Selama Proses Pembelajaran)

Asesmen formatif dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan diskusi, presentasi dan refleksi tertulis.

a)       Asesmen saat pembelajaran (ketika siswa melakukan kegiatan belajar)

Lembar kerja pengamatan kegiatan pembelajaran

No

Nama

Aspek Yang Dinilai

Nilai

Ide/ gagasan

Aktif

Kritis

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

3.       Asesmen Sumatif ( Akhir Pembelajaran)

Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman,  dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 210-214

 

F.    PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pindailah QR Code dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 216, untuk mengakses soal-soal remedial dan pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial

 

G.   REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Perlu ada upaya melakukan refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam konsep, fungsi dan manfaat ijtihad

Refleksi Peserta Didik

1.       Apakah anda sudah menerapkan hukum islam dari hasil ijtihad ulama dalam kehidupan sehari hari?

2.       Lakukan identifikasi dalil yang sesuai, baik dalil naqli maupun dalil naqli terkait dengan ijtihad?

3.       Bagaimana perasaan dan upaya yang anda lakukan sebagai seorang pelajar muslim terhadap persoalan yang muncul di era modern seperti dewasa ini yang menuntut jawaban dari hukum islam?

 

Refleksi Guru

1.       Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?

2.       Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?


 

LAMPIRAN- LAMPIRAN

LAMPIRAN 1

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Silakan kerjakan Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 206-214

 

LAMPIRAN 2

BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

 

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 195 sd 216

 

LAMPIRAN 3

GLOSARIUM

a.       Ijtihad : Mengerahkan pikiran dan kemampuan untuk menghasilkan hukum syariat dengan cara tertentu

b.       Mujtahid : Orang yang telah memenuhi syarat untuk melakukan ijtihad

c.       Ijma : Kesepakatan para ulama dari umat Nabi Muhammad Saw. dalam suatu kasus, setelah wafatnya Nabi Muhamad Saw. pada suatu masa

d.       Qiyas : Menghubungkan suatu perkara yang tidak ada nas hukumnya kepada perkara baru yang ada nas hukumnya karena keduanya berserikat dalam ‘illat hukum

e.       Maslahah : nilai-nilai yang menjamin terciptanya manfaat dan kepada manusia serta dapat menghindarkan manusia dari kemadarotan dan kerusakan baik di dunia dan akhirat.

f.        Mursalah : Terlepas atau bebas dari keterangan yang menunjukkan boleh atau tidak bolehnya dilakukan

g.       Istihsan : Berpalingnya seorang mujtahid dari hukum yang biasanya dia putuskan untuk masalah-masalah yang semisal pada suatu kasus tertentu, karena adanya alasan yang lebih kuat

h.       Istishab : Upaya mendekatkan satu peristiwa hukum dengan peristiwa lainnya sehingga keduanya dinilai sama hukumnya. Hakikat dari istishab adalah tetap memberlakukan hukum yang telah berlaku sebelumnya selama belum ada yang mengubahnya

i.        ‘Urf : Merupakan istilah Islam yang dimaknai sebagai adat kebiasaan yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi

LAMPIRAN 4

DAFTAR PUSTAKA

 

Drs. H. Sadi, M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga

0 comments:

Posting Komentar