MODUL AJAR
BAB 9 : KONSEP, FUNGSI DAN
MANFAAT IJTIHAD
INFORMASI
UMUM |
A. IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun : Yusuf
Wibisono, S.Pd.I
Satuan Pendidikan : SMAN 1
Hampang
Kelas / Fase : XII
(Dua Belas) - F
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Elemen/ Topik : Fiqih/ Konsep,
Fungsi dan Manfaat Ijtihad
Prediksi Alokasi Waktu : 3 Pekan/ 9 JP
Tahun Penyusunan : 2024
B. KOMPETENSI AWAL
Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan
memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang
dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: konsep, fungsi
dan manfaat ijtihad
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, bergotong royong, bernalar
kritis
D. KATA KUNCI
Ijtihad, Mujtahid,
Ijma, Qiyas
E. SARANA DAN PRASARANA
Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector,
multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras
suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan
kondisi di sekolah masingmasing
Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai
PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran
F. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak
ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
G. MODEL PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN
INTI |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Menganalisis
konsep, fungsi dan manfaat ijtihad
2.
Mempresentasikan
konsep, fungsi dan manfaat ijtihad
3.
Menjelaskan bahwa ijtihad
adalah salah satu sumber hukum islam
4.
Mengimplementasikan
sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Konsep, Fungsi dan Manfaat Ijtihad
C. PERTANYAAN PEMANTIK
1. Apa itu Ijtihad?
2. Bagaimana fungsi ijtihad dalam sumber hukum islam?
3. Apa manfaat dari ijtihad?
D. PERSIAPAN
PEMBELAJARAN
1.
Guru melakukan asesmen diagnostik dalam
bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan bahan tayang PPT Konsep,
Fungsi dan Manfaat Ijtihad
3.
Guru memeriksa dan memastikan semua sarana
dan prasarana yang diperlukan tersedia
4.
Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih,
aman dan nyaman
5.
Menyiapkan bahan tayang dan multimedia
pembelajaran interaktif
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PEKAN KE-1
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. An-Nisa/4 : 59 dengan
tartil beserta terjemahannya.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Konsep, Fungsi dan Manfaat Ijtihad
f.
Guru memberikan gambaran
tentang Konsep, Fungsi dan Manfaat Ijtihad
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Menganalisis konsep, fungsi
dan manfaat ijtihad dan Mempresentasikan konsep, fungsi dan manfaat ijtihad
Kegiatan Inti (105 Menit)
Langkah 1.
Orientasi Peserta didik
a.
Pada kegiatan
ini guru memberikan arahan agar peserta didik membuka buku paket Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 195 sd 216
b.
Guru memberi pemahaman kepada peserta didik
tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan tujuan pembelajaran yaitu
Menganalisis konsep, fungsi dan manfaat ijtihad dan Mempresentasikan konsep,
fungsi dan manfaat ijtihad
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok, dengan anggota 4-6 orang, yang
dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b.
Setiap
kelompok memilih satu orang dijadikan ketua kelompok
c. Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Kegiatan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 206 untuk memahami konsep, fungsi dan manfaat ijtihad
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di Kegiatan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 206
b.
Peserta
didik dalam kelompok diminta untuk:
1.
Menjelaskan konsep dan fungsi ijtihad
2.
Mendiskusikan
contoh ijtihad yang pernah diterapkan di Indonesia
3.
Dari data yang didapatkan, lakukan
identifikasi manfaat ijtihad yang diterapkan di Indonesia
4.
Tuangkan hasil diskusi yang telah dilakukan
dalam bentuk powerpoint, canva atau
media lainnya
c.
Peserta
didik secara bekelompok mencari poin poin dari pembahasan sub tema dari
berbagai sumber (diperbolehkan menambah referensi buku ke perpustakaan)
d.
Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di Kegiatan
e.
Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta dengan
sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil dari
diskusi kelompok tentang pembahasan tema tersebut
b.
Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
c.
Guru meminta kelompok penampil memberikan
pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes
kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.
d.
Hal tersebut diulangi sampai semua kelompok
mempresentasikan hasilnya
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang
sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menganalisis
konsep, fungsi dan manfaat ijtihad dan Mempresentasikan konsep, fungsi dan
manfaat ijtihad
b.
Guru memberikan sampel soal
dalam Contoh Soal dan Pembahasan
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 206-208 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan
balik pembelajaran
c.
Guru meminta peserta didik
mengumpulkan laporan hasil diskusi yang sudah dibuat pada link drive
kolaborasi
d.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
e.
Guru mengakhiri pembelajaran
dengan berdoa bersama
PERTEMUAN PEKAN
KE-2 :
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang menjelaskan bahwa ijtihad adalah salah
satu sumber hukum islam
f.
Guru memberikan gambaran
tentang menjelaskan bahwa ijtihad adalah salah satu sumber hukum islam
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi menjelaskan bahwa ijtihad adalah
salah satu sumber hukum islam
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Peserta didik
a.
Guru memberi pemahaman kepada
peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan menjelaskan
bahwa ijtihad adalah salah satu sumber hukum islam
b.
Guru mendorong peserta didik
untuk membaca materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 195 sd 216.
c.
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan seputar tema ijtihad adalah salah satu sumber hukum islam.
Langkah 2. Mengorganisasi
Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok besar, dengan anggota 9-10
orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b.
Setiap
kelompok memilih satu orang dijadikan ketua kelompok
c.
Peserta didik diminta melakukan
Aktifitas di Praproyek dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 214 untuk melakukan
study literer atau peneliataian literatur tentang produk hukum islam Hasil
Ijtihad MUI tahun 2020-2021
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru
membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas
di Praproyek
b.
Peserta didik diminta per kelompok diminta
untuk:
1.
Melakukan
pencarian dan pengumpulan data tentang produk hukum islam
Hasil Ijtihad MUI tahun 2020-2021
2.
Dari data yang didapatkan, lakukan
identifikasi (dibaca dan dikritisi) untuk dipetakan sesuai dengan bidang hukum
3.
Hasil dari kajian secara kritis terhadap
produk hukum islam sebagai Hasil Ijtihad MUI tahun 2020-2021 ditulis dalam
bentuk tabel secara landskap
4.
Hasil identifikasi juga dibuatkan
presentasi berupa ppt, canva atau media lainnya untuk bisa
dipresentasikan didepan kelas
c.
Peserta didik secara bekelompok mencari poin
poin dari pembahasan sub tema dari berbagai sumber (diperbolehkan menambah
referensi buku ke perpustakaan/online)
d.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di Praproyek
e.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil
Karya
a.
Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok untuk mempresentasikan
hasil dari kajian secara kritis terhadap produk hukum
islam sebagai Hasil Ijtihad MUI tahun 2020-2021
b.
Guru meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan, sanggahan, atau
koreksi atas presentasi masing masing kelompok.
c.
Guru meminta masing masing kelompok
penampil memberikan pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok
lain untuk mengetes kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru menyampaikan poin-poin
penting dari proses debat tersebut dan mengaitkannya dengan materi pelajaran
c.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari
ini, sebagai bentuk refleksi akhir.
b.
Guru meminta peserta didik
mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 208-209 untuk mengecek
pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran
c.
Guru mengkonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama-sama.
PERTEMUAN PEKAN
KE-3 :
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang mengimplementasikan sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan,
dan menghargai perbedaan pendapat
f.
Guru memberikan gambaran
tentang cara mengimplementasikan sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan
menghargai perbedaan pendapat
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi mengimplementasikan sikap terbuka
terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a.
Guru
memberikan permasalahan tentang mengimplementasikan
sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat
b.
Guru mengaitkan materi
pertemuan sebelumnya dengan implementasi sikap terbuka terhadap ilmu
pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat
c.
Guru
meminta peserta didik merumuskan masalah tentang mengimplementasikan sikap terbuka
terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat
d.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema mengimplementasikan
sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Guru
meminta peserta didik saling berpasangan untuk membentuk kelompok kecil
b.
Guru
meminta peserta didik yang berpasangan untuk mendiskusikan implementasi sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai
perbedaan pendapat dan kaitannya dengan ijtihad dengan
metode think pair share
c.
Peserta didik dalam berpasangan
dalam kelompok mendiskusikan implementasi sikap terbuka terhadap ilmu
pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat dan kaitannya dengan ijtihad
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta masing-masing
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi yang sudah dilakukan
b.
Kelompok lain diminta untuk
menanggapi dan memberikan argumen tentang hasil dari kelompok lain.
c.
Guru meminta setiap pasangan
dalam kelompok untuk aktif dalam mempresentasikan dan menjawab argumen dari
kelompok lain
d.
Tiap kelompok diberikan batasan
waktu supaya seluruh kelompok dapat menyampaikan hasil diskusinya
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c.
Guru meminta masing masing
kelompok untuk menilai poster atau flyer terbaik
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari
ini, sebagai bentuk refleksi akhir.
b.
Guru memberikan tugas untuk
mengerjakan soal-soal pada Latihan Soal
Akhir Bab, Soal AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 210-214.
c.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama-sama.
E. ASESMEN
/ PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa terhadap
materi ajar yang dipelajari. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
1. Asesmen Diagnostik (Sebelum
Pembelajaran)
Untuk mengetahui kesiapan
siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:
Pertanyaan |
Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
|
Apakah sudah mengetahui mengenai ijtihad? |
|
|
Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran
dengan baik? |
|
|
Apakah kalian sudah siap
melaksanakan pembelajaran dengan metode think pair share? |
|
|
2. Asesmen Formatif ( Selama
Proses Pembelajaran)
Asesmen formatif dilakukan oleh guru selama proses
pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan diskusi,
presentasi dan refleksi tertulis.
a)
Asesmen saat pembelajaran (ketika siswa melakukan
kegiatan belajar)
Lembar kerja pengamatan
kegiatan pembelajaran
No |
Nama |
Aspek Yang Dinilai |
Nilai |
||
Ide/ gagasan |
Aktif |
Kritis |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
3.
Asesmen Sumatif ( Akhir
Pembelajaran)
Latihan Soal Akhir
Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman, dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA
Kelas XII
dari PT Penerbit Erlangga halaman 210-214
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pindailah QR Code
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 216, untuk mengakses soal-soal remedial dan
pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak
melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman,
Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih
melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial
G. REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK
Perlu ada upaya melakukan
refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil
tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi
nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam konsep, fungsi
dan manfaat ijtihad
Refleksi Peserta Didik
1.
Apakah anda sudah menerapkan hukum islam dari hasil ijtihad ulama dalam
kehidupan sehari hari?
2.
Lakukan identifikasi dalil yang sesuai, baik dalil naqli maupun dalil
naqli terkait dengan ijtihad?
3.
Bagaimana perasaan dan upaya yang anda lakukan sebagai seorang pelajar
muslim terhadap persoalan yang muncul di era modern seperti dewasa ini yang
menuntut jawaban dari hukum islam?
Refleksi Guru
1.
Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
2.
Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan
terfasilitasi dengan baik?
LAMPIRAN- LAMPIRAN |
LAMPIRAN
1
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Silakan
kerjakan Uji
Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
dari PT Penerbit Erlangga halaman 206-214
LAMPIRAN
2
BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas
XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 195 sd 216
LAMPIRAN
3
GLOSARIUM
a.
Ijtihad : Mengerahkan pikiran
dan kemampuan untuk menghasilkan hukum syariat dengan cara tertentu
b.
Mujtahid : Orang yang telah memenuhi
syarat untuk melakukan ijtihad
c.
Ijma : Kesepakatan para ulama
dari umat Nabi Muhammad Saw. dalam suatu kasus, setelah wafatnya Nabi Muhamad
Saw. pada suatu masa
d.
Qiyas : Menghubungkan suatu
perkara yang tidak ada nas hukumnya kepada perkara baru yang ada nas hukumnya
karena keduanya berserikat dalam ‘illat hukum
e.
Maslahah : nilai-nilai yang
menjamin terciptanya manfaat dan kepada manusia serta dapat menghindarkan
manusia dari kemadarotan dan kerusakan baik di dunia dan akhirat.
f.
Mursalah : Terlepas atau bebas
dari keterangan yang menunjukkan boleh atau tidak bolehnya dilakukan
g.
Istihsan : Berpalingnya seorang
mujtahid dari hukum yang biasanya dia putuskan untuk masalah-masalah yang
semisal pada suatu kasus tertentu, karena adanya alasan yang lebih kuat
h.
Istishab : Upaya mendekatkan
satu peristiwa hukum dengan peristiwa lainnya sehingga keduanya dinilai sama
hukumnya. Hakikat dari istishab adalah tetap memberlakukan hukum yang telah
berlaku sebelumnya selama belum ada yang mengubahnya
i.
‘Urf : Merupakan istilah Islam
yang dimaknai sebagai adat kebiasaan yang diwariskan secara turun temurun dari
generasi ke generasi
LAMPIRAN
4
DAFTAR PUSTAKA
Drs. H. Sadi, M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga
0 comments:
Posting Komentar