RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMK NEGERI
1 KINTAP
Mata Pelajaran :
Kewirausahaan
Kelas/Semester :
X / I
Alokasi Waktu : 6 x 45’
Standar Kompetensi : Mengaktualisasikan sikap dan perilaku
wirausaha
Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
Indikator : 1. Mengidentifikasi
pengertian wirausaha dan kewirausahaan
2. Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
3. Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan
4. Mengidentifikasi
kegagalan dan kesuksesan seorang wirausahan
Karakter yang dikembangkan :
Kerja sama, tekun, kerja keras
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah siswa mengkaji dan menganalisis dari berbagai sumber tentang
sikap dan perilaku wirausaha, siswa mampu :
- Menjelaskan pengertian wirausaha dan kewirausahaan dengan baik
- Menunjukkan tujuan, asas, sasaran, dan ruang lingkup kewirausahaan dengan benar
- Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha dengan benar
- Menerapkan karakteristik wirausahawan seperti disiplin, mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif dengan baik
- Mengidentifikasi karakteristik warausahawan menurut para ahli dengan baik dan benar
- Menunjukkan 10 macam kegagalan dan kesuksesan warausahawan berdasarkan karakteristik wirausahawan dengan benar
- Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang gagal dan sukses dengan baik
II. Materi Ajar
- Pengertian kewirausahaan dan wirausaha
- Tujuan, asas, sasaran, dan ruang lingkup kewirausahaan
- Sikap dan perilaku wirausahawan
- Falsafah dan kebiasaan wirausahawan
- Karakteristik wirausahawan menurut para ahli
- Karakteristik wirausahawan yang meliputi disiplin, mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif
- Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan kesuksesan seorang wirausahan
III. Metode Pembelajaran
- Ceramah bervariasi
- Diskusi
- Penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
- Pertemuan ke-1
1.
Pendahuluan
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
Berdoa sebelum membuka pelajaran
Memeriksa kehadiran siswa
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
Menegur siswa yang terlambat dengan
sopan
Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai
karakter bangsa dan kewirausahaan
2.
Kegiatan Inti
-
Mengkaji dari berbagai sumber tentang sikap dan perilaku wirausahawan
-
Menjelaskan pengertian wirausaha dan kewirausahaan
-
Menganalisis tujuan, asas, sasaran, manfaat, ruang lingkup
kewirausahaan
-
Menjelaskan karakteristik wirausahawan menurut ahli
-
Mendiskusikan tentang karakteristik wirausahawan seperti disiplin,
mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif
3.
Kegiatan akhir
-
Membahas tentang penugasan yang diberikan ke siswa dan memberikan
informasi berikutnya.
- Pertemuan ke-2
1.
Pendahuluan
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
Berdoa sebelum membuka pelajaran
Memeriksa kehadiran siswa
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
Menegur siswa yang terlambat dengan
sopan
Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai
karakter bangsa dan kewirausahaan
2.
Kegiatan Inti
-
Mengkaji dari berbagai sumber tentang sikap dan perilaku wirausahawan
-
Menjelaskan pengertian wirausaha dan kewirausahaan
-
Menganalisis tujuan, asas, sasaran, manfaat, ruang lingkup
kewirausahaan
-
Menjelaskan karakteristik wirausahawan menurut ahli
-
Mendiskusikan tentang karakteristik wirausahawan seperti disiplin,
mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif
3.
Kegiatan akhir
-
Membahas tentang penugasan yang diberikan ke siswa dan memberikan
informasi berikutnya.
- Pertemuan ke-3
1.
Pendahuluan
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
Berdoa sebelum membuka pelajaran
Memeriksa kehadiran siswa
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
Menegur siswa yang terlambat dengan
sopan
Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai
karakter bangsa dan kewirausahaan
2.
Kegiatan Inti
-
Mengkaji dari berbagai sumber tentang sikap dan perilaku wirausahawan
-
Menjelaskan pengertian wirausaha dan kewirausahaan
-
Menganalisis tujuan, asas, sasaran, manfaat, ruang lingkup
kewirausahaan
-
Menjelaskan karakteristik wirausahawan menurut ahli
-
Mendiskusikan tentang karakteristik wirausahawan seperti disiplin,
mandiri, realistis, jujur, komitmen tinggi, kreatif, dan inovatif
3.
Kegiatan akhir
-
Membahas tentang penugasan yang diberikan ke siswa dan memberikan
informasi berikutnya.
V. Sumber belajar
Alat : Papan Tulis, Spidol Kapur, LCD
Buku
: LKS Modul Kharisma Kelas X,
VI. Penilaian
-
Teknik : Tes tertulis
-
Bentuk instrument : isian singkat dan essay
A.
Soal KD 1.1
Isian singkat
1.
Inpres no. 4 tahun 1995 tentang
GNMMK, yaitu singkatan dari …..
2.
Wirausaha adalah orang yang berani
memaksakan diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain, ini dikemukakan oleh …..
3.
Sasaran kewirausahaan adalah para
pelaku ekonomi terutama …..
4.
Sikap dan perilaku wirausaha yang
utama adalah …..
5.
Istilah 10D dikemukakan oleh …..
6.
Mencintai pekerjaan bisnisnya dan
hasil produksinya disebut …..
7.
Proses pengembangan kewirausahaan :
ketidakpuasan terhadap pekerjaan sekarang termasuk …..
8.
Berusaha mendidik karyawan menjadi
mandiri, disiplin, tekun dan jujur merupakan salah satu dari …..
9.
Salah satu penyebab kegagalan adalah
bakat yang tidak sesuai. Hal ini disebabkan …..
10. Salah
satu keuntungan menjadi wirausahawan adalah terbukanya peluang untuk..
Essay
1.
Apakah manfaat dari kewirausahaan? (4
saja)
2.
Jelaskan keterampilan-keterampilan
yang harus dipunyai wirausahawan yang
dapat menunjang keberhasilan!
3.
Sebutkan 10 macam kegagalan dalam
berwirausaha!
4.
Tuliskan karakteristik wirausahawan
menurut Wasty Sumanto!
5.
Sebutkan factor pemicu (Triggering
Event) untuk terjun dalam dunia bisnis! (4 saja)
B.
Kunci Jawaban
Jawaban singkat
1.
Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan
Membudidayakan Kewirausahaan
2.
Gede Perma
3.
pengusaha kecil
4.
bekerja tekun, teliti, produktif
5.
By Grave
6.
devotion
7.
Triggering Event
8.
manfaat kewirausahaan
9.
kurang mengenal jenis usaha yang
dipilih
10. menjadi
bos sendiri
Essay
1.
– menambah lapangan kerja
-
sebagai generator pembangunan
-
berusaha mendidik karyawannya menjadi orang yang mandiri
-
berusaha mendidik masyarakat agar hidup secara efisien
2.
a. Keterampilan
dasar :
-
memiliki sikap mental dan spiritual yang tinggi
-
memiliki kepribadian yang unggul
-
pandai berinisiatif
-
dapat mengkoordinasikan semua kegiatan usaha
b.
Keterampilan khusus
-
Conceptual skill à melakukan kegiatan usaha secara menyeluruh
-
Technical skill à melakukan teknik tertentu dalam mengelola usaha
-
Human skill à mampu bekerja sama dengan orang lain
3.
a. tidak adanya perencanaan yang
matang
b. bakat yang tidak cocok
c. kurang pengalaman
d. tidak mempunyai semangat wirausaha
e. kurangnya modal
f. lemahnya pemasaran
g. tidak mempunyai etos kerja yang tinggi
h. tidak disiplin, efektif dan efisien
i. tidak mandiri
j. tidak hati-hati
4.
a. memiliki moral yang tinggi
b. sikap mental wirausaha
c. kepekaan terhadap arti lingkungan
d. keterampilan wiraswasta
5.
a. adanya komitmen yang tinggi dalam
berwirausaha
b. adanya keberanian menanggung resiko
c. adanya PHK
d. adanya ketidakpuasan dengan pekerjaan sekarang
C.
Pedoman Penilaian
a.
jawab singkat à no 1-10, setiap
soal berbobot 2
b.
Essay à no 1 =10, no 2
= 20, no 3 = 10, n0 4 = 10, no 5 = 10
Jumlah skor semua : Jawaban singkat = 20
Essay = 60
Jumlah skor x 10 = 100
8
TUGAS BERKARAKTER
Tugas Kelompok
Buatlah kelompok dengan anggota 4 – 6. Kemudian,
dengan kelompok anda diskusikan tema “ Upaya – upaya yang dilakukan pemerintah
dalam mendorong lahirnya wirausahaan di kalangan anak muda “ Presentasikan
hasil diskusi id depan kelas !
Kintap,
Juli 2016
Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 KINTAP Guru
Mata Pelajaran
S u d i a n t o,
SP Yusuf
wibisono, S.Pd.I
NIP. 19710902 199802 1 004 NIP.
Kriteria
Penilaian :
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Memuaskan
|
4
|
Baik
|
3
|
Cukup
|
2
|
Kurang
|
1
|
REKAPITULASI NILAI
X AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN
HORTIKULTURA
No
|
Nama Siswa
|
Unjuk
Kerja (Performance)
|
Penugasan
(Project)
|
Hasil
Kerja (Product)
|
Tertulis
(Paper & Pencil)
|
Lisan (
Verbal )
|
Portofolio
(Portfolio)
|
Penilaian
antarteman ( Peer )
|
Sikap (Affectif)
|
Observasi
( Observation )
|
Diri (Self
Assesstment)
|
Jurnal (
Journal )
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
1
|
Ahmad Rais saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ajai Sianturi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ajay Ihwan Pamungkas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliful hakim
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Anang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Andi Rizal Pratama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
As,ad Arsyad.S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Dila Rasidi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Eka
Setianingsih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Febri Ade Satria
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hamdani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Hamidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
M. Abdur Rahmman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
M. Azis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Mugiono
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Muhammad Alfiannor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Muhammad Muklis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Muis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Mutiara Azisca Wulansari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Nova Agustina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
RAHMAD
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Rahmad
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rendi Gunawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Salman Khan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Wahyuni S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Ahmad Rais saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai =
Jumlah Skor : Aspek Penilaian
Untuk siswa yang nilainya masih di bawah
nilai KKM, maka diberikan PERBAIKAN dan
yang telah melampaui nilai KKM diberi
PENGAYAAN
Kintap, Juli 2016
Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 KINTAP Guru
Mata Pelajaran
S u d i a n t o,
SP Yusuf
wibisono, S.Pd.I
NIP. 19710902 199802 1 004 NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMK
NEGERI 1
KINTAP
Mata Pelajaran : Kewirausahaan
Kelas/Semester : X / I
Alokasi Waktu : 8 x 45’
Standar Kompetensi : Mengaktualisasikan sikap dan perilaku
wirausaha
Kompetensi Dasar :
1.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif
Indikator : 1. Menjelaskan
pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif
2. Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan
berdasarkan perilaku kerja prestatif
3. Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif,
yaitu kerja ikhlas, kerja tuntas, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja mawas
diri terhadap emosional di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat
4. Menjelaskan pembinaan perilaku kerja prestattif
melalui latihan
5. Menjelaskan motivasi dalam bekerja
Karakter yang dikembangkan :
Kerja sama, tekun, kerja keras
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah siswa mengalami proses pembelajaran, siswa mampu :
1.
Menjelaskan pengertian sikap dan
perilaku kerja prestatif dengan baik
2.
Menyebutkan karakteristik
wirausahawan berdasarkan perilaku kerja prestatif dengan benar
3.
Mengidentifikasi ciri dan sifat kerja
prestatif secara benar
4.
Menerapkan bentuk perilaku kerja
prestatif yaitu kerja ikhlas, kerja tuntas, kerja keras, kerja cerdas, dan
kerja mawas diri terhadap emosional di lingkungan sekolah, keluarga, dan
masyarakat dengan benar
5.
Menjelaskan pentingnya pembinaan
perilaku kerja prestatif melalui latihan dengan benar
6.
Menyebutkan metode-metode latihan
dengan benar
7.
Menjelaskan motivasi dalam bekerja
dengan benar
II. Materi Ajar
1.
Pengertian sikap dan perilaku kerja
prestatif
2.
Karakteristik wirausahawan yang
bekerja prestatif
3.
Bentuk-bentuk kerja prestatif
4.
Metode latihan
5.
Motivasi kerja
III. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.
Pendahuluan
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
Berdoa sebelum membuka pelajaran
Memeriksa kehadiran siswa
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
Menegur siswa yang terlambat dengan
sopan
Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai
karakter bangsa dan kewirausahaan
2.
Kegiatan inti
-
Mengkaji pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif
-
Menganalisis karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja
prestatif
-
Mendiskusikan contoh-contoh perilaku kerja prestatif
-
Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif di lingkungan sekolah,
keluarga dan masyarakat
3.
Kegiatan penutup
-
membahas soal dan tugas yang akan diberikan
Pertemuan ke-2
1.
Pendahuluan
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
Berdoa sebelum membuka pelajaran
Memeriksa kehadiran siswa
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
Menegur siswa yang terlambat dengan
sopan
Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai
karakter bangsa dan kewirausahaan
2.
Kegiatan inti
-
Mengkaji pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif
-
Menganalisis karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja
prestatif
-
Mendiskusikan contoh-contoh perilaku kerja prestatif
-
Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif di lingkungan sekolah,
keluarga dan masyarakat
3.
Kegiatan penutup
membahas soal
dan tugas yang akan diberikan
Pertemuan ke-3
1.
Pendahuluan
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
Berdoa sebelum membuka pelajaran
Memeriksa kehadiran siswa
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
Menegur siswa yang terlambat dengan
sopan
Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai
karakter bangsa dan kewirausahaan
2.
Kegiatan inti
-
Mengkaji pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif
-
Menganalisis karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja
prestatif
-
Mendiskusikan contoh-contoh perilaku kerja prestatif
-
Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif di lingkungan sekolah, keluarga
dan masyarakat
3.
Kegiatan penutup
membahas soal
dan tugas yang akan diberikan
Pertemuan ke-4
1.
Pendahuluan
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
Berdoa sebelum membuka pelajaran
Memeriksa kehadiran siswa
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
Menegur siswa yang terlambat dengan
sopan
Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai
karakter bangsa dan kewirausahaan
2.
Kegiatan inti
-
Mengkaji pengertian sikap dan perilaku kerja prestatif
-
Menganalisis karakteristik wirausahawan berdasarkan perilaku kerja
prestatif
-
Mendiskusikan contoh-contoh perilaku kerja prestatif
-
Menerapkan bentuk perilaku kerja prestatif di lingkungan sekolah,
keluarga dan masyarakat
3.
Kegiatan penutup
membahas soal
dan tugas yang akan diberikan
V. Sumber Belajar
Alat : Papan Tulis, Spidol Kapur
Buku
: LKS Modul Kharisma Kelas X,
VI. Penilaian
-
Bentuk : tes tertulis
-
Bnetuk instrument : essay dan pilihan ganda
A.
Soal KD 1.2
Essay
1.
Sebutkan 5 karakteristik wirausahawan
menurut Zimmerer!
2.
Berikan contoh bentuk-bentuk kerja
prestatif, masing-masing satu!
3.
Jelaskan teori kebutuhan menurut
Maslow!
4.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
semangat kerja/motivasi kerja!
5.
Apakah manfaat latihan bagi pembinaan
perilaku kerja prestatif?
Pilihan Ganda
1.
Orang yang selalu berambisi ingin
maju, disebut perilaku kerja …..
a.
Prestatif d. Inovatif
b.
Komitmen tinggi e. Ambisius
c.
Kreatif
2.
Empat sisi potensial manusia seperti
self awareness, conscience, independent
will dan creative imagination dikemukakan oleh …..
a.
Robbin d. Maslow
b.
Wasty Sumanto e. Zimmerer
c.
Stephen Covey
3.
Energik, inisiatif, kemampuan
mengambil resiko dan suka tantangan merupakan bagian dari profil wirausahawan
yang memiliki ciri-ciri prestatif, yaitu …..
a.
Mandiri d. kepemimpinan
b.
berorientasi kecil e. pengambil resiko
c.
berorientasi ke masa depan
4.
Apprentice Training artinya …..
a.
mendapatkan pekerjaan baru
b.
mengerjakan tugas dengan
sebaik-baiknya
c.
kesempatan kerja
d.
kepercayaan bekerja
e.
latihan kerja
5.
Dilligence,
integrity, carefulness, dedication merupakan bagian dari ciri sikap …..
a.
bekerja prestasi d. bekerja cerdas
b.
bekerja baik e. bekerja tuntas
c.
bekerja tekun
B.
Kunci Jawaban
Essay
1.
- memiliki
komitmen tinggi
-
mau bertanggung jawab
-
mempunyai obsesi prestasi tinggi
-
toleransi untuk mencapai kebimbangan dan ketidakpastian
-
yakin pada dirinya sendiri
-
kreatif dan fleksibel
2.
- kerja
ikhlas à seorang pegawai bekerja dengan ikhlas walau gajinya kecil
- kerja
cerdas à seorang insinyur mengerjakan pekerjaan membuat rumah dengan hitungan
yang tepat
- kerja tuntas à seorang wirausaha merencanakan dan menjalankan usaha dengan baik dan
mendapat hasil kerja yang maksimal
- kerja keras à seorang pedagang sayuran berangkat malam hari dan pulang tanpa
mempedulikan cuaca
- kerja mawas diri terhadap emosional à seorang guru
yang ….
3.
- kebutuhan fisiologi à kebutuhan dasar
manusia seperti makan, minum, istirahat, dll
- kebutuhan rasa aman, bebas dari ancaman fisik dan psikis
- kebutuhan akan penghargaan à penghargaan
akan kemampuan
- kebutuhan aktualiasasi diri à mengembangkan
potensi semaksimal mungkin
4.
Motivasi kerja adalah dorongan untuk
melakukan pekerjaan untuk menghasilkan prestasi yang lebih baik
5.
a. meningkatkan kemampuan bekerja
prestatif
b. mengembangkan ilmu pengetahuan
c. mengembangkan rasa kesetiakawanan
d. mengambangkan daya kreatifitas
e. mengurangi pengawasan pekerjaan
Pilihan Ganda
1.
A
2.
C
3.
E
4.
B
C.
Pedoman Penilaian
Essay à no 1 = 5, no 2 = 20, no 3 = 10, no 4 = 5, no 5 = 5
Pilihan ganda à no 1-5, setiap soal berbobot 1
Jumlah skor :
essay = 45
TUGAS BERKARAKTER
Tugas Kelompok
Buatlah kelompok dengan anggota 4 – 6 orang !
Bersama kelompok kalian, diskusikan tema “ penerapan kerja prestatif, kerja
cerdas, dan kerja tuntas di lingkungan sekolah “! Presentasikan hasil diskusi
di depan kelas !
Kintap,
Juli 2016
Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 KINTAP Guru
Mata Pelajaran
S u d i a n t o,
SP Yusuf
wibisono, S.Pd.I
NIP. 19710902 199802 1 004 NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMK
NEGERI 1
KINTAP
Mata Pelajaran :
Kewirausahaan
Kelas/Semester :
X / I
Alokasi Waktu : 8 x 45’
Standar Kompetensi : Mengaktualisasikan
sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar :
1.3 Merumuskan solusi masalah
Indikator : 1. Menyadari dan memahami masalah
2. Menunjukkan penyebab terjadinya
masalah
3. Menjelaskan teknik-teknik
pemecahan masalah baik individu maupun kelompok
4. Mengolah informasi
5. Menentukan alternative yang
dipilih dan solusi masalah dengan cermat dan teliti
6. Mengadakan kerjasama dengan teman sebaya
Karakter yang dikembangkan :
Kerja sama, tekun, kerja keras
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah siswa
mengalami proses pembelajaran, siswa mampu :
1.
Menyadari dan memahami masalah dengan baik
2.
Menunjukkan penyebab terjadinya
masalah
3.
Menjelaskan teknik-teknik pemecahan masalah, baik individu atau kelompok
dengan baik dan benar
4.
Mengolah informasi dengan benar
5.
Menganalisis alternatif-alternatif solusi masalah dengan cermat dan teliti
dengan baik
6.
Mengadakan kerjasama dengan teman sebaya dengan baik
II.
Materi
Ajar
1.
Pengertian, ciri-ciri dan jenis
masalah
2.
Teknik-teknik pemecahan masalah
3.
Identifikasi masalah dan penyebab
masalah
4.
Sumber-sumber informasi
5.
Mencari dan menentukan alternative pemecahan masalah
6.
Pertimbangan dalam merumuskan masalah
7.
Dampak dari pengambilan keputusan
III. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Pemberian tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.
Kegiatan awal
a.
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
b.
Berdoa sebelum membuka pelajaran
c.
Memeriksa kehadiran siswa
d.
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
e.
Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
f.
Menegur siswa yang terlambat dengan
sopan
g.
Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
h.
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
i.
Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
j.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
k.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai
karakter bangsa dan kewirausahaan
2.
Kegiatan inti
-
Menganalisis pengertian, ciri, dan jenis-jenis masalah
-
Mengkaji dari berbagai sumber tentang masalah sehingga dapat membedakan
masalah dan bukan masalah
-
Mengidentifikasikan masalah dan penyebab terjadinya masalah
-
Mendiskusikan perbedaan-perbedaan yang ada dalam mengatasi masalah
3.
Kegiatan akhir
-
Menanggapi masalah yang dibuat siswa (penugasan)
Pertemuan ke-2
1.
Kegiatan awal
a.
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
b.
Berdoa sebelum membuka pelajaran
c.
Memeriksa kehadiran siswa
d.
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
e.
Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
f.
Menegur siswa yang terlambat dengan
sopan
g.
Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
h.
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
i.
Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
j.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
k.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai
karakter bangsa dan kewirausahaan
2.
Kegiatan inti
o
Menganalisis pengertian, ciri, dan
jenis-jenis masalah
o
Mengkaji dari berbagai sumber tentang masalah sehingga dapat membedakan
masalah dan bukan masalah
o
Mengidentifikasikan masalah dan penyebab terjadinya masalah
o
Mendiskusikan perbedaan-perbedaan yang ada dalam mengatasi masalah
3.
Kegiatan akhir
o
Menanggapi masalah yang dibuat siswa (penugasan)
Pertemuan ke-3
1.
Kegiatan awal
a.
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
b.
Berdoa sebelum membuka pelajaran
c.
Memeriksa kehadiran siswa
d.
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
e.
Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
f.
Menegur siswa yang terlambat dengan
sopan
g.
Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
h.
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
i.
Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
j.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
k.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai
karakter bangsa dan kewirausahaan
2.
Kegiatan inti
o
Menganalisis pengertian, ciri, dan
jenis-jenis masalah
o
Mengkaji dari berbagai sumber tentang masalah sehingga dapat membedakan
masalah dan bukan masalah
o
Mengidentifikasikan masalah dan penyebab terjadinya masalah
o
Mendiskusikan perbedaan-perbedaan yang ada dalam mengatasi masalah
3.
Kegiatan akhir
o
Menanggapi masalah yang dibuat siswa (penugasan)
Pertemuan ke-4
1.
Kegiatan awal
a.
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
b.
Berdoa sebelum membuka pelajaran
c.
Memeriksa kehadiran siswa
d.
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
e.
Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
f.
Menegur siswa yang terlambat dengan
sopan
g.
Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
h.
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
i.
Mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
j.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
k.
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan nilai-nilai
karakter bangsa dan kewirausahaan
2.
Kegiatan inti
o
Menganalisis pengertian, ciri, dan
jenis-jenis masalah
o
Mengkaji dari berbagai sumber tentang masalah sehingga dapat membedakan
masalah dan bukan masalah
o
Mengidentifikasikan masalah dan penyebab terjadinya masalah
o
Mendiskusikan perbedaan-perbedaan yang ada dalam mengatasi masalah
3.
Kegiatan akhir
o
Menanggapi masalah yang dibuat siswa (penugasan)
V. Sumber Belajar
Alat : Papan Tulis, Spidol Kapur
Buku
: LKS Modul Kharisma Kelas X,
VI. Penilaian
-
Teknik :
tes tertulis
-
Bentuk instrument : essay dan menjodohkan
A.
Soal KD 1.3
Menjodohkan
1.
Hambatan – hambatan dalam mencapai tujuan disebut ………….
2.
Kesulitan dalam belajar bahasa
Inggris termasuk ………………
3.
Turunnya omset penjualan termasuk
……..
4.
Curah hujan sama istilahnya dengan
……….
5.
Rtransformasi permasalahan
merupakan metode ……
|
A.
Masalah individu
B.
Brain Stroming
C.
Pengertian masalah
D.
Synectic
E.
Masalah organisasi
|
Essay
1.
Jelaskan jenis-jenis masalah!
2.
Sebutkan 5 langkah pemikiran ilmiah dalam pemecahan masalah!
3.
Sebutkan sumber-sumber informasi sekunder!
4.
Apakah manfaat dari pengambilan keputusan selalu ada keraguan dan ketidak
setujuan?
5.
Sebutkan 5 ciri masalah menurut Dewey!
B.
Kunci Jawaban
Menjodohkan
1.
C
2.
A
3.
E
4.
B
5.
D
Essay
1.
- Masalah individu à masalah yang
dihadapi oleh diri individu
- Masalah organisasi à masalah yang
dihadapi organisais baik organisasi profit maupun non profit
- Masalah
social/masyarakat à masalah yang ada di masyarakat sebagai akibat aktivitas masyarakat itu
sendiri
2.
- merumuskan tujuan
- merumuskan permasalahan
-
menghimpun fakta-fakta
-
mengolah fakta-fakta
-
memilih alternative yang tepat
-
meyakini suatu gagasan
3.
- KADIN
-
media massa
-
biro statistic
-
pemerintah
-
catatan intern perusahaan
4.
a. merangsang daya imajinasi dan kreatifitas
b. Penerimaan
bersama dalam keputusan
c. memperkaya
alternative untuk melahirkan keputusan yang mantap
5.
a. Merasa bimbang, bingung dan kesulitan
b. Merumuskan
masalah yang ingin dipecahkan
c. Menguji
hipotesis dengan mengumpulkan data
d. Mengembangkan
ide untuk memperoleh pemecahan masalah yang terbaik
e. Mengambil
kesimpulan yang didukung oleh fakta
C.
Penilaian
menjodohkan : no 1-5, setiap soal berbobot 1
essay : no 1= 10, no 2 = 5, no 3 = 5, no 4 = 10, n0 5 = 5
nilai akhir = skor maksimal x 100
4
TUGAS BERKARAKTER
Tugas Kelompok
Tema
“ CV TRI TUNGGAL “ yang bergerak di bidang properti ( perumahan ), mengalami
penurunan dalam hal penjualan rumah.
Perintah :
1.
Buatlah kelompok dengan anggota 4 -6 orang
2.
Diskusikan solusi penyelesaian masalah yang dialami CV TRI TUNGGAL
3.
Laporkan hasil diskusi anda pada guru
4.
Presentasikan hasil diskusi di depan kelas !
Kintap,
Juli 2016
Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 KINTAP Guru
Mata Pelajaran
S u d i a n t o,
SP Yusuf
wibisono, S.Pd.I
NIP. 19710902 199802 1 004 NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMK
NEGERI 1
KINTAP
Mata Pelajaran :
Kewirausahaan
Kelas/Semester :
X / I
Alokasi Waktu : 8 x 45’
Standar Kompetensi : Mengaktualisasikan
sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar :
1.4 Mengembangkan semangat berwirausaha
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian semangat berwirausaha
2. Mengidentifikasi pentingnya semangat berwirausaha
3. Mengidentifikasi cara meningkatkan
semangat kerja wirausaha
4. Menyebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi semangat wirausaha
5. Menciptakan semangat kreatifitas,
inovasi dan motivasi
Karakter yang dikembangkan :
Kerja sama, tekun, kerja keras
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah siswa
mengkaji berbagai sumber tentang semangat berwirausaha, siswa mampu :
1.
Menjelaskan pengertian semangat berwirausaha dengan baik
2.
Mengidentifikasi pentingnya semangat berwirausaha dengan benar
3.
memahami prinsip kerja efisien dan efektif dengan baik
4.
Menerapkan pengertian kreatifitas, inovasi dan motivasi dengan baik
5.
Menyebutkan faktor-faktor yang memepengaruhi semangat wirausaha dengan
benar
6.
Mengidentifikasi sebab-sebab tidak memiliki semangat kerja dengan benar
II. Materi Ajar
1.
Pengertian semangat kerja
2.
Inovatif
3.
Kreatif
4.
Motivasi
5.
Sikap bekerja efektif dan efisien
6.
Cara meningkatkan semangat kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhi
semangat kerja
III. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah bervariasi
2.
Diskusi
3.
Penugasan/Menjawab angket
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.
Kegiatan awal
-
salam dan presensi
-
Tanya jawab
2.
Kegiatan inti
-
menjelaskan pengertian semangat berwirausaha
-
menjelaskan pengertian inovatif, kreativitas, motivasi dan manfaat
masing-masing
-
mendiskusikan perbedaan bekerja berdasarkan semangat berwirausaha dengan
yang tidak
3.
Kegiatan akhir
- pembahasan hasil diskusi dan informasi untuk
pertemuan berikutnya
Pertemuan ke-2
- Kegiatan awal
-
salam dan presensi
-
tes secara lisan
- Kegiatan inti
-
Mengidentifiksi cara meningkatkan semangat kerja wirausaha
-
Menjelaskan faktor-faktor yang memepengaruhi semangat wirausaha
-
Menjelaskan perilaku kerja efisien dan efektif
-
Penugasan : membuat makalah tentang cara-cara semangat kerja dan berjiwa
mandiri
- Kegiatan akhir
-
kesimpulan : mempresentasikan makalah
Pertemuan ke-3
1.
Kegiatan awal
-
salam dan presensi
-
Tanya jawab
2.
Kegiatan inti
-
menjelaskan pengertian semangat berwirausaha
-
menjelaskan pengertian inovatif, kreativitas, motivasi dan manfaat
masing-masing
-
mendiskusikan perbedaan bekerja berdasarkan semangat berwirausaha dengan
yang tidak
3.
Kegiatan akhir
- pembahasan hasil diskusi dan informasi untuk
pertemuan berikutnya
Pertemuan ke-4
1.
Kegiatan awal
-
salam dan presensi
-
tes secara lisan
2.
Kegiatan inti
-
Mengidentifiksi cara meningkatkan semangat kerja wirausaha
-
Menjelaskan faktor-faktor yang memepengaruhi semangat wirausaha
-
Menjelaskan perilaku kerja efisien dan efektif
-
Penugasan : membuat makalah tentang cara-cara semangat kerja dan berjiwa
mandiri
3.
Kegiatan akhir
-
kesimpulan : mempresentasikan makalah
V. Sumber Belajar
Alat : Papan Tulis, Spidol Kapur
Buku
: LKS Modul Kharisma Kelas X,
VI. Penilaian
-
Bentuk : tes tertulis
-
Bnetuk instrument : essay
A.
Soal KD 1.4
Essay
1.
Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang semangat wirausaha?
2.
Sebutkan 5 ciri manusia kreatif
menurut A. Roe!
3.
Apakah yang dimaksud dengan
a.
Kreatif
b.
Inovatif
4.
Bagaimanakah cara menanamkan kreatifitas pada setiap individu?
5.
Buatlah 2 contoh kegiatan siswa SMK yang mencerminkan kreatifitas!
6.
Sebutkan 5 cara meningkatkan semangat kerja!
7.
Berikan 5 alasan mengapa semangat kerja itu penting bagi wirausaha!
B.
Kunci Jawaban
1.
Semangat wirausaha à sikap kejiwaan
yang dimiliki oleh wirausaha untuk bekerja giat dengan mencurahkan segala macam
kemampuannya sehingga dapat menjalankan dan mencapai tujuan usaha secara
optimal
2.
- keterbukaan
pada pengalaman
-
keingintahuan
-
menerima dan menyesuaikan yang kelihatan berlawanan
-
dapat menerima perbedaan
-
melihat sesuatu dengan cara yang tidak biasa
-
independent dalam pertimbangan, pemikiran dan tindakan
-
percaya pada diri sendiri
-
tekun
-
mau mengambil resiko yang telah diperhitungkan
3.
- kreatif à kemampuan membuat kombinasi baru atau melihat hubungan-hubungan baru
antara variabel data dan unsur yang sudah ada sebelumnya
- efisiensi kerja à segala sesuatu yang dapat dikerjakan dengan berdaya guna atau segala
sesuatu yang dapat diselesaikan dengan tepat, cepat, hemat, dan selamat
4.
- menggunakan akal sehat
-
menghapus perasaan keragu-raguan
-
mengenali lingkungan
-
mengembangkan perspektif fungsional
5.
- Para siswa SMK membuat sepatu roda, yaotu gabungan sepatu dan roda
- Seorang siswa SMK membuat piramida, gedung,
mobil-mobilan, dll dari batang korek api
6.
- menerapkan kreatifitas dan inovasi
-
berjiwa mandiri
-
bekerja secara efektif dan efisien
-
Selalu ingin maju
-
Inovasi
7.
- Pekerjaan lebih cepat diselesaikan
- Kerusakan dapat dikurangi
- Tercapai efisiensi kerja
- Tercapai produktifitas kerja yang tinggi
- Lebih cepat mencapai kemajuan usaha
C.
Pedoman Penilaian
No 1 = 5, no 2 = 5, no 3 = 10, no 4 = 10, no 5 = 10, no 6 = 5, no 7 =
5
Jumlah skor x 10
5
TUGAS BERKARAKTER
Tugas Kelompok
Buatlah kelompok dengan anggota 4 – 6 orang !
Bersama kelompok kalian diskusikanlah tema “ Buatlah berpikir positif bagi
kemajuan usaha “ ! Presentasikan hasilnya di depan kelas !
Kintap,
Juli 2016
Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 KINTAP Guru
Mata Pelajaran
S u d i a n t o,
SP Yusuf
wibisono, S.Pd.I
NIP. 19710902 199802 1 004 NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMK
NEGERI 1
KINTAP
Mata Pelajaran :
Kewirausahaan
Kelas/Semester :
X / 1
Alokasi Waktu : 8 x 45’
Standar Kompetensi : Mengaktualisasikan
sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar :
1.5 Membangun komitmen tinggi bagi dirinya dan orang lain
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian komitmen tinggi
2. Menyebutkan faktor-faktor komitmen
tinggi
3. Menerapkan perilaku tepat waktu
4. Menerapkan perilaku tepat janji
5. Menunjukkan sikap kepedulian
terhadap mutu hasil kerja
6. Menerapkan komitmen tinggi
terhadap pengendalian diri
7. Mengidentifikasi pentingnya
wirausaha yang berkomitmen tinggi
Karakter yang dikembangkan :
Kerja sama, tekun, kerja keras
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah siswa
mengkaji dari berbagai sumber tentang komitmen tinggi, siswa mampu :
1.
Menjelaskan pengertian komitmen tinggi dengan benar
2.
Menyebutkan factor-faktor komitmen tinggi dengan baik
3.
Menerapkan perilaku tepat waktu dalam kehidupan sekolah dengan benar
4.
Menerapkan perilaku tepat janji dalam kehidupan sekolah dengan baik
5.
Menunjukkan sikap kepedulian terhadap mutu hasil kerja dengan benar
6.
Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri dengan baik
7.
Mengidentifikasi pentingnya wirausaha yang berkomitmen tinggi dengan benar
II. Materi Ajar
1.
Pengertian komitmen tinggi
2.
Faktor-faktor komitmen tinggi
3.
Penerapan perilaku tepat waktu, tepat janji, sikap peduli terhadap mutu
hasil kerja dan pengendalian diri
4.
Pentingnya komitmen tinggi bagi dirinya dan orang lain
5.
Pengertian dan tujuan disiplin
III. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah bervariasi
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.
Kegiatan awal
-
Salam dan presensi
-
Tanya jawab
2.
Kegiatan inti
-
Mengkaji pengertian komitmen tinggi
-
Mengidentifikasi faktor-faktor komitmen tinggi
-
Mengidentifikasi pentingnya wirausaha yang berkomitmen tinggi
-
Mendiskusikan “Bagaimana seseorang melakukan komitmen tinggi”
3.
Kegiatan akhir
– Kesimpulan : membahas apa
yang telah didiskusikan oleh siswa
Pertemuan ke-2
- Kegiatan awal
-
Salam dan presensi
-
Tes lisan
- Kegiatan inti
-
Menjelaskan pengertian tepat waktu, tepat janji, sikap peduli terhadap mutu
hasil kerja dan pengendalian diri
-
Mendiskusikan penerapan perilaku tepat waktu dan tepat janji
-
Penugasan membuat laporan yang berkaitan dengan kemandirian kerja
- Kegiatan akhir
– Membahas
laporan siswa
Pertemuan ke-3
1.
Kegiatan awal
-
Salam dan presensi
-
Tanya jawab
2.
Kegiatan inti
-
Mengkaji pengertian komitmen tinggi
-
Mengidentifikasi faktor-faktor komitmen tinggi
-
Mengidentifikasi pentingnya wirausaha yang berkomitmen tinggi
-
Mendiskusikan “Bagaimana seseorang melakukan komitmen tinggi”
3.
Kegiatan akhir
– Kesimpulan : membahas apa
yang telah didiskusikan oleh siswa
Pertemuan ke-4
1.
Kegiatan awal
-
Salam dan presensi
-
Tes lisan
2.
Kegiatan inti
-
Menjelaskan pengertian tepat waktu, tepat janji, sikap peduli terhadap mutu
hasil kerja dan pengendalian diri
-
Mendiskusikan penerapan perilaku tepat waktu dan tepat janji
-
Penugasan membuat laporan yang berkaitan dengan kemandirian kerja
3.
Kegiatan akhir
– Membahas
laporan siswa
V. Sumber belajar
Alat : Papan Tulis, Spidol Kapur
Buku
: LKS Modul Kharisma Kelas X,
VI. Penilaian
-
teknik : tes tertulis
-
bentuk instrument : essay
A.
Soal KD 1.5
Essay
1.
Apa yang dimaksud dengan komitmen tinggi?
2.
Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen tinggi!
3.
Bagaimanakah wirausaha yang sukses dalam memahami waktu?
4.
Berikan contoh perilaku tepat waktu dan tepat janji di sekolah! (masing-masing
2)
5.
Dalam perilaku kepedulian terhadap
mutu hasil kerja, elemen-elemen apa sajakah yang harus dimiliki oleh seorang
wirausaha yang memiliki perilaku tersebut?
6.
Apa yang dimaksud denagn disiplin?
7.
Mengapa disiplin penting di belajar, bekerja dan berkarya?
8.
Mengapa seorang wirausaha penting mempunyai komitmen tinggi dalam usahanya?
9.
Bagaimanakah menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri?
10.
Berikan 5 contoh positif seorang wirausaha yang bisa dijadikan suri
tauladan di masyarakat!
B.
Kunci Jawaban
1.
Komitmen tinggi à fokus pikiran
yang dierahkan pada tugas dan usahanya dengan selalu berupaya memperoleh hasil
yang maksimal
2.
a. konsisten,
adil, dan tegas
b.
Suri tauladan
c.
Mercusuar
d.
Konsentrasi pada manusia
3.
- Tepat waktu adalah organisasi
-
Tepat waktu adalah kekuasaan
-
Tepat waktu adalah nilai uang
-
Tepat waktu adalah ukuran
4.
Tepat waktu contohnya :
-
Jangan suka menunda-nunda tugas sekolah
-
Manfaatkanlah budaya kehadiran tepat waktu yang lebih produktif
Tepat janji contohnya :
-
Membiasakan mendidik diri sendiri dalam belajar dan jangan berbohong
-
Meningkatkan disiplin diri sendiri untuk membiasakan budaya tepat janji
5.
- Informasi mutu harus digunakan untuk perbaikan, bukan untuk mengawasi
orang
- Imbal jasa harus sepadan dengan nilai pekerjaan
- Warga perusahaan harus memiliki perusahaan
- Kewenangannya harus sebatas tanggung jawab
- Kolaborasi, sinergi, bukan kompetensi harus merupakan basis kerjasama
- Warga perusahaan merasa aman dan senang terhadap pekerjaannya
- Rasa keadilan harus ditanamkan
6.
Disiplin à usaha untuk
mengatur atau mengontrol kelakuan seseorang untuk mencapai tujuan, dengan
adanya bentuk kelakuan yang harus dicapai, dilarang atau diharuskan
7.
- menciptakan iklim belajar, bekerja dan berkarya yang menyenangkan
- meningkatkan prestasi bejar, bekerja dan berkarya
-
adanya hormat menghormati semua pihak
- konsep didiplin dapat diterima semua pihak
8.
– dapat mempergunakan sumber daya secara lebih efisien
-
meningkatkan kesuksesan
-
meningkatkan rasa kepercayaan
-
bias mendapatkan hasil maksimal dengan sumber daya maksimal
-
meningkatkan etos kerja
9.
– ketahanan
-
keuletan
-
disiplin
10. –
bermoral dan berakhlak mulia
-
sopan santun
-
tolong menolong
-
tenggang rasa
-
berbusana yang baik
-
berbicara yang baik
C. Pedoman
Penilaian
No 1 = 5, no 2 = 5, no 3 = 5, no 4 = 10, no 5 = 10, no 6 = 6, no 7 =
10, no 8 = 10, no 9 = 5, dan no 10 = 5
Skor maksimal x 100
7
TUGAS BERKARAKTER
Tugas Kelompok
- Bentuklah kelompok dengan anggota 4 – 6 orang !
- Bersama kelompok Anda diskusikan tema “ Pentingnya waktu bagi seorang wirausahawan “!
- Laporkan hasil diskusi kelompok Anda !
- Presentasikan di depan kelas !
Kintap, Juli
2016
Mengetahui,
Kepala SMK NEGERI 1 KINTAP Guru
Mata Pelajaran
S u d i a n t o,
SP Yusuf
wibisono, S.Pd.I
NIP. 19710902 199802 1 004 NIP.
0 comments:
Posting Komentar