MODUL AJAR
BAB 10 : SEJARAH PERTUMBUHAN,
PEMIKIRAN, DAN PERGERAKAN SERTA KONTRIBUSI ORGANISASI-ORGANISASI ISLAM DI
INDONESIA
INFORMASI
UMUM |
A. IDENTITAS MODUL
Nama
Penyusun : Yusuf Wibisono, S.Pd.I
Satuan
Pendidikan : SMAN 1 Hampang
Kelas / Fase : XII
(Dua Belas) - F
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Elemen/ Topik : Sejarah Peradaban Islam/ Sejarah pertumbuhan,
pemikiran, dan pergerakan serta kontribusi organisasi-organisasi islam di
Indonesia
Prediksi
Alokasi Waktu : 3 Pekan/ 9 JP
Tahun
Penyusunan : 2024
B. KOMPETENSI AWAL
Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan
memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang
dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Sejarah
pertumbuhan, pemikiran, dan pergerakan serta kontribusi organisasi-organisasi
islam di Indonesia
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Bernalar
kritis, kreatif, bergotong royong
D. KATA KUNCI
Pertumbuhan, Pemikiran, Pergerakan, Kontribusi
E. SARANA DAN PRASARANA
Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector,
multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras
suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan
kondisi di sekolah masing-masing
Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai
PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran
F. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak
ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
G. MODEL PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN
INTI |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menganalisis sejarah
pertumbuhan, pemikiran, dan pergerakan serta kontribusi organisasi-organisasi
islam pada masa pra dan pasca kemerdekaan di Indonesia
2. Mempresentasikan kontribusi organisasi-organisasi islam di Indonesia
3.
Mengimplementasikan sikap menjunjung tinggi kerukunan,
kedamaian, dan saling bekerja sama dalam keidupan sehari hari
4.
Menjelaskan bahwa menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian,
dan saling bekerja sama dalam keidupan sehari hari merupakan bagian dari ajaran
agama islam
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Sejarah pertumbuhan, pemikiran, dan pergerakan
serta kontribusi organisasi-organisasi islam di Indonesia
C. PERTANYAAN PEMANTIK
1.
Apa yang kalian ketahui
tentang organisasi islam di indonesia?
2.
Menurut kalian apakah
organisasi islam di indonesia mempunyai kontribusi dalam kemerdekaan?
D. PERSIAPAN
PEMBELAJARAN
1.
Guru melakukan asesmen
diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan bahan
tayang PPT Sejarah pertumbuhan, pemikiran, dan pergerakan serta kontribusi
organisasi-organisasi islam di Indonesia
3.
Guru memeriksa dan
memastikan semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia
4.
Memastikan bahwa ruang
kelas sudah bersih, aman dan nyaman
5.
Menyiapkan bahan tayang
dan multimedia pembelajaran interaktif
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PEKAN KE-1
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
a)
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b)
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c)
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d)
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. Q.S. Ali Imran/3:
110 dengan tartil beserta terjemahannya.
e)
Guru memberikan apersepsi tentang Sejarah pertumbuhan, pemikiran, dan
pergerakan serta kontribusi organisasi-organisasi islam di Indonesia
f)
Guru memberikan gambaran
tentang Sejarah pertumbuhan, pemikiran, dan pergerakan serta kontribusi
organisasi-organisasi islam di Indonesia
g)
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang
terkait dengan materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, dan kegiatan yang
akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian
h)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Menganalisis
sejarah
pertumbuhan, pemikiran, dan pergerakan serta kontribusi organisasi-organisasi
islam pada masa pra dan pasca kemerdekaan di Indonesia serta Mempresentasikan kontribusi organisasi-organisasi islam di Indonesia
Kegiatan Inti (105 Menit)
Langkah 1.
Orientasi Masalah
a.
Guru bertanya tentang Sejarah
pertumbuhan, pemikiran, dan pergerakan serta kontribusi organisasi-organisasi
islam di Indonesia.
b.
Peserta didik diminta untuk
mencari literatur tentang Sejarah pertumbuhan,
pemikiran, dan pergerakan serta kontribusi organisasi-organisasi islam di
Indonesia.
c.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar materi Sejarah
pertumbuhan, pemikiran, dan pergerakan serta kontribusi organisasi-organisasi
islam di Indonesia.
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Guru menyiapkan pembelajaran
dengan metode index card match
b.
Guru menyiapkan potongan kertas
sejumlah peserta didik, kemudian memotong kertas tersebut menjadi dua bagian
yang sama. Setengah bagian berisi pertanyaan, setengahnya lagi berisi jawaban
terkait materi pelajaran.
c.
Peserta didik diminta untuk
mengocok kertas hingga tercampur antara soal dan jawaban.
d.
Peserta didik diminta mengambil
satu bagian kertas, dan menjelaskan bahwa kertas tersebut memiliki pasangan.
e.
Peserta didik diminta mencari
pasangannya. Jika sudah berhasil menemukan pasangannya,
f.
Guru meminta siswa untuk
membacanya di depan kelas secara berpasangan
g.
Guru meminta siswa yang
mendapat kartu yang sama untuk saling berdiskusi
h.
Siswa melakukan diskusi secara
berpasangan terkait materi yang belum dipahami.
i.
Siswa melakukan diskusi dengan
kelompok lain yang memiliki tema yang sama.
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik dalam kelompok dan berdiskusi ringan tentang apa yang sudah
dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Masing-masing kelompok secara
bergantian mempresentasikan tentang tema yang sudah diberikan
b.
Kelompok lainnya diminta untuk
menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
c.
Guru meminta peserta didik
untuk mengumpulkan tugas dari kegiatan yang sudah dilakukan.
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi
terhadap kelompok lain yang sudah mempresentasikan hasil dari kegiatan dan bagi
peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a)
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menganalisis sejarah pertumbuhan, pemikiran, dan pergerakan serta
kontribusi organisasi-organisasi islam pada masa pra dan pasca kemerdekaan di
Indonesia serta Mempresentasikan kontribusi
organisasi-organisasi islam di Indonesia.
b)
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
c)
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama sama
PERTEMUAN PEKAN
KE-2:
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Mengimplementasikan sikap menjunjung
tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam keidupan sehari hari
f.
Guru memberikan gambaran
tentang Mengimplementasikan sikap menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan
saling bekerja sama dalam keidupan sehari hari
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Mengimplementasikan sikap
menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam keidupan
sehari hari
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi
Masalah
a.
Guru mendorong peserta didik
untuk melihat Buku paket dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 217-249 untuk memahami Mengimplementasikan
sikap menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam
keidupan sehari hari.
b. Peserta didik diminta untuk mencari literatur tentang Mengimplementasikan
sikap menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam
keidupan sehari hari di berbagai sumber
c.
Peserta didik diminta melakukan
kegiatan dalam KEGIATAN 10.1 dari
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit
Erlangga halaman 240 untuk Mengimplementasikan sikap menjunjung tinggi
kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam keidupan sehari hari.
d.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar materi Mengimplementasikan
sikap menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam
keidupan sehari hari.
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Guru membagi peserta didik
dalam kelompok, dengan masing-masing kelompok terdisi 4-5 orang.
b.
Masing-masing peserta didik
dalam kelompok sesuai dengan perintah dalam KEGIATAN 10.1, melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi
dari berbagai sumber.
c.
Lalu guru
meminta setiap peserta didik dalam kelompok untuk mulai membuat laporan yang
berbentuk tabel mapping.
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta peserta didik
dalam kelompok secara bergantian untuk mempresentasikan tabel mapping yang
sudah dibuat.
b.
Kelompok lain diminta untuk
menanggapi dan memberikan komentar tentang apa yang dipresentasikan.
c.
Masing-masing peserta didik
dalam kelompok menyerahkan laporan yang berbentuk tabel
mapping.
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Mengimplementasikan
sikap menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam
keidupan sehari hari
b.
Guru memberikan sampel soal
dalam Contoh Soal dan Pembahasan dan
Uji Pemahaman dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII PT Penerbit Erlangga halaman 240-243
untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran
c.
Guru mengkonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan doa bersama sama
PERTEMUAN PEKAN
KE-3:
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang menjelaskan
bahwa menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam
keidupan sehari hari merupakan bagian dari ajaran agama islam
f.
Guru memberikan gambaran
tentang menjelaskan
bahwa menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam
keidupan sehari hari merupakan bagian dari ajaran agama islam.
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi menjelaskan
bahwa menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam
keidupan sehari hari merupakan bagian dari ajaran agama islam
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a.
Guru
menyampaikan permasalahan tentang menjelaskan
bahwa menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam
keidupan sehari hari merupakan bagian dari ajaran agama islam
b.
Guru mendorong peserta didik
untuk mempelajari dan mengumpulkan informasi lain dari berbagai sumber terkait menjelaskan
bahwa menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam
keidupan sehari hari merupakan bagian dari ajaran agama islam.
c.
Peserta didik dalam kelompok
diminta juga melakukan kegiatan dalam Praproyek
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 247.
d.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar materi menjelaskan bahwa menjunjung
tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam kehidupan sehari
hari merupakan bagian dari ajaran agama islam.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta
didik dibagi dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok berjumlah antara 5-6
orang
b.
Peserta didik dalam kelompok membuat mind mapping tokoh organisasi islam di Indonesia
tersebut, dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari
berbagai buku/referensi.
c.
Masing masing Kelompok dibagi untuk membuat
mind mapping tokoh organisasi islam di Indonesia sesuai
dengan undian yang didapatkan
d.
Masing-masing peserta didik
dalam kelompok juga melakukan kegiatan sesuai perintah dalam Praproyek
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta masing-masing
kelompok untuk mempresentasikan hasil mind mapping
tokoh organisasi islam di Indonesia yang sudah dibuat dan
mengaitkannya dengan menjunjung tinggi
kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam kehidupan sehari hari
merupakan bagian dari ajaran agama islam
b.
Kelompok lain diminta untuk
menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
c.
Masing-masing kelompok
menyerahkan tugasnya tentang pembuatan peta perkembangan islam di dunia
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c.
Guru memberikan sampel soal
dalam Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe
AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 244-247 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan
balik pembelajaran.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran tentang menjunjung
tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam kehidupan sehari
hari merupakan bagian dari ajaran agama islam yang
telah dilakukan,
b.
Guru memberikan tugas rumah
untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan
Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit
Erlangga halaman 244-247
c.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menekankan peserta didik
untuk membaca Rangkuman dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit
Erlangga halaman 243
e.
Guru Menutup dengan doa bersama
sama
E. ASESMEN
/ PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa terhadap
materi ajar yang dipelajari. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kema juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
1) Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)
Untuk mengetahui
kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:
Pertanyaan |
Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
|
Apakah organisasi islam di indonesia mempunyai kontribusi dalam kemerdekaan? |
|
|
Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran
dengan baik? |
|
|
Apakah
kalian sudah siap melaksanakan pembelajaran dengan metode index card macth? |
|
|
2) Asesmen Formatif ( Selama Proses Pembelajaran)
Asesmen formatif dilakukan oleh guru selama proses
pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan diskusi,
presentasi dan refleksi tertulis
Lembar kerja pengamatan kegiatan
pembelajaran
No |
Nama |
Aspek Yang Dinilai |
Nilai |
||
Ide/ gagasan |
Aktif |
Kritis |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
3) Asesmen Sumatif ( Akhir
Pembelajaran)
Peserta didik
mengerjakan Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman, dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit
Erlangga halaman 244-247
Catatan:
·
Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan
remedial (bila 20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat
kelompok dan di atas 50 % bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali
materi dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang
sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu
dan hari tertentu yang disesuaikan.
·
Apabila nilai peserta didik sudah
mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan
soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah
disiapkan guru.
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pindailah QR Code
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 249, untuk mengakses soal-soal remedial dan
pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak
melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman,
Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih
melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial
G. REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK
Perlu ada upaya melakukan
refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil
tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi
nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam Sejarah
pertumbuhan, pemikiran, dan pergerakan serta kontribusi organisasi-organisasi
islam di Indonesia
Refleksi Peserta Didik
1.
Tuliskan pemikiran dan pergerakan organisasi islam di Indonesia?
2.
Tuliskan kontribusi organisasi islam di Indonesia menjelang kemerdekaan
Indonesia?
3.
Jelaskan kontribusi organisasi islam di Indonesia pasca kemerdekaan?
Refleksi Guru
1.
Apakah semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran?
2.
Kesulitan apa yang dialami?
3.
Apa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar?
4.
Apakah kegiatan pembelajaran dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis
pada diri siswa?
5.
Apakah kegiatan pembelajaran ini bisa membangun kesadaran siswa tentang
pentingnya akhlak terhadap sesama untuk saling menghargai dan menghormati?
LAMPIRAN- LAMPIRAN |
LAMPIRAN
1
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Silakan
kerjakan Uji
Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
dari PT Penerbit Erlangga halaman 244-247
LAMPIRAN
2
BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas
XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 217-249
LAMPIRAN
3
GLOSARIUM
Ø Dinamis : Istilah umum yang merujuk
kepada segala sesuatu atau kondisi yang terus-menerus berubah, bergerak secara
aktif dan mengalami perkembangan yang berarti
Ø Produktif : Kemampuan untuk menghasilkan
sesuatu dalam jumlah besar atau maksimal
Ø Moderat : Menghindari perilaku atau
pengungkapan yang ekstrem, cenderung ke arah dimensi atau jalan tengah, Kata
moderat ini disejajarkan dengan wasathiyyah yang berarti tengah, adil, atau
seimbang. Kata ' wasath ' dan derivasinya muncul beberapa kali dalam Al-Quran
Ø Progresif : Sikap yang senantiasa
bergerak ke depan dan kesiapan untuk mereformasi diri
Ø Organisasi : Sekumpulan individu dengan
kepentingan yang sama, membentuk perserikatan untuk mencapai tujuan bersama
secara rasional dan sistematis
Ø
Kontribusi : Sumbangsih, peran ataupun keikutsertaan seseorang dalam suatu
kegiatan tertentu
LAMPIRAN
4
DAFTAR PUSTAKA
Drs. H. Sadi,M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga
0 comments:
Posting Komentar