MODUL AJAR
BAB 6 : CINTA
TANAH AIR DAN MODERASI DALAM BERAGAMA
INFORMASI
UMUM |
A. IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun : Yusuf
Wibisono. S.Pd.I
Satuan Pendidikan : SMAN 1
Hampang
Kelas / Fase : XII
(Dua Belas) - F
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Elemen/ Topik : Al-Qur’an dan
Hadis/ Kajian Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis
tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama
Prediksi Alokasi Waktu : 4 Pekan/ 12 JP
Tahun Penyusunan : 2024
B. KOMPETENSI
AWAL
Guru membimbing
peserta didik, agar mengamati gambar dan memberikan gambaran awal materi! Lalu
peserta didik memberi tanggapan yang dikaitkan dengan materi ajar yang
dipelajari, yakni: Menelaah Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah
/2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama
C. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan
berakhlak mulia, kreatif, bergotong
royong,
D. KATA KUNCI
Hubbul Wathan, Nasionalisme, Moderasi beragama, Tawasut, Tawazun,
Ta’addul
E. SARANA
DAN PRASARANA
Disebabkan, materi
ini berkaitan dengan telaah Al-Qur’an dan Hadis, maka harus dipersiapkan sarana
dan media yang diperlukan, yakni: Al-Qur’an (Jika perlu, setiap peserta membawa
Al-Qur’an, bahkan lebih bagus lagi yang dibawa itu adalah Al-Qur’an dan Terjemah);
dan Buku Ilmu Tajwid, serta kitab Hadis Imam al-Bukhari dan Imam Muslim.
Selanjutnya,
tentang media pembelajarannya, dapat mengunduh beberapa aplikasi, baik
Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, maupun Hadis, di internet yang saat ini banyak membantu
dalam memudahkan pembelajaran PAI yang berbasis TIK (Teknologi Informasi dan
Komunikasi)
Tak lupa
dipersiapkan LCD proyektor , papan tulis dan spidol serta sound system untuk
bisa mendengarkan bacaan Al-Qur’an, bisa juga dengan HP masing masing peserta
didik
F. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak
ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
G. MODEL PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN
INTI |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menganalisis Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis
tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama.
2. Membaca dengan
tartil Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam
beragama.
3. Menghafal
dengan fasih dan lancar Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis
tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama.
4. Membuat Karya seni berupa puisi atau gambar atau
poster yang mengandung konten pentingnya cinta tanah
air dan moderasi dalam beragama
5. Menjelaskan bahwa cinta tanah air dan sikap
moderat dalam beragama merupakan ajaran agama dan cerminan dari iman
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah
/2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama
C. PERTANYAAN PEMANTIK
1. Bagaimana cara membaca yang benar Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S.
al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam
beragama?
2. Dalam menafsirkan Al-Qur’an, Tafsir apa saja yang pernah kalian ketahui?
3. Bagaimana mengimplementasikan Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah
/2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama dalam
kehidupan sehari-hari?
D. PERSIAPAN
PEMBELAJARAN
1. Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum
pembelajaran.
2. Guru menyiapkan bahan tayang PPT Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S.
al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam
beragama
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PEKAN KE-1
dan 2
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. Q.S. al-Qasas/28 :
85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan
moderasi dalam beragama dengan tartil beserta terjemahannya.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang cara membaca
dan menghafal Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis
tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama dengan baik
f.
Guru memberikan gambaran
tentang cara membaca yang
benar sesuai tajwid Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis
tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Membaca dan menghafal Q.S.
al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah
air dan moderasi dalam beragama
Kegiatan Inti (105 Menit)
Langkah 1.
Orientasi Masalah
a. Guru memberi pemahaman kepada peserta didik tentang kompetensi yang
harus dimiliki terkait dengan Al-Qur’an, khususnya tentang membaca, menghafal,
memahami dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari
b. Guru mendorong peserta didik untuk berlatih membaca Al-Qur’an agar
terbiasa membaca Al-Qur’an dan hadis dengan memindai QR Code dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 135, 136 dan 139.
c. Guru memberi arahan kepada peserta didik untuk menirukan bacaan secara
benar dan melakukan hal tersebut secara berulang ulang
d. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan cara membaca Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143
serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
Seluruh peserta didik harus menyadari bahwa:
a.
Setiap muslim
harus memantapkan dirinya agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
(sesuai dengan ilmu tajwid dan makharijul huruf);
b.
Lakukan tes Baca
Al-Qur’an (BQ), menuju TBQ (Tuntas Baca Al- Qur’an). Caranya menirukan bacaan Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang
cinta tanah air dan moderasi dalam beragama
c.
Bacalah secara
berulang-ulang Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143
serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama sesuai dengan ilmu tajwid dan makharijul huruf, lalu
hafalkan ayat-ayat tersebut kemudian setorkan kepada guru jika sudah hafal!
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru meminta peserta didik bekerja sama dengan teman sebangku untuk
berlatih mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang
cinta tanah air dan moderasi dalam beragama
b.
Guru meminta peserta didik dalam kelompok dengan teman sebangku untuk
mengidentifikasi arti perkata dari Q.S. al-Qasas/28 : 85
dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi
dalam beragama.
c.
Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kelompok
masing-masing.
d.
Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta dengan
sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hukum tajwid yang terdapat
dalam Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang
cinta tanah air dan moderasi dalam beragama
b.
Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
c.
Guru meminta
perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan arti perkata
dari Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang
cinta tanah air dan moderasi dalam beragama.
d.
Kelompok lain
diminta kembali untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang
sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu cara
membaca dan menghafal Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta
hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama.
b.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN PEKAN
KETIGA:
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang tafsir Q.S. al-Qasas/28 :
85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan
moderasi dalam beragama dari buku-buku tafsir.
f.
Guru memberikan gambaran
tentang tafsir Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S.
al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam
beragama dari buku-buku tafsir.
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi kajian Q.S.
al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah
air dan moderasi dalam beragama tentang musibah dan ujian.
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a.
Guru
memberikan permasalahan tentang tafsir dari Q.S. al-Qasas/28 : 85
dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi
dalam beragama
b.
Guru
meminta peserta didik merumuskan masalah tentang tafsir dari Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis
tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama
c.
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan seputar tema musibah dan ujian.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok
terdiri 4-5 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b.
Peserta didik dalam kelompok
mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah tersebut, dengan melakukan aktivitas
pengumpulan data dan informasi dari berbagai buku tafsir dan melakukan analisa
perbandingan isinya.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta
didik.
b. Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi
ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c. Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok
yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil
Karya
a. Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusi tentang tafsir Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta
hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama.
b. Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen
tentang apa yang dipresentasikan.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi
terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan
bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang
kurang sesuai.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran
yang telah dilakukan, yaitu tafsir dari Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S.
al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam
beragama
b. Guru memberikan sampel soal dalam Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 145-146 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan
memberikan umpan balik pembelajaran
c. Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya.
PERTEMUAN PEKAN
KEEMPAT:
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang cara mengimplementasikan Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis
tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama dalam
kehidupan sehari-hari.
f.
Guru memberikan gambaran
tentang cara mengimplementasikan Q.S. al-Qasas/28 : 85
dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi
dalam beragama dalam kehidupan sehari-hari.
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi kajian Q.S.
al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah
air dan moderasi dalam beragama.
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a.
Guru
memberikan permasalahan tentang mengimplementasikan Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis
tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama dalam
kehidupan sehari-hari.
b.
Guru
meminta peserta didik merumuskan masalah tentang mengimplementasikan Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis
tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama dalam
kehidupan sehari-hari.
c.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema musibah dan
ujian dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Guru meminta peserta didik
menuangkan hasil diskusinya dalam sebuah proyek berupa konsep kegiatan yang
merujuk tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok
terdiri 5-6 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b.
Peserta didik dalam kelompok
mendiskusikan konsep kegiatan yang merujuk tentang cinta tanah air dan moderasi
dalam beragama, dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari
berbagai sumber.
c.
Peserta didik menentukan konsep
kegiatan yang akan dilaksanakan dan media yang akan digunakan untuk
mempublikasikan kegaiatan tersebut dengan mendiskusikannya bersama kelompok
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta
didik.
b. Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi
ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c. Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok
yang mengalami kesulitan.
d. Guru memberikan saran dan masukan atas konsep kegiatan yang di
rancang oleh peserta didik
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta masing-masing kelompok untuk membuat laporan
implementasi kegiatan yang sudah dibuat sesuai dengan Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis
tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama dalam
kehidupan sehari-hari yaitu cinta tanah air dan
moderasi dalam beragama
b. Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen
tentang apa yang sudah dilaksanakan oleh kelompok lain.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi
terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan
peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang
kurang sesuai.
c. Guru memberikan sampel soal dalam Uji Pemahaman, Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 147-148 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan
memberikan umpan balik pembelajaran.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran
yang telah dilakukan, yaitu cara mengimplementasikan Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis
tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama dalam
kehidupan sehari-hari.
b. Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan Soal Akhir Bab, Soal AKM dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 149-153.
c. Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya.
E. ASESMEN
/ PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil
penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema juan hasil belajar
dan memperbaiki proses pembelajaran.
Aspek |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Sikap |
·
Observasi selama kegiatan
belajar. ·
Penilaian antar teman ·
Penilaian diri |
·
Catatan dalam Jurnal Guru ·
Rubrik penilaian antar teman
(bila diperlukan) ·
Rubrik penilaian diri (bila
diperlukan) |
Pengetahuan |
Penugasan: ·
Tugas Individu: Menyalin Q.S.
al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 |
Rubrik penilaian Tugas
individu |
·
Tes Tulis |
Kunci dan skor Penilain |
|
Keterampilan |
Unjuk kerja: presentasi
hasil diskusi |
Rubrik penilaian presentasi |
Praktik: membaca dan
menghafal Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 |
Rubrik penilaian membaca dan
menghafal Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 |
|
Portofolio: catatan semua
aktivitas keagamaan, baik di sekolah, rumah, dan masyarakat |
Catatan semua aktivitas
keagamaan, baik di sekolah, rumah, dan masyarakat di buku Praktikum |
|
Produk: Kegiatan tentang
implementasi sikap cinta tanah air
dan moderasi dalam beragama dalam kehidupan sehari-hari |
Rubrik penilaian Kegiatan
yang mencerminkan cinta tanah air dan moderasi dalam beragama
dalam kehidupan sehari-hari |
Catatan:
·
Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan
remedial (bila 20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat
kelompok dan di atas 50 % bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali
materi dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang
sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu
dan hari tertentu yang disesuaikan.
·
Apabila nilai peserta didik sudah
mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan
soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah
disiapkan guru.
Penilaian Pengetahuan
Peserta didik mengerjakan tugas
terstruktur, yaitu Contoh Soal dan Pembahasan, Latihan Soal Akhir
Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman, dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 12-18
Penilaian Keterampilan
Instrumen Penilaian Praktik (Membaca/Menghafal)
Q.S. Ali ‘Imran/3: 190-191 dan Q.S. ar-Rahman/55: 33
No |
Nama |
Aspek Yang
Dinilai |
Nilai |
||
Tajwid (1-4) |
Tartil (1-3) |
Makharijul huruf (1-3) |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Aspek Praktik Dalam Bentuk
Membaca/Menghafal Al-Qur’an (Individual)
Aspek |
Kriteria |
Skor |
Tajwid |
Tidak
melakukan kesalahan tajwid |
4 |
Melakukan
1-5 kesalahan tajwid |
3 |
|
Melakukan
6-10 kesalahan tajwid |
2 |
|
Melakukan
lebih dari 11 kesalahan tajwid |
1 |
|
Tartil |
Baik |
3 |
Cukup |
2 |
|
Kurang |
1 |
|
Makharijul Huruf |
Tidak
melakukan kesalahan makharijul huruf |
3 |
Melakukan
1-5 kesalahan makharijul huruf |
2 |
|
Melakukan lebih dari 11
kesalahan makharijul huruf |
1 |
Penskoran Nilai =
Jumlah Skor
Instrumen Penilaian Praktik (Kegiatan Praktik Baik)
Judul :
Unity in Diversity
Tujuan :
Siswa mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air dan moderasi beragama dalam
kehidupan sehari hari
Untuk instrumen penilaian bisa berkolaborasi dengan
Guru Bahasa Indonesia, Guru Pendidikan Pancasila dan Guru Informatika, untuk
petunjuk bisa dilihat dari Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit
Erlangga halaman 153
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pindailah QR Code
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 154, untuk mengakses soal-soal remedial dan
pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak
melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman,
Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih
melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial
G. REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK
Perlu ada upaya melakukan refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang
untuk melakukan dialog akan berhasil tidaknya pembelajaran yang dilakukan,
termasuk refleksi khusus terhadap kondisi nyata yang dialami umat (peserta
didik) dalam cinta tanah air dan moderasi dalam beragama
Refleksi Peserta Didik
1. Apakah anda sudah
mencintai tanah air dan bersikap moderat dalam beragama?
2. Tuliskan dalil yang
menjelaskan tentang cinta tanah air dan bersikap moderat dalam beragama?
3. Bagaimana cara
menumbuhkan sikap cinta tanah air dan bersikap moderat dalam beragama dalam
kehidupan sehari hari?
Refleksi Guru
1. Apakah pembelajaran
dapat berlangsung sesuai rencana?
2. Apakah peserta didik
yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?
LAMPIRAN- LAMPIRAN |
LAMPIRAN 1
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Silakan kerjakan Uji Pemahaman, Soal Latihan
Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 145-153
LAMPIRAN 2
BAHAN
BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMK Kelas XI dari PT Penerbit
Erlangga halaman 134-154
LAMPIRAN 3
GLOSARIUM
Makhorijul huruf : tempat-tempat keluarnya huruf dalam Al
Quran, yang dibagi menjadi 17 macam dengan 5 kelompok besar
Tadabur ayat : suatu proses memahami makna Al-Qur’an secara mendalam. Praktik ini
merenungkan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya
Tajwid : ilmu
yang mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
Hubbul Wathan : cinta Tanah Air adalah sebagian dari iman. Istilah ini diyakini
sebagai bagian dari hadits Rasulullah
Nasionalisme : suatu
paham kebangsaan yang mengandung rasa solidaritas dan kebanggan sebagai bangsa
LAMPIRAN 4
DAFTAR
PUSTAKA
Drs. H. Sadi,M.Si dkk.
2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT
Penerbit Erlangga
0 comments:
Posting Komentar