MODUL AJAR
BAB 7 : ILMU KALAM
INFORMASI
UMUM |
A. IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun : Yusuf
Wibisono, S.Pd.I
Satuan Pendidikan : SMAN 1
Hampang
Kelas / Fase : XII
(Dua Belas) - F
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Elemen/ Topik : Aqidah/ Materi
Dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam
Prediksi Alokasi Waktu : 3 Pekan/ 9 JP
Tahun Penyusunan : 2024
B. KOMPETENSI AWAL
Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan
memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang
dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Materi Ilmu Kalam
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, bergotong royong, bernalar
kritis
D. KATA KUNCI
Ilmu Kalam, Dasar,
Tujuan, Manfaat
E. SARANA DAN PRASARANA
Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector,
multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras
suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan
kondisi di sekolah masingmasing
Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai
PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran
F. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak
ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
G. MODEL PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN
INTI |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Menganalisis dasar-dasar, tujuan dan
manfaat ilmu kalam
2.
Mempresentasikan tentang dasar-dasar
keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam
3.
Menjelaskan bahwa kewajiban mendalami ilmu
adalah perintah agama
4.
Mengimplementasikan sikap rasa ingin tahu dan
pembelajar sepanjang hayat
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam
C. PERTANYAAN PEMANTIK
1. Apa itu Ilmu Kalam?
2. Apa saja pembahasan dan manfaat ilmu kalam?
3. Bagaimana implementasi sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang
hayat dalam kehidupan sehari hari?
D. PERSIAPAN
PEMBELAJARAN
1.
Guru melakukan asesmen diagnostik dalam
bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan bahan tayang PPT dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat
dari ilmu kalam
3.
Guru memeriksa dan memastikan semua sarana
dan prasarana yang diperlukan tersedia
4.
Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih,
aman dan nyaman
5.
Menyiapkan bahan tayang dan multimedia
pembelajaran interaktif
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PEKAN KE-1
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. As-Syura/42 : 7 dengan
tartil beserta terjemahannya.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang dasar-dasar
keilmuan ilmu kalam
f.
Guru memberikan gambaran
tentang dasar-dasar keilmuan ilmu kalam
g. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam
materi yaitu Menganalisis dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu
kalam
dan Mempresentasikan tentang dasar-dasar keilmuan,
pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam
Kegiatan Inti (105 Menit)
Langkah 1.
Orientasi Masalah
a.
Guru memberi pemahaman kepada peserta didik
tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Menganalisis dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam dan Mempresentasikan tentang dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan
manfaat dari ilmu kalam
b.
Guru mendorong peserta didik untuk membaca
materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 155 sd 172.
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi tiga kelompok, yang dibagi secara acak dan
mempertimbangkan heteroginitas.
b. Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Kegiatan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 163 untuk memahami dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di Kegiatan
b.
Peserta
didik diminta untuk masing-masing kelompok memilih sub tema yang berbeda yaitu dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam
c.
Peserta
didik secara bekelompok mencari poin poin dari pembahasan sub tema dari
berbagai sumber (diperbolehkan menambah referensi buku ke perpustakaan)
d.
Guru meminta
untuk tiap kelompok dapat:
1.
Menjelaskan
secara ringkas dengan media ppt tentang dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam
2.
Memberikan
pendapat disertai dalil terhadap masing-masing dari dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam
e.
Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di Kegiatan
f.
Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta dengan
sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil dari
diskusi kelompok tentang pembahasan tema tersebut
b.
Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
c.
Guru meminta kelompok penampil memberikan
pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes
kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.
d.
Hal tersebut diulangi sampai semua kelompok
mempresentasikan hasilnya
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang
sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menganalisis dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam dan Mempresentasikan tentang dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan
manfaat dari ilmu kalam
b.
Guru memberikan sampel soal
dalam Contoh Soal dan Pembahasan
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 163-164 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan
balik pembelajaran
c.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d. Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa bersama
PERTEMUAN PEKAN
KE-2 :
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Menjelaskan bahwa kewajiban mendalami ilmu adalah perintah agama
f.
Guru memberikan gambaran
tentang Menjelaskan bahwa kewajiban mendalami ilmu
adalah perintah agama.
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Menjelaskan bahwa kewajiban
mendalami ilmu adalah perintah agama.
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi
Masalah
a.
Guru memberi pemahaman kepada
peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Menjelaskan bahwa
kewajiban mendalami ilmu adalah perintah agama.
b.
Guru mendorong peserta didik
untuk membaca materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 155 sd 172.
c.
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan seputar tema kewajiban mendalami ilmu
adalah perintah agama.
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Siswa memilih tema terkait
materi, yakni kewajiban mendalami ilmu adalah perintah agama.
b.
Guru membagi siswa meminta
siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibuat minggu lalu
c.
Guru meminta kepada tiap
kelompok untuk menyiapkan argumen dan hasil dari kelompok minggu lalu untuk
diperdebatkan dengan kelompok lain.
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok untuk menyiapkan argumen sesuai
dengan pendapat kelompok.
b.
Guru memberikan kesempatan kepada kelompok mana saja untuk memulai
debat.
c.
Guru meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan, sanggahan, atau
koreksi atas argumen tersebut.
d.
Guru mengakhiri debat pada saat yang tepat, yakni ketika masing-masing
kelompok telah menyampaikan semua argumen
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru menyampaikan poin-poin
penting dari proses debat tersebut dan mengaitkannya dengan materi pelajaran
c.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari
ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian
memimpin doa selesai kegiatan
b.
Guru meminta peserta didik
mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 165-166 untuk mengecek
pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran
c.
Guru mengkonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama-sama.
PERTEMUAN PEKAN
KE-3 :
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Mengimplementasikan sikap rasa ingin tahu dan
pembelajar sepanjang hayat
f.
Guru memberikan gambaran
tentang cara Mengimplementasikan sikap rasa ingin tahu dan
pembelajar sepanjang hayat
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Mengimplementasikan sikap
rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a.
Guru
memberikan permasalahan tentang Mengimplementasikan sikap
rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat
b.
Guru
meminta peserta didik merumuskan masalah tentang Mengimplementasikan sikap rasa ingin tahu dan
pembelajar sepanjang hayat
c.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema Mengimplementasikan
sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat
d.
Guru meminta peserta didik
menuangkan hasil diskusinya dalam sebuah proyek dalam bentuk master
plan tentang ilmu kalam berupa poster atau flyer yang merujuk
tentang sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok
terdiri 5-6 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b.
Peserta didik dalam kelompok
mendiskusikan proyek dalam bentuk master plan tentang ilmu kalam
berupa poster atau flyer yang merujuk tentang sikap rasa ingin
tahu dan pembelajar sepanjang hayat.
c.
Peserta didik menentukan konsep
master plan yang akan dilaksanakan dan media yang akan digunakan untuk
mempublikasikan poster atau flyer tersebut dengan mendiskusikannya
bersama kelompok
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
d.
Guru memberikan saran dan
masukan atas konsep poster atau flyer yang di rancang oleh peserta didik
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta masing-masing
kelompok untuk menempelkan poster atau flyer ke tempat yang sudah
disediakan
b.
Dengan metode window
shopping Guru meminta kelompok lain saling mendatangi hasil/karya yang
sudah ditempelkan
c.
Tiap kelompok diminta
meninggalkan minimal 1 peserta didik untuk menjaga dan menjelaskan kepada
kelompok lain yang datang
d.
Teknik ini seperti orang berdagang
dimana 1 orang yang menawarkan dan kelompok lain yang membeli
e.
Kelompok lain diminta untuk
menanggapi dan memberikan argumen tentang hasil dari kelompok lain.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c.
Guru meminta masing masing
kelompok untuk menilai poster atau flyer terbaik
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari
ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian
memimpin doa selesai kegiatan
b.
Guru memberikan tugas rumah
untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan
Soal Akhir Bab, Soal AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 167-170.
c.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama-sama.
E. ASESMEN
/ PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil
penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran.
1.
Asesmen Diagnostik (Sebelum
Pembelajaran)
Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan
pertanyaan:
Pertanyaan |
Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
|
Apakah sudah
terbiasa bersikap rasa ingin tahu dan pembelajar
sepanjang hayat? |
|
|
Apakah kalian
ingin menguasai materi pelajaran dengan baik? |
|
|
Apakah kalian sudah siap
melaksanakan pembelajaran dengan metode window shopping? |
|
|
2.
Asesmen Formatif ( Selama
Proses Pembelajaran)
Asesmen formatif dilakukan oleh guru
selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan
diskusi, presentasi dan refleksi tertulis.
a)
Asesmen saat point counter-point dan window shopping (ketika siswa melakukan
kegiatan belajar)
Lembar kerja pengamatan
kegiatan pembelajaran
No |
Nama |
Aspek Yang
Dinilai |
Nilai |
||
Ide/ gagasan |
Aktif |
Kritis |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
Catatan:
·
Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan
remedial (bila 20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat
kelompok dan di atas 50 % bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali
materi dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang
sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu
dan hari tertentu yang disesuaikan.
·
Apabila nilai peserta didik sudah
mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan
soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah
disiapkan guru.
b)
Peserta didik mengerjakan tugas
terstruktur, yaitu Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 163-164
3.
Asesmen Sumatif ( Akhir
Pembelajaran)
Latihan Soal Akhir
Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman, dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA
Kelas XII
dari PT Penerbit Erlangga halaman 165-170
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pindailah QR Code
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 171, untuk mengakses soal-soal remedial dan
pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak
melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman,
Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih
melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial
G. REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK
Perlu ada upaya melakukan
refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil
tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi
nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam dasar-dasar
keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam
Refleksi Peserta Didik
1.
Tuliskan pengertian ilmu kalam?
2.
Apa tujuan dan manfaat mempelajari ilmu kalam?
3.
Apa yang menjadi dasar-dasar dari ilmu kalam?
4.
Tuliskan urgensi mempelajari ilmu kalam.
Refleksi Guru
1.
Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
2.
Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan
terfasilitasi dengan baik?
LAMPIRAN- LAMPIRAN |
LAMPIRAN
1
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Silakan
kerjakan Uji
Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
dari PT Penerbit Erlangga halaman 165-170
LAMPIRAN
2
BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas
XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 155 sd 172
LAMPIRAN
3
GLOSARIUM
Ilmu Kalam :
salah satu bentuk ilmu keislaman. Kajian dalam ilmu
kalam terfokus pasa aspek ketuhanan (devesivasinya) atau bentuk karena itu
disebut teologi dialetika, dan rasional. Secara harfiah kata kalam artinya
pembicaraan tetapi bukan dalam arti pembicaraan sehari-hari (omongan) melainkan
pembicaraan yang bernalar dan logika (akal)
Window
Shopping : model pembelajaran kooperatif, itu
mengacu pada kegiatan di mana siswa belajar melalui observasi dan eksplorasi di
toko-toko atau pusat perbelanjaan. Mereka tidak hanya melihat barang, tetapi
juga mengamati interaksi antara penjual dan pembeli, serta lingkungan sekitar
Point
counter point: Strategi pembelajaran yang efektif
untuk mengajak siswa terlibat dalam diskusi mendalam mengenai isu-isu kelompok
Tajsim : Lafaz Tajsim dalam bahasa Arab berasal daripada perkataan jisim.
Jisim dalam bahasa Arab bererti sesuatu yang tercantum oleh dua bahagian atau
lebih iaitu sesuatu yang mempunyai cantuman dua jauhar (benda) atau lebih
Tasybih : Penjelasan bahwa suatu hal atau beberapa hal itu memiliki kesamaan
dengan yang lainnya dalam satu sifat atau beberapa sifat dengan salah satu
perangkat tasybih tertentu yang disebutkan atau diperkirakan yang bisa dipahami
dari konteks pembicaraan
LAMPIRAN
4
DAFTAR PUSTAKA
Drs. H. Sadi, M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga
0 comments:
Posting Komentar