Jumat, 12 Juli 2024

Posted by Rumah Ratu On Jumat, Juli 12, 2024

 

MODUL AJAR

BAB 7 : ILMU KALAM

 

INFORMASI UMUM

A.   IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun                    :   Yusuf Wibisono, S.Pd.I        

Satuan Pendidikan               :   SMAN 1 Hampang

Kelas / Fase                           :   XII (Dua Belas) - F

Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Elemen/ Topik                      :   Aqidah/ Materi Dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam

Prediksi Alokasi Waktu      :   3 Pekan/ 9 JP

Tahun Penyusunan              :   2024

B.    KOMPETENSI AWAL

Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Materi Ilmu Kalam

 

C.   PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, bergotong royong, bernalar kritis

 

D.   KATA KUNCI

Ilmu Kalam, Dasar, Tujuan, Manfaat

 

E.    SARANA DAN PRASARANA

Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector, multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan kondisi di sekolah masingmasing

Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran

 

F.    TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

G.   MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).


 

KOMPONEN INTI

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Menganalisis dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam

2.       Mempresentasikan tentang dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam

3.       Menjelaskan bahwa kewajiban mendalami ilmu adalah perintah agama

4.       Mengimplementasikan sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat

 

B.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam

 

C.   PERTANYAAN PEMANTIK

1.       Apa itu Ilmu Kalam?

2.       Apa saja pembahasan dan manfaat ilmu kalam?

3.       Bagaimana implementasi sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat dalam kehidupan sehari hari?

 

D.   PERSIAPAN PEMBELAJARAN

1.       Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.

2.       Guru menyiapkan bahan tayang PPT dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam

3.       Guru memeriksa dan memastikan semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia

4.       Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan nyaman

5.       Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran interaktif

 

E.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN PEKAN KE-1

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

a.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.       Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.       Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.       Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. As-Syura/42 : 7 dengan tartil beserta terjemahannya.

e.       Guru memberikan apersepsi tentang dasar-dasar keilmuan ilmu kalam

f.        Guru memberikan gambaran tentang dasar-dasar keilmuan ilmu kalam

g.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Menganalisis dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam dan Mempresentasikan tentang dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam

Kegiatan Inti (105 Menit)

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.       Guru memberi pemahaman kepada peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Menganalisis dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam dan Mempresentasikan tentang dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam

b.       Guru mendorong peserta didik untuk membaca materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 155 sd 172.

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.       Peserta didik membagi diri menjadi tiga kelompok, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.

b.       Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Kegiatan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 163 untuk memahami dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.       Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di  Kegiatan

b.       Peserta didik diminta untuk masing-masing kelompok memilih sub tema yang berbeda yaitu dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam

c.       Peserta didik secara bekelompok mencari poin poin dari pembahasan sub tema dari berbagai sumber (diperbolehkan menambah referensi buku ke perpustakaan)

d.       Guru meminta untuk tiap kelompok dapat:

1.       Menjelaskan secara ringkas dengan media ppt tentang dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam

2.       Memberikan pendapat disertai dalil terhadap masing-masing dari dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam

e.       Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di  Kegiatan

f.        Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.       Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil dari diskusi kelompok tentang pembahasan tema tersebut

b.       Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

c.       Guru meminta kelompok penampil memberikan pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.

d.       Hal tersebut diulangi sampai semua kelompok mempresentasikan hasilnya

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.       Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.       Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

Kegiatan Penutup (15 menit)

a.       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menganalisis dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam dan Mempresentasikan tentang dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam

b.       Guru memberikan sampel soal dalam Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 163-164 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran

c.       Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.       Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa bersama

PERTEMUAN PEKAN KE-2 :

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang Menjelaskan bahwa kewajiban mendalami ilmu adalah perintah agama

f.      Guru memberikan gambaran tentang Menjelaskan bahwa kewajiban mendalami ilmu adalah perintah agama.

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Menjelaskan bahwa kewajiban mendalami ilmu adalah perintah agama.

 

2.       Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.   Guru memberi pemahaman kepada peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Menjelaskan bahwa kewajiban mendalami ilmu adalah perintah agama.

b.   Guru mendorong peserta didik untuk membaca materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 155 sd 172.

c.   Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema kewajiban mendalami ilmu adalah perintah agama.

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.   Siswa memilih tema terkait materi, yakni kewajiban mendalami ilmu adalah perintah agama.

b.   Guru membagi siswa meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibuat minggu lalu

c.   Guru meminta kepada tiap kelompok untuk menyiapkan argumen dan hasil dari kelompok minggu lalu untuk diperdebatkan dengan kelompok lain.

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.   Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.   Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.   Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok untuk menyiapkan argumen sesuai dengan pendapat kelompok.

b.   Guru memberikan kesempatan kepada kelompok mana saja untuk memulai debat.

c.   Guru meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan, sanggahan, atau koreksi atas argumen tersebut.

d.   Guru mengakhiri debat pada saat yang tepat, yakni ketika masing-masing kelompok telah menyampaikan semua argumen

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru menyampaikan poin-poin penting dari proses debat tersebut dan mengaitkannya dengan materi pelajaran

c.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

 

3.       Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian memimpin doa selesai kegiatan

b.   Guru meminta peserta didik mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 165-166 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran

c.   Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.   Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

 

PERTEMUAN PEKAN KE-3 :

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang Mengimplementasikan sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat

f.      Guru memberikan gambaran tentang cara Mengimplementasikan sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Mengimplementasikan sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat

 

2.   Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.     Guru memberikan permasalahan tentang Mengimplementasikan sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat

b.     Guru meminta peserta didik merumuskan masalah tentang Mengimplementasikan sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat

c.     Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema Mengimplementasikan sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat

d.     Guru meminta peserta didik menuangkan hasil diskusinya dalam sebuah proyek dalam bentuk master plan tentang ilmu kalam berupa poster atau flyer yang merujuk tentang sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.     Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok terdiri 5-6 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.

b.     Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan proyek dalam bentuk master plan tentang ilmu kalam berupa poster atau flyer yang merujuk tentang sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat.

c.     Peserta didik menentukan konsep master plan yang akan dilaksanakan dan media yang akan digunakan untuk mempublikasikan poster atau flyer tersebut dengan mendiskusikannya bersama kelompok

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.     Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.     Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.     Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

d.     Guru memberikan saran dan masukan atas konsep poster atau flyer yang di rancang oleh peserta didik

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Guru meminta masing-masing kelompok untuk menempelkan poster atau flyer ke tempat yang sudah disediakan

b.   Dengan metode window shopping Guru meminta kelompok lain saling mendatangi hasil/karya yang sudah ditempelkan

c.   Tiap kelompok diminta meninggalkan minimal 1 peserta didik untuk menjaga dan menjelaskan kepada kelompok lain yang datang

d.   Teknik ini seperti orang berdagang dimana 1 orang yang menawarkan dan kelompok lain yang membeli

e.   Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang hasil dari kelompok lain.

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

c.   Guru meminta masing masing kelompok untuk menilai poster atau flyer terbaik

 

3.   Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian memimpin doa selesai kegiatan

b.   Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan Soal Akhir Bab, Soal AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 167-170.

c.   Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.   Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

 

E.    ASESMEN / PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

1.       Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)

Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:

Pertanyaan

Jawaban

Ya

Tidak

Apakah sudah terbiasa bersikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat?

 

 

Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran dengan baik?

 

 

Apakah kalian sudah siap melaksanakan pembelajaran dengan metode window shopping?

 

 

 

2.       Asesmen Formatif ( Selama Proses Pembelajaran)

Asesmen formatif dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan diskusi, presentasi dan refleksi tertulis.

a)         Asesmen saat point counter-point dan window shopping (ketika siswa melakukan kegiatan belajar)

Lembar kerja pengamatan kegiatan pembelajaran

No

Nama

Aspek Yang Dinilai

Nilai

Ide/ gagasan

Aktif

Kritis

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

Catatan:

·     Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan remedial (bila 20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat kelompok dan di atas 50 % bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali materi dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan.

·     Apabila nilai peserta didik sudah mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah disiapkan guru.

b)      Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur, yaitu Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 163-164

3.       Asesmen Sumatif ( Akhir Pembelajaran)

Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman,  dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 165-170

 

F.    PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pindailah QR Code dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 171, untuk mengakses soal-soal remedial dan pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial

 

G.   REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Perlu ada upaya melakukan refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam

Refleksi Peserta Didik

1.       Tuliskan pengertian ilmu kalam?

2.       Apa tujuan dan manfaat mempelajari ilmu kalam?

3.       Apa yang menjadi dasar-dasar dari ilmu kalam?

4.       Tuliskan urgensi mempelajari ilmu kalam.

 

Refleksi Guru

1.       Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?

2.       Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?


 

LAMPIRAN- LAMPIRAN

LAMPIRAN 1

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Silakan kerjakan Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 165-170

 

LAMPIRAN 2

BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

 

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 155 sd 172

 

LAMPIRAN 3

GLOSARIUM

Ilmu Kalam : salah satu bentuk ilmu keislaman. Kajian dalam ilmu kalam terfokus pasa aspek ketuhanan (devesivasinya) atau bentuk karena itu disebut teologi dialetika, dan rasional. Secara harfiah kata kalam artinya pembicaraan tetapi bukan dalam arti pembicaraan sehari-hari (omongan) melainkan pembicaraan yang bernalar dan logika (akal)

Window Shopping : model pembelajaran kooperatif, itu mengacu pada kegiatan di mana siswa belajar melalui observasi dan eksplorasi di toko-toko atau pusat perbelanjaan. Mereka tidak hanya melihat barang, tetapi juga mengamati interaksi antara penjual dan pembeli, serta lingkungan sekitar

Point counter point: Strategi pembelajaran yang efektif untuk mengajak siswa terlibat dalam diskusi mendalam mengenai isu-isu kelompok

Tajsim : Lafaz Tajsim dalam bahasa Arab berasal daripada perkataan jisim. Jisim dalam bahasa Arab bererti sesuatu yang tercantum oleh dua bahagian atau lebih iaitu sesuatu yang mempunyai cantuman dua jauhar (benda) atau lebih

Tasybih : Penjelasan bahwa suatu hal atau beberapa hal itu memiliki kesamaan dengan yang lainnya dalam satu sifat atau beberapa sifat dengan salah satu perangkat tasybih tertentu yang disebutkan atau diperkirakan yang bisa dipahami dari konteks pembicaraan

LAMPIRAN 4

DAFTAR PUSTAKA

 

Drs. H. Sadi, M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga

0 comments:

Posting Komentar