MODUL AJAR
BAB 5 : PERKEMBANGAN PERADABAN
ISLAM DI DUNIA
INFORMASI
UMUM |
A. IDENTITAS MODUL
Nama
Penyusun : Yusuf Wibisono, S.Pd.I
Satuan
Pendidikan : SMAN 1 Hampang
Kelas / Fase : XII
(Dua Belas) - F
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Elemen/ Topik : Sejarah Peradaban Islam/ Perkembangan Peradaban Islam
di Dunia
Prediksi
Alokasi Waktu : 3 Pekan/ 9 JP
Tahun
Penyusunan : 2024
B. KOMPETENSI AWAL
Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan
memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang
dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Perkembangan
Peradaban Islam di Dunia
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, kreatif,
bergotong royong
D. KATA KUNCI
Kemajuan, Peradaban, Islam,
Ilmuwan, Keberanian
E. SARANA DAN PRASARANA
Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector,
multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras
suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan
kondisi di sekolah masingmasing
Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai
PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran
F. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak
ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
G. MODEL PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN
INTI |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menganalisis perkembangan
peradaban Islam di dunia
2. Mempresentasikan paparan tentang perkembangan
peradaban Islam di dunia
3.
Menjelaskan bahwa peradaban
Islam di dunia adalah
sunnatullah
4. Mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat
kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Perkembangan Peradaban Islam
di Dunia
C. PERTANYAAN PEMANTIK
1.
Apa yang kalian ketahui tentang periodesasi
perkembangan peradaban islam di dunia?
2.
Daerah mana sajakah yang dulu pernah
dikuasai oleh islam?
3.
Apa faktor yang mempengaruhi perkembangan
islam di dunia?
D. PERSIAPAN
PEMBELAJARAN
1.
Guru melakukan asesmen diagnostik dalam
bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan bahan tayang PPT
Perkembangan Peradaban Islam di Dunia
3.
Guru memeriksa dan memastikan semua sarana
dan prasarana yang diperlukan tersedia
4.
Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih,
aman dan nyaman
5.
Menyiapkan bahan tayang dan multimedia
pembelajaran interaktif
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PEKAN KE-1
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
a)
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b)
Perwakilan peserta didik memimpin
doa.
c)
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d)
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. Q.S. Al-Mulk/67:
1-10 dengan tartil beserta terjemahannya.
e)
Guru memberikan apersepsi tentang Perkembangan Peradaban Islam di Dunia
f)
Guru memberikan gambaran
tentang Perkembangan Peradaban Islam di Dunia
g)
Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang
terkait dengan materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, dan kegiatan yang
akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian
h)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Menganalisis perkembangan
peradaban Islam di dunia dan Mempresentasikan paparan tentang perkembangan
peradaban Islam di dunia
Kegiatan Inti (105 Menit)
Langkah 1.
Orientasi Masalah
a.
Guru bertanya tentang perkembangan
Islam pada masa modern.
b.
Peserta didik diminta untuk
mencari literatur tentang perkembangan Islam
pada masa modern.
c.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar materi perkembangan
Islam pada masa modern.
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Guru menyiapkan pembelajaran
dengan metode index card match
b.
Guru menyiapkan potongan kertas
sejumlah peserta didik, kemudian memotong kertas tersebut menjadi dua bagian
yang sama. Setengah bagian berisi pertanyaan, setengahnya lagi berisi jawaban
terkait materi pelajaran.
c.
Peserta didik diminta untuk
mengocok kertas hingga tercampur antara soal dan jawaban.
d.
Peserta didik diminta mengambil
satu bagian kertas, dan menjelaskan bahwa kertas tersebut memiliki pasangan.
e.
Peserta didik diminta mencari
pasangannya. Jika sudah berhasil menemukan pasangannya,
f.
Guru meminta siswa untuk
membacanya di depan kelas secara berpasangan
g.
Guru meminta siswa yang
mendapat kartu yang sama untuk saling berdiskusi
h.
Siswa melakukan diskusi secara
berpasangan terkait materi yang belum dipahami.
i.
Siswa melakukan diskusi dengan
kelompok lain yang memiliki tema yang sama.
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik dalam kelompok dan berdiskusi ringan tentang apa yang sudah
dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Masing-masing kelompok secara
bergantian mempresentasikan tentang tema yang sudah diberikan
b.
Kelompok lainnya diminta untuk
menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
c.
Guru meminta peserta didik
untuk mengumpulkan tugas dari kegiatan yang sudah dilakukan.
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi
terhadap kelompok lain yang sudah mempresentasikan hasil dari kegiatan dan bagi
peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a)
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menganalisis perkembangan
peradaban Islam di dunia dan Mempresentasikan paparan tentang perkembangan
peradaban Islam di dunia.
b)
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
c)
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama sama
PERTEMUAN PEKAN
KE-2:
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang peradaban Islam di dunia adalah
sunnatullah
f.
Guru memberikan gambaran
tentang peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi peradaban Islam di dunia adalah
sunnatullah
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi
Masalah
a.
Guru bertanya tentang kenapa peradaban
Islam di dunia adalah sunnatullah.
b.
Guru mendorong peserta didik
untuk melihat Buku paket dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 97-116 untuk memahami peradaban
Islam di dunia adalah sunnatullah.
c. Peserta didik diminta untuk mencari literatur tentang peradaban
Islam di dunia adalah sunnatullah di berbagai sumber
d.
Peserta didik diminta melakukan
kegiatan dalam KEGIATAN dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 117 untuk memahami tentang peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah.
e.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar materi peradaban
Islam di dunia adalah sunnatullah.
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Guru membagi peserta didik
dalam kelompok, dengan masing-masing kelompok terdisi 4-5 orang.
b.
Masing-masing peserta didik
dalam kelompok sesuai dengan perintah dalam KEGIATAN, melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari
berbagai sumber.
c.
Lalu guru
meminta setiap peserta didik dalam kelompok untuk mulai membuat laporan yang
berbentuk infografis.
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta peserta didik
dalam kelompok secara bergantian untuk mempresentasikan infografis yang
sudah dibuat.
b.
Kelompok lain diminta untuk
menanggapi dan memberikan komentar tentang apa yang dipresentasikan.
c.
Masing-masing peserta didik
dalam kelompok menyerahkan laporan yang berbentuk infografis.
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta didik
untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah
mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif
dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menjelaskan
bahwa peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah
b.
Guru memberikan sampel soal
dalam Contoh Soal dan Pembahasan dan
Uji Pemahaman dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII PT Penerbit Erlangga halaman 117-120
untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran
c.
Guru mengkonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan doa bersama sama
PERTEMUAN PEKAN
KE-3:
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan,
berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn
f.
Guru memberikan gambaran
tentang mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan,
berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn.
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi mengimplementasikan
sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan
Islam raḥmat li al-ālamīn
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a.
Guru
menyampaikan permasalahan tentang mengimplementasikan
sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan
Islam raḥmat li al-ālamīn
b.
Guru mendorong peserta didik
untuk mempelajari dan mengumpulkan informasi lain dari berbagai sumber terkait mengimplementasikan sikap bernalar kritis,
semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn.
c.
Peserta didik dalam kelompok
diminta juga melakukan kegiatan dalam Praproyek
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 125.
d.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar materi mengimplementasikan
sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan
Islam raḥmat li al-ālamīn.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta
didik dibagi dalam lima kelompok, masing-masing kelompok berjumlah antara 3-4
orang
b.
Peserta didik dalam kelompok membuat peta
sejarah perkembangan islam didunia tersebut, dengan melakukan aktivitas
pengumpulan data dan informasi dari berbagai buku/referensi.
c.
Kelompok dibagi untuk membuat peta sesuai
dengan daerah yang sudah diundi
d.
Masing-masing peserta didik
dalam kelompok juga melakukan kegiatan sesuai perintah dalam Praproyek
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta masing-masing
kelompok untuk mempresentasikan hasil peta yang sudah dibuat dan mengaitkannya
dengan mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan,
berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn.
b.
Kelompok lain diminta untuk
menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
c.
Masing-masing kelompok
menyerahkan tugasnya tentang pembuatan peta perkembangan islam di dunia
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c.
Guru memberikan sampel soal
dalam Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe
AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 121-124 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan
balik pembelajaran.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan,
b.
Guru memberikan tugas rumah
untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan
Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit
Erlangga halaman 121-124
c.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menekankan peserta didik
untuk membaca Rangkuman dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit
Erlangga halaman 120
e.
Guru Menutup dengan doa bersama
sama
E. ASESMEN
/ PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa terhadap
materi ajar yang dipelajari. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kema juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
1) Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)
Untuk mengetahui
kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:
Pertanyaan |
Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
|
Apakah
sudah pernah membaca buku sejarah masuknya islam diberbagai negara didunia
dan sejarah perkembangan islam di dunia? |
|
|
Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran
dengan baik? |
|
|
Apakah
kalian sudah siap melaksanakan pembelajaran dengan metode index card macth? |
|
|
2) Asesmen Formatif ( Selama Proses Pembelajaran)
Asesmen formatif dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran
berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan diskusi, presentasi dan
refleksi tertulis
Lembar kerja pengamatan kegiatan
pembelajaran
No |
Nama |
Aspek Yang Dinilai |
Nilai |
||
Ide/ gagasan |
Aktif |
Kritis |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
3) Asesmen Sumatif ( Akhir
Pembelajaran)
Peserta didik
mengerjakan Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman, dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit
Erlangga halaman 121-124
Catatan:
·
Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan
remedial (bila 20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat
kelompok dan di atas 50 % bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali
materi dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang
sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu
dan hari tertentu yang disesuaikan.
·
Apabila nilai peserta didik sudah
mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan
soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah
disiapkan guru.
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pindailah QR Code
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 126, untuk mengakses soal-soal remedial dan
pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak
melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman,
Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih
melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial
G. REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK
Perlu ada upaya melakukan
refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil
tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi
nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam perkembangan peradaban islam di
dunia
Refleksi Peserta Didik
1.
Apa yang kalian ketahui tentang periodesasi perkembangan peradaban islam
di dunia?
2.
Daerah mana sajakah yang dulu pernah dikuasai oleh islam?
3.
Apa faktor yang mempengaruhi perkembangan islam di dunia?
4.
Bagaimana perasaan dan upaya yang anda lakukan ketika mengetahui
kejayaan islam di masa lampau?
Refleksi Guru
1.
Apakah semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran?
2.
Kesulitan apa yang dialami?
3.
Apa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar?
4.
Apakah kegiatan pembelajaran dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis
pada diri siswa?
5.
Apakah kegiatan pembelajaran ini bisa membangun kesadaran siswa tentang
pentingnya akhlak terhadap sesama untuk saling menghargai dan menghormati?
LAMPIRAN- LAMPIRAN |
LAMPIRAN
1
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Silakan
kerjakan Uji
Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari
PT Penerbit Erlangga halaman 121-124.
LAMPIRAN
2
BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas
XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 97-126
LAMPIRAN
3
GLOSARIUM
Ø Peradaban : merupakan identitas budaya
yang teridentifikasi melalui unsur objektif umum atau identifikasi diri
subjektif
Ø Raḥmat li al-ālamīn : Konsep yang
menjadi landasan ajaran Islam dalam membangun kehidupan yang harmonis dan penuh
rahmat bagi seluruh umat manusia. Konsep ini mengajarkan agar umat Muslim tidak
hanya fokus pada kepentingan diri sendiri, tetapi juga peduli terhadap
kesejahteraan dan kebahagiaan sesama manusia serta makhluk lainnya
Ø Daulah : Suatu kelompok sosial yang
menetap pada suatu wilayah tertentu dan diorganisir oleh suatu pemerintahan
yang mengatur kepentingan dan kemaslahatan mereka
Ø Dinasti : Suatu kelompok pemimpin atau
penguasa yang berasal dari satu keluarga yang sama dan berkuasa atas suatu
wilayah atau negara dalam jangka waktu yang panjang
Ø Bani : “anak” atau “keturunan” dalam konteks keluarga. Namun, kata ini juga
dapat merujuk pada “pembangunan” atau “pemilihan” dalam konteks lain seperti
pembangunan rumah atau pemilihan pemimpin.
LAMPIRAN
4
DAFTAR PUSTAKA
Drs. H. Sadi,M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga
0 comments:
Posting Komentar