Jumat, 12 Juli 2024

Posted by Rumah Ratu On Jumat, Juli 12, 2024

 

MODUL AJAR

BAB 5 : PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM DI DUNIA

 

INFORMASI UMUM

A.   IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun                    :   Yusuf Wibisono, S.Pd.I        

Satuan Pendidikan               :   SMAN 1 Hampang

Kelas / Fase                           :   XII (Dua Belas) - F

Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Elemen/ Topik                      :   Sejarah Peradaban Islam/ Perkembangan Peradaban Islam di Dunia

Prediksi Alokasi Waktu      :   3 Pekan/ 9 JP

Tahun Penyusunan              :   2024

B.    KOMPETENSI AWAL

Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Perkembangan Peradaban Islam di Dunia

 

C.   PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, kreatif, bergotong royong

 

D.   KATA KUNCI

Kemajuan, Peradaban, Islam, Ilmuwan, Keberanian

 

E.    SARANA DAN PRASARANA

Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector, multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan kondisi di sekolah masingmasing

Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran

 

F.    TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

G.   MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).


 

KOMPONEN INTI

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Menganalisis perkembangan peradaban Islam di dunia

2.       Mempresentasikan paparan tentang perkembangan peradaban Islam di dunia

3.       Menjelaskan bahwa peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah

4.  Mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn

 

B.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Perkembangan Peradaban Islam di Dunia

 

C.   PERTANYAAN PEMANTIK

1.       Apa yang kalian ketahui tentang periodesasi perkembangan peradaban islam di dunia?

2.       Daerah mana sajakah yang dulu pernah dikuasai oleh islam?

3.       Apa faktor yang mempengaruhi perkembangan islam di dunia?

 

D.   PERSIAPAN PEMBELAJARAN

1.       Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.

2.       Guru menyiapkan bahan tayang PPT Perkembangan Peradaban Islam di Dunia

3.       Guru memeriksa dan memastikan semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia

4.       Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan nyaman

5.       Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran interaktif

 

E.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN PEKAN KE-1

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

a)      Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b)      Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c)      Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d)      Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. Q.S. Al-Mulk/67: 1-10 dengan tartil beserta terjemahannya.

e)      Guru memberikan apersepsi tentang Perkembangan Peradaban Islam di Dunia

f)       Guru memberikan gambaran tentang Perkembangan Peradaban Islam di Dunia

g)      Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, dan kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian

h)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Menganalisis perkembangan peradaban Islam di dunia dan Mempresentasikan paparan tentang perkembangan peradaban Islam di dunia

Kegiatan Inti (105 Menit)

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.     Guru bertanya tentang perkembangan Islam pada masa modern.

b.     Peserta didik diminta untuk mencari literatur tentang perkembangan Islam pada masa modern.

c.     Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar materi perkembangan Islam pada masa modern.

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.     Guru menyiapkan pembelajaran dengan metode index card match

b.     Guru menyiapkan potongan kertas sejumlah peserta didik, kemudian memotong kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama. Setengah bagian berisi pertanyaan, setengahnya lagi berisi jawaban terkait materi pelajaran.

c.     Peserta didik diminta untuk mengocok kertas hingga tercampur antara soal dan jawaban.

d.     Peserta didik diminta mengambil satu bagian kertas, dan menjelaskan bahwa kertas tersebut memiliki pasangan.

e.     Peserta didik diminta mencari pasangannya. Jika sudah berhasil menemukan pasangannya,

f.      Guru meminta siswa untuk membacanya di depan kelas secara berpasangan

g.     Guru meminta siswa yang mendapat kartu yang sama untuk saling berdiskusi

h.     Siswa melakukan diskusi secara berpasangan terkait materi yang belum dipahami.

i.      Siswa melakukan diskusi dengan kelompok lain yang memiliki tema yang sama.

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.     Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.     Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik dalam kelompok dan berdiskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.     Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.     Masing-masing kelompok secara bergantian mempresentasikan tentang tema yang sudah diberikan

b.     Kelompok lainnya diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

c.     Guru meminta peserta didik untuk mengumpulkan tugas dari kegiatan yang sudah dilakukan.

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.     Guru meminta semua peserta didik  untuk saling melakukan apresiasi terhadap kelompok lain yang sudah mempresentasikan hasil dari kegiatan dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.     Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

Kegiatan Penutup (15 menit)

a)      Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menganalisis perkembangan peradaban Islam di dunia dan Mempresentasikan paparan tentang perkembangan peradaban Islam di dunia.

b)      Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

c)      Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama sama

 

PERTEMUAN PEKAN KE-2:

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah

f.      Guru memberikan gambaran tentang peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah

 

2.       Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.   Guru bertanya tentang kenapa peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah.

b.   Guru mendorong peserta didik untuk melihat Buku paket dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 97-116 untuk memahami peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah.

c.   Peserta didik diminta untuk mencari literatur tentang peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah di berbagai sumber

d.   Peserta didik diminta melakukan kegiatan dalam KEGIATAN dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 117 untuk memahami tentang peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah.

e.   Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar materi peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah.

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.     Guru membagi peserta didik dalam kelompok, dengan masing-masing kelompok terdisi 4-5 orang.

b.     Masing-masing peserta didik dalam kelompok sesuai dengan perintah dalam KEGIATAN, melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber.

c.     Lalu guru meminta setiap peserta didik dalam kelompok untuk mulai membuat laporan yang berbentuk infografis.

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.   Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.   Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.   Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Guru meminta peserta didik dalam kelompok secara bergantian untuk mempresentasikan infografis yang sudah dibuat.

b.   Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan komentar tentang apa yang dipresentasikan.

c.   Masing-masing peserta didik dalam kelompok menyerahkan laporan yang berbentuk infografis.

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

 

3.       Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menjelaskan bahwa peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah

b.   Guru memberikan sampel soal dalam Contoh Soal dan Pembahasan dan Uji Pemahaman dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII PT Penerbit Erlangga halaman 117-120 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran

c.   Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.   Guru menutup pembelajaran dengan doa bersama sama

 

PERTEMUAN PEKAN KE-3:

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn

f.      Guru memberikan gambaran tentang mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn.

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn

 

2.   Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.   Guru menyampaikan permasalahan tentang mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn

b.   Guru mendorong peserta didik untuk mempelajari dan mengumpulkan informasi lain dari berbagai sumber terkait mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn.

c.   Peserta didik dalam kelompok diminta juga melakukan kegiatan dalam Praproyek dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 125.

d.   Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar materi mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn.

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.   Peserta didik dibagi dalam lima kelompok, masing-masing kelompok berjumlah antara 3-4 orang

b.   Peserta didik dalam kelompok membuat peta sejarah perkembangan islam didunia tersebut, dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai buku/referensi.

c.   Kelompok dibagi untuk membuat peta sesuai dengan daerah yang sudah diundi

d.   Masing-masing peserta didik dalam kelompok juga melakukan kegiatan sesuai perintah dalam Praproyek

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.     Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.     Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.     Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil peta yang sudah dibuat dan mengaitkannya dengan mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn.

b.   Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

c.   Masing-masing kelompok menyerahkan tugasnya tentang pembuatan peta perkembangan islam di dunia

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

c.   Guru memberikan sampel soal dalam Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 121-124 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran.

 

3.   Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan,

b.   Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 121-124

c.   Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.   Guru menekankan peserta didik untuk membaca Rangkuman dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 120

e.   Guru Menutup dengan doa bersama sama

 

E.    ASESMEN / PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

1)      Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)

Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:

Pertanyaan

Jawaban

Ya

Tidak

Apakah sudah pernah membaca buku sejarah masuknya islam diberbagai negara didunia dan sejarah perkembangan islam di dunia?

 

 

Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran dengan baik?

 

 

Apakah kalian sudah siap melaksanakan pembelajaran dengan metode index card macth?

 

 

2)      Asesmen Formatif ( Selama Proses Pembelajaran)

Asesmen formatif dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan diskusi, presentasi dan refleksi tertulis

Lembar kerja pengamatan kegiatan pembelajaran

No

Nama

Aspek Yang Dinilai

Nilai

Ide/ gagasan

Aktif

Kritis

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

3)      Asesmen Sumatif ( Akhir Pembelajaran)

Peserta didik mengerjakan Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman,  dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 121-124

Catatan:

·     Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan remedial (bila 20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat kelompok dan di atas 50 % bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali materi dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan.

·     Apabila nilai peserta didik sudah mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah disiapkan guru.

F.    PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pindailah QR Code dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 126, untuk mengakses soal-soal remedial dan pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial

 

G.   REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Perlu ada upaya melakukan refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam perkembangan peradaban islam di dunia

Refleksi Peserta Didik

1.       Apa yang kalian ketahui tentang periodesasi perkembangan peradaban islam di dunia?

2.       Daerah mana sajakah yang dulu pernah dikuasai oleh islam?

3.       Apa faktor yang mempengaruhi perkembangan islam di dunia?

4.       Bagaimana perasaan dan upaya yang anda lakukan ketika mengetahui kejayaan islam di masa lampau?

 

Refleksi Guru

1.       Apakah semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran?

2.       Kesulitan apa yang dialami?

3.       Apa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar?

4.       Apakah kegiatan pembelajaran dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada diri siswa?

5.       Apakah kegiatan pembelajaran ini bisa membangun kesadaran siswa tentang pentingnya akhlak terhadap sesama untuk saling menghargai dan menghormati?

LAMPIRAN- LAMPIRAN

LAMPIRAN 1

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Silakan kerjakan Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 121-124.

 

LAMPIRAN 2

BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

 

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 97-126

 

LAMPIRAN 3

GLOSARIUM

Ø  Peradaban : merupakan identitas budaya yang teridentifikasi melalui unsur objektif umum atau identifikasi diri subjektif

Ø  Raḥmat li al-ālamīn : Konsep yang menjadi landasan ajaran Islam dalam membangun kehidupan yang harmonis dan penuh rahmat bagi seluruh umat manusia. Konsep ini mengajarkan agar umat Muslim tidak hanya fokus pada kepentingan diri sendiri, tetapi juga peduli terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan sesama manusia serta makhluk lainnya

Ø  Daulah : Suatu kelompok sosial yang menetap pada suatu wilayah tertentu dan diorganisir oleh suatu pemerintahan yang mengatur kepentingan dan kemaslahatan mereka

Ø  Dinasti : Suatu kelompok pemimpin atau penguasa yang berasal dari satu keluarga yang sama dan berkuasa atas suatu wilayah atau negara dalam jangka waktu yang panjang

Ø  Bani :  “anak” atau “keturunan” dalam konteks keluarga. Namun, kata ini juga dapat merujuk pada “pembangunan” atau “pemilihan” dalam konteks lain seperti pembangunan rumah atau pemilihan pemimpin.

LAMPIRAN 4

DAFTAR PUSTAKA

 

Drs. H. Sadi,M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga

0 comments:

Posting Komentar