MODUL AJAR
BAB 4 : KETENTUAN
FIQIH MAWARIS DI MASYARAKAT
SESUAI
SYARIAT ISLAM
INFORMASI
UMUM |
A. IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun : Yusuf
Wibisono, S.Pd.I
Satuan Pendidikan : SMAN 1
Hampang
Kelas / Fase : XII
(Dua Belas) - F
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Elemen/ Topik : Fiqih/ Ketentuan
fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat Islam
Prediksi Alokasi Waktu : 3 Pekan/ 9 JP
Tahun Penyusunan : 2024
B. KOMPETENSI AWAL
Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan
memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang
dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Ketentuan fiqih
mawaris di masyarakat sesuai syariat islam
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, bergotong
royong, bernalar kritis
D. KATA KUNCI
Fiqih Mawaris, Asbabul
irsi, Mawani’ul irsi, Zawil Furud, Zawil Arham, Asabah
E. SARANA DAN PRASARANA
Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector,
multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras
suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan
kondisi di sekolah masingmasing
Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai
PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran
F. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak
ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
G. MODEL PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN
INTI |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menganalisis ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam
2. Mempresentasikan tentang ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai
syariat islam
3. Menjelaskan bahwa fiqih mawaris merupakan ajaran agama
4.
Mengimplementasikan sikap adil, amanah,
dan bertanggung jawab
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam
C. PERTANYAAN PEMANTIK
1. Apa itu fiqih mawaris?
2. Bagaimana ketentuan dan perhitungan fiqih mawaris sesuai syariat islam?
3. Apa manfaat dari fiqih mawaris dalam masyarakat dan kehidupan sehari
hari?
D. PERSIAPAN
PEMBELAJARAN
1.
Guru melakukan asesmen diagnostik dalam
bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan bahan tayang PPT Ketentuan
fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam
3.
Guru memeriksa dan memastikan semua sarana
dan prasarana yang diperlukan tersedia
4.
Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih,
aman dan nyaman
5.
Menyiapkan bahan tayang dan multimedia
pembelajaran interaktif
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PEKAN KE-1
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. An-Nisa/4 : 13 dan
14 dengan tartil beserta terjemahannya.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Ketentuan fiqih mawaris di masyarakat
sesuai syariat islam
f.
Guru memberikan gambaran
tentang Ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam
g. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam
materi yaitu Menganalisis ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat
islam dan Mempresentasikan tentang ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai
syariat islam
Kegiatan Inti (105 Menit)
Langkah 1.
Orientasi Peserta didik
a.
Pada kegiatan
ini guru memberikan arahan agar peserta didik membuka buku paket Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 71 sd 96
b.
Guru memberi pemahaman kepada peserta didik
tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan tujuan pembelajaran yaitu
Menganalisis ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam dan
Mempresentasikan tentang ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat
islam
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok, dengan anggota 4-6 orang, yang
dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b.
Setiap
kelompok memilih satu orang dijadikan ketua kelompok
c. Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Kegiatan 4.1 dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 86 untuk memahami ketentuan fiqih mawaris di masyarakat
sesuai syariat islam
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di Kegiatan 4.1
b.
Peserta
didik dalam kelompok diminta untuk:
1.
Melakukan
pencarian dan pengumpulan data tentang penerapan waris yang dilakukan oleh umat
islam di Indonesia
2.
Dari data yang didapatkan, lakukan
identifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat umat islam dalam membagikan
warisan sesuai hukum waris islam
3.
Tuangkan hasil identifikasi yang telah
dilakukan dalam bentuk infografis, dengan menggunakan powerpoint,
canva atau media lainnya
c.
Peserta
didik secara bekelompok mencari poin poin dari pembahasan sub tema dari
berbagai sumber (diperbolehkan menambah referensi buku ke perpustakaan)
d.
Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di Kegiatan 4.1
e.
Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta dengan
sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil dari
diskusi kelompok tentang pembahasan tema tersebut
b.
Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
c.
Guru meminta kelompok penampil memberikan
pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes
kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.
d.
Hal tersebut diulangi sampai semua kelompok
mempresentasikan hasilnya
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang
sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menganalisis
ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam dan Mempresentasikan
tentang ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam
b.
Guru memberikan sampel soal
dalam Contoh Soal dan Pembahasan
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 88-89 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik
pembelajaran
c.
Guru meminta peserta didik
mengumpulkan infografis yang sudah dibuat pada link drive kolaborasi
d.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
e. Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa bersama
PERTEMUAN PEKAN
KE-2 :
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Menjelaskan bahwa fiqih mawaris merupakan
ajaran agama
f.
Guru memberikan gambaran
tentang Menjelaskan bahwa fiqih mawaris merupakan ajaran agama
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Menjelaskan bahwa fiqih mawaris
merupakan ajaran agama
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Peserta didik
a.
Guru memberi pemahaman kepada
peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Menjelaskan
bahwa fiqih mawaris merupakan ajaran agama
b.
Guru mendorong peserta didik
untuk membaca materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 71 sd 96.
c.
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan seputar tema fiqih mawaris adalah perintah agama.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok, dengan anggota 6-8 orang, yang
dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b.
Setiap
kelompok memilih satu orang dijadikan ketua kelompok
c.
Peserta didik diminta melakukan
Aktifitas di Kegiatan 4.2 dari
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 88 untuk memahami ketentuan
fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru
membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas
di Kegiatan
4.2
b.
Peserta didik dalam kelompok diminta untuk:
1.
Melakukan
Wawancara kepada tokoh agama setempat dengan topik sebab sebab umat islam tidak
membagi harta waris sesuai hukum islam.
2.
Melakukan persiapan sebelum wawancara
dengan mendiskusikan pertanyaan pertanyaan yang berbobot dan bagaimana memulai
wawancara dengan baik serta media apa saja yang akan digunakan
3.
Tuangkan hasil Wawancara yang telah
dilakukan dalam bentuk aksi nyata, dengan berbentuk laporan diserta
dokumentasi hasil aksi nyata atau bisa juga berupa video.
c.
Peserta didik secara bekelompok mencari poin
poin dari pembahasan sub tema dari berbagai sumber (diperbolehkan menambah
referensi buku ke perpustakaan)
d.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di Kegiatan
4.2
e.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok untuk mempresentasikan
hasil persiapan wawancara dan bukti dukung serta rencana pelaporannya
b.
Guru meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan, sanggahan, atau
koreksi atas argumen tersebut.
c.
Peserta didik dalam kelompoknya
saling bergantian mempresentasikan hasil persiapan wawancara dan bukti dukung serta
rencana pelaporannya
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru menyampaikan poin-poin
penting dari proses persiapan
wawancara dan bukti dukung serta rencana pelaporannya
tersebut dan mengaitkannya dengan materi pelajaran
c.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari
ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian
memimpin doa selesai kegiatan
b.
Guru meminta peserta didik mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas
XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 90-91 untuk mengecek pemahaman peserta
didik dan memberikan umpan balik pembelajaran
c.
Guru mengkonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama-sama.
PERTEMUAN PEKAN
KE-3 :
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Mengimplementasikan sikap adil, amanah, dan bertanggung
jawab
f.
Guru memberikan gambaran
tentang cara Mengimplementasikan sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Mengimplementasikan sikap adil,
amanah, dan bertanggung jawab
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Peserta didik
a.
Guru mengaitkan
tugas pertemuan sebelumnya dengan materi tentang Mengimplementasikan sikap adil,
amanah, dan bertanggung jawab
b.
Guru
meminta peserta didik merangkum poin poin keterkaitan tugas pertemuan
sebelumnya dengan materi Mengimplementasikan
sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab
c.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema Mengimplementasikan
sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab
d.
Guru meminta salah satu peserta
didik mengemukakan poin poin keterkaitan tugas
pertemuan sebelumnya dengan materi Mengimplementasikan sikap adil, amanah,
dan bertanggung jawab
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kelompok pertemuan sebelumnya
b.
Peserta didik dalam kelompok mempersiapkan
laporan hasil wawancara baik dalam bentuk laporan maupun presentasi serta
kaitannya dengan implementasi sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab
c.
Peserta didik dibebaskan
memilih media apa saja untuk melakukan presentasi hasil laporan wawancara di
depan kelas
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
d.
Guru memberikan saran dan
masukan atas laporan dan presentasi yang di rancang oleh peserta didik
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta masing-masing
kelompok untuk mempresentasikan hasil laporan wawancara yang sudah dibuat
b.
Guru meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan, sanggahan, atau
koreksi atas argumen tersebut.
c.
Peserta didik dalam kelompoknya
saling bergantian mempresentasikan hasil wawancara dan bukti dukung serta kaitannya
dengan materi
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c.
Guru meminta masing masing
kelompok untuk menilai kelompok terbaik menurut mereka masing masing
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari
ini, sebagai bentuk refleksi akhir.
b.
Guru meminta peserta didik
mengerjakan soal-soal pada Latihan Soal
Akhir Bab, Soal AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 92-95.
c.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama-sama.
E. ASESMEN
/ PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa terhadap
materi ajar yang dipelajari. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
1. Asesmen Diagnostik (Sebelum
Pembelajaran)
Untuk mengetahui kesiapan
siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:
Pertanyaan |
Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
|
Apakah sudah
terbiasa bersikap adil, amanah, dan bertanggung jawab? |
|
|
Apakah kalian
ingin menguasai materi pelajaran dengan baik? |
|
|
Apakah kalian sudah siap
melaksanakan pembelajaran dengan metode Aksi Nyata? |
|
|
2. Asesmen Formatif ( Selama
Proses Pembelajaran)
Asesmen formatif dilakukan
oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa
melakukan kegiatan diskusi, presentasi dan refleksi tertulis.
a) Asesmen saat pembelajaran (ketika
siswa melakukan kegiatan belajar)
Lembar kerja pengamatan kegiatan pembelajaran
No |
Nama |
Aspek Yang
Dinilai |
Nilai |
||
Ide/ gagasan |
Aktif |
Kritis |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
3.
Asesmen Sumatif ( Akhir Pembelajaran)
Latihan
Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman, dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA
Kelas XII
dari PT Penerbit Erlangga halaman 88-95
Catatan:
· Apabila nilai
peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan remedial (bila
20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat kelompok dan di atas 50
% bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali materi dan guru
akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan
tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu
yang disesuaikan.
·
Apabila nilai peserta didik sudah
mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan
soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah
disiapkan guru.
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pindailah QR Code
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 96, untuk mengakses soal-soal remedial dan
pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak
melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman,
Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih
melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial
G. REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK
Perlu ada upaya melakukan
refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil
tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi
nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam ketentuan fiqih mawaris di
masyarakat sesuai syariat islam
Refleksi Peserta Didik
1.
Apakah anda pernah melakukan analisis hukum mawaris dan penerapannya di
masyarakat?
2.
Lakukan identifikasi dalil naqli dan dalil aqli terkait mawaris di dalam
islam?
3.
Bagaimana perasaan dan upaya yang anda lakukan dalam menghadapi berbagai
problematika dalam menerapkan hukum mawaris sesuai syariat islam di tengah
masyarakat indonesia?
Refleksi Guru
1.
Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
2.
Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan
terfasilitasi dengan baik?
LAMPIRAN- LAMPIRAN |
LAMPIRAN
1
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Silakan
kerjakan Uji
Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
dari PT Penerbit Erlangga halaman 88-96
LAMPIRAN
2
BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas
XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 71 sd 96
LAMPIRAN
3
GLOSARIUM
Ø Asbabul irsi :
Sebab orang mendapatkan harta waris
Ø Mawani’ul irsi :
Tindakan atau hal-hal yang dapat mengugurkan hak seseorang untuk mewarisi
beserta adanya sebab-sebab dan syarat-syarat mewarisi harta
Ø Zawil Furud :
Orang-orang dari ahli waris yang mendapatkan bagian tertentu sebagaimana
pembagian furudhul muqaddarah, disebut juga Ashabul Furudh
Ø Zawil Arham : Para
kerabat yang mempunyai hubungan darah dengan si mati tetapi bukan kerabat
dzawil furudh dan bukan kerabat ‘Asabah yaitu semua anggota keluarga di garis
ibu, lelaki maupun perempuan dan semua anggota keluarga yang perempuan di garis
bapak kecuali empat perempuan yang ditentukan bagiannya di dalam al-Qur`an anak
perempuan, anak perempuan dari anak lelaki, saudara perempuan kandung, dan
saudara perempuan sebapak
Ø Asabah :
Orang yang berhak mendapatkan seluruh sisa harta peninggalan
setelah dibagikan kepada ahli waris dzawil furud
Ø Hijab :
Menurut bahasa adalah tutup atau mencegah. Sedangkan menurut istilah ulama ahli
faraidl (ilmu waris) hijab berarti tidak bisanya seseorang mendapat warisan
yang sebenarnya bisa mendapatkan dikarenakan adanya ahli waris yang lebih dekat
dengan si mayit.
Ø Mahjub :
Orang yang yang terhalang mendapatkan warisan disebabkan adanya hajib (orang
yang menghalangi/ orang yang lebih dekat dengan si mayit)
Ø Hirman :
Hijab Hirman Yaitu penghalang yang menyebabkan seseorang ahli waris tidak
memperoleh sama sekali warisan disebabkan ahli waris yang lain. Contoh, seorang
cucu akan terhijab jika si mayat mempunyai anak laki-laki
Ø Nuqsan : Hijab Nuqshan Yaitu penghalang
yang menyebabkan berkurangnya bagian seorang ahli waris, dengan kata lain
berkurangnya bagian yang semestinya diterima oleh seorang ahli waris karena ada
ahli waris lai
LAMPIRAN
4
DAFTAR PUSTAKA
Drs. H. Sadi, M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga
0 comments:
Posting Komentar