Jumat, 12 Juli 2024

Posted by Rumah Ratu On Jumat, Juli 12, 2024

 

MODUL AJAR

BAB 4 : KETENTUAN FIQIH MAWARIS DI MASYARAKAT

SESUAI SYARIAT ISLAM

 

INFORMASI UMUM

A.   IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun                    :   Yusuf Wibisono, S.Pd.I        

Satuan Pendidikan               :   SMAN 1 Hampang

Kelas / Fase                           :   XII (Dua Belas) - F

Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Elemen/ Topik                      :   Fiqih/ Ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat Islam

Prediksi Alokasi Waktu      :   3 Pekan/ 9 JP

Tahun Penyusunan              :   2024

B.    KOMPETENSI AWAL

Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

 

C.   PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, bergotong royong, bernalar kritis

 

D.   KATA KUNCI

Fiqih Mawaris, Asbabul irsi, Mawani’ul irsi, Zawil Furud, Zawil Arham, Asabah

 

E.    SARANA DAN PRASARANA

Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector, multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan kondisi di sekolah masingmasing

Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran

 

F.    TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

G.   MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).


 

KOMPONEN INTI

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Menganalisis ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

2.       Mempresentasikan tentang ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

3.       Menjelaskan bahwa fiqih mawaris merupakan ajaran agama

4.       Mengimplementasikan sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab

 

B.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

 

C.   PERTANYAAN PEMANTIK

1.       Apa itu fiqih mawaris?

2.       Bagaimana ketentuan dan perhitungan fiqih mawaris sesuai syariat islam?

3.       Apa manfaat dari fiqih mawaris dalam masyarakat dan kehidupan sehari hari?

 

D.   PERSIAPAN PEMBELAJARAN

1.       Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.

2.       Guru menyiapkan bahan tayang PPT Ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

3.       Guru memeriksa dan memastikan semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia

4.       Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan nyaman

5.       Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran interaktif

 

E.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN PEKAN KE-1

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

a.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.       Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.       Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.       Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. An-Nisa/4 : 13 dan 14 dengan tartil beserta terjemahannya.

e.       Guru memberikan apersepsi tentang Ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

f.        Guru memberikan gambaran tentang Ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

g.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Menganalisis ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam dan Mempresentasikan tentang ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

Kegiatan Inti (105 Menit)

Langkah 1. Orientasi Peserta didik

a.       Pada kegiatan ini guru memberikan arahan agar peserta didik membuka buku paket Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 71 sd 96

b.       Guru memberi pemahaman kepada peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan tujuan pembelajaran yaitu Menganalisis ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam dan Mempresentasikan tentang ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.       Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok, dengan anggota 4-6 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.

b.       Setiap kelompok memilih satu orang dijadikan ketua kelompok

c.       Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Kegiatan 4.1 dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 86 untuk memahami ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.       Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di  Kegiatan 4.1

b.       Peserta didik dalam kelompok diminta untuk:

1.       Melakukan pencarian dan pengumpulan data tentang penerapan waris yang dilakukan oleh umat islam di Indonesia

2.       Dari data yang didapatkan, lakukan identifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat umat islam dalam membagikan warisan sesuai hukum waris islam

3.       Tuangkan hasil identifikasi yang telah dilakukan dalam bentuk infografis, dengan menggunakan powerpoint, canva atau media lainnya

c.       Peserta didik secara bekelompok mencari poin poin dari pembahasan sub tema dari berbagai sumber (diperbolehkan menambah referensi buku ke perpustakaan)

d.       Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di  Kegiatan 4.1

e.       Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.       Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil dari diskusi kelompok tentang pembahasan tema tersebut

b.       Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

c.       Guru meminta kelompok penampil memberikan pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.

d.       Hal tersebut diulangi sampai semua kelompok mempresentasikan hasilnya

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.       Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.       Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

 

 

 

Kegiatan Penutup (15 menit)

a.       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menganalisis ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam dan Mempresentasikan tentang ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

b.       Guru memberikan sampel soal dalam Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 88-89 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran

c.       Guru meminta peserta didik mengumpulkan infografis yang sudah dibuat pada link drive kolaborasi

d.       Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

e.       Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa bersama

PERTEMUAN PEKAN KE-2 :

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang Menjelaskan bahwa fiqih mawaris merupakan ajaran agama

f.      Guru memberikan gambaran tentang Menjelaskan bahwa fiqih mawaris merupakan ajaran agama

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Menjelaskan bahwa fiqih mawaris merupakan ajaran agama

 

2.       Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Peserta didik

a.   Guru memberi pemahaman kepada peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Menjelaskan bahwa fiqih mawaris merupakan ajaran agama

b.   Guru mendorong peserta didik untuk membaca materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 71 sd 96.

c.   Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema fiqih mawaris adalah perintah agama.

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.   Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok, dengan anggota 6-8 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.

b.   Setiap kelompok memilih satu orang dijadikan ketua kelompok

c.   Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Kegiatan 4.2 dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 88 untuk memahami ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.   Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di  Kegiatan 4.2

b.   Peserta didik dalam kelompok diminta untuk:

1.       Melakukan Wawancara kepada tokoh agama setempat dengan topik sebab sebab umat islam tidak membagi harta waris sesuai hukum islam.

2.       Melakukan persiapan sebelum wawancara dengan mendiskusikan pertanyaan pertanyaan yang berbobot dan bagaimana memulai wawancara dengan baik serta media apa saja yang akan digunakan

3.       Tuangkan hasil Wawancara yang telah dilakukan dalam bentuk aksi nyata, dengan berbentuk laporan diserta dokumentasi hasil aksi nyata atau bisa juga berupa video.

c.   Peserta didik secara bekelompok mencari poin poin dari pembahasan sub tema dari berbagai sumber (diperbolehkan menambah referensi buku ke perpustakaan)

d.   Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di  Kegiatan 4.2

e.   Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil persiapan wawancara dan bukti dukung serta rencana pelaporannya

b.   Guru meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan, sanggahan, atau koreksi atas argumen tersebut.

c.   Peserta didik dalam kelompoknya saling bergantian mempresentasikan hasil persiapan wawancara dan bukti dukung serta rencana pelaporannya

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru menyampaikan poin-poin penting dari proses persiapan wawancara dan bukti dukung serta rencana pelaporannya tersebut dan mengaitkannya dengan materi pelajaran

c.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

 

3.       Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian memimpin doa selesai kegiatan

b.   Guru meminta peserta didik mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 90-91 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran

c.   Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.   Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

 

PERTEMUAN PEKAN KE-3 :

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang Mengimplementasikan sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab

f.      Guru memberikan gambaran tentang cara Mengimplementasikan sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Mengimplementasikan sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab

 

2.   Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Peserta didik

a.     Guru mengaitkan tugas pertemuan sebelumnya dengan materi tentang Mengimplementasikan sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab

b.     Guru meminta peserta didik merangkum poin poin keterkaitan tugas pertemuan sebelumnya dengan materi Mengimplementasikan sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab

c.     Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema Mengimplementasikan sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab

d.     Guru meminta salah satu peserta didik mengemukakan poin poin keterkaitan tugas pertemuan sebelumnya dengan materi Mengimplementasikan sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.     Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kelompok pertemuan sebelumnya

b.     Peserta didik dalam kelompok mempersiapkan laporan hasil wawancara baik dalam bentuk laporan maupun presentasi serta kaitannya dengan implementasi sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab

c.     Peserta didik dibebaskan memilih media apa saja untuk melakukan presentasi hasil laporan wawancara di depan kelas

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.     Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.     Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.     Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

d.     Guru memberikan saran dan masukan atas laporan dan presentasi yang di rancang oleh peserta didik

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil laporan wawancara yang sudah dibuat

b.   Guru meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan, sanggahan, atau koreksi atas argumen tersebut.

c.   Peserta didik dalam kelompoknya saling bergantian mempresentasikan hasil wawancara dan bukti dukung serta kaitannya dengan materi

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

c.   Guru meminta masing masing kelompok untuk menilai kelompok terbaik menurut mereka masing masing

 

3.   Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir.

b.   Guru meminta peserta didik mengerjakan soal-soal pada Latihan Soal Akhir Bab, Soal AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 92-95.

c.   Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.   Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

 

E.    ASESMEN / PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

1.       Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)

Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:

Pertanyaan

Jawaban

Ya

Tidak

Apakah sudah terbiasa bersikap adil, amanah, dan bertanggung jawab?

 

 

Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran dengan baik?

 

 

Apakah kalian sudah siap melaksanakan pembelajaran dengan metode Aksi Nyata?

 

 

2.       Asesmen Formatif ( Selama Proses Pembelajaran)

Asesmen formatif dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan diskusi, presentasi dan refleksi tertulis.

a)       Asesmen saat pembelajaran (ketika siswa melakukan kegiatan belajar)

Lembar kerja pengamatan kegiatan pembelajaran

No

Nama

Aspek Yang Dinilai

Nilai

Ide/ gagasan

Aktif

Kritis

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

3.       Asesmen Sumatif ( Akhir Pembelajaran)

Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman,  dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 88-95

Catatan:

·     Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan remedial (bila 20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat kelompok dan di atas 50 % bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali materi dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan.

·     Apabila nilai peserta didik sudah mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah disiapkan guru.

 

F.    PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pindailah QR Code dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 96, untuk mengakses soal-soal remedial dan pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial

 

G.   REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Perlu ada upaya melakukan refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

Refleksi Peserta Didik

1.       Apakah anda pernah melakukan analisis hukum mawaris dan penerapannya di masyarakat?

2.       Lakukan identifikasi dalil naqli dan dalil aqli terkait mawaris di dalam islam?

3.       Bagaimana perasaan dan upaya yang anda lakukan dalam menghadapi berbagai problematika dalam menerapkan hukum mawaris sesuai syariat islam di tengah masyarakat indonesia?

Refleksi Guru

1.       Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?

2.       Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?


 

LAMPIRAN- LAMPIRAN

LAMPIRAN 1

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Silakan kerjakan Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 88-96

 

LAMPIRAN 2

BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

 

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 71 sd 96

 

LAMPIRAN 3

GLOSARIUM

Ø  Asbabul irsi              : Sebab orang mendapatkan harta waris

Ø  Mawani’ul irsi          : Tindakan atau hal-hal yang dapat mengugurkan hak seseorang untuk mewarisi beserta adanya sebab-sebab dan syarat-syarat mewarisi harta

Ø  Zawil Furud              : Orang-orang dari ahli waris yang mendapatkan bagian tertentu sebagaimana pembagian furudhul muqaddarah, disebut juga Ashabul Furudh

Ø  Zawil Arham            : Para kerabat yang mempunyai hubungan darah dengan si mati tetapi bukan kerabat dzawil furudh dan bukan kerabat ‘Asabah yaitu semua anggota keluarga di garis ibu, lelaki maupun perempuan dan semua anggota keluarga yang perempuan di garis bapak kecuali empat perempuan yang ditentukan bagiannya di dalam al-Qur`an anak perempuan, anak perempuan dari anak lelaki, saudara perempuan kandung, dan saudara perempuan sebapak

Ø  Asabah                     : Orang yang berhak mendapatkan seluruh sisa harta peninggalan setelah dibagikan kepada ahli waris dzawil furud

Ø  Hijab                        : Menurut bahasa adalah tutup atau mencegah. Sedangkan menurut istilah ulama ahli faraidl (ilmu waris) hijab berarti tidak bisanya seseorang mendapat warisan yang sebenarnya bisa mendapatkan dikarenakan adanya ahli waris yang lebih dekat dengan si mayit.

Ø  Mahjub                     : Orang yang yang terhalang mendapatkan warisan disebabkan adanya hajib (orang yang menghalangi/ orang yang lebih dekat dengan si mayit)

Ø  Hirman                     : Hijab Hirman Yaitu penghalang yang menyebabkan seseorang ahli waris tidak memperoleh sama sekali warisan disebabkan ahli waris yang lain. Contoh, seorang cucu akan terhijab jika si mayat mempunyai anak laki-laki

Ø  Nuqsan                     : Hijab Nuqshan Yaitu penghalang yang menyebabkan berkurangnya bagian seorang ahli waris, dengan kata lain berkurangnya bagian yang semestinya diterima oleh seorang ahli waris karena ada ahli waris lai

 

LAMPIRAN 4

DAFTAR PUSTAKA

 

Drs. H. Sadi, M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga

0 comments:

Posting Komentar