MODUL AJAR
BAB 3 : DAMPAK NEGATIF SIKAP
MUNAFIK, KERAS HATI, DAN KERAS KEPALA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI
INFORMASI
UMUM |
A. IDENTITAS MODUL
Nama Penyusun : Yusuf
Wibisono, S.Pd.I
Satuan Pendidikan : SMAN 1
Hampang
Kelas / Fase : XII
(Dua Belas) - F
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Elemen/ Topik : Akhlak/ Materi
dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan
sehari hari
Prediksi Alokasi Waktu : 3 Pekan/ 9 JP
Tahun Penyusunan : 2024
B. KOMPETENSI AWAL
Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan
memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang
dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Materi dampak
negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, bergotong
royong,
D. KATA KUNCI
Munafik, Keras Hati,
Keras Kepala
E. SARANA DAN PRASARANA
Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector,
multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras
suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan
kondisi di sekolah masing masing
Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai
PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran
F. TARGET PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak
ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
G. MODEL PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN
INTI |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menganalisis dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam
kehidupan sehari hari
2. Membuat konten mengenai dampak negatif sikap munafik, keras hati dan keras
kepala
3. Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan
larangan agama
4.
Mengimplementasikan sikap jujur,
tanggung jawab, dan cinta damai
B. PEMAHAMAN BERMAKNA
Dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam
kehidupan sehari hari
C. PERTANYAAN PEMANTIK
1.
Apa
pengertian sikap munafik, keras hati, dan keras kepala?
2.
Jelaskanlah dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan
sehari hari?
3.
Jelaskanlah manfaat menghindari sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari?
4.
Jelaskanlah contoh cara
mengatasi ikap munafik, keras hati, keras
kepala?
D. PERSIAPAN
PEMBELAJARAN
1.
Guru melakukan asesmen
diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan bahan tayang
PPT dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala
dalam kehidupan sehari hari
3.
Guru memeriksa dan memastikan
semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia
4.
Memastikan bahwa ruang kelas
sudah bersih, aman dan nyaman
5.
Menyiapkan bahan tayang dan
multimedia pembelajaran interaktif
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PEKAN KE-1
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
a.
Guru
membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c.
Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d.
Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. Al-Baqarah/2 : 14 dengan tartil beserta
terjemahannya.
e. Guru memberikan apersepsi
tentang dampak negatif sikap munafik, keras hati,
keras kepala dalam kehidupan sehari hari
f.
Guru
memberikan gambaran tentang dampak negatif sikap
munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari
g.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Menganalisis dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam
kehidupan sehari hari
Kegiatan Inti (105 Menit)
Langkah 1.
Orientasi Masalah
a. Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang
akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian
contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb yang berhubungan dampak negatif sikap munafik, keras hati,
keras kepala dalam kehidupan sehari hari
b. Guru mendorong peserta didik untuk membaca materi dari Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 45
sd 70.
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi tiga kelompok, yang dibagi secara acak dan
mempertimbangkan heteroginitas.
c. Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Kegiatan 3.1 dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA
Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 60 untuk memahami dampak negatif sikap
munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di Kegiatan 3.1
b.
Peserta
didik diminta untuk masing-masing kelompok memilih sub tema yang berbeda yaitu dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras
kepala
c.
Peserta
didik secara bekelompok mencari poin poin dari pembahasan sub tema dari
berbagai sumber (diperbolehkan menambah referensi buku ke perpustakaan)
d.
Guru meminta
untuk tiap kelompok dapat:
1.
Menganalisis informasi yang sudah di
dapatkan dikaitkan dengan dalil Al-Qur’an dan Hadis
2.
Menjelaskan
secara ringkas dampak dampak yang ditimbulkan dari masing masing sikap tersebut
terhadap kesehatan
3.
Menjelaskan
cara mencegah sikap sikap tersebut baik dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
e.
Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di Kegiatan 3.1
f.
Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta dengan
sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil dari
diskusi kelompok tentang pembahasan tema tersebut
b.
Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
c.
Guru meminta kelompok penampil memberikan
pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes
kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.
d.
Hal tersebut diulangi sampai semua kelompok
mempresentasikan hasilnya
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang
sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c.
Guru meminta hasil diskusi masing-masing
kelompok dikumpulkan
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru bersama peserta didik
melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menganalisis dampak negatif sikap munafik,
keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari
b.
Guru menugaskan tiap kelompok
membuat konten baik berupa poster, flyer ataupun video sesuai hasil diskusi
kelompok masing - masing
c.
Guru memberikan sampel soal
dalam Contoh Soal dan Pembahasan
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga
halaman 60-61 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik
pembelajaran
d.
Guru mengonfirmasi materi yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya.
e.
Guru mengakhiri pembelajaran
dengan berdoa bersama
PERTEMUAN PEKAN
KE-2 :
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Membuat konten mengenai dampak negatif sikap munafik,
keras hati dan keras kepala
f.
Guru memberikan gambaran
tentang Membuat konten mengenai dampak negatif sikap munafik, keras hati dan
keras kepala
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Membuat konten mengenai
dampak negatif sikap munafik, keras hati dan keras kepala
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi
Masalah
a.
Guru memberi pemahaman kepada
peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Membuat konten
mengenai dampak negatif sikap munafik, keras hati dan keras kepala,
b.
Guru mengingatkan tugas dalam membuat konten hasil diskusi kempok
pertemuan sebelumnya
c.
Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan seputar tema Membuat konten mengenai dampak negatif sikap munafik,
keras hati dan keras kepala
Langkah 2.
Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Guru meminta peserta didik
berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibuat minggu lalu
b.
Guru meminta kepada tiap
kelompok untuk mengundi siapa yang akan menyajikan presentasi pertama dan
seterusnya.
c.
Guru menjelaskan aturan
presentasi per kelompok dengan dimulai dengan membaca pantun dan di akhiri
dengan yel yel kelompok
d.
Guru mempersilahkan peserta
didik untuk menyiapkan kelompoknya masing masing sebelum mempresentasikan
konten yang telah dibuat
Langkah 3.
Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat pantun dan yel yel
yang akan di bawakan tiap kelompok dan mengkritisinya.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Peserta didik mempresentasikan hasil konten masing-masing kelompok yang
sudah dibuat sesuai urutan yang sudah diundi.
b.
Peserta didik lainnya diminta
untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
c.
Guru meminta kelompok penampil
memberikan pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk
mengetes kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.
d.
Hal tersebut diulangi sampai
semua kelompok mempresentasikan hasilnya
Langkah 5.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan apresiasi bagi
kelompok yang sudah membuat konten yang paling menarik
c.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari
ini, sebagai bentuk refleksi akhir.
b.
Guru meminta peserta didik
mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 62-64 untuk mengecek
pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran
c.
Guru mengkonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama-sama.
PERTEMUAN PEKAN
KE-3 :
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.
Perwakilan peserta didik
memimpin doa.
c.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta
didik.
d.
Sebelum memulai pembelajaran,
peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh
ketua kelas.
e.
Guru memberikan apersepsi tentang Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala
merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan sikap jujur, tanggung jawab,
dan cinta damai
f.
Guru memberikan gambaran
tentang Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan
larangan agama dan Mengimplementasikan sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta
damai
g.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Menjelaskan bahwa sikap munafik,
keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan
sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai
2.
Kegiatan Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a.
Guru
memberikan permasalahan tentang Menjelaskan
bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan
sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai
b.
Guru
meminta peserta didik merumuskan masalah tentang Menjelaskan bahwa sikap munafik,
keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan
sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai
c.
Guru memberikan kesempatan
bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema Menjelaskan
bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan
sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai
a.
Guru meminta peserta didik
menuangkan hasil diskusinya dalam sebuah infografis merujuk pada Menjelaskan
bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan
sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi 2 kelompok, yang dibagi secara
acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b.
Peserta didik dalam kelompok
mendiskusikan infografis merujuk pada Menjelaskan bahwa sikap munafik,
keras hati, keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan sikap
jujur, tanggung jawab, dan cinta damai
c.
Peserta didik menentukan konsep
infografis yang akan dipresentasikan dan media yang akan digunakan untuk
mempublikasikan konten tersebut dengan mendiskusikannya bersama kelompok
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a.
Guru berkeliling untuk melihat
kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b.
Guru melihat sampel pekerjaan
peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c.
Guru memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
d.
Guru memberikan saran dan
masukan atas konsep infografis yang di rancang oleh peserta didik
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a.
Guru meminta masing-masing
kelompok untuk mempresentasikan hasil dari kegiatan di Ruang
Kolaborasi.
b.
Peserta didik lainnya diminta
untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
c.
Guru meminta peserta didik
untuk mengumpulkan tugas berupa laporan dalam bentuk infografis dengan
menggunakan computer dari kegiatan di Ruang Kolaborasi.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c.
Guru meminta masing masing
kelompok untuk menilai infografis terbaik
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
a.
Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari
ini, sebagai bentuk refleksi akhir.
b.
Guru memberikan tugas rumah
untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan
Soal Akhir Bab, Soal AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 64-68.
c.
Guru mengonfirmasi materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
d.
Guru menutup pembelajaran
dengan berdoa bersama-sama.
E. ASESMEN
/ PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil
penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran.
1.
Asesmen Diagnostik (Sebelum
Pembelajaran)
Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan
pertanyaan:
Pertanyaan |
Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
|
Apakah sudah terbiasa menghindari sikap munafik, keras hati, keras kepala?
|
|
|
Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran
dengan baik? |
|
|
Apakah kalian sudah siap melaksanakan pembelajaran dengan metode sharing konten? |
|
|
2.
Asesmen Formatif ( Selama
Proses Pembelajaran)
Asesmen formatif dilakukan oleh guru
selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan
diskusi, presentasi dan refleksi tertulis.
a)
Asesmen saat pembelajaran (ketika siswa melakukan kegiatan belajar)
Lembar kerja pengamatan
kegiatan pembelajaran
No |
Nama |
Aspek Yang
Dinilai |
Nilai |
||
Ide/ gagasan |
Aktif |
Kritis |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
Catatan:
· Apabila nilai
peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan remedial (bila
20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat kelompok dan di atas 50
% bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali materi dan guru
akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan
tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu
yang disesuaikan.
·
Apabila nilai peserta didik sudah
mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan
soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah
disiapkan guru.
b)
Peserta didik mengerjakan tugas
terstruktur yang diberikan
guru baik berupa konten maupaun infografis
3.
Asesmen Sumatif ( Akhir
Pembelajaran)
Latihan Soal Akhir
Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman, dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMA
Kelas XII
dari PT Penerbit Erlangga halaman 62-68
F. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pindailah QR Code
dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT
Penerbit Erlangga halaman 70, untuk mengakses soal-soal remedial dan
pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak
melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman,
Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih
melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial
G. REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK
Perlu ada upaya melakukan
refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil
tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi
nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam menghindarkan diri dari sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari serta dampak negatif dari ikap munafik,
keras hati, dan keras kepala serta memupuk sikap jujur, tanggung jawab, dan
cinta damai
Refleksi Peserta Didik
1.
Apakah anda sudah memahami dan menjauhi dampak negatif dari sikap
munafik, keras hati dan keras kepala?
2.
Lakukan identifkasi dalil yang sesuai baik dalil naqli maupun dalil aqli
terkait perilaku munafik, keras hati dan keras kepala?
3.
Bagaimana perasaan dan upaya yang anda lakukan untuk menghindari sikap
munafik, keras hati dan keras kepala?
Refleksi Guru
1.
Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
2.
Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan
terfasilitasi dengan baik?
LAMPIRAN- LAMPIRAN |
LAMPIRAN
1
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Silakan
kerjakan Uji
Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII
dari PT Penerbit Erlangga halaman 62-68
LAMPIRAN
2
BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK
Buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas
XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 45 sd 70
LAMPIRAN
3
GLOSARIUM
1. Munafik : Orang yang
berpura-pura, tak memiliki ketulusan, dan tak sesuai dengan agama Islam
2. Keras Hati : disebut
juga qawasah al-qalb, adalah keadaan hati yang tidak melemah, tunduk,
atau lunak terhadap nasihat dan pelajaran setelah melihat tanda kebesaran
Allah. Hal ini mengakibatkan tertutupnya pintu hidayah untuk individu tersebut
3. Keras Kepala : Sifat tidak mau
menuruti nasihat orang lain, sering disebut kepala batu
4.
Qoswatul Qolb : disebut juga keras hati,
adalah keadaan hati yang tidak melemah, tunduk, atau lunak terhadap nasihat dan
pelajaran setelah melihat tanda kebesaran Allah. Hal ini mengakibatkan
tertutupnya pintu hidayah untuk individu tersebut
NaudzubillahLAMPIRAN
4
DAFTAR PUSTAKA
Drs. H. Sadi, M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga
0 comments:
Posting Komentar