Jumat, 12 Juli 2024

Posted by Rumah Ratu On Jumat, Juli 12, 2024

 



MODUL AJAR

BAB 3 : DAMPAK NEGATIF SIKAP MUNAFIK, KERAS HATI, DAN KERAS KEPALA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

 

INFORMASI UMUM

A.   IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun                    :   Yusuf Wibisono, S.Pd.I

Satuan Pendidikan               :   SMAN 1 Hampang

Kelas / Fase                           :   XII (Dua Belas) - F

Mata Pelajaran                    :   Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Elemen/ Topik                      :   Akhlak/ Materi dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari

Prediksi Alokasi Waktu      :   3 Pekan/ 9 JP

Tahun Penyusunan              :   2024

B.    KOMPETENSI AWAL

Guru membimbing peserta didik, agar mengamati gambar dan memberikan gambaran awal materi! Lalu peserta didik memberi tanggapan yang dikaitkan dengan materi ajar yang dipelajari, yakni: Materi dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari

 

C.   PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, bergotong royong,

 

D.   KATA KUNCI

Munafik, Keras Hati, Keras Kepala

 

E.    SARANA DAN PRASARANA

Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector, multimedia pembelajaran interaktif, komputer/laptop, printer, alat pengeras suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan dengan kondisi di sekolah masing masing

Selanjutnya, tentang media pembelajarannya, dapat memakai PPT, Canva dan lainnya yang mendukung dalam pembelajaran

 

F.    TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

G.   MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).


 

KOMPONEN INTI

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Menganalisis dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari

2.       Membuat konten mengenai dampak negatif sikap munafik, keras hati dan keras kepala

3.       Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama

4.       Mengimplementasikan sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai

 

B.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari

 

C.   PERTANYAAN PEMANTIK

1.       Apa pengertian sikap munafik, keras hati, dan keras kepala?

2.       Jelaskanlah dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari?

3.       Jelaskanlah manfaat menghindari sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari?

4.       Jelaskanlah contoh cara mengatasi ikap munafik, keras hati, keras kepala?

 

D.   PERSIAPAN PEMBELAJARAN

1.       Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.

2.       Guru menyiapkan bahan tayang PPT dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari

3.       Guru memeriksa dan memastikan semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia

4.       Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan nyaman

5.       Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran interaktif

 

E.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN PEKAN KE-1

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

a.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.       Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.       Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.       Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S. Al-Baqarah/2 : 14 dengan tartil beserta terjemahannya.

e.       Guru memberikan apersepsi tentang dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari

f.        Guru memberikan gambaran tentang dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari

g.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi yaitu Menganalisis dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari

Kegiatan Inti (105 Menit)

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.       Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi yang akan di pelajari dengan cara Mengamati lembar kerja, Foto/Video, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari

b.       Guru mendorong peserta didik untuk membaca materi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 45 sd 70.

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.       Peserta didik membagi diri menjadi tiga kelompok, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.

c.       Peserta didik diminta melakukan Aktifitas di Kegiatan 3.1 dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 60 untuk memahami dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.       Guru membimbing peserta didik untuk melakukan aktifitas di  Kegiatan 3.1

b.       Peserta didik diminta untuk masing-masing kelompok memilih sub tema yang berbeda yaitu dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala

c.       Peserta didik secara bekelompok mencari poin poin dari pembahasan sub tema dari berbagai sumber (diperbolehkan menambah referensi buku ke perpustakaan)

d.       Guru meminta untuk tiap kelompok dapat:

1.       Menganalisis informasi yang sudah di dapatkan dikaitkan dengan dalil Al-Qur’an dan Hadis

2.       Menjelaskan secara ringkas dampak dampak yang ditimbulkan dari masing masing sikap tersebut terhadap kesehatan

3.       Menjelaskan cara mencegah sikap sikap tersebut baik dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat

e.       Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di  Kegiatan 3.1

f.        Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.       Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil dari diskusi kelompok tentang pembahasan tema tersebut

b.       Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

c.       Guru meminta kelompok penampil memberikan pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.

d.       Hal tersebut diulangi sampai semua kelompok mempresentasikan hasilnya

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.       Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.       Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

c.       Guru meminta hasil diskusi masing-masing kelompok dikumpulkan

Kegiatan Penutup (15 menit)

a.       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Menganalisis dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari

b.       Guru menugaskan tiap kelompok membuat konten baik berupa poster, flyer ataupun video sesuai hasil diskusi kelompok masing - masing

c.       Guru memberikan sampel soal dalam Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 60-61 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran

d.       Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

e.       Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa bersama

 

PERTEMUAN PEKAN KE-2 :

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang Membuat konten mengenai dampak negatif sikap munafik, keras hati dan keras kepala

f.      Guru memberikan gambaran tentang Membuat konten mengenai dampak negatif sikap munafik, keras hati dan keras kepala

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Membuat konten mengenai dampak negatif sikap munafik, keras hati dan keras kepala

 

2.       Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.   Guru memberi pemahaman kepada peserta didik tentang kompetensi yang harus dimiliki terkait dengan Membuat konten mengenai dampak negatif sikap munafik, keras hati dan keras kepala,

b.   Guru mengingatkan tugas  dalam membuat konten hasil diskusi kempok pertemuan sebelumnya

c.   Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema Membuat konten mengenai dampak negatif sikap munafik, keras hati dan keras kepala

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.   Guru meminta peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah dibuat minggu lalu

b.   Guru meminta kepada tiap kelompok untuk mengundi siapa yang akan menyajikan presentasi pertama dan seterusnya.

c.   Guru menjelaskan aturan presentasi per kelompok dengan dimulai dengan membaca pantun dan di akhiri dengan yel yel kelompok

d.   Guru mempersilahkan peserta didik untuk menyiapkan kelompoknya masing masing sebelum mempresentasikan konten yang telah dibuat

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.   Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.   Guru melihat pantun dan yel yel yang akan di bawakan tiap kelompok dan mengkritisinya.

c.   Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.   Peserta didik mempresentasikan hasil konten masing-masing kelompok yang sudah dibuat sesuai urutan yang sudah diundi.

b.   Peserta didik lainnya diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

c.   Guru meminta kelompok penampil memberikan pertanyaan balik kepada salah satu siswa dalam kelompok lain untuk mengetes kelompok lain memperhatikan dengan baik atau tidak.

d.   Hal tersebut diulangi sampai semua kelompok mempresentasikan hasilnya

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru memberikan apresiasi bagi kelompok yang sudah membuat konten yang paling menarik

c.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

 

3.       Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir.

b.   Guru meminta peserta didik mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 62-64 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran

c.   Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.   Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

 

PERTEMUAN PEKAN KE-3 :

Kegiatan Pembelajaran

1.   Pendahuluan (15 menit)

a.     Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.

b.     Perwakilan peserta didik memimpin doa.

c.     Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

d.     Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit yang dipimpin oleh ketua kelas.

e.     Guru memberikan apersepsi tentang Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai

f.      Guru memberikan gambaran tentang Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai

g.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai

 

2.   Kegiatan Inti (105 menit) 

Langkah 1. Orientasi Masalah

a.     Guru memberikan permasalahan tentang Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai

b.     Guru meminta peserta didik merumuskan masalah tentang Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai

c.     Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai

a.     Guru meminta peserta didik menuangkan hasil diskusinya dalam sebuah infografis merujuk pada Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.     Peserta didik membagi diri menjadi 2 kelompok, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.

b.     Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan infografis merujuk pada Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati, keras kepala merupakan larangan agama dan Mengimplementasikan sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai

c.     Peserta didik menentukan konsep infografis yang akan dipresentasikan dan media yang akan digunakan untuk mempublikasikan konten tersebut dengan mendiskusikannya bersama kelompok

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a.     Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b.     Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c.     Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

d.     Guru memberikan saran dan masukan atas konsep infografis yang di rancang oleh peserta didik

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

a.     Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil dari kegiatan di  Ruang Kolaborasi.

b.     Peserta didik lainnya diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.

c.     Guru meminta peserta didik untuk mengumpulkan tugas berupa laporan dalam bentuk infografis dengan menggunakan computer dari kegiatan di  Ruang Kolaborasi.

 

Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.   Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.   Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

c.   Guru meminta masing masing kelompok untuk menilai infografis terbaik

 

3.   Kegiatan Penutup (15 menit)

a.   Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir.

b.   Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal pada Latihan Soal Akhir Bab, Soal AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 64-68.

c.   Guru mengonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

d.   Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

 

E.    ASESMEN / PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi siswa terhadap materi ajar yang dipelajari. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

1.       Asesmen Diagnostik (Sebelum Pembelajaran)

Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:

Pertanyaan

Jawaban

Ya

Tidak

Apakah sudah terbiasa menghindari sikap munafik, keras hati, keras kepala?

 

 

Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran dengan baik?

 

 

Apakah kalian sudah siap melaksanakan pembelajaran dengan metode sharing konten?

 

 

 

2.       Asesmen Formatif ( Selama Proses Pembelajaran)

Asesmen formatif dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran berlangsung, khususnya saat siswa melakukan kegiatan diskusi, presentasi dan refleksi tertulis.

a)         Asesmen saat pembelajaran (ketika siswa melakukan kegiatan belajar)

Lembar kerja pengamatan kegiatan pembelajaran

No

Nama

Aspek Yang Dinilai

Nilai

Ide/ gagasan

Aktif

Kritis

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

Catatan:

·     Apabila nilai peserta didik belum mencapai KKM, maka diadakan remedial (bila 20 % remedial bersifat individual, 50 % bersifat kelompok dan di atas 50 % bersifat klasikal), dengan cara guru mnjelaskan kembali materi dan guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan.

·     Apabila nilai peserta didik sudah mencapai KKM, maka dilakukan pengayaan, dengan mengerjakan soal-soal yang ada di Buku Mandiri Kelas XII atau tugas lain yang sudah disiapkan guru.

b)      Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur yang diberikan guru baik berupa konten maupaun infografis

3.       Asesmen Sumatif ( Akhir Pembelajaran)

Latihan Soal Akhir Bab, Soal Tipe AKM, Uji Pemahaman,  dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 62-68

 

F.    PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pindailah QR Code dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 70, untuk mengakses soal-soal remedial dan pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan jika Anda tidak melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal Remedial

 

G.   REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Perlu ada upaya melakukan refleksi pembelajaran, agar terdapat ruang untuk melakukan dialog akan berhasil tidaknya pembelajaran yang dilakukan, termasuk refleksi khusus terhadap kondisi nyata yang dialami umat (peserta didik) dalam menghindarkan diri dari sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari hari serta dampak negatif dari ikap munafik, keras hati, dan keras kepala serta memupuk sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai

 

Refleksi Peserta Didik

1.       Apakah anda sudah memahami dan menjauhi dampak negatif dari sikap munafik, keras hati dan keras kepala?

2.       Lakukan identifkasi dalil yang sesuai baik dalil naqli maupun dalil aqli terkait perilaku munafik, keras hati dan keras kepala?

3.       Bagaimana perasaan dan upaya yang anda lakukan untuk menghindari sikap munafik, keras hati dan keras kepala?

 

Refleksi Guru

1.       Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?

2.       Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?


 

LAMPIRAN- LAMPIRAN

LAMPIRAN 1

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

 

Silakan kerjakan Uji Pemahaman, Soal Latihan Akhir Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII dari PT Penerbit Erlangga halaman 62-68

 

LAMPIRAN 2

BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

 

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 45 sd 70

 

LAMPIRAN 3

GLOSARIUM

1.       Munafik : Orang yang berpura-pura, tak memiliki ketulusan, dan tak sesuai dengan agama Islam

2.       Keras Hati : disebut juga qawasah al-qalb, adalah keadaan hati yang tidak melemah, tunduk, atau lunak terhadap nasihat dan pelajaran setelah melihat tanda kebesaran Allah. Hal ini mengakibatkan tertutupnya pintu hidayah untuk individu tersebut

3.       Keras Kepala : Sifat tidak mau menuruti nasihat orang lain, sering disebut kepala batu

4.       Qoswatul Qolb : disebut juga keras hati, adalah keadaan hati yang tidak melemah, tunduk, atau lunak terhadap nasihat dan pelajaran setelah melihat tanda kebesaran Allah. Hal ini mengakibatkan tertutupnya pintu hidayah untuk individu tersebut

 

NaudzubillahLAMPIRAN 4

DAFTAR PUSTAKA

 

Drs. H. Sadi, M.Si dkk. 2023. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas XII. Jakarta: PT Penerbit Erlangga

0 comments:

Posting Komentar