TUJUAN
PEMBELAJARAN DAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN MAPEL PAI DAN BUDI PEKERTI FASE F
KELAS XII
Capaian Pembelajaran |
Peserta didik
dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu
pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama;
mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadits tentang pentingnya berfikir
kritis (critical thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi,
memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi
beragama; membiasakan membaca
Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan
teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama adalah
ajaran agama; membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif,
dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,
dan teknologi, toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan,
dan tanggung jawab, sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu
berprasangka baik kepada Allah
Swt. dalam menghadapi ujian
dan musibah, cinta tanah air dan moderasi dalam beragama. Peserta didik
menganalisis cabang-cabang iman,
keterkaitan antara iman,
Islam dan ihsan,
serta dasar-dasar, tujuan
dan manfaat ilmu kalam; mempresentasikan tentang cabang-cabang iman,
dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam; meyakini bahwa cabang-cabang iman,
keterkaitan antara iman,
Islam dan ihsan,
serta dasar-dasar, tujuan
dan manfaat ilmu kalam adalah
ajaran agama; membiasakan sikap tanggung jawab,
memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
menutup aib orang
lain, jujur, peduli
sosial, ramah, konsisten, cinta
damai, rasa ingin
tahu dan pembelajar sepanjang hayat. Peserta didik
dapat memecahkan masalah perkelahian antar pelajar, minuman keras (miras),
dan narkoba dalam Islam; menganalisis adab menggunakan media sosial
dalam Islam, dampak negatif sikap munafik,
keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari-hari, sikap
inovatif dan etika berorganisasi; mempresentasikan cara memecahkan masalah perkelahian antar pelajar dan dampak pengiringnya, minuman keras (miras), dan narkoba; meyakini bahwa agama melarang melakukan perkelahian antar pelajar,
minuman keras, dan narkoba, munafik, keras hati, dan keras kepala, meyakini
bahwa adab menggunakan media sosial
dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat, dan
meyakini bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah agama;
membiasakan sikap taat
pada aturan, peduli
sosial, tanggung jawab,
cinta damai, santun,
saling menghormati, semangat kebangsaan, jujur, inovatif, dan rendah hati. Peserta didik
mampu menganalisis ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah,
ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; mempresentasikan tentang ketentuan
pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam,
mawaris, dan konsep ijtihad; menerapkan ketentuan khutbah, tabligh, dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam
Islam, mawaris, dan
meyakini bahwa ijtihad merupakan salah satu
sumber hukum Islam;
membiasakan sikap menebarkan Islam
raḥmat li al-ālamīn, komitmen, bertanggung jawab, menepati janji, adil,
amanah, terbuka terhadap ilmu pengetahuan,
dan menghargai perbedaan pendapat. Peserta didik mampu
menganalisis peran dan keteladanan tokoh
ulama penyebar ajaran
Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam
di dunia, dan
peran organisasi-organisasi
Islam di Indonesia; mempresentasikan peran dan keteladanan tokoh ulama
penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran ormas
(organisasi masyarakat) Islam di Indonesia; mengakui keteladanan tokoh ulama
Islam di Indonesia, meyakini kebenaran perkembangan
peradaban Islam pada masa modern, peradaban Islam di dunia, meyakini
pemikiran dan pergerakan organisasi-organisasi Islam berdasarkan ajaran
agama; membiasakan sikap
gemar membaca, menulis, berprestasi, dan kerja
keras, tanggung jawab,
bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global,
menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn, rukun,
damai, dan saling bekerja sama. |
No |
Elemen |
Alur Tujuan
Pembelajaran (ATP) |
Sem |
Tujuan
Pembelajaran (TP) |
Pekan/JP |
Kata/Frase Kunci |
Profil Pelajar Pancasila |
Glosarium |
1 |
Al-Qur’an dan Hadis |
Peserta didik dapat
menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang musibah, ujian, cinta tanah air dan
moderasi beragama; mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadits tentang
musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; membiasakan membaca
Al-Qur’an dengan meyakini bahwa musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi
beragama adalah ajaran agama; membiasakan sikap peduli sosial, cinta damai,
semangat kebangsaan, dan tanggung jawab, sabar, tabah, pantang menyerah,
tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi
ujian dan musibah, cinta tanah air dan moderasi dalam beragama. |
Semester 1 |
1.1. Membaca
dan menghafal QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang
musibah dan ujian 1.2. Menganalisis
QS. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta hadis terkait tentang
musibah dan ujian. 1.3. Mengimplementasikan sikap sabar, tabah, pantang menyerah,
tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. 1.4. Menjelaskan
sikap sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik
kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah merupakan cerminan dari
iman |
4
Pekan/ 12 JP |
·
Musibah ·
Ujian ·
Sabar ·
Ikhtiar ·
Tabah ·
Tawakal |
Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia,
Mandiri, Kreatif, dan Bergotong-royong |
Makhorijul
huruf Tadabur
ayat Tajwid Musibah Ujian Sabar Ikhtiar Tabah Tawakal |
Semester 2 |
1.5.
Menganalisis Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah
air dan moderasi
dalam beragama. 1.6.
Membaca dengan tartil Q.S.
al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah
air dan moderasi
dalam beragama. 1.7.
Menghafal dengan fasih dan lancar Q.S.
al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah
air dan moderasi
dalam beragama. 1.8. Membuat Karya seni berupa puisi atau gambar
atau poster yang mengandung konten pentingnya cinta
tanah air dan moderasi
dalam beragama 1.9. Menjelaskan bahwa cinta
tanah air dan sikap moderat
dalam beragama merupakan ajaran agama dan
cerminan dari iman |
4
Pekan/ 12 JP |
·
Hubbul Wathan ·
Nasionalisme ·
Moderasi beragama ·
Tawasut, ·
Tawazun, ·
Ta’addul |
Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia,
Kreatif, dan Bergotong-royong |
Makhorijul
huruf Tadabur
ayat Tajwid Hubbul Wathan Nasionalisme cinta
tanah air, moderasi beragama Tawasut,
Tawazun, Ta’addul |
Elemen |
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) |
Sem |
Tujuan Pembelajaran (TP) |
Pekan/JP |
Kata/Frase Kunci |
Profil Pelajar Pancasila |
Glosarium |
|
2 |
Aqidah |
Peserta
didik menganalisis cabang - cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan
ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam;
mempresentasikan tentang cabang-cabang iman, dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu
kalam; meyakini bahwa cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam
dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam adalah
ajaran agama; membiasakan sikap konsisten, cinta damai, rasa ingin tahu dan
pembelajar sepanjang hayat. |
Semester 1 |
2.1.
Menjelaskan
cabang iman: iman, islam dan ihsan 2.2.
Menganalisis cabang iman: keterkaitan
antara iman,
islam dan ihsan dalam kehidupan sehari – hari 2.3.
Mempresentasikan
paparan mengenai : keterkaitan antara iman, islam dan ihsan 2.4.
Menerapkan
sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia |
3 Pekan/ 9 JP |
·
Iman ·
Islam ·
Ihsan |
Beriman Bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, dan Bergotong-royong |
syu'abul iman cabang - cabang iman istiqomah rahmatan lil
alamin |
Semester
2 |
2.5.
Menganalisis
dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam 2.6.
Mempresentasikan
tentang dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu
kalam 2.7.
Menjelaskan bahwa kewajiban
mendalami ilmu adalah perintah agama 2.8.
Mengimplementasikan sikap rasa
ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat |
3 Pekan/ 9 JP |
·
Ilmu kalam ·
Dasar ·
Tujuan ·
Manfaat |
Beriman Bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, dan Bergotong-royong |
Ilmu kalam Tajsim Tasybih Ijtihad |
Elemen |
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) |
Sem |
Tujuan Pembelajaran (TP) |
Pekan/JP |
Kata/Frase Kunci |
Profil Pelajar Pancasila |
Glosarium |
|
3 |
Akhlak |
Peserta
didik dapat menganalisis dampak negatif sikap munafik,
keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari-hari, sikap inovatif dan
etika berorganisasi; meyakini bahwa agama melarang melakukan munafik, keras
hati, dan keras kepala, meyakini bahwa
sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah agama;
membiasakan sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab, cinta
damai, santun, saling menghormati, semangat kebangsaan, jujur, inovatif, dan
rendah hati |
Semester 1 |
3.1.
Menganalisis
dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari
hari 3.2.
Membuat
konten mengenai dampak negatif sikap munafik, keras hati dan keras kepala 3.3.
Menjelaskan
bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama 3.4.
Mengimplementasikan
sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai |
3 Pekan/ 9 JP |
·
Munafik ·
Keras Hati ·
Keras Kepala |
Beriman Bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, dan Bergotong-royong |
Munafik Keras Hati Keras Kepala Qoswatul Qolb Naudzubillah |
Semester
2 |
3.5.
Menganalisis
sikap inovatif dan etika berorganisasi dalam islam 3.6.
Mempresentasikan
sikap inovatif dan etika berorganisasi 3.7.
Menjelaskan bahwa sikap inovatif
dan etika berorganisasi merupakan perintah agama 3.8.
Mengimplementasikan sikap
inovatif, etika
berorganisasi dan sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-
hari |
3 Pekan/ 9 JP |
·
Inovatif ·
Etika Organisasi ·
Rendah Hati |
Bernalar
Kritis, Kreatif, dan
Bergotong-royong |
Inovatif Etika
Organisasi Rendah
Hati AD dan ART Kreativitas |
No. |
Elemen |
Alur Tujuan
Pembelajaran (ATP) |
Sem |
Tujuan
Pembelajaran (TP) |
Pekan/JP |
Kata/Frase Kunci |
Profil Pelajar Pancasila |
Glosarium |
4 |
Fiqih |
Peserta didik mampu
menganalisis ketentuan mawaris, dan konsep ijtihad; mempresentasikan tentang
ketentuan mawaris, dan konsep ijtihad; menerapkan ketentuan mawaris, dan
meyakini bahwa ijtihad merupakan salah satu sumber hukum Islam; membiasakan
sikap adil, amanah, terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai
perbedaan pendapat |
Semester 1 |
4.1. Menganalisis ketentuan fiqih mawaris di
masyarakat sesuai syariat islam 4.2. Mempresentasikan tentang ketentuan fiqih mawaris
di masyarakat sesuai syariat islam 4.3. Menjelaskan
bahwa fiqih mawaris merupakan ajaran agama 4.4. Mengimplementasikan
sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab |
3
Pekan/ 9 JP |
· Fiqih · Mawaris · Asbabul irsi · Mawani’ul irsi · Zawil Furud · Zawil Arham · Asabah |
Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia,
Kreatif, dan Bergotong-royong |
Asbabul irsi Mawani’ul irsi Zawil Furud Zawil Arham Asabah Hijab Mahjub Hirman Nuqsan |
Semester 2 |
4.5. Menganalisis konsep,
fungsi dan manfaat ijtihad 4.6. Mempresentasikan konsep, fungsi dan manfaat ijtihad 4.7.
Menjelaskan bahwa ijtihad adalah salah satu sumber hukum islam 4.8. Mengimplementasikan
sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat |
3
Pekan/ 9 JP |
·
Ijtihad ·
Mujtahid ·
Ijma ·
Qiyas |
Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Bergotong-royong |
Ijtihad Mujtahid Ijma Qiyas Maslahah Mursalah Istihsan Istishab ‘Urf |
No. |
Elemen |
Alur Tujuan
Pembelajaran (ATP) |
Sem |
Tujuan
Pembelajaran (TP) |
Pekan/JP |
Kata/Frase Kunci |
Profil Pelajar Pancasila |
Glosarium |
5 |
Sejarah Peradaban Islam |
Peserta didik mampu
menganalisis perkembangan
peradaban Islam di dunia, dan peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia;
mempresentasikan perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran ormas
(organisasi masyarakat) Islam di Indonesia; meyakini kebenaran perkembangan
peradaban Islam di dunia, meyakini pemikiran dan pergerakan
organisasi-organisasi Islam berdasarkan ajaran agama; membiasakan sikap
bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam
raḥmat li al-ālamīn, rukun, damai, dan saling bekerja sama |
Semester 1 |
5.1. Menganalisis perkembangan
peradaban Islam di dunia 5.2. Mempresentasikan paparan tentang perkembangan
peradaban Islam di dunia 5.3. Menjelaskan
bahwa peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah 5.4. Mengimplementasikan
sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global,
menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn |
3
Pekan/ 9 JP |
· Kemajuan · Peradaban · Islam · Ilmuwan · Keberanian |
Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia,
Kreatif, dan Bergotong-royong |
Peradaban Raḥmat li al-ālamīn Daulah Dinasti Bani |
Semester 2 |
5.5. Menganalisis sejarah
pertumbuhan, pemikiran, dan pergerakan serta kontribusi organisasi-organisasi
islam pada masa pra dan pasca kemerdekaan di Indonesia 5.6. Mempresentasikan kontribusi organisasi-organisasi islam di Indonesia 5.7.
Mengimplementasikan sikap menjunjung tinggi kerukunan,
kedamaian, dan saling bekerja sama dalam keidupan sehari hari 5.8. Menjelaskan bahwa menjunjung tinggi kerukunan,
kedamaian, dan saling bekerja sama dalam keidupan sehari hari merupakan
bagian dari ajaran agama islam |
3
Pekan/ 9 JP |
·
Pertumbuhan ·
Pemikiran ·
Pergerakan ·
Kontribusi |
Bernalar Kritis, Kreatif, Bergotong-royong |
Dinamis Produktif Moderat Progresif Organisasi Kontribusi |
0 comments:
Posting Komentar