Kamis, 11 Juli 2024

Posted by Rumah Ratu On Kamis, Juli 11, 2024



  

TUJUAN PEMBELAJARAN DAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN MAPEL PAI DAN BUDI PEKERTI FASE F KELAS XII


Capaian Pembelajaran

Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia,  musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadits tentang pentingnya berfikir kritis (critical thinking), ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa berfikir kritis, ilmu pengetahuan dan teknologi, toleransi, memelihara kehidupan manusia, musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama adalah ajaran agama; membiasakan sikap rasa ingin tahu, berfikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi, toleransi, peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung jawab, sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah, cinta tanah air dan moderasi dalam beragama.


Peserta didik menganalisis cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam; mempresentasikan tentang cabang-cabang iman, dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam; meyakini bahwa cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam adalah ajaran agama; membiasakan sikap tanggung jawab, memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, menutup aib orang lain, jujur, peduli sosial, ramah, konsisten, cinta damai, rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat.

Peserta didik dapat memecahkan masalah perkelahian antar pelajar, minuman keras (miras), dan narkoba dalam Islam; menganalisis adab menggunakan media  sosial dalam Islam, dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari-hari, sikap inovatif dan etika berorganisasi; mempresentasikan cara memecahkan masalah perkelahian antar pelajar dan dampak pengiringnya, minuman keras (miras), dan narkoba; meyakini bahwa agama melarang melakukan perkelahian antar pelajar, minuman keras, dan narkoba, munafik, keras hati, dan keras kepala, meyakini bahwa adab menggunakan media sosial dalam Islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat, dan meyakini bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah agama; membiasakan sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab, cinta damai, santun, saling menghormati, semangat kebangsaan, jujur, inovatif, dan rendah hati.

Peserta didik mampu menganalisis ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; mempresentasikan tentang ketentuan pelaksanaan khutbah, tablig dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan konsep ijtihad; menerapkan ketentuan khutbah, tabligh, dan dakwah, ketentuan pernikahan dalam Islam, mawaris, dan meyakini bahwa ijtihad merupakan salah satu sumber hukum Islam; membiasakan sikap menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn, komitmen, bertanggung jawab, menepati janji, adil, amanah, terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat.

Peserta didik mampu menganalisis peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia; mempresentasikan peran dan keteladanan tokoh ulama penyebar ajaran Islam di Indonesia, perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran ormas (organisasi masyarakat) Islam di Indonesia; mengakui keteladanan tokoh ulama Islam di Indonesia, meyakini kebenaran perkembangan peradaban Islam pada masa modern, peradaban Islam di dunia, meyakini pemikiran dan pergerakan organisasi-organisasi Islam berdasarkan ajaran agama; membiasakan sikap gemar membaca, menulis, berprestasi, dan kerja keras, tanggung jawab, bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn, rukun, damai, dan saling bekerja sama.

No

Elemen

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Sem

Tujuan Pembelajaran (TP)

Pekan/JP

Kata/Frase Kunci

Profil Pelajar Pancasila

Glosarium

1

Al-Qur’an dan Hadis

Peserta didik dapat menganalisis Al-Qur’an dan Hadis tentang musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; mempresentasikan pesan-pesan Al-Qur’an dan Hadits tentang musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama; membiasakan membaca Al-Qur’an dengan meyakini bahwa musibah, ujian, cinta tanah air dan moderasi beragama adalah ajaran agama; membiasakan sikap peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan tanggung jawab, sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah, cinta tanah air dan moderasi dalam beragama.

Semester 1

1.1.   Membaca dan menghafal QS. Al- Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 tentang musibah dan ujian

1.2.   Menganalisis QS. Al-Baqarah/2: 155-156 dan QS. Ibrahim/14: 9 serta hadis terkait tentang musibah dan ujian.

1.3.   Mengimplementasikan  sikap sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt.

1.4.   Menjelaskan sikap sabar, tabah, pantang menyerah, tawakal, dan selalu berprasangka baik kepada Allah Swt. dalam menghadapi ujian dan musibah merupakan cerminan dari iman

4 Pekan/ 12 JP

· Musibah

· Ujian

· Sabar

· Ikhtiar

· Tabah

· Tawakal

Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Mandiri, Kreatif, dan Bergotong-royong

Makhorijul huruf

Tadabur ayat

Tajwid

Musibah

Ujian

Sabar

Ikhtiar

Tabah

Tawakal

Semester 2

1.5.   Menganalisis Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama.

1.6.   Membaca dengan tartil Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama.

1.7.   Menghafal dengan fasih dan lancar Q.S. al-Qasas/28 : 85 dan Q.S. al-Baqarah /2 : 143 serta hadis tentang cinta tanah air dan moderasi dalam beragama.

1.8.   Membuat Karya seni berupa puisi atau gambar atau poster yang mengandung konten pentingnya cinta tanah air dan moderasi dalam beragama

1.9.   Menjelaskan bahwa cinta tanah air dan sikap moderat dalam beragama merupakan ajaran agama dan cerminan dari iman

4 Pekan/ 12 JP

· Hubbul Wathan

· Nasionalisme

· Moderasi beragama

· Tawasut,

· Tawazun,

· Ta’addul

Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, dan Bergotong-royong

Makhorijul huruf

Tadabur ayat

Tajwid

Hubbul Wathan

Nasionalisme

cinta tanah air, moderasi beragama

Tawasut, Tawazun, Ta’addul

 

 

 

No.

Elemen

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Sem

Tujuan Pembelajaran (TP)

Pekan/JP

Kata/Frase Kunci

Profil Pelajar Pancasila

Glosarium

2

Aqidah

Peserta didik menganalisis cabang - cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam; mempresentasikan tentang cabang-cabang iman, dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam; meyakini bahwa cabang-cabang iman, keterkaitan antara iman, Islam dan ihsan, serta dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam adalah ajaran agama; membiasakan sikap konsisten, cinta damai, rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat.

Semester 1

2.1.   Menjelaskan cabang iman: iman, islam dan ihsan

2.2.   Menganalisis cabang iman: keterkaitan antara iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari – hari

2.3.   Mempresentasikan paparan mengenai : keterkaitan antara iman, islam dan ihsan

2.4.   Menerapkan sikap konsisten cinta damai, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia

3 Pekan/ 9 JP

· Iman

· Islam

· Ihsan

Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, dan Bergotong-royong

syu'abul iman

cabang - cabang iman

istiqomah

rahmatan lil alamin

Semester 2

2.5.   Menganalisis dasar-dasar, tujuan dan manfaat ilmu kalam

2.6.   Mempresentasikan tentang dasar-dasar keilmuan, pembahasan, tujuan, dan manfaat dari ilmu kalam

2.7.   Menjelaskan bahwa kewajiban mendalami ilmu adalah perintah agama

2.8.   Mengimplementasikan sikap rasa ingin tahu dan pembelajar sepanjang hayat

3 Pekan/ 9 JP

· Ilmu kalam

· Dasar

· Tujuan

· Manfaat

Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, dan Bergotong-royong

Ilmu kalam

Tajsim

Tasybih

Ijtihad

 

 

 

 

 

 

 

 

No.

Elemen

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Sem

Tujuan Pembelajaran (TP)

Pekan/JP

Kata/Frase Kunci

Profil Pelajar Pancasila

Glosarium

3

Akhlak

Peserta didik dapat menganalisis dampak negatif sikap munafik, keras hati, dan keras kepala dalam kehidupan sehari-hari, sikap inovatif dan etika berorganisasi; meyakini bahwa agama melarang melakukan munafik, keras hati, dan keras kepala, meyakini bahwa  sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah agama; membiasakan sikap taat pada aturan, peduli sosial, tanggung jawab, cinta damai, santun, saling menghormati, semangat kebangsaan, jujur, inovatif, dan rendah hati

Semester 1

3.1.   Menganalisis dampak negatif sikap munafik, keras hati, keras kepala dalam kehidupan sehari hari

3.2.   Membuat konten mengenai dampak negatif sikap munafik, keras hati dan keras kepala

3.3.   Menjelaskan bahwa sikap munafik, keras hati dan keras kepala merupakan larangan agama

3.4.   Mengimplementasikan sikap jujur, tanggung jawab, dan cinta damai

3 Pekan/ 9 JP

· Munafik

· Keras Hati

· Keras Kepala

Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, dan Bergotong-royong

Munafik

Keras Hati

Keras Kepala

Qoswatul Qolb

Naudzubillah

Semester 2

3.5.   Menganalisis sikap inovatif dan etika berorganisasi dalam islam

3.6.   Mempresentasikan sikap inovatif dan etika berorganisasi

3.7.   Menjelaskan bahwa sikap inovatif dan etika berorganisasi merupakan perintah agama

3.8.   Mengimplementasikan sikap inovatif, etika berorganisasi dan sikap rendah hati dalam kehidupan sehari- hari

3 Pekan/ 9 JP

· Inovatif

· Etika Organisasi

· Rendah Hati

Bernalar Kritis, Kreatif, dan Bergotong-royong

Inovatif

Etika Organisasi

Rendah Hati

AD dan ART

Kreativitas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No.

Elemen

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Sem

Tujuan Pembelajaran (TP)

Pekan/JP

Kata/Frase Kunci

Profil Pelajar Pancasila

Glosarium

4

Fiqih

Peserta didik mampu menganalisis ketentuan mawaris, dan konsep ijtihad; mempresentasikan tentang ketentuan mawaris, dan konsep ijtihad; menerapkan ketentuan mawaris, dan meyakini bahwa ijtihad merupakan salah satu sumber hukum Islam; membiasakan sikap adil, amanah, terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat

Semester 1

4.1.   Menganalisis ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

4.2.   Mempresentasikan tentang ketentuan fiqih mawaris di masyarakat sesuai syariat islam

4.3.   Menjelaskan bahwa fiqih mawaris merupakan ajaran agama

4.4.   Mengimplementasikan sikap adil, amanah, dan bertanggung jawab

3 Pekan/ 9 JP

· Fiqih

· Mawaris

· Asbabul irsi

· Mawani’ul irsi

· Zawil Furud

· Zawil Arham

· Asabah

Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, dan Bergotong-royong

Asbabul irsi

Mawani’ul irsi

Zawil Furud

Zawil Arham

Asabah

Hijab

Mahjub

Hirman

Nuqsan

Semester 2

4.5.   Menganalisis konsep, fungsi dan manfaat ijtihad

4.6.   Mempresentasikan konsep, fungsi dan manfaat ijtihad

4.7.   Menjelaskan bahwa ijtihad adalah salah satu sumber hukum islam

4.8.   Mengimplementasikan sikap terbuka terhadap ilmu pengetahuan, dan menghargai perbedaan pendapat

3 Pekan/ 9 JP

· Ijtihad

· Mujtahid

· Ijma

· Qiyas

Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia,  Bergotong-royong

Ijtihad

Mujtahid

Ijma

Qiyas

Maslahah

Mursalah

Istihsan

Istishab

‘Urf

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No.

Elemen

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Sem

Tujuan Pembelajaran (TP)

Pekan/JP

Kata/Frase Kunci

Profil Pelajar Pancasila

Glosarium

5

Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik mampu menganalisis perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran organisasi-organisasi Islam di Indonesia; mempresentasikan perkembangan peradaban Islam di dunia, dan peran ormas (organisasi masyarakat) Islam di Indonesia; meyakini kebenaran perkembangan peradaban Islam di dunia, meyakini pemikiran dan pergerakan organisasi-organisasi Islam berdasarkan ajaran agama; membiasakan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn, rukun, damai, dan saling bekerja sama

Semester 1

5.1.   Menganalisis perkembangan peradaban Islam di dunia

5.2.   Mempresentasikan paparan tentang perkembangan peradaban Islam di dunia

5.3.   Menjelaskan bahwa peradaban Islam di dunia adalah sunnatullah

5.4.   Mengimplementasikan sikap bernalar kritis, semangat kebangsaan, berkebinekaan global, menebarkan Islam raḥmat li al-ālamīn

3 Pekan/ 9 JP

· Kemajuan

· Peradaban

· Islam

· Ilmuwan

· Keberanian

Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Kreatif, dan Bergotong-royong

Peradaban

Raḥmat li al-ālamīn

Daulah

Dinasti

Bani

Semester 2

5.5.   Menganalisis sejarah pertumbuhan, pemikiran, dan pergerakan serta kontribusi organisasi-organisasi islam pada masa pra dan pasca kemerdekaan di Indonesia

5.6.   Mempresentasikan kontribusi organisasi-organisasi islam di Indonesia

5.7.   Mengimplementasikan sikap menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam keidupan sehari hari

5.8.   Menjelaskan bahwa menjunjung tinggi kerukunan, kedamaian, dan saling bekerja sama dalam keidupan sehari hari merupakan bagian dari ajaran agama islam

3 Pekan/ 9 JP

· Pertumbuhan

· Pemikiran

· Pergerakan

· Kontribusi

Bernalar Kritis, Kreatif,  Bergotong-royong

Dinamis

Produktif

Moderat

Progresif

Organisasi

Kontribusi

 

 Sumber https://saranaguru.erlanggaonline.co.id  

0 comments:

Posting Komentar