LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
PT. PAMAPERSADA NUSANTARA
PERAWATAN
DAN PERBAIKAN COOLING SYSTEM GRADER825A-2
NAMA :Adi Sulistiyono
NIS : 0238
JURUSAN
:Teknik kendaraan ringan
PEMERINTAH
PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMKN 1 KINTAP
2016/2017
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI
COOLING
SYSTEM GRADER 825A-2
ADI
SULISTIYONO
NIS
: 028
Telah
disahkan oleh :
Departement plant
PT. PAMAPERSADA NUSANTARA District ARIA
Tanggal :_____________2017
Disetujui Oleh :
Plant Dept. Head Pembimbing Industri
Rochmandjai
E.P Wahyu
K.I
Mengetahui
:
Project
Manager PT.Pamapersada Nusantara
Distrik
ARIA
Bayu Setyawan
LEMBAR
PENGESAHAN SEKOLAH
COOLING
SYSTEM GEADER 825A-2
ADI
SULISTIYONO
NIS
: 0238
Telah
disahkan oleh :
Program Keahlian Teknik Kendaraan ringan
SMKN
1 KINTAP
Tanggal :____________2017
Mengesahkan :
Pembimbing Sekolah Ketua
Prakerin
Teknik
Kendaraan ringan
Yusuf Wibisono S.Pd.I Bobby Pudjianto.S.PD
Disetujui
Oleh :
Kepala
SMKN 1 KINTAP
Sudianto,
SP
NIP:197109026998021004
IDENTITAS SISWA PESERTA PRAKTIK
KERJA INDUSTRI
TAHUN2017
Nama Siswa : Adi
Sulistiyono
Nomor Induk Siswa : 0238
Tempat Tanggal Lahir : Sumberjaya, 04 Juni
2000
Jenis kelamin :
laki-laki
Golongan Darah : O
Kelas :
XI ( Sebelas )
Jurusan/Program Studi : Teknik Kendaraan
ringan
Nama Wali :
Endang Rahmat
Alamat Wali : Desa
Sumber jaya, RT/RW : 08/02
Kec. Kintap, Kab Tanah Laut,
Kalimantan Selatan.
Tlp : -
Pas foto
|
Kintap, 11
April 2017
Siswa Prakerin
Adi
Sulistiyono
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, yang telah memberikan rahmat dan
karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Industri
ini. Laporan ini merupakan hasil dari
kegiatan Praktik Kerja di PT PAMAPERSADA NUSANTARA yang di lakukan kurang lebih
3 (tiga) bulan yang di mulai dari tanggal 09 Januari 2017 s/d 09 April 2017.
Laporan
ini disusun untuk memenuhi persyaratan praktik kerja industri jurusan Teknik
Kendaraan Ringan SMKN 1 Kintap agar dapat di jadikan sebagai bahan pengetahuan
tambahan serta pengenalan pada siswa tentang dunia usaha agar dapat lebih mudah
nantinya dalam dunia industri.
Adapun
keberhasilan penulis dalam membuat laporan ini tidak lepas dari bantuan dan
kerja sama dari berbagai pihak yang telah bersedia membimbing serta memberikan
ilmu, Amanah dan nasehat-nasehat yang bermanfaat nanti-nya bagi penulis.
Penulis mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada:
1.
Tuhan yang maha esa beserta Nabi Muhammad SAW yang
telah melipahkan
karunianya
kepada saya.
3.
Bapak Sudianto,sp,
sebagai Kepala Sekolah SMKN 1 Kintap.
4.
Bapak Lutfi Amd, sebagai kepala program Teknik
Kendaraan Ringan SMKN 1 KINTAP.
5.
Bapak Yusuf Wibisono Sebagai Pembimbing Sekolah
Praktik kerja Industri.
6.
Bapak Rochmandjai EP, sebagai pimpinan PLANT Dept.
7.
Bapak Wahyu Khoirul Imam, sebagai pembimbing
industri.
8.
Seluruh karyawan PT Pamapersada Nusantara yang telah
memberikan bimbingan, arahan serta pelajaran yang belum saya dapat sebelumnya.
9.
Kedua orang tua beserta kerabat yang senantiasa
memberikan dukungan dan do’a restu-Nya.
10. Seluruh guru
dan semua Staff SMKN 1 Kintap.
Laporan
ini disusun untuk memenuhi persyaratan kelulusan Praktik Kerja Industri
Semester III Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kintap dan bisa menjadi
pengetahuan serta pengenalan bagi siswa tentang Dunia Industri.
Tak ada
gading yang tak retak, begitu pula laporan saya ini. Penulis menyadari bahwa
dalam menyusun laporan ini masih terdapat banyak kekurangan,untuk itu penulis
mengharapkan masukan-masukan dan saran yang sifatnya membangun, guna nantinya
dalam membuat laporan berikutnya akan lebih baik dan sempurna.
Akhirnya penulis hanya bisa
berharap nantinya laporan ini bisa bermanfaat bagi semua pihak, terutama saya
sendiri.
Kintap, 08 April 2017
Penulis
Adi Sulistiyono
DAFTAR
ISI
JUDUL......................................................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN PENGUJI ..................................................... ii
LEMBAR
PENGESAHAN SEKOLAH.................................................. iii
IDENTITAS
SISWA PRAKTIK KERJA INDUSTRI............................ iv
KATA
PENGANTAR................................................................................ v
DAFTAR
ISI.............................................................................................. vi
DAFTAR
TABEL...................................................................................... vi
DAFTAR
LAMPIRAN............................................................................. vi
DAFTAR
TABEL
Tabel
2.5 Jam kerja karyawan.................................................................... 13
Tabel
4.1 Troble masalah yang sering terjadi
pada
cooling
system Greader 825A................................................................... 21
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 6.1 Daftar Absen....................................................................... 24
Lampiran
6.2 Daftar Nilai.......................................................................... 28
Lampiran
6.3 Jurnal harian......................................................................... 29
BAB
I. PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah...................................................... 8
1.2
Tujuan Laporan Prakerin...................................................... 8
1.3
Manfaat Praktik Kerja Industri............................................ 9
1.3.1Bagi Peserta Praktik Industri..................................... 8
1.3.2 Bagi sekolah
menengah kejuruan.............................. 9
1.3.3 Bagi perusahaan........................................................ 9
BAB
II LANDASAN TEORI
2.1
Profil Perusahaan/instansi.................................................. 10
2.2
Lokasi instansi................................................................... 10
2.3
Visi dan Misi Perusahaan................................................... 11
2.4
Setruktur Organisasi Perusahaan....................................... 12
2.5
Jam Kerja Karyawan.......................................................... 13
BAB
III. . TINJAUAN TEORI
3.1
Nama Component Cooling System Grader 825A-2 ......... 14
3.2
Fungsi Component Cooling System Grader 825A-2......... 15
3.3
Cara Kerja Cooling system Grader 825A-2....................... 20
BAB
IV. EVALUASI
4.1 Troble masalah yang sering terjadi pada cooling system
Grader 825A-2
........................................................................ 21
BAB
V. ... PENUTUP
5.1 Kesimpulan....................................................................... 22
5.2 Saran-Saran....................................................................... 22
5.2.1 Saran Untuk Perusahaan......................................... 22
5.2.2 Saran Untuk Sekolah.............................................. 22
DAFTAR
PUSTAKA............................................................. 23
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1Latar Belakang Masalah
Laporan praktik kerja industri (prakerin) ini dibuat sebagai
salah satu syarat Kenaikan kelas bagi siswa/siswi smk, disamping
itu kurikulum pendidikan yang Berlaku di smk mewajibkan siswa/siswi untuk
melakukan praktik kerja industri di perusahan / Industri, karena sebagai bekal
pengalaman untuk bekerja di dunia Industri nanti, Selama melaksanakan prakerin
di PT.Pama Persada Nusantara banyak kegiatan yang dilaksanakan salah satunya
melakukan perawatan dan perbaikan alat peroduksi dan alat support PT.Pama
Persada Nusantara. Dari kegiatan itu penulis memutuskan untuk mengambil judul laporan
“perawatan dan perbaikan.Cooling
System Grader 825A-2.
1.2 Tujuan Laporan Prakerin
Kegiatan kerja industri atau pengalaman
kerja lapangan yang bertujuan:
1.
Untuk
menghasilkan tenaga kerja yang mempunyai keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan
keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
2.
Memperkokoh
relasi antar SMK dengan dunia kerja.
3.
Meningkatkan
efesien proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
profesional.
4.
Memberi
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan.
5.
Mempelajari
organisasi atau istana praktik yang mencakup nyata perusahaan struktur,
manajemen, tenaga kerja dan lain-lain.
6.
Sebagai salah
satu syarat mengikuti ujian akhir semester.
1.3 Manfaat Praktik Kerja Industri
1.3.1Bagi
Peserta Praktik Industri
a.
Melatih
kemandirian siswa dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang terdapat
di Dunia Usaha.
b.
Untuk
memperoleh, mempraktikkan dan memperdalam ilmu yang telah diperoleh dibangku Sekolah ke Dunia Kerja /
Industri.
c.
Mengenal cara
kerja perusahaan secara umum.
d.
Dapat menambah
wawasan dan pengalaman tentang praktik kerja di lapangan.
e.
Memberi bekal,
sebelum terjun ke dunia kerja secara nyata.
f.
Menambah bahan
perbandingan antara teori yang diperoleh di bangku sekolah dengan praktik
sesungguhnya di Dunia Kerja.
1.3.2
Bagi Sekolah Menengah Kejuruan
a. Terjalinnya
hubungan kerjasama dengan perusahaan yang ditempati untuk kerja praktik.
b. Dapat
mengetahui tolerasi antara ilmu yang diberikan dibangku sekolah dengan kondisi
industri nyata.
1.3.3
Bagi Perusahaan
a.
Terjalinnya
kerja sama dengan Dunia Pendidikan.
b.
Dapat membantu
menyiapkan sumberdaya yang potensial untuk perusahaan.
BAB II
LANDASA
N TEORI
2.1
Profil Perusahan/instansi
Nama Perusahaan : PT.PAMAPERSADA NUSANTARA
Alamat Perusahaan : Simpang 4 Blok A/E,
Desa Sungai Cuka,
Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut,
Kalimantan
Selatan - 70883
Nama Kepala
Perusahaan : Bayu Setyawan
Jenis Perusahaan/Instansi : Perseroan terbatas (PT)
Bidang Usaha :
Kontraktor Pertambangan Batubara
Waktu Kerja : a. Hari Kerja : 6 hari
b.
Hari Libur : 1 hari
c.
Jam Kerja : 06:00 s/d 18:00
2.2
Lokasi Instasi
Tempat pelaksanaan praktik
kerja ini adalah di PT.Pama Persada Nusantara distrikaria yang beralamatkan di : Simpang 4 blok A
/ E, Desa Sungai Cuka , Kec.
Kintap ,Kab. Tanah Laut Kalimantan Selatan . Kode Pos 70883.
2.3 Visi dan
Misi perusahaan/instansi
2.3.1 VISI PAMA
Tobe World Leader Mining
Contractor With The Best PRESENT (Productivity, Engineering, Safety and
Environment) “Menjadi
Pemimpin kontraktor pertambangan kelas
Dunia dengan Produktivitas, Kemanpuan Enginering, Pengendalian Lingkungan dan
Keselamatan kerja yang Terbaik
2.3.2 MISI PAMA
Menyediakan
jasa operasi dengan peralatan berat dalam bidang pertambangan dan pemindahan
tanah yang memungkinkan pelanggan memperoleh manfaat yang terbaik di tingkat
dunia Memberikan
kesempatan kepada karyawan untuk mengembang kompetensi untuk mencapai tujuan
hidupnyaMemberikan nilai tambah pasar dan nilai tambah ekonomi yang terbaik
bagi pemegang saham Berupaya
secara terus menerus untuk menguasai teknologi dan kemampuan rekayasa yang berwawasan pada lingkungan dan
keselamatan kerjaMelangsungkan usaha yang berkesinambungan dan bermanfaat
kepasda bangsa dan Negara
2.3.3 VISI PLANT
To be
be the best provider of product support with high availability Best performance and
the lowest possible reliable cost
“Menjadi Penyedia Product Spport
yang Terbaik dengan Kesiapan Alat Tinggi,Kemampuan yang Terbaik, Biaya
yang Sewajarnya dan Serendah Mungkin”
2.3.4 MISI PLANT
Succesful maintenance process throught
QUALITY,
PRODUCTIVITY and DISCIPLINE
“Mensukseskan
ProsesMaintenance Melalui Kualitas, Produktifitas dan ’’Disiplin”
2.4
Setruktur Organisasi Perusahaan
2.5
Jam Kerja Karyawan
JAM
KERJA KARYAWAN PLANT DEPARTEMENT
|
|||
Jabatan/posisi
|
SHIFF
|
IN
|
OUT
|
Staff
|
SHIFF
1
|
06:00
|
18:00
|
SHIFF
2
|
18:00
|
06:00
|
|
Mekanik
|
SHIFF
1
|
06:00
|
18:00
|
SHIFF
2
|
06:00
|
18:00
|
|
Administrasi
|
|
07:00
|
17:00
|
Waktu Kerja : Hari Kerja :
6 hari
Hari Libur :
1 hari
Jam Kerja : 06:00 s/d 18:00
07.00 s/d 17.00
Praktek
Kerja Industri ini berlangsung selama kurang lebih 3 (tiga) bulan, Waktu kerja Industri dimulai dari pukul 07.00 s/d 17.00. Dan hari libur kegiatan Praktek Industri setiap hari
minggu.
BAB III
TINJAUAN TEORI
3.1 Nama Component Cooling Systeem Grader
825A-2
3.2 Fungsi Componen Cooling System Grader 825A-2
3.2.1 Radiator
Sebagai
media pelepas panas Coolant ke udara.
Radiator memiliki tube sebagai tempat mengalirnya cairan pendingin yang
kemudian suhu Panas yang mengalir melalui tube di serap oleh fin.
Gambar
Radiator
3.2.2 Water Pump
Mensirkulasikan cairan pendingin agar
mengalir ke seluruh saluran pendingin.Water Pump di gerakkan oleh Engine dengan
rodagigi
Gambar
water pump
3.2.3 Thermostat
Untuk mengatur saat membuka dan menutup
aliran air pendingin ke radiator, sehingga temperature air pada system tetap
pada batas-batas yang sudah di tentukan(70
-90
C).
Gambar
Thermostat
3.2.4 Fan/kipas
Membantu mendinginkan suhu panas yang di
serap oleh fin, dengan cara menghembuskan udara sehingga mempercepat proses
pendinginan.
Gambar
Fan/Kipas
3.2.5
Corrosion resistor
Untuk mencegah terjadinya endapan dan
karat,yang dapat menyebabkan saluran pada system terhambat
3.2.6
Water Temperatur gauge
Penunjuk
suhu yang masih mengandalkan system
analog
3.2.7 Water Manifold
Merupakan tempat bertemunya air setelah dari
waterjacket sebelum menuju ke thermostat
3.2.8
Cylinder Head
Berfungsi
menahan tekanan pembakaran, mengendalikan panas dalam ruangan (dengan system
pendinginan) dan tempat duduknya valve intake/exhaust.
Gambar
Cylinder head
3.2.9
Cylinder Liner
Berfungsi
untuk melindungi bagian dalam cylinder block dari gesekan ring piston.
Gambar Cylinder liner
3.2.10 Cylinder Block
Untuk tempat slinder yang
berfungsi sebagai tempat bergeraknya piston.
3.2.11 Air Compressor
Bagian komponen compressor yang memanfaatkan
pendinginan dari cooling system adalah bagian head untuk mendinginkannya pada
saat engine dan compressor bekerja
3.2.12 Hose and piping
Untuk menghubungkan aliran air antar
Component
Gambar
Hose and Piping
3.2.13 Coolant Level sensor
Untuk mengetahui level air radiator
Gambar
Coolant level sensor
3.2. 14 Coolant Temperatur Sensor
Untuk mengetahui temperature suhu
air/coolant.
Gambar
Coolant Temperatur sensor
3.2.15 Radiator Cap
Sebagai
penjaga tekanan yang ada dalam system pendingin dengan tidak adanya tekanan
pada system pendingin, maka akan membuat cairan ini mendidih pada suhu 100° dan
menghasilkan gelembung udara. Jika ini terjadi maka udara atau air berpotensi
menyebabkan karat dan bisa merusak mesin.
Gambar
Radiator Cap
3.2.16 Reser
Voir Tank
Untuk
menyimpan Coolan/air sementara.
Gambar
Reser voir tank
3.2.17 Water jaket
Sebagai
saluran cairan pendingin yang terdapat pada sekeliling
Engine block dan Cylinder head.
Gambar
Water jaket
3.2.18 Bypas
Mengarahkan
aliran air pendingin dari water jaket ke water pump
ketika thermostat masih menutup.
Gambar Bypas
3.2.19 Oil Cooler
Oil cooler
berfungsi sebagai media
penyerap panas dari oli engine yang akan di dinginkan oleh cooling system
3.3 Cara Kerja Cooling System Grader 825A-2
Water
pump di gerakan oleh putaran crank shaft melalui mekanisme gear untuk
mensirkulasikan air dengan tekanan tertentu ke sirkuit pendingin setelah dari
pompa, air pertama-tama menuju ke oil cooler untuk mendinginkan oli pelumas
engine. Kemudian, air tersebut mengalir ke water jacket.
Di
dalam water jacket, air pendingin tersebut mengalir ke sekitar silinder liner
dan mendinginkan silinder liner dan ruang bakar. Setelah ini air tersebut masuk
ke water jacket silinder head.
Air
tersebut kemudian masuk ke thermostat. Thermostat mendistribusikan air
pendingin ke dua saluran , yaitu ke water pump dan radiator. Volume air yang di
distribusikan tersebut tergantung pada temperaturnya.
Air
yang mengalir ke radiator di dinginkan oleh udara yang di hembuskan oleh kipas.
Volume
air yang di distribusikan tersebut tergantung pada tempatnya. Air yang mengalir
ke radiator di dinginkan oleh udara yang di hembuskan oleh kipas.
BAB
IV
Pembahasan
Troble
|
Analisa/Sebab
|
Cara Perbaikan
|
Cara mencegah
|
-Engine
Overheating
|
- Air pendingin kurang di sebabkan oleh
kebocoran
|
- cek kebocoran kemudian repair kebocoran
-leveling air radiator
-gunakan udara bertekanan
dan air untuk membersihkan
-posisi pembersihan tegak
lurus
-dengan cara mengganti water pump yang baru
-Mengganti dengan
termostat yang baru
-Dengan cara menggantni hose yang rusak dengan hose
yang baru
|
-Cek secara berkala saat service
-Melakukan perawatan dengan cara menyemprot
radiator menggunakan air dan angin agar radiator tidak buntu lagi setiap
service
-Cek secara berkala saat service
-Cek secara berkala saat service
-Dengan cara memeriksa hose pada saat service
|
4.1
Troble masalah yang sering terjadi pada cooling system Grader 825A-2
BAB
V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari hasil praktek
kerja industri (prakerin) selama tiga bulan penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1.
Melaksanakan peraktek kerja
indutri (prakerin) adalah suatu kesempatan untuk menguji dan melatih kemampuan
yang di miliki siswa.
2.
Melaksanakan praktek kerja
industri (prakerin) adalah suatu kesempatan untuk mencari pengalaman kerja dan
wawasan yang tidak didapat disekolah.
3.
Setelah melaksanakan peraktek
kerja industri (prakerin) siswa dapat merasakan bahwa pengalaman pendidikan
tidak cukup hanya sampai di SMK jika ingin mencapai cita-cita atau meniti
karir.
4.
Gangguan-ganguan yang sering
terjadi pada cooling system adalah engine overheating sehingga keaadan mesin
terlalu panas dan tidak maksimal.
5.2 Saran-saran
5.2.1 Saran untuk
Perusahaan / Dunia Indusrti
·
Semoga untuk
selanjutnya PT.PAMAPERSADA NUSANTARA dapat bekerja sama dengan SMKN 1 Kintap,
dengan cara menerima siswa magang dari SMKN 1 Kintap di tahun-tahun berikutnya.
·
PT.PAMAPERSADA
NUSANTARA diharapkan dapat memberikan pelatihan terkait kegiatan Praktik Industri
untuk peserta magang pada kesempatan berikutnya.
5.2.2Saran
untuk Sekolah
·
Hendaknya faktor
yang menunjang pelaksanaan Praktik Industri dapat di persiapkan terlebih dahulu
sebelum hari pelaksanaan Praktik Industri, agar tidak ada kesalahan dalam
pelaksanaan Praktik tersebut.
·
Melakukan
pendekatan - pendekatan kepada dunia Industri agar dapat menjalin kerja sama
secara terus - menerus.
·
Pembimbing
sekolah diharapkan dapat secara rutin melakukan monitoring agar pihak sekolah
mengetahui keadaan para siswa didunia Industri.
·
Sekolah diharapkan
dapat mengadakan pembekalan dengan durasi waktu yang lebih lama.
Sekolah diharapkan dapat melakukan pembekalan
dalam bentuk praktik
DAFTAR
PUSTAKA
·
Motordiesel.pdf
DAFTAR ABSEN
No
|
Tanggal
|
Kehadiran
|
Keterangan
|
1
|
minggu , 01 jan 2017
|
|
|
2
|
senin , 02 jan 2017
|
|
|
3
|
selasa , 03 jan 2017
|
|
|
4
|
rabu , 04 jan 2017
|
|
|
5
|
kamis , 05 jan 2017
|
|
|
6
|
jum'at , 06 jan 2017
|
|
|
7
|
sabtu , 07 jan 2017
|
|
|
8
|
minggu , 08 jan 2017
|
|
|
9
|
senin , 09 jan 2017
|
|
|
10
|
selasa , 10 jan 2017
|
|
|
11
|
rabu , 11 jan 2017
|
|
|
12
|
kamis , 12 jan 2017
|
Hadir
|
|
13
|
jum'at , 13 jan 2017
|
Hadir
|
|
14
|
sabtu , 14 jan 2017
|
Hadir
|
|
15
|
minggu , 15 jan 2017
|
|
Libur
|
16
|
senin , 16 jan 2017
|
Hadir
|
|
17
|
selasa , 17 jan 2017
|
Hadir
|
|
18
|
rabu , 18 jan 2017
|
Hadir
|
|
19
|
kamis , 19 jan 2017
|
Hadir
|
|
20
|
jum'at , 20 jan 2017
|
Hadir
|
|
21
|
sabtu , 21 jan 2017
|
Hadir
|
|
22
|
minggu ,22 jan 2017
|
|
Libur
|
23
|
senin , 23 jan 2017
|
Hadir
|
|
24
|
selasa , 24 jan2017
|
Hadir
|
|
25
|
rabu , 25 jan 2017
|
Hadir
|
|
26
|
kamis 26 jan 2017
|
Hadir
|
|
27
|
jum'at ,27 jan 2017
|
|
Ijin
|
28
|
sabtu , 28 jan 2017
|
|
Libur
|
29
|
minggu 29 jan 2017
|
|
Libur
|
30
|
senin , 30 jan 2017
|
Hadir
|
|
31
|
selasa , 31 jan 2017
|
Hadir
|
|
No
|
Tanggal
|
Kehadiran
|
Keterangan
|
1
|
rabu , 01 Feb 2017
|
Hadir
|
|
2
|
kamis , 02 Feb 2017
|
Hadir
|
|
3
|
jum'at , 03 Feb 2017
|
Hadir
|
|
4
|
sabtu , 04 Feb 2017
|
Hadir
|
|
5
|
minggu , 05 Feb 2017
|
|
Libur
|
6
|
senin , 06 Feb 2017
|
Hadir
|
|
7
|
selasa , 07 Feb 2017
|
Hadir
|
|
8
|
rabu , 08 Feb 2017
|
Hadir
|
|
9
|
kamis , 09 Feb 2017
|
Hadir
|
|
10
|
jum'at , 10 Feb 2017
|
Hadir
|
|
11
|
sabtu , 11 Feb 2017
|
|
Kesekolah
|
12
|
minggu , 12 Feb 2017
|
|
Libur
|
13
|
senin , 13 Feb 2017
|
Hadir
|
|
14
|
selasa , 14 Feb 2017
|
Hadir
|
|
15
|
rabu , 15 Feb 2017
|
Hadir
|
|
16
|
kamis , 16 Feb 2017
|
Hadir
|
|
17
|
jum'at , 17 Feb 2017
|
Hadir
|
|
18
|
sabtu , 18 Feb 2017
|
Hadir
|
|
19
|
minggu , 19 Feb 2017
|
|
Libur
|
20
|
senin , 20 Feb 2017
|
|
Libur
|
21
|
selasa , 21 Feb 2017
|
Hadir
|
|
22
|
rabu , 22 Feb 2017
|
Hadir
|
|
23
|
kamis , 23 Feb 2017
|
Hadir
|
|
24
|
jum'at , 24 Feb 2017
|
Hadir
|
|
25
|
sabtu , 25 Feb 2017
|
Hadir
|
|
26
|
minggu , 26 Feb 2017
|
|
Libur
|
27
|
senin , 27 Feb 2017
|
Hadir
|
|
28
|
selasa , 28 Feb 2017
|
Hadir
|
|
29
|
|
|
|
30
|
|
|
|
31
|
|
|
|
No
|
Tanggal
|
Kehadiran
|
Keterangan
|
1
|
rabu , 01 Mar 2017
|
Hadir
|
|
2
|
kamis , 02 Mar 2017
|
Hadir
|
|
3
|
jum'at , 03 Mar 2017
|
Hadir
|
|
4
|
sabtu , 04 Mar 2017
|
Hadir
|
|
5
|
minggu , 05 Mar 2017
|
|
Libur
|
6
|
senin , 06 Mar 2017
|
Hadir
|
|
7
|
selasa , 07 Mar 2017
|
Hadir
|
|
8
|
rabu , 08 Mar 2017
|
Hadir
|
|
9
|
kamis , 09 Mar 2017
|
Hadir
|
|
10
|
jum'at , 10 Mar 2017
|
Hadir
|
|
11
|
sabtu , 11 Mar 2017
|
|
Kesekolah
|
12
|
minggu , 12 Mar 2017
|
|
Libur
|
13
|
senin , 13 Mar 2017
|
Hadir
|
|
14
|
selasa , 14 Mar 2017
|
Hadir
|
|
15
|
rabu , 15 Mar 2017
|
Hadir
|
|
16
|
kamis , 16 Mar 2017
|
Hadir
|
|
17
|
jum'at , 17 Mar 2017
|
Hadir
|
|
18
|
sabtu , 18 Mar 2017
|
Hadir
|
|
19
|
minggu , 19 Mar 2017
|
|
Libur
|
20
|
senin , 20 Mar 2017
|
|
Sakit
|
21
|
selasa , 21 Mar 2017
|
Hadir
|
|
22
|
rabu , 22 Mar 2017
|
Hadir
|
|
23
|
kamis , 23 Mar 2017
|
Hadir
|
|
24
|
jum'at , 24 Mar 2017
|
Hadir
|
|
25
|
sabtu , 25 Mar 2017
|
Hadir
|
|
26
|
minggu , 26 Mar 2017
|
|
Libur
|
27
|
senin , 27 Mar 2017
|
|
Ijin
|
28
|
selasa , 28 Mar 2017
|
|
Libur
|
29
|
rabu , 29 Mar 2017
|
Hadir
|
|
30
|
kamis , 30 Mar 2017
|
Hadir
|
|
31
|
jum'at , 31 Mar 2017
|
Hadir
|
|
No
|
Tanggal
|
Kehadiran
|
Keterangan
|
1
|
sabtu , 01 Apr 2017
|
Hadir
|
|
2
|
minggu , 02 Apr 2017
|
|
Libur
|
3
|
senin , 03 Apr 2017
|
Hadir
|
|
4
|
selasa , 04 Apr 2017
|
Hadir
|
|
5
|
rabu , 05 Apr 2017
|
Hadir
|
|
6
|
kamis , 06 Apr 2017
|
Hadir
|
|
7
|
jum'at , 07 Apr 2017
|
Hadir
|
|
8
|
sabtu , 08 Apr 2017
|
Hadir
|
|
9
|
minggu , 09 Apr 2017
|
|
Libur
|
10
|
senin , 10 Apr 2017
|
Hadir
|
|
11
|
selasa , 11 Apr 2017
|
Hadir
|
|
12
|
rabu , 12 Apr 2017
|
Hadir
|
|
13
|
kamis , 13 Apr 2017
|
Hadir
|
|
0 comments:
Posting Komentar