Minggu, 11 Maret 2018

Posted by Rumah Ratu On Minggu, Maret 11, 2018

LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI  
PT. PAMAPERSADA NUSANTARA
PERAWATAN DAN PERBAIKAN COOLING SYSTEM GRADER825A-2

            


      NAMA           :Adi Sulistiyono
  NIS                : 0238
 JURUSAN    :Teknik kendaraan ringan


PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMKN 1 KINTAP 2016/2017





LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI
COOLING SYSTEM GRADER 825A-2
ADI SULISTIYONO

NIS : 028
Telah disahkan oleh :
Departement plant
PT. PAMAPERSADA NUSANTARA District ARIA

Tanggal :_____________2017

Disetujui Oleh :

Plant Dept. Head                                                                                     Pembimbing Industri


      Rochmandjai E.P                                                                             Wahyu K.I                   




Mengetahui :

Project Manager PT.Pamapersada Nusantara
Distrik ARIA



Bayu Setyawan

LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
COOLING SYSTEM GEADER 825A-2
ADI SULISTIYONO
NIS : 0238

Program Keahlian Teknik Kendaraan ringan
SMKN 1 KINTAP

Tanggal :____________2017

Mengesahkan :

  Pembimbing Sekolah                                                                      Ketua Prakerin  
                                                                                                 Teknik Kendaraan ringan


       Yusuf Wibisono S.Pd.I                                                Bobby Pudjianto.S.PD
              

Disetujui Oleh :

Kepala SMKN 1 KINTAP



Sudianto, SP 
NIP:197109026998021004
IDENTITAS SISWA PESERTA PRAKTIK KERJA INDUSTRI
TAHUN2017

Nama Siswa                                        : Adi Sulistiyono
Nomor Induk Siswa                            : 0238
Tempat Tanggal Lahir                         : Sumberjaya, 04 Juni 2000
Jenis kelamin                                       : laki-laki
Golongan Darah                                  : O
Kelas                                                   : XI ( Sebelas )
Jurusan/Program Studi                        : Teknik Kendaraan ringan     
Nama Wali                                          : Endang Rahmat
Alamat Wali                                        : Desa Sumber jaya, RT/RW :  08/02 
                                                              Kec. Kintap, Kab Tanah Laut,
                                                               Kalimantan Selatan.            
                                                               Tlp : -


Pas foto
        Kode pos : 70883

Kintap,            11 April 2017
Siswa Prakerin



Adi Sulistiyono

 

 




KATA PENGANTAR
    Puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Industri  ini. Laporan ini merupakan hasil dari kegiatan Praktik Kerja di PT PAMAPERSADA NUSANTARA yang di lakukan kurang lebih 3 (tiga) bulan yang di mulai dari tanggal 09 Januari 2017 s/d 09 April 2017.
Laporan ini disusun untuk memenuhi persyaratan praktik kerja industri jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kintap agar dapat di jadikan sebagai bahan pengetahuan tambahan serta pengenalan pada siswa tentang dunia usaha agar dapat lebih mudah nantinya dalam dunia industri.
Adapun keberhasilan penulis dalam membuat laporan ini tidak lepas dari bantuan dan kerja sama dari berbagai pihak yang telah bersedia membimbing serta memberikan ilmu, Amanah dan nasehat-nasehat yang bermanfaat nanti-nya bagi penulis.
 Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.      Tuhan yang maha esa beserta Nabi Muhammad SAW yang telah  melipahkan
karunianya kepada saya.
2.      Bapak Bayu setyawan, selaku Project Manager PT. Pamapersada Nusantara Distrik ARIA.
3.      Bapak  Sudianto,sp, sebagai Kepala Sekolah SMKN 1 Kintap.
4.      Bapak Lutfi Amd, sebagai kepala program Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 KINTAP.
5.      Bapak Yusuf Wibisono Sebagai Pembimbing Sekolah Praktik kerja Industri.
6.      Bapak Rochmandjai EP, sebagai pimpinan PLANT Dept.
7.      Bapak Wahyu Khoirul Imam, sebagai pembimbing industri.
8.      Seluruh karyawan PT Pamapersada Nusantara yang telah memberikan bimbingan, arahan serta pelajaran yang belum saya dapat sebelumnya.
9.      Kedua orang tua beserta kerabat yang senantiasa memberikan dukungan dan do’a restu-Nya.
10.  Seluruh guru dan semua Staff SMKN 1 Kintap.
Laporan ini disusun untuk memenuhi persyaratan kelulusan Praktik Kerja Industri Semester III Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kintap dan bisa menjadi pengetahuan serta pengenalan bagi siswa tentang Dunia Industri.
Tak ada gading yang tak retak, begitu pula laporan saya ini. Penulis menyadari bahwa dalam menyusun laporan ini masih terdapat banyak kekurangan,untuk itu penulis mengharapkan masukan-masukan dan saran yang sifatnya membangun, guna nantinya dalam membuat laporan berikutnya akan lebih baik dan sempurna.
Akhirnya penulis hanya bisa berharap nantinya laporan ini bisa bermanfaat bagi semua pihak, terutama saya sendiri.                                                                    


Kintap, 08 April 2017
    Penulis
                                     

  Adi Sulistiyono        
DAFTAR ISI
JUDUL......................................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI ..................................................... ii   
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH.................................................. iii
IDENTITAS SISWA PRAKTIK KERJA INDUSTRI............................ iv
KATA PENGANTAR................................................................................ v
DAFTAR ISI.............................................................................................. vi
DAFTAR TABEL...................................................................................... vi
DAFTAR LAMPIRAN............................................................................. vi
DAFTAR TABEL
Tabel 2.5 Jam kerja karyawan.................................................................... 13
Tabel 4.1 Troble masalah yang sering terjadi pada
 cooling system Greader 825A................................................................... 21
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 6.1 Daftar Absen....................................................................... 24
Lampiran 6.2 Daftar Nilai.......................................................................... 28
Lampiran 6.3 Jurnal harian......................................................................... 29











BAB I.      PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah...................................................... 8
1.2 Tujuan Laporan Prakerin...................................................... 8
1.3 Manfaat Praktik Kerja Industri............................................ 9
                          1.3.1Bagi Peserta Praktik Industri..................................... 8
                          1.3.2 Bagi sekolah menengah kejuruan.............................. 9
                          1.3.3 Bagi perusahaan........................................................ 9
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Profil Perusahaan/instansi.................................................. 10
2.2 Lokasi instansi................................................................... 10
2.3 Visi dan Misi Perusahaan................................................... 11
2.4 Setruktur Organisasi Perusahaan....................................... 12
2.5 Jam Kerja Karyawan.......................................................... 13
BAB III. . TINJAUAN TEORI
3.1 Nama Component Cooling System Grader 825A-2 ......... 14
3.2 Fungsi Component Cooling System Grader 825A-2......... 15
3.3 Cara Kerja Cooling system Grader 825A-2....................... 20
BAB IV.   EVALUASI
 4.1 Troble masalah yang sering terjadi pada cooling system
 Grader 825A-2 ........................................................................ 21
BAB V. ... PENUTUP
5.1  Kesimpulan....................................................................... 22
5.2  Saran-Saran....................................................................... 22
  5.2.1 Saran Untuk Perusahaan......................................... 22
  5.2.2 Saran Untuk Sekolah.............................................. 22
DAFTAR PUSTAKA............................................................. 23

BAB I
PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang Masalah                    
Laporan praktik kerja industri (prakerin) ini dibuat sebagai salah satu syarat  Kenaikan kelas bagi siswa/siswi smk, disamping itu kurikulum pendidikan yang Berlaku di smk mewajibkan siswa/siswi untuk melakukan praktik kerja industri di perusahan / Industri, karena sebagai bekal pengalaman untuk bekerja di dunia Industri nanti, Selama melaksanakan prakerin di PT.Pama Persada Nusantara banyak kegiatan yang dilaksanakan salah satunya melakukan perawatan dan perbaikan alat peroduksi dan alat support PT.Pama Persada Nusantara. Dari kegiatan itu penulis memutuskan untuk mengambil judul laporan “perawatan dan perbaikan.Cooling System Grader 825A-2.

                                                                                                            

1.2 Tujuan Laporan Prakerin

   Kegiatan kerja industri atau pengalaman kerja lapangan yang bertujuan:
1.      Untuk menghasilkan tenaga kerja yang mempunyai keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
2.      Memperkokoh relasi antar SMK dengan dunia kerja.
3.      Meningkatkan efesien proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
4.      Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
5.      Mempelajari organisasi atau istana praktik yang mencakup nyata perusahaan struktur, manajemen, tenaga kerja dan lain-lain.
6.      Sebagai salah satu syarat mengikuti ujian akhir semester.
1.3 Manfaat Praktik Kerja Industri
         1.3.1Bagi Peserta Praktik Industri
a.       Melatih kemandirian siswa dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang terdapat di Dunia Usaha.
b.      Untuk memperoleh, mempraktikkan dan memperdalam ilmu yang telah  diperoleh dibangku Sekolah ke Dunia Kerja / Industri.
c.       Mengenal cara kerja perusahaan secara umum.
d.      Dapat menambah wawasan dan pengalaman tentang praktik kerja di lapangan.
e.       Memberi bekal, sebelum terjun ke dunia kerja secara nyata.
f.       Menambah bahan perbandingan antara teori yang diperoleh di bangku sekolah dengan praktik sesungguhnya di Dunia Kerja.

1.3.2 Bagi Sekolah Menengah Kejuruan
a.       Terjalinnya hubungan kerjasama dengan perusahaan yang ditempati untuk kerja praktik.
b.      Dapat mengetahui tolerasi antara ilmu yang diberikan dibangku sekolah dengan kondisi industri nyata.
1.3.3  Bagi Perusahaan
a.       Terjalinnya kerja sama dengan Dunia Pendidikan.
b.      Dapat membantu menyiapkan sumberdaya yang potensial untuk perusahaan.






BAB II
LANDASA N TEORI
2.1 Profil Perusahan/instansi
Nama Perusahaan                                    :   PT.PAMAPERSADA NUSANTARA
Alamat Perusahaan                                 :   Simpang 4 Blok A/E, Desa Sungai Cuka,                                                                   
     Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut,
Kalimantan Selatan - 70883
Nama Kepala Perusahaan                       :  Bayu Setyawan
Jenis Perusahaan/Instansi                        :   Perseroan terbatas (PT)
Bidang Usaha                                         :   Kontraktor Pertambangan Batubara
Waktu Kerja                                            :   a. Hari Kerja        : 6 hari
                                                                    b. Hari Libur        : 1 hari
                                                                    c. Jam Kerja         : 06:00 s/d 18:00

2.2 Lokasi Instasi
     Tempat pelaksanaan praktik kerja ini adalah di PT.Pama Persada Nusantara distrikaria yang beralamatkan di : Simpang 4 blok A / E, Desa Sungai Cuka , Kec. Kintap ,Kab. Tanah Laut Kalimantan Selatan . Kode Pos 70883.

2.3 Visi dan Misi perusahaan/instansi
 2.3.1    VISI PAMA
    Tobe World Leader Mining Contractor With The Best PRESENT (Productivity, Engineering, Safety and Environment) “Menjadi Pemimpin kontraktor   pertambangan kelas Dunia dengan Produktivitas, Kemanpuan Enginering, Pengendalian Lingkungan dan Keselamatan kerja yang Terbaik
2.3.2    MISI PAMA
     Menyediakan jasa operasi dengan peralatan berat dalam bidang pertambangan dan pemindahan tanah yang memungkinkan pelanggan memperoleh manfaat yang terbaik di tingkat dunia Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengembang kompetensi untuk mencapai tujuan hidupnyaMemberikan nilai tambah pasar dan nilai tambah ekonomi yang terbaik bagi pemegang saham Berupaya secara terus menerus untuk menguasai teknologi dan kemampuan rekayasa  yang berwawasan pada lingkungan dan keselamatan kerjaMelangsungkan usaha yang berkesinambungan dan bermanfaat kepasda bangsa dan Negara
2.3.3    VISI PLANT
    To be be the best provider of product support with high availability Best performance and the lowest possible reliable cost
 “Menjadi Penyedia Product Spport yang Terbaik dengan Kesiapan Alat Tinggi,Kemampuan yang Terbaik, Biaya yang Sewajarnya dan Serendah Mungkin”
2.3.4    MISI PLANT
    Succesful maintenance process throught
QUALITY, PRODUCTIVITY and DISCIPLINE
“Mensukseskan ProsesMaintenance Melalui Kualitas, Produktifitas dan ’’Disiplin”







2.4 Setruktur Organisasi Perusahaan
 









2.5 Jam Kerja Karyawan
JAM KERJA KARYAWAN PLANT DEPARTEMENT
Jabatan/posisi
SHIFF
IN
OUT
Staff
SHIFF 1
06:00
18:00
SHIFF 2
18:00
06:00
Mekanik
SHIFF 1
06:00
18:00
SHIFF 2
06:00
18:00
Administrasi

07:00
17:00

 Waktu Kerja                                           :  Hari Kerja             : 6 hari
 Hari Libur             : 1 hari
Jam Kerja             : 06:00 s/d 18:00
07.00 s/d 17.00
                                                                                                              
  Praktek Kerja Industri ini berlangsung selama kurang lebih 3 (tiga) bulan, Waktu kerja Industri dimulai dari pukul 07.00 s/d 17.00. Dan hari libur kegiatan Praktek Industri setiap hari minggu.




BAB III
TINJAUAN TEORI


 3.1 Nama Component Cooling Systeem Grader 825A-2











3.2 Fungsi Componen Cooling System Grader 825A-2

3.2.1 Radiator
     Sebagai media pelepas panas  Coolant ke udara. Radiator memiliki tube sebagai tempat mengalirnya cairan pendingin yang kemudian suhu Panas yang mengalir melalui tube di serap oleh fin.
Gambar Radiator
 3.2.2 Water Pump
    Mensirkulasikan cairan pendingin agar mengalir ke seluruh saluran pendingin.Water Pump di gerakkan oleh Engine dengan rodagigi

Gambar water pump
3.2.3 Thermostat
    Untuk mengatur saat membuka dan menutup aliran air pendingin ke radiator, sehingga temperature air pada system tetap pada batas-batas yang sudah di tentukan(70 -90 C).
Gambar Thermostat
3.2.4 Fan/kipas
    Membantu mendinginkan suhu panas yang di serap oleh fin, dengan cara menghembuskan udara sehingga mempercepat proses pendinginan.
Gambar Fan/Kipas
3.2.5 Corrosion resistor
    Untuk mencegah terjadinya endapan dan karat,yang dapat menyebabkan saluran pada system terhambat
3.2.6 Water Temperatur gauge
        Penunjuk  suhu yang masih mengandalkan system analog

3.2.7 Water Manifold
    Merupakan tempat bertemunya air setelah dari waterjacket sebelum menuju ke thermostat
3.2.8 Cylinder Head
    Berfungsi menahan tekanan pembakaran, mengendalikan panas dalam ruangan (dengan system pendinginan) dan tempat duduknya valve intake/exhaust.
Gambar Cylinder head
3.2.9 Cylinder Liner
    Berfungsi untuk melindungi bagian dalam cylinder block dari gesekan ring piston.
Gambar Cylinder liner
3.2.10 Cylinder Block
    Untuk tempat slinder yang berfungsi sebagai tempat bergeraknya piston.
3.2.11 Air Compressor
    Bagian komponen compressor yang memanfaatkan pendinginan dari cooling system adalah bagian head untuk mendinginkannya pada saat engine dan compressor bekerja
3.2.12 Hose and piping
    Untuk menghubungkan aliran air antar Component
Gambar Hose and Piping
3.2.13 Coolant Level sensor
     Untuk mengetahui level air radiator
Gambar Coolant level sensor
3.2. 14 Coolant Temperatur Sensor
      Untuk mengetahui temperature suhu air/coolant.

Gambar Coolant Temperatur sensor
3.2.15 Radiator Cap             
    Sebagai penjaga tekanan yang ada dalam system pendingin dengan tidak adanya tekanan pada system pendingin, maka akan membuat cairan ini mendidih pada suhu 100° dan menghasilkan gelembung udara. Jika ini terjadi maka udara atau air berpotensi menyebabkan karat dan bisa merusak mesin.
Gambar Radiator Cap
3.2.16 Reser Voir Tank
     Untuk menyimpan Coolan/air sementara.
Gambar Reser voir tank
3.2.17 Water jaket
     Sebagai saluran cairan pendingin yang terdapat pada sekeliling     
 Engine block dan Cylinder head.
Gambar Water jaket
3.2.18 Bypas
    Mengarahkan aliran air pendingin dari water jaket ke water pump
 ketika thermostat masih menutup.
Gambar Bypas
3.2.19 Oil Cooler
 Oil cooler berfungsi sebagai media penyerap panas dari oli engine yang akan di dinginkan oleh cooling system
3.3 Cara Kerja Cooling System Grader 825A-2
Water pump di gerakan oleh putaran crank shaft melalui mekanisme gear untuk mensirkulasikan air dengan tekanan tertentu ke sirkuit pendingin setelah dari pompa, air pertama-tama menuju ke oil cooler untuk mendinginkan oli pelumas engine. Kemudian, air tersebut mengalir ke water jacket.
Di dalam water jacket, air pendingin tersebut mengalir ke sekitar silinder liner dan mendinginkan silinder liner dan ruang bakar. Setelah ini air tersebut masuk ke water jacket silinder head.
Air tersebut kemudian masuk ke thermostat. Thermostat mendistribusikan air pendingin ke dua saluran , yaitu ke water pump dan radiator. Volume air yang di distribusikan tersebut tergantung pada temperaturnya.
Air yang mengalir ke radiator di dinginkan oleh udara yang di hembuskan oleh kipas.
Volume air yang di distribusikan tersebut tergantung pada tempatnya. Air yang mengalir ke radiator di dinginkan oleh udara yang di hembuskan oleh kipas.




















BAB IV
Pembahasan
Troble
Analisa/Sebab
Cara Perbaikan
Cara mencegah
-Engine Overheating
- Air pendingin kurang di sebabkan oleh kebocoran

-Radiator buntu




-Water pump bocor

-Termostat rusak  ngejemet

-Hose rusak



- cek kebocoran kemudian repair kebocoran
-leveling air radiator


-gunakan udara bertekanan dan air untuk membersihkan
-posisi pembersihan tegak lurus

-dengan cara mengganti water pump yang baru

-Mengganti dengan termostat yang  baru

-Dengan cara menggantni hose yang rusak dengan hose yang baru
-Cek secara berkala saat  service



-Melakukan perawatan dengan cara menyemprot radiator menggunakan air dan angin agar radiator tidak buntu lagi setiap service
-Cek secara berkala saat service


-Cek secara berkala saat service


-Dengan cara memeriksa  hose pada saat service


4.1 Troble masalah yang sering terjadi pada cooling system Grader 825A-2
















BAB V
 PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Dari hasil praktek kerja industri (prakerin) selama tiga bulan penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1.      Melaksanakan peraktek kerja indutri (prakerin) adalah suatu kesempatan untuk menguji dan melatih kemampuan yang di miliki siswa.
2.      Melaksanakan praktek kerja industri (prakerin) adalah suatu kesempatan untuk mencari pengalaman kerja dan wawasan yang tidak didapat disekolah.
3.      Setelah melaksanakan peraktek kerja industri (prakerin) siswa dapat merasakan bahwa pengalaman pendidikan tidak cukup hanya sampai di SMK jika ingin mencapai cita-cita atau meniti karir.
4.      Gangguan-ganguan yang sering terjadi pada cooling system adalah engine overheating sehingga keaadan mesin terlalu panas dan tidak maksimal.

5.2       Saran-saran
            5.2.1    Saran untuk Perusahaan / Dunia Indusrti
·         Semoga untuk selanjutnya PT.PAMAPERSADA NUSANTARA dapat bekerja sama dengan SMKN 1 Kintap, dengan cara menerima siswa magang dari SMKN 1 Kintap di tahun-tahun berikutnya.
·         PT.PAMAPERSADA NUSANTARA diharapkan dapat memberikan pelatihan terkait kegiatan Praktik Industri untuk peserta magang pada kesempatan berikutnya.

5.2.2Saran untuk Sekolah
·         Hendaknya faktor yang menunjang pelaksanaan Praktik Industri dapat di persiapkan terlebih dahulu sebelum hari pelaksanaan Praktik Industri, agar tidak ada kesalahan dalam pelaksanaan Praktik tersebut.
·         Melakukan pendekatan - pendekatan kepada dunia Industri agar dapat menjalin kerja sama secara terus - menerus.
·         Pembimbing sekolah diharapkan dapat secara rutin melakukan monitoring agar pihak sekolah mengetahui keadaan para siswa didunia Industri.
·         Sekolah diharapkan dapat mengadakan pembekalan dengan durasi waktu yang lebih lama.
                  Sekolah diharapkan dapat melakukan pembekalan dalam bentuk praktik

DAFTAR PUSTAKA
·         Motordiesel.pdf







































DAFTAR ABSEN
No
Tanggal
Kehadiran
Keterangan
1
minggu , 01 jan 2017


2
senin , 02 jan 2017


3
selasa , 03 jan 2017


4
rabu , 04 jan 2017


5
kamis , 05 jan 2017


6
jum'at , 06 jan 2017


7
sabtu , 07 jan 2017


8
minggu , 08 jan 2017


9
senin , 09 jan 2017


10
selasa , 10 jan 2017


11
rabu , 11 jan 2017


12
kamis , 12 jan 2017
Hadir

13
jum'at , 13 jan 2017
Hadir

14
sabtu , 14 jan 2017
Hadir

15
minggu , 15 jan 2017

Libur
16
senin , 16 jan 2017
Hadir

17
selasa , 17 jan 2017
Hadir

18
rabu , 18 jan 2017
Hadir

19
kamis , 19 jan 2017
Hadir

20
jum'at , 20 jan 2017
Hadir

21
sabtu , 21 jan 2017
Hadir

22
minggu ,22 jan 2017

Libur
23
senin , 23 jan 2017
Hadir

24
selasa , 24 jan2017
Hadir

25
rabu , 25 jan 2017
Hadir

26
kamis  26 jan 2017
Hadir

27
jum'at ,27 jan 2017

Ijin
28
sabtu , 28 jan 2017

Libur
29
minggu 29 jan 2017

Libur
30
senin , 30 jan 2017
Hadir

31
selasa , 31 jan 2017
Hadir








No
Tanggal
Kehadiran
Keterangan
1
rabu , 01 Feb 2017
Hadir

2
kamis , 02 Feb 2017
Hadir

3
jum'at , 03 Feb 2017
Hadir

4
sabtu , 04 Feb 2017
Hadir

5
minggu , 05 Feb 2017

Libur
6
senin , 06 Feb 2017
Hadir

7
selasa , 07 Feb 2017
Hadir

8
rabu , 08 Feb 2017
Hadir

9
kamis , 09 Feb 2017
Hadir

10
jum'at , 10 Feb 2017
Hadir

11
sabtu , 11 Feb 2017

Kesekolah
12
minggu , 12 Feb 2017

Libur
13
senin , 13 Feb 2017
Hadir

14
selasa , 14 Feb 2017
Hadir

15
rabu , 15 Feb 2017
Hadir

16
kamis , 16 Feb 2017
Hadir

17
jum'at , 17 Feb 2017
Hadir

18
sabtu , 18 Feb 2017
Hadir

19
minggu , 19 Feb 2017

Libur
20
senin , 20 Feb 2017

Libur
21
selasa , 21 Feb 2017
Hadir

22
rabu , 22 Feb 2017
Hadir

23
kamis , 23 Feb 2017
Hadir

24
jum'at , 24 Feb 2017
Hadir

25
sabtu , 25 Feb 2017
Hadir

26
minggu , 26 Feb 2017

Libur
27
senin , 27 Feb 2017
Hadir

28
selasa , 28 Feb 2017
Hadir

29



30



31













No
Tanggal
Kehadiran
Keterangan
1
rabu , 01 Mar 2017
Hadir

2
kamis , 02 Mar 2017
Hadir

3
jum'at , 03 Mar 2017
Hadir

4
sabtu , 04 Mar 2017
Hadir

5
minggu , 05 Mar 2017

Libur
6
senin , 06 Mar 2017
Hadir

7
selasa , 07 Mar 2017
Hadir

8
rabu , 08 Mar 2017
Hadir

9
kamis , 09 Mar 2017
Hadir

10
jum'at , 10 Mar 2017
Hadir

11
sabtu , 11 Mar 2017

Kesekolah
12
minggu , 12 Mar 2017

Libur
13
senin , 13 Mar 2017
Hadir

14
selasa , 14 Mar 2017
Hadir

15
rabu , 15 Mar 2017
Hadir

16
kamis , 16 Mar 2017
Hadir

17
jum'at , 17 Mar 2017
Hadir

18
sabtu , 18 Mar 2017
Hadir

19
minggu , 19 Mar 2017

Libur
20
senin , 20 Mar 2017

Sakit
21
selasa , 21 Mar 2017
Hadir

22
rabu , 22 Mar 2017
Hadir

23
kamis , 23 Mar 2017
Hadir

24
jum'at , 24 Mar 2017
Hadir

25
sabtu , 25 Mar 2017
Hadir

26
minggu , 26 Mar 2017

Libur
27
senin , 27 Mar 2017

Ijin
28
selasa , 28 Mar 2017

Libur
29
rabu , 29 Mar 2017
Hadir

30
kamis , 30 Mar 2017
Hadir

31
jum'at , 31 Mar 2017
Hadir










No
Tanggal
Kehadiran
Keterangan
1
sabtu , 01 Apr 2017
Hadir

2
minggu , 02 Apr 2017

Libur
3
senin , 03 Apr 2017
Hadir

4
selasa , 04 Apr 2017
Hadir

5
rabu , 05 Apr 2017
Hadir

6
kamis , 06 Apr 2017
Hadir

7
jum'at , 07 Apr 2017
Hadir

8
sabtu , 08 Apr 2017
Hadir

9
minggu , 09 Apr 2017

Libur
10
senin , 10 Apr 2017
Hadir

11
selasa , 11 Apr 2017
Hadir

12
rabu , 12 Apr 2017
Hadir

13
kamis , 13 Apr 2017
Hadir



0 comments:

Posting Komentar