PERTEMUAN KE 1
|
|||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
|||
Nama Sekolah
|
: SMAN 1 Hampang
|
Kelas/Semester
|
: XII/Ganjil
|
Mata Pelajaran
|
Tahun Pelajaran
|
: 2020/2021
|
|
Materi
|
: Semangat beribadah dengan meyakini hari akhir
|
|
|
Sub Materi
|
: Makna iman kepada hari akhir
|
Alokasi Waktu
|
: 3 X 45 Menit
|
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||||
PENDAHULUAN
|
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran sebagai sikap disiplin
v Mengaitkan materi pembelajaran
yang akan dilakukandengan bertanya misalnya
:
Apa yang dimaksud dengan hari
akhir
v Materi yangakan dipelajari oleh siswa adalah: makna iman kepada
hari akhir,
v Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi,
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang sedang berlangsung
|
10 Menit
|
||
KEGIATAN INTI
|
Mengamati (Literasi)
v
Guru memberikan stimulus berupa masalah untuk diamati dan disimak peserta
didik melalui kegiatan membaca, mengamati situasi atau melihat gambar, dan
lain-lain.
v
Peserta didik bersama kelompoknya melakukan
pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan makna iman kepada hari akhir
Peserta didik diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku
siswa Gambar 1.1 Gempa bumi, Gambar
1.2 Hujan meteor, Gambar 1.3 Gunung
meletus, Gambar 1.4 Pengadilan Kemudian
jelaskan makna yang dikandungnya, yang terkait dengan tema pelajaran!
Cermati pemikiran dan karya Amru Khalid dalam buku Revolusi Diri tentang
Gempa yang Menjadi Rahmat Kemudian,
beri tanggapan kritis terkait dengan tema!
Menanya ( Critical Thinking )
v
Peserta didik mengembangkan rasa ingin tahu dan
sikap kritis, yang sangat dibutuhkan
untuk mendapatkan hasil pengamatan yang baik. pada saat yang sama peserta
didik juga belajar membiasakan diri bertanya secara wajar dan bermakna.
v
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan , yang berkaitan dengan
materi/gambar yang terdapat pada buku siswa atau yang disajikan oleh
guru dan dijawab melalui kegiatan
pembelajaran tentang makna iman kepada hari akhir Misalnya’
Hari Akhir atau Hari Kiamat menurut al-Qur’±n dapat dibagi menjadi dua, yaitu
Peristiwa-peristiwa yang harus diimani yang akan terjadi sesudah mati antara
lain adalah
Mengumpulkan Informasi (Kegiatan Literasi &
Collaboration)
v Secara
berkelompok peserta didik mengumpulkan berbagai informasi dengan penuh
tanggung jawab , cermat dan kreatif yang dapat mendukung jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, baik dari buku paket maupun sumber lain
seperti internet. melalui kegiatan:
Peserta didik
diminta untuk mencermati masalah-masalah sosial yang ada di sekitar kalian, berkaitan
dengan keimanan
kepada Hari Akhir. Kemudian, tanggapi dengan kritis dari sudut pandang kalian!
Carilah ayat-ayat al-Qur’ãn dan hadis selain yang sudah ada di buku yang menjelaskan
peristiwa hari kiamat! Pahami
maksud ayat-ayat al-Qur’ãn dan hadis tersebut dengan bantuan buku-buku tafsir dan buku-buku
hadis! Presentasikan
hasil kajian kalian di depan kelas!
Temukan fenomena alam lainnya yang menguatkan bukti kebenaran hari kiamat,
baik dalam bentuk video maupun gambar Presentasikan di hadapan kelompok lain untuk mendapat tanggapan!
Menalar/Mengasosiasi (Kerjasama
& Berpikir Kritik)
v Peserta
didik mengasosiasi data yang ditemukan dari percobaan dengan berbagai data
lain dari berbagai sumber, mengembangkan hasil dan menyajikan hasil karya
selanjutnya, menyajikannya dalam bentuk presentasi yang ditanggapi langsung
oleh kelompok lain
Mengomunikasikan (Comunication &
Creativity)
v Menggunakan
secara aktif dalam interaksi pembelajaran sehari-hari, atau mempresentasikan
secara lisan di depan kelas atau dalam kelompok, atau mempublikasikan dalam
forum yang sesuai seperti majalah dinding, buku koleksi, dan sebagainya.
v
Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan tentang makna iman kepada hari akhir
|
115 Menit
|
||
PENUTUP
|
v Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
v Memberikan
tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk
mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya
v Berdoa
dan Memberi salam.
|
10 Menit
|
||
Refleksi dan Konfirmasi
|
Refleksi
pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui
ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
|
|||
C. PENILAIAN
|
||||
SIKAP
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
||
1.
Bekerjasama dalam diskusi kelompok
2.
Observasi sikap disiplin dan tanggung jawab.
|
1.
Menjelaskan hari akhir menurut al-qur’ãn
2.
Menjelaskan hari kiamat menurut ilmu pengetahuan
3.
Mengidentifikasi bukti indrawi terjadinya hari akhir
|
1.
Membuat kajian tentang fenomena alam lainnya yang menguatkan bukti
kebenaran hari kiamat, baik dalam bentuk video maupun gambar
|
||
Mengetahui
|
Hampang, 13 Juli 2020
|
Kepala SMAN 1 Hampang
|
Guru Mata Pelajaran
|
Gamel Abdul Nasser, S.Pd
|
Yusuf Wibisono, S.Pd.I
|
NIP 19711212 200312 1 006
|
NIP 19890114 20193 1 004
|
0 comments:
Posting Komentar