A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
Setelah mengukuti kegiatan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dengan
metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan
sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani
mengemukakan pendapat, siswa dapat :
1.
Menjelaskan makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt
2.
Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.
Mengimplementasikan perilaku iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari.
|
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||||
PENDAHULUAN
|
v Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
sebagai sikap disiplin
v Mengaitkan materi pembelajaran
yang akan dilakukandengan bertanya misalnya
:
Adakah hubungan antara kitab Taurat, Zabur dan Injil
Mengapa Al-Qur’an disebut sebagai kitab penyempurna dari kitab-kitab
sebelumnya
v Materi yangakan dipelajari oleh
siswa adalah: Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt
v Memberitahukan tentang tujuan
pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM
pada pertemuan yang sedang berlangsung
|
15 Menit
|
||
KEGIATAN INTI
|
Mengamati (Literasi)
v Guru memberikan stimulus berupa masalah untuk
diamati dan disimak peserta didik melalui kegiatan membaca, mengamati situasi atau melihat
gambar, dan lain-lain.
v Peserta didik bersama kelompoknya
melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan
dengan Makna Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt
v Guru dapat mengembangkan bahan
kajian yang terdapat pada kolom “Mengkritisi Sekitar Kita” dalam bentuk
kajian melalui tayangan video, film, gambar, cerita atau dengan memperlihatkan guntingan kertas yang
sudah dibuat (media by design) yang berisikan
penjelasan tentang “Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt”, yang
berisikan penjelasan yang setara, atau yang lebih kreatif dan inovatif.
Peserta didik diminta untuk
mencermati gambar I.8 (kitab taurat), 1.9 (kitab zabur), dan 1.10 (kitab injil)
Peserta didik diminta untuk mencermati gambar 1.7 (seorang guru
sedang mengajarkan Al Qur’an)
Peserta didik diminta untuk
membaca ayat Al Qur’an (Q.S Al – A’la/87:
18-19)
Menanya ( Critical Thinking )
v Peserta didik mengembangkan
rasa ingin tahu dan sikap kritis, yang
sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil pengamatan yang baik. pada
saat yang sama peserta didik juga belajar membiasakan diri bertanya secara
wajar dan bermakna.
v Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan , yang
berkaitan dengan materi/gambar yang terdapat pada buku siswa atau yang
disajikan oleh guru dan dijawab
melalui kegiatan pembelajaran tentang Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt ”,
Mengumpulkan Informasi (Kegiatan Literasi &
Collaboration)
v
Secara berkelompok peserta didik mengumpulkan
berbagai informasi dengan penuh tanggung jawab , cermat dan kreatif yang
dapat mendukung jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, baik dari
buku paket maupun sumber lain seperti internet. melalui kegiatan:
Carilah suhuf-suhuf selain nabi Ibrahim as. Dan nabi Musa as. !
Jelaskan isi suhuf-suhuf yang kamu temukan itu.!
Hubungkan pesan-pesan suhuf denga nisi al-Qur’an, apakah bertentangan atau tidak?
Menalar/Mengasosiasi (Kerjasama & Berpikir
Kritik)
v
Peserta didik mengasosiasi data yang ditemukan
dari percobaan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber, mengembangkan
hasil dan menyajikan hasil karya selanjutnya, menyajikannya dalam bentuk
presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain.
Mengomunikasikan (Comunication & Creativity)
v
Menggunakan secara aktif dalam interaksi
pembelajaran sehari-hari, atau mempresentasikan secara lisan di depan kelas
atau dalam kelompok, atau mempublikasikan dalam forum yang sesuai seperti
majalah dinding, buku koleksi, dan sebagainya.
v Guru
dan Peserta didik menarik sebuah
kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan tentang tentang Makna Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt)
|
90 Menit
|
||
PENUTUP
|
v
Peserta didik diminta melakukan reļ¬eksi
terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan
model pembelajaran yang digunakan.
v
Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan
mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas
dipertemuan berikutnya
v
Berdoa dan Memberi salam.
|
15 Menit
|
||
Refleksi dan Konfirmasi
|
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan
refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan
perbaikan.
|
|||
C. PENILAIAN
|
||||
SIKAP
|
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
||
1.
Bekerjasama dalam diskusi kelompok
2.
Observasi sikap disiplin dan tanggung jawab.
|
1.
Menjelaskan tentang pengertian Mengimani Kitab-kitab Allah Swt
2.
Menjelaskan Iman kepada
kitab-kitab Allah Swt
|
1.
Menyusun kajian
dalam bentuk fortofolio tentang Pengertian Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt
|
||
Mengetahui
|
Hampang, 13 Juli 2020
|
Kepala
SMA......
|
Guru Mata Pelajaran
|
Gamel Abdul Nasser, S.Pd
|
Yusuf Wibisono, S.Pd.I
|
NIP.19711212 200312 1 006
|
NIP.19890112
201903 1 004
|
0 comments:
Posting Komentar