Rabu, 22 Juli 2020

Posted by Rumah Ratu On Rabu, Juli 22, 2020
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
: SMA  Negeri 1 Hampang
Kelas/Semester
: XI/Ganjil
Mata Pelajaran
: Pendidikan Agama Islam dan budi Pekerti
Tahun Pelajaran
: 2020/2021
Materi
: Iman Kepada kitab-kitab Allah Swt
Alokasi Waktu
: 3 X 45 Menit
Sub Materi
: Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt





A.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :
1.        Menjelaskan makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt
2.        Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
3.        Menunjukkan perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
4.        Mengimplementasikan perilaku iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari.
B.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran sebagai sikap disiplin
v  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukandengan bertanya misalnya  :
*        Adakah hubungan antara kitab Taurat, Zabur dan Injil
*        Mengapa Al-Qur’an disebut sebagai kitab penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya
v  Materi yangakan dipelajari oleh siswa adalah:  Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt
v  Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung
15 Menit
KEGIATAN INTI
Mengamati (Literasi)
v  Guru memberikan stimulus berupa masalah untuk diamati dan disimak peserta didik melalui kegiatan membaca, mengamati situasi atau melihat gambar, dan lain-lain.
v  Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan   Makna  Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt
v  Guru dapat mengembangkan bahan kajian yang terdapat pada kolom “Mengkritisi Sekitar Kita” dalam bentuk kajian melalui tayangan video, film, gambar, cerita atau  dengan memperlihatkan guntingan kertas yang sudah dibuat (media by design) yang berisikan penjelasan tentang “Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt”, yang berisikan penjelasan yang setara, atau yang lebih kreatif dan inovatif.
*        Peserta didik diminta untuk mencermati gambar I.8 (kitab taurat), 1.9 (kitab zabur), dan 1.10 (kitab injil)
*        Peserta didik diminta untuk  mencermati gambar 1.7 (seorang guru sedang mengajarkan Al Qur’an)
*        Peserta didik diminta untuk membaca ayat Al  Qur’an (Q.S Al – A’la/87: 18-19)
Menanya ( Critical Thinking )
v  Peserta didik mengembangkan rasa ingin tahu dan sikap kritis, yang  sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil pengamatan yang baik. pada saat yang sama peserta didik juga belajar membiasakan diri bertanya secara wajar dan bermakna.
v  Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan , yang berkaitan dengan materi/gambar yang terdapat pada buku siswa atau yang disajikan oleh guru  dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran tentang    Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt ”,
Mengumpulkan Informasi (Kegiatan Literasi & Collaboration)
v  Secara berkelompok peserta didik mengumpulkan berbagai informasi dengan penuh tanggung jawab , cermat dan kreatif yang dapat mendukung jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, baik dari buku paket maupun sumber lain seperti internet. melalui kegiatan:
*        Carilah suhuf-suhuf selain nabi Ibrahim as. Dan nabi Musa as. !
*        Jelaskan isi suhuf-suhuf yang kamu temukan itu.!
*        Hubungkan pesan-pesan suhuf denga nisi  al-Qur’an, apakah bertentangan atau tidak?
Menalar/Mengasosiasi (Kerjasama & Berpikir Kritik)
v  Peserta didik mengasosiasi data yang ditemukan dari percobaan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber, mengembangkan hasil dan menyajikan hasil karya selanjutnya, menyajikannya dalam bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain.                
Mengomunikasikan (Comunication & Creativity)
v  Menggunakan secara aktif dalam interaksi pembelajaran sehari-hari, atau mempresentasikan secara lisan di depan kelas atau dalam kelompok, atau mempublikasikan dalam forum yang sesuai seperti majalah dinding, buku koleksi, dan sebagainya.
v  Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan tentang tentang Makna Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt)
90 Menit
PENUTUP
v  Peserta didik diminta melakukan reļ¬‚eksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
v  Memberikan tugas kepada peserta didik (PR), dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya
v  Berdoa dan Memberi salam.
15 Menit
Refleksi dan Konfirmasi
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
C.       PENILAIAN
SIKAP
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
1.        Bekerjasama  dalam diskusi kelompok
2.        Observasi sikap disiplin dan tanggung jawab.
1.        Menjelaskan tentang pengertian Mengimani Kitab-kitab Allah Swt
2.        Menjelaskan  Iman kepada kitab-kitab Allah Swt
1.        Menyusun  kajian dalam bentuk fortofolio tentang Pengertian  Pentingnya Mengimani Kitab-kitab Allah Swt

Mengetahui

Hampang, 13 Juli 2020
Kepala SMA......
Guru Mata Pelajaran


Gamel Abdul Nasser, S.Pd

Yusuf Wibisono, S.Pd.I
NIP.19711212 200312 1 006
NIP.19890112 201903 1 004

0 comments:

Posting Komentar