Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK Negeri Kintap
Mata Pelajaran : Pendidikan Al-Qur’an
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan : Pertama
A.
Kompetensi
Inti :
(KI-1) Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis QS.
al-fatihah ayat 1-7, tentang umul Qur’an
3.2 Memahami makna
kandungan QS. Al Fatihah ayat 1-7,
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Mengidintifikasi tajwid QS.
Al Fatihah ayat 1-7, dengan
tepat dan benar
3.2.1 Mengemukakan isi
kandungan QS. Al Fatihah ayat 1-7, dengan baik dan
benar
D. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik diharapkan mampu:
3.1.1 Mengidentifikasi tajwid QS.
Al Fatihah ayat 1-7, dengan
tepat dan benar
3.2.1 Mengemukakan isi
kandungan QS. Al Fatihah ayat 1-7, dengan baik dan
benar
E. Materi Ajar
(Materi Pokok)
Q.S. al-Fatihah ayat : 1-7
F. Metode
Pembelajaran:
1. Ceramah,
2. Diskusi,
3. Tanya
jawab, dan
4. Praktik
G. Alat/ Bahan/Sumber
Belajar
§ Lap top, LCD,
§ Silabus dan perangkat pembelajaran
§ Kitab Alquran dan terjemahnya Departemen Agama RI,
Jakarta.
§ Tafsir Al-Misbah oleh Prof. Dr. Quraish Shihab
§ Tajwid
Praktis Oleh As’ad Humam
§ Buku-Buku yang relevan
§ Multimedia interaktif dan interknit.
H. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.
Secara bersama bertadarus
al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d.
Menjelaskan secara
singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar
serta indikator yang akan dicapai.
e.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a. Mengamati
-
Menyimak
bacaan, membaca mengidentifikasi hukum bacaan tajwid QS.
Al Fatihah ayat 1-7
-
Mencermati makna kandungan
QS. Al Fatihah ayat 1-7 melalui Al-Qur’an terjemah dan media lainnya.
b. Menanya
-
Menanyakan
tentag isi kandungan QS.
Al Fatihah ayat 1-7
-
Menanyakan
identifikasi tajwid QS.
Al Fatihah ayat 1-7
c. Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Mendiskusikan
isi kandungan QS. Al Fatihah ayat 1-7
-
Menganalisis
QS. Al Fatihah ayat 1-7
-
Mengidentifikasi
tajwid QS. Al
Fatihah ayat 1-7
d. Mengasosiasi
-
Membuat
kesimpulan dari isi kandungan QS.
Al Fatihah ayat 1-7
e. Mengkomunikasikan:
-
Menpresentasikan
isi kandungan QS. Al Fatihah ayat 1-
-
Menyampaikan
hasil diskusi tentang identifikasi tajwid QS. Al
Fatihah ayat 1-7
3.
Kegiatan Akhir (Penutup)
-
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi menyimpulkan
materi QS. Al Fatihah ayat 1-7
-
Pendidik meminta agar para peserta didik mengamalkan isi
kandungan QS.
Al Fatihah ayat 1-7
-
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
-
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
C.
Penilaian
1.
Tes (tulis dan
lisan)
2.
Non tes (tugas,
observasi, dan portofolio)
D.
Lembar Penilaian
1.
Tes
-
Tulis
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Jelaskan
isi kandungan QS.
Al Fatihah ayat 1-7
|
Isi
kandungan tersebut yaitu berperilaku
terbuka, suka mengasihi dan menyayangi, mengoptimalkan sesuatu yang dimiliki
dalam rangka memperbaiki diri dan belajar pada alam semesta.
|
2.
|
Tunjukkan bacaan
tajwid pada kata yang bergaris bawah berikut ini !
اَلْحَمْدُ
لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
|
1. Alif lam Qamariyah
2. Lam
Tarqiq
3. Mad Aridh Lissukun
|
-
Lisan (mempresantasikan
hasil diskusi)
No.
|
Nama
Peserta didik
|
Kemampuan
Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Amar
|
|
|
|
|
|
2.
2
|
Amir
|
|
|
|
|
|
3.
3
|
Umar
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Skor Tes lisan :
· Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 = A
· Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
· Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
· Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
· Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
2.
Non
Tes
-
Tugas
(memahami isi kandungan QS. Al Fatihah ayat 1-7
-
Observasi
(mengamati dan mengidentifikasi hukum bacaan tajwid yang ada pada QS. Al Fatihah ayat 1-7)
-
Potofolio
(tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP
|
|
Kintap , Juni
2015
Pendidik Bidang Studi
Yusuf Wibisono, S.Pd.I
NIP
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK Negeri Kintap
Mata Pelajaran : Pendidikan AL-Qur’an
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan : Kedua
A.
Kompetensi
Inti :
(KI-1) Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
4.1.1 Membaca
Qs. Al-Fatihah ayat 1-7
4.2.1 Menulis
(QS. al-fatihah ayat 1-7
4.3.1 Mendemonstrasikan
hafalan QS. al-fatihah ayat 1-7
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.1.1.1 Membaca
Qs. Al-Fatihah ayat 1-7 dengan baik dan
benar
4.2.1.1 Menulis
(QS. al-fatihah ayat 1-7 dengan baik dan
benar
4.2.1.1 Menghafal Q. S. Al Fatihah ayat 1-7 dengan lancar
dan benar
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik diharapkan mampu:
4.1.1.1 Membaca
Qs. Al-Fatihah ayat 1-7 dengan baik dan
benar
4.2.1.1 Menulis
(QS. al-fatihah ayat 1-7 dengan baik dan
benar
4.2.1.1 Menghafal
Q. S. Al Fatihah ayat 1-7 dengan lancar dan benar
E. Materi Ajar (Materi Pokok)
Q.S. Al Fatihah ayat : 1-7 tentang Ummul Qur’an
F. Metode
Pembelajaran:
1.
Ceramah,
2.
Diskusi,
3.
Tanya
jawab, dan
4.
Praktik
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b. Peserta
didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c. Secara
bersama bertadarus al-Qur’an (selama
5-10 menit)
d. Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi
dasar serta indikator yang akan dicapai.
e.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi)
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a. Mengamati
- Menyimak
dan mencermati bacaan Q. S. Al Fatihah ayat 1-7
b. Menanya
- Menanyakan
tentang cara membaca Q. S. Al Fatihah ayat 1-7
c. Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Mendiskusikan
cara-cara membaca dan menulis Q. S. Al Fatihah
ayat 1-7
sesuai dengan
hukum bacaan tajwid
Mengasosiasi
-
Membuat
kesimpulan tentang cara membaca Q. S. Al Fatihah
ayat 1-7
sesuai dengan
hukum bacaan tajwid
- Menterjemahkan Q. S. Al Fatihah ayat 1-7
d. Mengkomunikasikan:
- Mendemontrasikan
bacaan (hafalan) Q. S. Al Fatihah ayat 1-7 secara
individu maupun kelompok;
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang cara membaca Q. S. Al Fatihah
ayat 1-7 secara individu atau kelompok.
3.
Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Q. S. Al Fatihah ayat 1-7
- Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
membaca Q. S. Al Fatihah ayat 1-7
- Pendidik dan peserta didik menutup/mengakhiri pelajaran
tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
- Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
C.
Penilaian
1.
Tes (tulis dan
lisan)
2.
Non tes (tugas,
observasi, dan portofolio)
D.
Bahan/Sumber Belajar
·
Lap top,
LCD,
·
Silabus dan
perangkat pembelajaran
·
Kitab
Alquran dan terjemahnya Departemen Agama RI, Jakarta.
·
Tafsir
Al-Misbah oleh Prof. Dr. Quraish Shihab
·
Tajwid Praktis Oleh As’ad
Humam
·
Buku-Buku yang
relevanMultimedia interaktif dan interknit.
E.
Lembar Penilaian
1.
Tes
-
Tes
Tulis
No.
|
Butir-butir
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Tulislah
Q.S. al-Fatihah :1-3
|
الحمد لِلهِ
رَبِّ الْعَالَمِيْنَ .اَلرَّحْمن الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ .
|
2.
|
Lengkapi
kalimat berikut ini !
اِهدِنَا ....... الْمُسْتَقِيْمَ
|
اِهدِنَا
الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ
|
-
Tes Lisan
No.
|
Nama
Peserta didik
|
Kemampuan
Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
4.
1
|
Amar
|
|
|
|
|
|
5.
2
|
Amir
|
|
|
|
|
|
6.
3
|
Umar
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Skor Tes Perbuatan :
·
Membaca lancar dan baik = 80 – 90 = A
·
Membaca lancar kurang baik =
70 – 79 = B
·
Membaca terbata-bata =
60 – 69 = C
·
Membaca terbata-bata dibantu pendidik =
50 – 59 = D
·
Tidak dapat membaca = kurang dari 50 = E
2.
Non
Tes
-
Tugas
(menyalin dan menghafal Q.S. Al Fatihah ayat : 1-7
-
Observasi
(mengamati pelaksanaan diskusi )
-
Potofolio
(tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP
|
|
Kintap , Juni
2015
Pendidik Bidang Studi
Yusuf Wibisono, S.Pd.I
NIP
|
0 comments:
Posting Komentar