RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMKN Kintap
Mata Pelajaran : Mulok Pendidikan
Al-Qur’an
Kelas/ Semeter : X/1
Materi Pokok : Makhluk Terbaik
Ciptaan Allah SWT
Alokasi Waktu : 6X45
A.
Kompetensi
inti (KI)
B.
Kompetensi
Dasar
3.5 Menganalisis
Q.S. At- Tin ayat 1-8 te ntang kejadian Manusia
3.6 Memahami makna kandungan Q.S At-Tin ayat 1-8
4.1.3 Membaca Q.S. At – tin ayat 1-8 dengan tartil
4.2.3 Menulis Q.S At- tin ayat 1-8
4.3.1 mendemonstrasikan hafalan Q.S At- tin ayat
1-8 dengan baik dan benar
C. Indikator
3.5.1 mengidentifikasi hukum bacaan surah Q.S At-
tin ayat 1-8 tentang kejadian manusia
3.5.2 melafalkan hukum bacaan Q.S At- tin ayat 1-8
3.6.1
menyebutkan arti perkata dari Q.S At- tin ayat 1-8
3.6.2 menjelaskan isi kandungan Q.S At- tin ayat
1-8 tentang kejadian manusia
4.1.3.1
membaca Q.S At- tin ayat 1-8 fashih dan benar
4.2.3.1 menulis kembali Q.S At- tin ayat 1-8
4.2.3.2 menyambung ayat Q.S At- tin ayat 1-8
4.3.1.2
mendemonstrasikan hafalan Q.S At- tin ayat 1-8 dengan baik dan benar
D. Tujuan
pembelajaran
1.
Pertemuan pertama
·
siswa
mampu mengidentifikasi hukum bacaan surah Q.S At- tin ayat 1-8 tentang kejadian
manusia
·
siswa
mampu melafalkan hukum bacaan Q.S At- tin ayat 1-8
·
siswa
mampu menyebutkan arti perkata dari Q.S At- tin ayat 1-8
·
siswa
mampu menjelaskan isi kandungan Q.S At- tin ayat 1-8 tentang kejadian manusia
·
siswa
mampu membaca Q.S At- tin ayat 1-8 fashih dan benar
2.
pertemuan kedua
·
siswa
mampu menulis kembali Q.S At- tin ayat
1-8
·
siswa
mampu menyambung ayat Q.S At- tin ayat 1-8
3.
pertemuan ketiga
·
siswa
mampu mendemonstrasikan hafalan Q.S At- tin ayat 1-8 dengan baik dan benar
E. Materi
Pembelajaran
a. Pertemuan Pertama
1.
kegiatan awal
Tadarus surah-surah pilihan, guru memberi Penjelasan dan tanya jawab sekitar wawasan siswa
mengenai materi yang akan disajikan untuk apersepsi dan memotivasi peserta
didik
2.
kegiatan Inti
ü mengamati
Guru mengajari
cara membaca dengan fasih, mengidentifikasi tajwid dan arti kata Q.S. At-tin siswa menyimak .
ü menanya
siswa
menanyakan tentang tajwid, cara baca, arti kata dan makna kandungan Q.S. At-tin 1-8
ü eksplorasi
siswa
mendiskusikan tentang hukum bacaan yang terdapat pada Q.S At-tin 1-8 beserta
sebabnya dan arti kata maupun makna kandungan.
ü Mengasosiasi
Siswa membuat
kesimpulan dari hasil diskusi tentang hukum bacaan dan arti kata dan makana
kandungan pada Q.S At-Tin 1-8
ü Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil diskusi tentang hukum bacaan dan arti kata serta makna isi kandungan Q.S.
At-tin 1-8 secara kelompok
b.
pertemuan kedua
1.
kegiatan awal
Tadarus surah-surah pilihan, guru memberi Penjelasan dan tanya jawab sekitar wawasan siswa
mengenai materi yang akan disajikan untuk apersepsi dan memotivasi peserta
didik.
2. kegiatan inti
ü Mengamati
Guru
mencontohkan penulisan Q.S. At-tin 1-8
dengan khat
ü Menanya
Siswa menyakan
tentang penulisan Q.S. At-tin 1-8 dengan baik dan benar
ü Eksplorasi
Siswa
mempraktikkan menulis Q.S. At-tin 1-8 dengan khat
ü Mengasosiasi
Siswa menyimpulkan
cara penulisan Q.S. At-tin 1-8
ü Mengkomunikasikan
Siswa
menampilkan hasil tulisan Q.S. At-tin 1-8
c.
pertemuaan ketiga
1.
kegiatan awal
Tadarus surah-surah pilihan, guru memberi Penjelasan dan tanya jawab sekitar wawasan siswa
mengenai materi yang akan disajikan untuk apersepsi dan memotivasi peserta
didik.
2.
kegiatan inti
ü Mengamati
Guru mengamati
makaharijul huruf dan tajwid dari hafalan siswa
ü Menanya
Guru menyakan
tentang hafalan siswa mengenai Q.S.
At-tin 1-8
ü Eksplorasi
Meminta siswa
untuk mendemonstrasikan hafalan Q.S. At-tin 1-8
ü Mengasosiasi
Siswa
menyimpulkan hal-hal yang berkaitan dengan Q.S. At-tin 1-8 yang telah
dihafalkan
ü Mengkomunikasikan
Siswa
mendemonstrasikan hafalan Q.S. At-tin 1-8
v Q.S At –tin ayat 1-8.
ÈûüÏnG9$#ur ÈbqçG÷¨9$#ur ÇÊÈ ÍqèÛur tûüÏZÅ ÇËÈ #x»ydur Ï$s#t7ø9$# ÂúüÏBF{$# ÇÌÈ ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr& 5OÈqø)s? ÇÍÈ ¢OèO çm»tR÷yu @xÿór& tû,Î#Ïÿ»y ÇÎÈ wÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏHxåur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# óOßgn=sù íô_r& çöxî 5bqãYøÿxE ÇÏÈ $yJsù y7ç/Éjs3ã ß÷èt/ ÈûïÏe$!$$Î/ ÇÐÈ }§øs9r& ª!$# È/s3ômr'Î/ tûüÉKÅ3»ptø:$# ÇÑÈ
1. demi (buah) Tin dan
(buah) Zaitun[1587],
2. dan demi
bukit Sinai[1588],
3. dan demi
kota (Mekah) ini yang aman,
4. Sesungguhnya
Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya .
5. kemudian
Kami kembalikan Dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),
6. kecuali
orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka bagi mereka pahala
yang tiada putus-putusnya.
7. Maka Apakah
yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya
keterangan-keterangan) itu?
8. Bukankah
Allah hakim yang seadil-adilnya?
[1587] Yang
dimaksud dengan Tin oleh sebagian ahli tafsir ialah tempat tinggal Nabi Nuh,
Yaitu Damaskus yang banyak pohon Tin; dan zaitun ialah Baitul Maqdis yang
banyak tumbuh Zaitun.
[1588] Bukit
Sinai Yaitu tempat Nabi Musa a.s. menerima wahyu dari Tuhannya.
v Analisis Hukum Bacaan
Ayat
|
Hukum
Bacaan
|
Sebab
|
|
1.
Alif lam
Syamsiah
2.
Mad Aridh
Lisukun
|
Alif lam bertemu huruf ta’ dan zai
(
ت dan (ز dan dibaca samar
Apabila ada mad Thabi’i atau mad
layin sesudahnya da waqaf / tempat berhenti.
|
|
1. Mad thabi’i
2. Mad Aridh Lisukun
|
Ada huruf wau ( )
berbaris mati
Apabila ada mad Thabi’i atau mad
layin sesudahnya da waqaf / tempat berhenti.
|
Ï Â ÇÌÈúüÏBF{$#$s#t7ø9$##x»ydur
2 1 1
|
1. Alif lam qamariyah
2. Mad aridh lisukun
|
Alif lam bertemu huruf ب dan dibaca
jelas
Apabila ada mad Thabi’i atau mad
layin sesudahnya da waqaf / tempat berhenti
|
Dll......
|
|
|
F. Metode
Pembelajaran
a. scientific
b. diskusi
c. tanya jawab
d. hafalan
G. Media
Pembelajaran
a. laptop
b. speaker
c. LCD
d. buku tajwid praktis
e. Al-Qur’an terjemah
f. kitab tafsira Al-qur’an
g. multimedia interaktif dan internet
H. Penilaian
1. tes pengetahuan
No
|
Butir- butir Soal
|
Kata Kunci
|
1
|
bqçG÷¨9$#ur (Alif Lam) apa namanya yang terdapat pada ayat
tersebut ?
|
|
2
|
$uZø)n=y{, Apa hukum bacaannya ?
|
|
3
|
OÈqø)s?, Mad apakah namanya ?
|
|
4
|
û,Î#Ïÿ»y@xÿór&,Terjemahkan ayat tersebutt
|
|
5.
|
Salinlah QS.
At-Tiin: 1 – 8 menjadi sempurna
|
|
6.
|
Tuliskan ayat perkata QS. At-Tiin: 1 – 8 dengan baik dan benar
tanpa teks.
|
|
2.Hafalan
No
|
Butir- butir Soal
|
Kata Kunci
|
1
|
- Hafalkan QS. At-Tiin: 1 -
8
dengan fasih dan benar.
|
|
2
|
Artikan masing-masing kata dengan tepat QS. At-Tiin: 1 - 8
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
1 = Menghafal bacaan lancar dan baik = 80 -
90 = A
2 = Menghafal bacaan kurang baik =
70 -
79 = B
3 = Menghafal bacaan terata-bata =
60 -
69 = C
4 = Menghafal bacaan terbata-bata dengan bantuan
guru = 50 -
59 = D
5 = Tidak dapat Menghafal bacaan =
kurang dari 50 = E
Mengetahui,
Kepala Sekolah
...........................................................
NIP
|
........................................,
..................... 20............
Guru Mata Pelajaran
.............................................................
NIP
|
0 comments:
Posting Komentar