Jumat, 26 Juli 2019

Posted by Rumah Ratu On Jumat, Juli 26, 2019

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah             : SMK Negeri Kintap
Mata Pelajaran            : Pendidikan Al-Quran
Kelas/ Semester           : X (sepuluh) /  genap
Materi Pokok              : Kewajiban Menutup Aurat
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit (1 pertemuan)


A.    Kompetensi Inti   :
(K1)    : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam (Al-Quran)
(K2)    : Mengembangkan  perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif), menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam membangun peradaban bangsa dan dunia.

(K3)     : Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuanprosedural pada bidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
(K4)   : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar
3.13  Menganalisis QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59 tentang Kewajiban Menutup Aurat
3.14  Memahami QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59 tentang Kewajiban Menutup Aurat
4.1  Membaca QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59 tentang Kewajiban Menutup Aurat
4.2  Mempraktikkan sikap seseorang dalam menjaga dan memelihara aurat sesuai QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59
C.      Indikator
3.13.1    Mengidentifikasi tajwid QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59
3.13.2    Menyimpulkan intisari QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59
3.13.3    Menerjemahkan arti per kata dan per ayat QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59
3.13.4    Menjelaskan manfaat menutup aurat sesuai QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59
4.1.1        Membaca QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59
4.1.2        Menulis QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59
4.1.3        Menunjukkan sikap seorang muslim dala menjaga dan memelihara aurat sesuai QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59
D.      Materi Pembelajaran  
1.      QS An-Nur (24): 31
@è%ur ÏM»uZÏB÷sßJù=Ïj9 z`ôÒàÒøótƒ ô`ÏB £`Ïd̍»|Áö/r& z`ôàxÿøtsur £`ßgy_rãèù Ÿwur šúïÏö7ム£`ßgtFt^ƒÎ žwÎ) $tB tygsß $yg÷YÏB ( tûøóÎŽôØuø9ur £`Ïd̍ßJ胿2 4n?tã £`ÍkÍ5qãŠã_ ( Ÿwur šúïÏö7ム£`ßgtFt^ƒÎ žwÎ)  ÆÎgÏFs9qãèç7Ï9 ÷rr&  ÆÎgͬ!$t/#uä ÷rr& Ïä!$t/#uä  ÆÎgÏGs9qãèç/ ÷rr&  ÆÎgͬ!$oYö/r& ÷rr& Ïä!$oYö/r&  ÆÎgÏGs9qãèç/ ÷rr& £`ÎgÏRºuq÷zÎ) ÷rr& ûÓÍ_t/  ÆÎgÏRºuq÷zÎ) ÷rr& ûÓÍ_t/ £`ÎgÏ?ºuqyzr& ÷rr& £`Îgͬ!$|¡ÎS ÷rr& $tB ôMs3n=tB £`ßgãZ»yJ÷ƒr& Írr& šúüÏèÎ7»­F9$# ÎŽöxî Í<'ré& Ïpt/öM}$# z`ÏB ÉA%y`Ìh9$# Írr& È@øÿÏeÜ9$# šúïÏ%©!$# óOs9 (#rãygôàtƒ 4n?tã ÏNºuöqtã Ïä!$|¡ÏiY9$# ( Ÿwur tûøóÎŽôØo £`ÎgÎ=ã_ör'Î/ zNn=÷èãÏ9 $tB tûüÏÿøƒä `ÏB £`ÎgÏFt^ƒÎ 4 (#þqç/qè?ur n<Î) «!$# $·èŠÏHsd tmƒr& šcqãZÏB÷sßJø9$# ÷/ä3ª=yès9 šcqßsÎ=øÿè? ÇÌÊÈ  
31. Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah Menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

2.      QS Al-Ahzab(33): 59
$pkšr'¯»tƒ ÓÉ<¨Z9$# @è% y7Å_ºurøX{ y7Ï?$uZt/ur Ïä!$|¡ÎSur tûüÏZÏB÷sßJø9$# šúüÏRôム£`ÍköŽn=tã `ÏB £`ÎgÎ6Î6»n=y_ 4 y7Ï9ºsŒ #oT÷Šr& br& z`øùt÷èムŸxsù tûøïsŒ÷sム3 šc%x.ur ª!$# #Yqàÿxî $VJŠÏm§ ÇÎÒÈ  
59. Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

[1232] Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada.


F.       Media dan Alat Pembelajaran
a.    Media Pembelajaran : video tentang kewajiban menutup aurat
b.    Alat Pembelajaran : Laptop dan LCD

G.      SumberBelajar
1.    Al-Quran dan terjemahan
2.    Buku Tajwid
3.    Internet

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke 1

No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.         Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat
b.        Memulai pembelajaran dengan tadarus Al Qur`an
c.         Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
d.        Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi
e.         Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
f.         Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).


10 menit
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.    Mengamati
-            Mengamati video yang ditayangkan cara menutup aurat  

b.   Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-            Menanyakan tentang kewajiban menutup aurat
c.    Mengumpulkan data/eksplorasi
-            Peserta didik mendiskusikan cara menutup aurat.
d.   Mengasosiasi
-            Membuat kesimpulan tentang cara menutup aurat yang benar
e.     Mengkomunikasikan:
-            Mempraktikkan cara menutup aurat


70 menit
3.
Penutup
a.    Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didikdari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
b.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberi tugas individu maupun kelompokbagi peserta didik yang menguasasi materi
c.    Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.   Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam


10 menit

I.         Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Jenis                 : Perbuatan
2.      Bentuk             : Produk
3.      Prosedur Penilaian :

No.
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu penilaian
1
Sikap
Non Tes (Pengamatan)
Proses KBM
2
Pengetahuan
Tes
Setelah KBM
3
Keterampilan
Non Tes (Pengamatan)
Di luar KBM

  1. Instrumen Tes
·      Tugas
-          Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang kewajiban menutup aurat dalam islam).

·     Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
·     Portofolio
-       Membuat paparan tentang kewajiban menutup aurat dalam islam

·     Tes tulis
-  Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan  uraian tentang  kewajiban menutup aurat

·     Tes lisan
-       Memaparkan hasil pengamatan tentang kewajiban menutup aurat
Lembar Soal
1.    Tes Tulis
    1. Apa yang dimaksud dengan aurat
    2. Apakah batasan aurat pada laki-laki yang telah baligh
    3. Apakah batasan aurat pada perempuan yang telah baligh


2.    Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)
No
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
1
Amar





2
Amir





3
Umar





Dst
Dst..........................







Keterangan :                                                               Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E


  Kintap,  Juni 2015
Mengetahui                                                 
Kepala Sekolah …….                                  Guru Pengajar           


………………………                                 Yusuf Wibisono, S.Pd.I





0 comments:

Posting Komentar