Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK Negeri Kintap
Mata Pelajaran : Pendidikan Al-Quran
Kelas/ Semester : X (sepuluh) / genap
Materi Pokok : Kewajiban Menutup Aurat
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 pertemuan)
A.
Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam (Al-Quran)
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif),
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa,
serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam membangun
peradaban bangsa dan dunia.
(K3) : Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif dalamilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuanprosedural pada
bidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
(K4) : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
3.13 Menganalisis
QS An-Nur (24): 31 dan QS
Al-Ahzab(33): 59 tentang Kewajiban Menutup Aurat
3.14 Memahami QS An-Nur (24): 31 dan QS
Al-Ahzab(33): 59 tentang Kewajiban Menutup Aurat
4.1 Membaca QS An-Nur (24): 31 dan QS
Al-Ahzab(33): 59 tentang Kewajiban Menutup Aurat
4.2 Mempraktikkan sikap seseorang
dalam menjaga dan memelihara aurat sesuai QS An-Nur (24): 31 dan QS
Al-Ahzab(33): 59
C.
Indikator
3.13.1
Mengidentifikasi tajwid QS An-Nur (24): 31 dan QS
Al-Ahzab(33): 59
3.13.2
Menyimpulkan intisari QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33):
59
3.13.3
Menerjemahkan arti per kata dan per ayat QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59
3.13.4
Menjelaskan manfaat menutup aurat sesuai QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59
4.1.1
Membaca QS An-Nur (24): 31 dan QS Al-Ahzab(33): 59
4.1.2
Menulis QS An-Nur (24): 31 dan QS
Al-Ahzab(33): 59
4.1.3
Menunjukkan sikap seorang muslim dala menjaga
dan memelihara aurat sesuai QS An-Nur (24): 31 dan QS
Al-Ahzab(33): 59
D.
Materi Pembelajaran
1. QS An-Nur (24): 31
@è%ur ÏM»uZÏB÷sßJù=Ïj9 z`ôÒàÒøót ô`ÏB £`ÏdÌ»|Áö/r& z`ôàxÿøtsur £`ßgy_rãèù wur úïÏö7ã £`ßgtFt^Î wÎ) $tB tygsß $yg÷YÏB (
tûøóÎôØuø9ur £`ÏdÌßJè¿2 4n?tã £`ÍkÍ5qãã_ (
wur úïÏö7ã £`ßgtFt^Î wÎ) ÆÎgÏFs9qãèç7Ï9 ÷rr& ÆÎgͬ!$t/#uä ÷rr& Ïä!$t/#uä ÆÎgÏGs9qãèç/ ÷rr& ÆÎgͬ!$oYö/r& ÷rr& Ïä!$oYö/r& ÆÎgÏGs9qãèç/ ÷rr& £`ÎgÏRºuq÷zÎ) ÷rr& ûÓÍ_t/ ÆÎgÏRºuq÷zÎ) ÷rr& ûÓÍ_t/ £`ÎgÏ?ºuqyzr& ÷rr& £`Îgͬ!$|¡ÎS ÷rr& $tB ôMs3n=tB £`ßgãZ»yJ÷r& Írr& úüÏèÎ7»F9$# Îöxî Í<'ré& Ïpt/öM}$# z`ÏB ÉA%y`Ìh9$# Írr& È@øÿÏeÜ9$# úïÏ%©!$# óOs9 (#rãygôàt 4n?tã ÏNºuöqtã Ïä!$|¡ÏiY9$# (
wur tûøóÎôØo £`ÎgÎ=ã_ör'Î/ zNn=÷èãÏ9 $tB tûüÏÿøä `ÏB £`ÎgÏFt^Î 4
(#þqç/qè?ur n<Î) «!$# $·èÏHsd tmr& cqãZÏB÷sßJø9$# ÷/ä3ª=yès9 cqßsÎ=øÿè? ÇÌÊÈ
31. Katakanlah kepada wanita yang beriman:
"Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah
mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan
hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah Menampakkan
perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami
mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau
saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka,
atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau
budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak
mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti
tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui
perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah,
Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.
2. QS Al-Ahzab(33): 59
$pkr'¯»t ÓÉ<¨Z9$# @è% y7Å_ºurøX{ y7Ï?$uZt/ur Ïä!$|¡ÎSur tûüÏZÏB÷sßJø9$# úüÏRôã £`Íkön=tã `ÏB £`ÎgÎ6Î6»n=y_ 4
y7Ï9ºs #oT÷r& br& z`øùt÷èã xsù tûøïs÷sã 3
c%x.ur ª!$# #Yqàÿxî $VJÏm§ ÇÎÒÈ
59. Hai Nabi, Katakanlah kepada
isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin:
"Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh
mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena
itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha
Penyayang.
[1232] Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat
menutup kepala, muka dan dada.
F.
Media dan Alat Pembelajaran
a. Media Pembelajaran : video tentang kewajiban menutup aurat
b. Alat Pembelajaran :
Laptop dan LCD
G.
SumberBelajar
1.
Al-Qur’an dan terjemahan
2.
Buku Tajwid
3.
Internet
H.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka
pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta
didik dengan penuh khidmat
b.
Memulai
pembelajaran dengan tadarus Al Qur`an
c.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
d.
Menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya,
berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat
kesimpulan hasil diskusi
e.
Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
f.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Dalam
kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan
sebagai berikut.
a.
Mengamati
-
Mengamati video yang ditayangkan cara menutup aurat
b.
Menanya
(memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Menanyakan tentang kewajiban menutup aurat
c.
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta
didik mendiskusikan cara menutup aurat.
d.
Mengasosiasi
-
Membuat
kesimpulan tentang cara menutup aurat yang benar
e.
Mengkomunikasikan:
-
Mempraktikkan cara menutup aurat
|
70 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didikdari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya
b.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberi tugas individu maupun kelompokbagi
peserta didik yang menguasasi materi
c.
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
d.
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam
|
10 menit
|
I.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Jenis : Perbuatan
2.
Bentuk : Produk
3.
Prosedur Penilaian :
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu penilaian
|
1
|
Sikap
|
Non Tes (Pengamatan)
|
Proses KBM
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
|
Setelah KBM
|
3
|
Keterampilan
|
Non Tes (Pengamatan)
|
Di luar KBM
|
- Instrumen Tes
·
Tugas
-
Mengumpulkan data
(gambar, berita, artikel tentang kewajiban menutup
aurat dalam islam).
·
Observasi
- Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
·
Portofolio
-
Membuat paparan tentang
kewajiban menutup aurat dalam islam
·
Tes tulis
- Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang kewajiban menutup
aurat
·
Tes lisan
-
Memaparkan hasil
pengamatan tentang kewajiban menutup aurat
Lembar Soal
1.
Tes Tulis
- Apa yang dimaksud dengan aurat
- Apakah batasan aurat pada laki-laki yang telah
baligh
- Apakah batasan aurat pada perempuan yang telah
baligh
2.
Lisan
(mempresantasikan hasil diskusi)
No
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Amar
|
|||||
2
|
Amir
|
|||||
3
|
Umar
|
|||||
Dst
|
Dst..........................
|
Keterangan :
Skor Tes lisan :
·
Mempresentasikan sangat baik = 80 – 90 = A
·
Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
·
Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
·
Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
·
Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
Kintap, Juni 2015
Mengetahui
Kepala
Sekolah ……. Guru
Pengajar
……………………… Yusuf Wibisono,
S.Pd.I
0 comments:
Posting Komentar