Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK Negeri Kintap
Mata Pelajaran : Pendidikan Al-Qur’an
Kelas/Semester : X (sepuluh)/Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan : Pertama
A.
Kompetensi
Inti :
(KI-1) Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.7 Menganalisis
QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
tentang ciri-ciri
orang yang beriman
3.8 Memahami
makna kandungan QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
4.1.4
Membaca QS. al-mu’minun ayat 1-10, al
anfal 2-4, at-taubah 71 dengan baik dan benar
4.2.4
Menulis QS. al-mu’minun ayat 1-10, al
anfal 2-4, at-taubah 71 dengan baik dan benar
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.7.1 Mengidintifikasi ciri-ciri orang yang beriman
pada QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
3.2.1 Mengidentifikasi hukum bacaan QS.
al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
3.8.2
menyimpulkan kandungan QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
4.1.4.1
membaca QS. al-mu’minun ayat 1-10, al
anfal 2-4, at-taubah 71 dengan baik dan benar
4.1
memberi
contoh bacaan yang mengandung hukum tajwid pada surah QS.
al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
4.2
menulis
potongan ayat QS. al-mu’minun ayat 1-10, al
anfal 2-4, at-taubah 71
4.3
menulis
seluruh ayat QS. al-mu’minun ayat 1-10, al
anfal 2-4, at-taubah 71
D. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik diharapkan mampu:
3.1.1 Mengidentifikasi tajwid QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71,
dengan tepat dan benar
3.2.1 Mengemukakan isi kandungan QS.
al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71,
dengan baik dan
benar
E. Materi Ajar
(Materi Pokok)
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4,
at-taubah 71
F. Metode
Pembelajaran:
1. Ceramah,
2. Diskusi,
3. Tanya
jawab, dan
4. Praktik
G. Alat/ Bahan/Sumber
Belajar
§ Lap top, LCD,
§ Silabus dan perangkat pembelajaran
§ Kitab Alquran dan terjemahnya Departemen Agama RI,
Jakarta.
§ Tafsir Al-Misbah oleh Prof. Dr. Quraish Shihab
§ Tajwid
Praktis Oleh As’ad Humam
§ Buku-Buku yang relevan
§ Multimedia interaktif dan interknit.
H. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.
Secara bersama bertadarus
al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d.
Menjelaskan secara
singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar
serta indikator yang akan dicapai.
e.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a. Mengamati
-
Menyimak
bacaan, membaca mengidentifikasi hukum bacaan tajwid QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Mencermati makna kandungan
QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71 melalui Al-Qur’an terjemah
dan media lainnya.
b. Menanya
-
Menanyakan
tentag isi kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Menanyakan
identifikasi tajwid QS. QS.
al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
c. Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Mendiskusikan
isi kandungan QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Menganalisis
QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Mengidentifikasi
tajwid QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
d. Mengasosiasi
-
Membuat
kesimpulan dari isi kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
e. Mengkomunikasikan:
-
Menpresentasikan
isi kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Menyampaikan
hasil diskusi tentang identifikasi tajwid QS. QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4,
at-taubah 71
3.
Kegiatan Akhir (Penutup)
-
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi menyimpulkan
materi QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Pendidik meminta agar para peserta didik mengamalkan isi
kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
-
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
C.
Penilaian
1.
Tes (tulis dan
lisan)
2.
Non tes (tugas,
observasi, dan portofolio)
D.
Lembar Penilaian
1.
Tes
-
Tulis
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1
|
Arti kosa kata
dari
دَرَجَاتٌ- عِنْدَ رَبِّهِمْ- وَمَغْفِرَةٌ –وَرِزْقٌ- كَرِيمٌ
|
-disisi Tuhan nya
-Kemuliaan
-derajat
-ampunan
-rezqi
|
-
Lisan (mempresantasikan
hasil diskusi)
No.
|
Nama
Peserta didik
|
Kemampuan
Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Amar
|
|
|
|
|
|
2.
2
|
Amir
|
|
|
|
|
|
3.
3
|
Umar
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Skor Tes lisan :
·
Mempresentasikan
sangat baik = 80 – 90 = A
·
Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
·
Mempresentasikan kurang baik =
60 – 69 = C
·
Mempresentasikan tidak lancar =
50 – 59 = D
·
Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
2.
Non
Tes
-
Tugas
(memahami isi kandungan QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Observasi
(mengamati dan mengidentifikasi hukum bacaan tajwid yang ada pada QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71 Potofolio
(tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP
|
|
Kintap , Juni 2015
Pendidik Bidang Studi
Yusuf Wibbisono,S.Pd.I
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK Negeri Kintap
Mata Pelajaran : Pendidikan Al-Qur’an
Kelas/Semester : X (sepuluh)/Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan : Kedua
E.
Kompetensi
Inti :
(KI-1) Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
F.
Kompetensi Dasar
3.7 Menganalisis
QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
tentang ciri-ciri orang yang beriman
3.8 Memahami
makna kandungan QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
4.1.4 Membaca QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71 dengan baik dan benar
4.2.4 Menulis QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71 dengan baik dan benar
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.7.1 Mengidintifikasi ciri-ciri orang yang beriman
pada QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
3.2.1 Mengidentifikasi
hukum bacaan QS. al-mu’minun ayat 1-10, al
anfal 2-4, at-taubah 71
3.8.2
menyimpulkan kandungan QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
4.1.4.1
membaca QS. al-mu’minun ayat 1-10, al
anfal 2-4, at-taubah 71 dengan baik dan benar
4.1
memberi contoh bacaan yang mengandung hukum tajwid pada surah QS.
al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
4.2
menulis potongan ayat QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
4.3
menulis seluruh ayat QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
D. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik diharapkan mampu:
3.1.1 Mengidentifikasi tajwid QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71,
dengan tepat dan benar
3.2.1 Mengemukakan isi kandungan QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71,
dengan baik dan
benar
E. Materi Ajar
(Materi Pokok)
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4,
at-taubah 71
F. Metode
Pembelajaran:
5. Ceramah,
6. Diskusi,
7. Tanya
jawab, dan
8. Praktik
G. Alat/ Bahan/Sumber
Belajar
§ Lap top, LCD,
§ Silabus dan perangkat pembelajaran
§ Kitab Alquran dan terjemahnya Departemen Agama RI,
Jakarta.
§ Tafsir Al-Misbah oleh Prof. Dr. Quraish Shihab
§ Tajwid
Praktis Oleh As’ad Humam
§ Buku-Buku yang relevan
§ Multimedia interaktif dan interknit.
H. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
4.
Kegiatan Awal
f.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
g.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
h.
Secara bersama bertadarus
al-Qur’an (selama 5-10 menit)
i.
Menjelaskan secara
singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar
serta indikator yang akan dicapai.
j.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
5.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a. Mengamati
-
Menyimak
bacaan, membaca mengidentifikasi hukum bacaan tajwid QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Mencermati makna kandungan
QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71 melalui Al-Qur’an terjemah
dan media lainnya.
b. Menanya
-
Menanyakan
tentag isi kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Menanyakan
identifikasi tajwid QS. QS.
al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
c. Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Mendiskusikan
isi kandungan QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Menganalisis
QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Mengidentifikasi
tajwid QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
d. Mengasosiasi
-
Membuat
kesimpulan dari isi kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
e. Mengkomunikasikan:
-
Menpresentasikan
isi kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Menyampaikan
hasil diskusi tentang identifikasi tajwid QS. QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4,
at-taubah 71
6.
Kegiatan Akhir (Penutup)
-
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi menyimpulkan
materi QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Pendidik meminta agar para peserta didik mengamalkan isi
kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
-
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
G.
Penilaian
3.
Tes (tulis dan
lisan)
4.
Non tes (tugas,
observasi, dan portofolio)
H.
Lembar Penilaian
3.
Tes
-
Tulis
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Jelaskan
isi kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10,
al anfal 2-4, at-taubah 71
|
1. ber iman kepada 6 Rukun Iman
2.Khusu dalam shalat nya
3.menjauhkan diri dari setiap perbuatan dan perkataan yang tidak
berguna
4. menunaikan zakat wajib dan derma yang di anjurkan
5. menjaga kemaluan dari perbuatan keji
6.memelihara amanat-amanat yang dipikulnya dan menepati janji nya
7. memelihara shalat yang lima waktu
|
-
Lisan (mempresantasikan
hasil diskusi)
No.
|
Nama
Peserta didik
|
Kemampuan
Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
4.
1
|
Amar
|
|
|
|
|
|
5.
2
|
Amir
|
|
|
|
|
|
6.
3
|
Umar
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Skor Tes lisan :
·
Mempresentasikan
sangat baik = 80 – 90 = A
·
Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
·
Mempresentasikan kurang baik =
60 – 69 = C
·
Mempresentasikan tidak lancar =
50 – 59 = D
·
Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
4.
Non
Tes
-
Tugas
(memahami isi kandungan QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Observasi
(mengamati dan mengidentifikasi hukum bacaan tajwid yang ada pada QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71 Potofolio
(tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
-
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP
|
|
Kintap , Juni 2015
Pendidik Bidang Studi
Yusuf Wibbisono,S.Pd.I
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK Negeri Kintap
Mata Pelajaran : Pendidikan Al-Qur’an
Kelas/Semester : X (sepuluh)/Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan : Ketiga
I.
Kompetensi
Inti :
(KI-1) Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
J.
Kompetensi Dasar
3.7 Menganalisis QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
tentang ciri-ciri orang yang beriman
3.8 Memahami makna
kandungan QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
4.1.4 Membaca QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71 dengan baik dan benar
4.2.4 Menulis QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71 dengan baik dan benar
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.7.1 Mengidintifikasi ciri-ciri orang yang beriman
pada QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
3.2.1 Mengidentifikasi
hukum bacaan QS. al-mu’minun ayat 1-10, al
anfal 2-4, at-taubah 71
3.8.2 menyimpulkan kandungan QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
4.1.4.1 membaca QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71 dengan baik dan benar
4.1 memberi contoh bacaan yang mengandung hukum tajwid pada surah QS.
al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
4.2 menulis potongan ayat QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
4.3 menulis seluruh ayat QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
D. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik diharapkan mampu:
3.1.1 Mengidentifikasi tajwid QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71,
dengan tepat dan benar
3.2.1 Mengemukakan isi kandungan QS.
al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71,
dengan baik dan
benar
E. Materi Ajar
(Materi Pokok)
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4,
at-taubah 71
F. Metode
Pembelajaran:
9. Ceramah,
10.
Diskusi,
11.
Tanya jawab, dan
12.
Praktik
G. Alat/ Bahan/Sumber
Belajar
§ Lap top, LCD,
§ Silabus dan perangkat pembelajaran
§ Kitab Alquran dan terjemahnya Departemen Agama RI,
Jakarta.
§ Tafsir Al-Misbah oleh Prof. Dr. Quraish Shihab
§ Tajwid
Praktis Oleh As’ad Humam
§ Buku-Buku yang relevan
§ Multimedia interaktif dan interknit.
H. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
7.
Kegiatan Awal
k.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
l.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
m. Secara
bersama bertadarus al-Qur’an (selama
5-10 menit)
n.
Menjelaskan secara
singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar
serta indikator yang akan dicapai.
o.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
8.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
B. Mengamati
-
Menyimak
bacaan, membaca mengidentifikasi hukum bacaan tajwid QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Mencermati makna kandungan
QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71 melalui Al-Qur’an terjemah
dan media lainnya.
C. Menanya
-
Menanyakan
tentag isi kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Menanyakan
identifikasi tajwid QS. QS.
al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
D. Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Mendiskusikan
isi kandungan QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Menganalisis
QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Mengidentifikasi
tajwid QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
E. Mengasosiasi
-
Membuat
kesimpulan dari isi kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
F. Mengkomunikasikan:
-
Menpresentasikan
isi kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Menyampaikan
hasil diskusi tentang identifikasi tajwid QS. QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4,
at-taubah 71
1.
Kegiatan Akhir (Penutup)
-
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi menyimpulkan
materi QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Pendidik meminta agar para peserta didik mengamalkan isi
kandungan QS.
QS. al-mu’minun
ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
-
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
K.
Penilaian
5.
Tes (tulis dan
lisan)
6.
Non tes (tugas,
observasi, dan portofolio)
L.
Lembar Penilaian
5.
Tes
-
Tulis
No.
|
Butir –
butir Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
Tunjukkan
bacaan tajwid pada kata yang bergaris bawah berikut ini !
دَرَجَاتٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ
وَمَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ
|
Ikhfa
Izhar syafawi
Idghom bigunnah
Izhar
Mad aridh lissukun
|
-
Lisan (mempresantasikan
hasil diskusi)
No.
|
Nama
Peserta didik
|
Kemampuan
Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
7.
1
|
Amar
|
|
|
|
|
|
8.
2
|
Amir
|
|
|
|
|
|
9.
3
|
Umar
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Skor Tes lisan :
·
Mempresentasikan
sangat baik = 80 – 90 = A
·
Mempresentasikan baik =
70 – 79 = B
·
Mempresentasikan kurang baik =
60 – 69 = C
·
Mempresentasikan tidak lancar =
50 – 59 = D
·
Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
6.
Non
Tes
-
Tugas
(memahami isi kandungan QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71
-
Observasi
(mengamati dan mengidentifikasi hukum bacaan tajwid yang ada pada QS. QS. al-mu’minun ayat 1-10, al anfal 2-4, at-taubah 71 Potofolio
(tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
-
Mengetahui
Kepala Sekolah
_________________________
NIP
|
|
Kintap , Juni 2015
Pendidik Bidang Studi
Yusuf Wibisono,S.Pd.I
|
0 comments:
Posting Komentar