Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMK Negeri Kintap
Mata Pelajaran : Pendidikan Al-Qur’an
Kelas : X/I
Materi Pokok :
Adab Membaca Al-Quran
Alokasi Waktu : 1
X Pertemuan (2 X 45 Menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama Islam (Al-Quran)
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
- Kompetensi Dasar dan Indikator:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
1
|
4.1.2
Membaca
QS. An-Nahl ayat 98 dan
QS. Al-A’raf ayat 204 dengan tartil.
|
4.1.2.1 Melafalkan perkata QS. An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204 .
4.1.2.2.Mendemontrasikan bacaan QS.
An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204 dengan baik dan benar.
|
2
|
4.2.2 Menulis Qs. An-Nahl ayat 98 dan
Qs. Al-A’raf ayat 204 dengan baik dan
benar.
|
4.2.2.1 Menulis Qs. An-Nahl ayat 98 dan Qs. Al-A’raf
ayat 204 dengan baik dan benar.
4.2.2.2 Merangkai ayat Qs. An-Nahl ayat 98 dan
Qs. Al-A’raf ayat 204.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN:
PERTEMUAN PERTAMA
Peserta
didik diharapkan mampu:
1.
Siswa dapat melafalkan QS. An-Nahl ayat
98 dan QS. Al-A’raf ayat 204 dengan baik
dan benar.
2.
Siswa mampu mengidentifikasi hukum
bacaan pada QS. An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204 dengan baik dan benar.
3.
Siswa dapat menyambung ayat QS An-Nahl
ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204 dengan
baik dan benar tanpa melihat teks.
PERTEMUAN KEDUA
Peserta
didik diharapkan mampu:
1.
Siswa dapat
menulis QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204
dengan
baik dan benar.
2.
Siswa dapat
menyusun rangkaian ayat-ayat QS. An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204 dengan tepat tanpa melihat teks.
D. MATERI PEMBELAJARAN:
PERTEMUAN PERTAMA:
QS. AN-NAHL AYAT 98 DAN QS. AL-A’RAF AYAT 204 TENTANG ADAB/ AKHLAK MEMBACA AL-QURAN.
#sÎ*sù
|Nù&ts%
tb#uäöà)ø9$#
õÏètGó$$sù
«!$$Î/
z`ÏB
Ç`»sÜø¤±9$#
ÉOÅ_§9$#
ÇÒÑÈ
Artinya: “Apabila kamu
membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan
yang terkutuk.”(QS. An-Nahl ayat 98)
#sÎ)ur
Ìè%
ãb#uäöà)ø9$#
(#qãèÏJtGó$$sù
¼çms9
(#qçFÅÁRr&ur
öNä3ª=yès9
tbqçHxqöè?
ÇËÉÍÈ
Artinya:“Dan apabila dibacakan Al Quran, Maka
dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat
rahmat[591].” ( QS. Al-A’raf ayat 204).
[591] Maksudnya: jika dibacakan Al
Quran kita diwajibkan mendengar dan memperhatikan sambil berdiam diri, baik
dalam sembahyang maupun di luar sembahyang, terkecuali dalam shalat berjamaah
ma'mum boleh membaca Al Faatihah sendiri waktu imam membaca ayat-ayat Al Quran.
No
|
Bacaan
|
Hukum Bacaan
|
Sebab
|
Cara membaca
|
1
|
bqçHxqöè?Nä3ª=yès9
|
Idgham mimi
Ikhfa syafawi
Izhar syafawi
|
o
Mim mati bertemu huruf Min
o
Mim mati bertemu huruf Ba’
o
Mim mati bertemu huruf selain Mim dan Ba’.
|
· Memadukan dua huruf mim dan berdengung
· Samar dibibir dan berdengung
· Jelas dibibir
|
2
3
4
|
`»sÜø¤±9$#
ÇËÉÍÈ bqçHxqöè?
|
Mad Thabi’i
Mad ‘Arid Lissukun
Ikhfa’
|
o
Fathah pada tho’ menghadapi huruf alif
o
Dhomah pada Mim menghadapi Waw mati yang bertemu
satu huruf berbaris yang dimatikan.
o
Tanwin atau nun
mati bertemu huruf ikhfa( ta’,tsa’, jim, dal, zal, zai, sin, syin, shad,
dhad, tha, dha, fa’, qaf dan kaf)
|
· Dipanjangkan 2 harakat
· Dipanjangkan 2, 4 atau 6 harakat.
· Samar dan berdengung
|
Belajar Ilmu Tajwid:
PERTEMUAN KEDUA:
QS. AN-NAHL AYAT 98 DAN QS. AL-A’RAF AYAT 204 TENTANG
ADAB/ AKHLAK MEMBACA AL-QURAN.
E. METODE
PEMBELAJARAN:
1. Pendekatan Scientific
Learning (Ilmiah)
2.
Model
: Cooperative Learning
3. Metode:
Diskusi, tanya jawab, penugasan, demonstrasi dan inquiry
4.
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media
i.
Buku-buku
pelajaran tentang adab/akhlak
membaca Al Qur’an
ii.
Video Pembelajaran
iii.
CD Pembelajaran
tentang adab/akhlak membaca
Al Qur’an
2.
Alat
a.
Komputer
b.
LCD Projector
5.
SUMBER BELAJAR
1.
Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.
Kitab-kitab
hadits
3.
Buku pegangan
siswa PAQ SMA/SMK Kelas X
4.
Buku
lain yang memadai.
6.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
1.
Pendahuluan (15 Menit)
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c. Secara
bersama bertadarus al-Qur’an (selama
5-10 menit)
d. Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi
dasar serta indikator yang akan dicapai.
e.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
f.
Mengajak peserta
didik bersama-sama membaca QS. An-Nahl
ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204
tentang adab/akhlak membaca Al Qur’an
2.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a. Mengamati
- Mengamati
QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf
ayat 204 tentang adab/akhlak membaca Al Qur’an.
- Mengidentifikasi hukum bacaan pada QS An-Nahl ayat
98 dan QS. Al-A’raf ayat 204.
b. Menanya
- Menanyakan
hukum bacaan pada QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204.
- Menanyakan cara melafalkan QS An-Nahl ayat 98 dan
QS. Al-A’raf ayat 204.
c. Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Mendiskusikan hukum bacaan pada QS
An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat
204.
-
Menganalisis cara melafalkan QS An-Nahl ayat
98 dan QS. Al-A’raf ayat 204.
d. Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan hukum bacaan pada QS An-Nahl ayat 98 dan QS.
Al-A’raf ayat 204.
e. Mengkomunikasikan:
Mendemontrasikan bacaaan QS An-Nahl ayat 98
dan QS. Al-A’raf ayat 204.
3.
Penutup (15 Menit)
a. Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca QS
An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat
204.
b. Pendidik meminta agar para peserta didik
menghafal QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204.
c. Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
d. Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik
sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
PERTEMUAN KEDUA
4.
Pendahuluan (15 Menit)
a.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.
Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.
Secara bersama
bertadarus al-Qur’an (selama 5-10 menit)
d.
Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi
dasar serta indikator yang akan dicapai.
e.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
f.
Mengajak peserta
didik bersama-sama membaca QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204 tentang
adab/akhlak membaca Al Qur’an.
5.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a. Mengamati
- Mengamati
QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf
ayat 204 tentang adab/akhlak membaca Al Qur’an.
- Mengidentifikasi lafal bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan
QS. Al-A’raf ayat 204.
b. Menanya
- Menanyakan
cara melafalkan bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204.
- Menanyakan cara menuliskan QS An-Nahl ayat 98 dan
QS. Al-A’raf ayat 204.
c. Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Mendiskusikan lafal bacaan pada QS An-Nahl
ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204.
-
Menganalisis cara menuliskan
QS
An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat
204.
d. Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan cara menuliskan bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS.
Al-A’raf ayat 204 secara berkelompok.
e. Mengkomunikasikan:
Mendemontrasikan cara
menulis bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat
204.
6.
Penutup (15 Menit)
a.
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi menyusun
rangkaian ayat QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204 tanpa melihat teks.
b.
Pendidik meminta agar para peserta didik mengulang
kembali cara menulis QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204 di rumah(dijadikan PR).
c.
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.
Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas
dan peserta didik menjawab salam.
7. Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Membaca QS An-Nahl ayat 98 dan QS.
Al-A’raf ayat 204 dengan fasih dan
benar
Menyambung potongan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf
ayat 204 dengan tepat
Menuliskan bacaan QS An-Nahl ayat 98
dan QS. Al-A’raf ayat 204 dengan tepat
dan benar
|
Tugas individu
|
Lembar
pengamatan
Lembar pengamatan
Lembar pengamatan
|
Terlampir
|
LEMBAR PENILAIAN
I. Tes Pengetahuan
a.
Tes (tulis dan
lisan)
b.
Non tes (tugas,
observasi, dan portofolio)
Lembar Penilaian
1.
Tes
-
Tulis
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Sebutkan hukum
bacaan yang terdapat pada QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204?
|
Hukum tajwid
pada QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat
204:
a. Mad thobii
b.
Mad Badal
c.
Tafkhim
d.
Tarqiq
e. Mad Liin
f. Mad Shilah Qasirah
g. Mad Arid Lissukun
h. Ikhfa
i. Izhar Syafawi
|
2.
|
Bagaimana cara
menuliskan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204?
|
|QS. An-Nahl ayat 98 :
`»sÜø¤±9$#
z`ÏB «!$$Î/ õÏètGó$$sù tb#uäöà)ø9$# Nù&ts% #sÎ*sù Ç
ÇÒÑÈ ÉOÅ_§9$#
QS. Al-A’raf ayat 204 :
(Nä3ª=yès9 #qçFÅÁRr&ur ¼çms9#qãèÏJtGó$$sù b#uäöà)ø9$# Ìè% #sÎ)ur
ÇËÉÍÈ bqçHxqöè?
|
II.Tes Perbuatan
a.
Lisan (mendemontrasikan cara melafalkan
bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al- A’raf
ayat 204).
b. Lisan (mendemontrasikan cara menuliskan
bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al- A’raf
ayat 204).
No
|
Nama Siswa
|
Kemampuan Membaca
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: Skor
Tes Perbuatan
1 = membaca lancar dan baik = 85 –
95 =A
2 = Membaca lancar kurang baik = 79
– 84
= B
3 = Membaca terbata-bata =
74
– 78
= C
4 = Membaca terbata-bata dengan bantuan
guru = 69
– 73
= D
5 = Tidak dapat membaca =
kurang dari 65
= E
No
|
Nama Siswa
|
Kemampuan Menulis
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: Skor
Tes Perbuatan
1 = Menulis dengan lancar
dan tepat =
86
- 100
=A
2 = Menulis dengan tepat tapi kurang lancar = 80
– 85
= B
3 = Menulis kurang lancar dan kurang tepat =
75
– 79
= C
4 = Menulis
dengan bantuan guru = 60
– 74
= D
5 = Tidak dapat
menulis = kurang dari 60
= E
III.Tes Sikap
No
|
Pengamatan
|
B
|
S
|
C
|
|
1
|
Adab
membaca
|
|
|
|
|
2
|
Kerapian
berpakaian pada saat membaca
|
|
|
|
|
3
|
Kejujuran
dalam menuliskan ayat
|
|
|
|
|
4
|
Kerajinan
dalam menyelesaikan tugas
|
|
|
|
|
Keterangan Skor
Nilai
B = Baik = 100
S = Sedang = 80
C = Cukup = 70
Banjarmasin,
12 Juni 2015
Guru PAQ :
Yusuf Wibisono, S.Pd.I
0 comments:
Posting Komentar