Jumat, 26 Juli 2019

Posted by Rumah Ratu On Jumat, Juli 26, 2019


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )


Nama Sekolah             :  SMK Negeri Kintap
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Al-Qur’an
Kelas                           :  X/I
Materi Pokok              :  Adab Membaca Al-Quran
Alokasi Waktu            : 1 X Pertemuan (2 X 45 Menit)

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam (Al-Quran)
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator:
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
4.1.2        Membaca QS. An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 dengan tartil.
4.1.2.1 Melafalkan perkata QS. An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204 .
4.1.2.2.Mendemontrasikan bacaan QS. An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204 dengan baik dan benar.
2
4.2.2 Menulis Qs. An-Nahl ayat 98 dan Qs. Al-A’raf ayat  204 dengan baik dan benar.
4.2.2.1 Menulis Qs. An-Nahl ayat 98 dan Qs. Al-A’raf ayat  204 dengan baik dan benar.
4.2.2.2 Merangkai ayat Qs. An-Nahl ayat 98 dan Qs. Al-A’raf ayat  204.

Rectangular Callout: Jangan ada pemborosan kata
C.       TUJUAN PEMBELAJARAN:
PERTEMUAN PERTAMA
Peserta didik diharapkan mampu:
1.      Siswa dapat melafalkan QS. An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 dengan baik dan benar.  
2.      Siswa mampu mengidentifikasi hukum bacaan pada QS. An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 dengan baik dan benar.
3.      Siswa dapat menyambung ayat QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 dengan baik dan benar tanpa melihat teks.

PERTEMUAN KEDUA
Peserta didik diharapkan mampu:
1.    Siswa dapat menulis QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat 204 dengan baik dan benar.
2.    Siswa dapat menyusun rangkaian ayat-ayat QS. An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 dengan tepat tanpa melihat teks.

D.       MATERI PEMBELAJARAN:
PERTEMUAN PERTAMA:
QS. AN-NAHL AYAT 98 DAN QS. AL-A’RAF AYAT 204 TENTANG ADAB/ AKHLAK MEMBACA AL-QURAN.
#sŒÎ*sù |Nù&ts% tb#uäöà)ø9$# õÏètGó$$sù «!$$Î/ z`ÏB Ç`»sÜø¤±9$# ÉOŠÅ_§9$# ÇÒÑÈ  
Artinya: “Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.”(QS. An-Nahl ayat 98)

#sŒÎ)ur ˜Ìè% ãb#uäöà)ø9$# (#qãèÏJtGó$$sù ¼çms9 (#qçFÅÁRr&ur öNä3ª=yès9 tbqçHxqöè? ÇËÉÍÈ  
Artinya:“Dan apabila dibacakan Al Quran, Maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat[591].” ( QS. Al-A’raf ayat 204).

[591] Maksudnya: jika dibacakan Al Quran kita diwajibkan mendengar dan memperhatikan sambil berdiam diri, baik dalam sembahyang maupun di luar sembahyang, terkecuali dalam shalat berjamaah ma'mum boleh membaca Al Faatihah sendiri waktu imam membaca ayat-ayat Al Quran.

No
Bacaan
Hukum Bacaan
Sebab
Cara membaca
1








bqçHxqöè?Nä3ª=yès9

Idgham mimi

Ikhfa syafawi

Izhar syafawi

o    Mim mati bertemu huruf Min
o    Mim mati bertemu huruf Ba’
o    Mim mati bertemu huruf selain Mim dan Ba’.

·      Memadukan dua huruf mim dan berdengung
·      Samar dibibir dan berdengung
·      Jelas dibibir


2



3





4
`»sÜø¤±9$#


ÇËÉÍÈ bqçHxqöè?



Mad Thabi’i



Mad ‘Arid Lissukun




Ikhfa’

o     Fathah pada tho’ menghadapi huruf alif

o     Dhomah pada Mim menghadapi Waw mati yang bertemu satu huruf berbaris yang dimatikan.

o     Tanwin  atau nun mati bertemu huruf ikhfa( ta’,tsa’, jim, dal, zal, zai, sin, syin, shad, dhad, tha, dha, fa’, qaf dan kaf)

·      Dipanjangkan 2 harakat


·      Dipanjangkan 2, 4 atau 6 harakat.



·      Samar dan berdengung

  Belajar Ilmu Tajwid:

PERTEMUAN KEDUA:
QS. AN-NAHL AYAT 98 DAN QS. AL-A’RAF AYAT 204 TENTANG ADAB/ AKHLAK MEMBACA AL-QURAN.

E.       METODE PEMBELAJARAN:
1.      Pendekatan Scientific Learning (Ilmiah)
2.      Model : Cooperative Learning
3.      Metode: Diskusi, tanya jawab, penugasan, demonstrasi dan inquiry







4.        MEDIA PEMBELAJARAN
              1.              Media
                                i.      Buku-buku pelajaran tentang adab/akhlak membaca Al Qur’an
                              ii.      Video Pembelajaran
                            iii.      CD Pembelajaran tentang adab/akhlak membaca Al Qur’an
              2.              Alat
                               a.      Komputer
                               b.      LCD Projector
5.        SUMBER BELAJAR
1.         Kitab al-Quranul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.         Kitab-kitab hadits
3.         Buku pegangan siswa PAQ SMA/SMK Kelas X
4.         Buku lain yang memadai.

6.        LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN     
PERTEMUAN PERTAMA
1.    Pendahuluan (15 Menit)
a.    Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.    Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.    Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
d.   Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
e.    Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
f.     Mengajak peserta didik bersama-sama membaca QS. An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 tentang adab/akhlak membaca Al Qur’an

2.    Kegiatan Inti (60 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.    Mengamati
-       Mengamati QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 tentang adab/akhlak membaca Al Qur’an.
-       Mengidentifikasi hukum bacaan pada QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
b.    Menanya
-       Menanyakan hukum bacaan pada QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
-       Menanyakan cara melafalkan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
c.    Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan hukum bacaan pada QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
-       Menganalisis cara melafalkan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
d.    Mengasosiasi
Membuat kesimpulan hukum bacaan pada QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
e.    Mengkomunikasikan:
 Mendemontrasikan bacaaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
3.    Penutup (15 Menit)
a.    Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
b.    Pendidik meminta agar para peserta didik menghafal QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
c.    Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.   Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.

PERTEMUAN KEDUA
4.    Pendahuluan (15 Menit)
a.       Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.    Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
c.    Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
d.   Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
e.    Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
f.     Mengajak peserta didik bersama-sama membaca QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 tentang adab/akhlak membaca Al Qur’an.

5.    Kegiatan Inti (60 Menit)
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.

a.    Mengamati
-       Mengamati QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 tentang adab/akhlak membaca Al Qur’an.
-       Mengidentifikasi lafal bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.


b.    Menanya
-       Menanyakan cara melafalkan bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
-       Menanyakan cara menuliskan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
c.    Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan lafal bacaan pada QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
-       Menganalisis cara menuliskan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204.
d.    Mengasosiasi
Membuat kesimpulan cara menuliskan bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 secara berkelompok.
e.    Mengkomunikasikan:
Mendemontrasikan cara menulis bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf   ayat  204.
6.    Penutup (15 Menit)
a.    Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi menyusun rangkaian ayat QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 tanpa melihat teks.
b.    Pendidik meminta agar para peserta didik mengulang kembali cara menulis QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 di rumah(dijadikan PR).
c.    Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.   Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.

7.    Penilaian
Indikator              
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
Membaca QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 dengan fasih dan benar

Menyambung potongan  QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 dengan tepat

Menuliskan bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204 dengan tepat dan benar
Tugas individu
Lembar pengamatan


Lembar pengamatan



Lembar pengamatan
Terlampir

LEMBAR PENILAIAN

I. Tes Pengetahuan
a.         Tes (tulis dan lisan)
b.        Non tes (tugas, observasi, dan portofolio)
Lembar Penilaian
1.    Tes
-       Tulis
No.
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Sebutkan hukum bacaan yang terdapat pada QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204?
Hukum tajwid pada QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204:
a. Mad thobii
b. Mad Badal
c. Tafkhim
d. Tarqiq
e.  Mad Liin
f.  Mad Shilah Qasirah
g.  Mad Arid Lissukun
h.  Ikhfa
i.  Izhar Syafawi
2.
Bagaimana cara menuliskan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-A’raf ayat  204?
|QS. An-Nahl ayat 98 :
`»sÜø¤±9$#  z`ÏB «!$$Î/ õÏètGó$$sù tb#uäöà)ø9$# Nù&ts% #sŒÎ*sù Ç
ÇÒÑÈ ÉOŠÅ_§9$#
QS. Al-A’raf ayat 204 :
(Nä3ª=yès9 #qçFÅÁRr&ur ¼çms9#qãèÏJtGó$$sù b#uäöà)ø9$# ˜Ìè% #sŒÎ)ur
ÇËÉÍÈ bqçHxqöè?

II.Tes Perbuatan
a.  Lisan (mendemontrasikan cara melafalkan bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-   A’raf ayat  204).
b.  Lisan (mendemontrasikan cara menuliskan bacaan QS An-Nahl ayat 98 dan QS. Al-   A’raf ayat  204).

No
Nama Siswa
Kemampuan Membaca
1
2
3
4
5
1






2






3






4







Keterangan :                                                                   Skor Tes Perbuatan
1 = membaca lancar dan baik                                           = 85 – 95  =A
2 = Membaca lancar kurang baik                                     = 7984 = B
3 = Membaca terbata-bata                                               = 7478 = C
4 = Membaca terbata-bata dengan bantuan guru             = 6973 = D
5 = Tidak dapat membaca                                                = kurang dari 65 = E
No
Nama Siswa
Kemampuan Menulis
1
2
3
4
5
1






2






3






4







Keterangan :                                                                   Skor Tes Perbuatan
1 = Menulis dengan lancar dan tepat                               = 86 - 100 =A
2 = Menulis dengan tepat tapi kurang lancar                   = 8085 = B
3 = Menulis kurang lancar dan kurang tepat                    = 7579 = C
4 = Menulis dengan bantuan guru                                   = 6074 = D
5  = Tidak dapat menulis                                                  = kurang dari 60 = E

III.Tes Sikap
No
Pengamatan
B
S
C

1
Adab membaca




2
Kerapian berpakaian pada saat membaca




3
Kejujuran dalam menuliskan ayat




4
Kerajinan dalam menyelesaikan tugas





Keterangan                            Skor Nilai
B = Baik                                   = 100
S = Sedang                               = 80
C = Cukup                                = 70
Banjarmasin, 12 Juni 2015
Guru PAQ :

Yusuf Wibisono, S.Pd.I


0 comments:

Posting Komentar