Jumat, 13 September 2019

Posted by Rumah Ratu On Jumat, September 13, 2019

BAB  I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Dalam era globalisasi ini, peningkatan sumber daya manusia (SDM) sangat diperlukan untuk mengelola potensi yang dimiliki, baik bidang Teknologi maupun bidang bidang akuntansi. Hal ini memang kita sadari mengingat perkembangan ilmu dan teknologi yang cukup pesat, berdampak kepada tuntutan masyarakat akan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengelola Sumber Daya Alam (SDA) ini semakin besar pula.

Salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan pembangunan di segala bidang adalah tersedianya sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas yaitu SDM yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan baik sebagai tenaga kerja maupun sebagai wirausaha. Keunggulan komparatif (comparative advantage) saja tidak cukup, dibutuhkan juga keunggulan kompetetif      (competitive advantage) untuk bisa memasuki persaingan dunia kerja.
Sedangkan sumber daya alam ( SDA ) dan lingkungannya sangat potencial karena tersedia sumber daya alam dalam jumlah yang cukup melimpah diberbagai sektor  antara lain sector pertambangan, perkebunan dan industri. Disisi lain didukung oleh sarana prasarana perhubungan yang cukup memadai yakni letak terminal untuk angkutan darat yang strategis terletak dipinggir jalan raya propinsi yang menghubungkan Kalimantan Selatan dengan Kalimantan Timur, serta tersedia sarana pelabuhan laut yang sangat potensial. Di samping itu, banyak kantor-kantor perusahaan baik perusahaan, semua itu tentunya sangat membutuhkan tenaga-tenaga terampil (skill) untuk mengelola dan mengembangkannya.
Sejalan dengan hal tersebut di atas, maka SMK Muhammadiyah Satui yang menampung lulusan SMP dan sederajat dalam wilayah pada khususnya dan Kabupaten Tanah Bumbu pada umumnya perlu dikembangkan dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana dalam jumlah yang cukup dan memadai sehingga diharapkan dapat menunjang proses pendidikan dan pelatihan yang pada akhirnya, SMK Muhammadiyah Satui, akan menghasilkan tenaga-tenaga potencial siap pakai yang mampu bersaing di era global untuk mengelola dan mengembangkan bidang Teknologi, dan Akuntansi.

Antusiasme masyarakat Kecamatan Satui secara khusus dan Kabupaten Tanah Bumbu secara umum terhadap dunia pendidikan, terutama pendidikan menengah kejuruan sangat besar. Hal ini tercermin dari jumlah pendaftar pada Penerimaan Siswa Baru (PSB) pada setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Hal ini berdampak pada jumlah sarana dan prasarana pendidikan yang semakin tidak memadai dilihat dari rasio jumlah siswa dengan sarana dan prasarana yang ada. Oleh karena itu, maka dukungan dan partisipasi pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah serta dunia usaha/industri dan masyarakat sangat diharapkan.
B.      Tujuan dan Sasaran
1.   Tujuan
Dengan adanya program Bantuan Ruang Kelas Belajar SMK ini, diharapkan ketersediaan dan kecukupan akan tempat Belajar  yang representatif di SMK Muhammadiyah Satui dapat teratasi, sehingga program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal peningkatan akses dan pemerataan pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan dapat tercapai.
2.   Sasaran
Sasaran dari program ini, tidak lain adalah tersedianya Ruang kelas belajar  yang representatif dan standar untuk SMK Muhammadiyah Satui. Dengan demikian, kendala yang kami hadapi pada tiap tahunnya menyangkut tidak terpenuhinya rasio perbandingan antara jumlah ruang kelas dapat diminimalisir dengan tersedianya Ruang Kelas Belajar tersebut tersebut.










BAB  II
PROFIL SEKOLAH


I.          IDENTITAS SEKOLAH

1
NAMA
 SMK MUHAMMADIYAH SATUI
2
NISS
 32   2  15  11  03  007
3
NPSN
 6 9 7 7 2 9 4 2
4
STATUS AKREDITASI
1
TEK. KENDARAAN RINGAN
2
AKUNTANSI
5
ALAMAT SEKOLAH
 Jl.KH. Ahmad Dahlan No.007 Desa Makmur Mulia
 Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu
Telp/Fax
 -
HP
 081254721126
Email
smk.muhammadiyahsatui@gmail.com
6
SK Pendirian
Nomor
188.45/296/DISDIK/2014
Tanggal
2  Juni 2014
7
BIDANG  KEAHLIAN
PROGRAM KEAHLIAN
KOMPETENSI KEAHLIAN

Teknologi dan Rekayasa
Teknik Otomotif
Tek.Kendaraan ringan

Keuangan Akuntansi
Keuangan
Akuntansi
8
Kepala Sekolah

Nama
Yusuf Wibisono, S.Pd.I

NIP


Pejabat yang menetapkan
PW, Muhammadiyah

Nomor SK


Tanggal


TMT

9
Nama Yayasan
Muhammadiyah

Nama Ketua Yayasan
Asli Ali Hasbi, SE

Alamat Yayasan
Jl.Karya No.11o Desa Makmur Mulia Satui
10
Komite Sekolah

Nama
Bambang Sucipto .ST






II.        KONDISI GURU, KARYAWAN, DAN SISWA
II.1.     GURU
No.
Status Guru
L
P
Jumlah
1
Guru Tetap / PNS



2
Guru Kontrak Pusat



3
Guru Tetap / Bantu Kabupaten



4
Guru PTT Kabupaten



5
Guru Tetap Yayasan ( GTY )
4
5
9

Guru Tidak Tetap / Honorer
6
6
12

Jumlah
10
11
21
                   Data Pembagian Tugas terlampir.
II.2.     DAFTAR GURU BERDASARKAN IJAZAH DAN MENGAJAR
No.
Nama
Tempat Lahir
Tanggal
Ijazah Tertinggi
Tahun diperoleh
Perguruan Tinggi
Mengajar
1
Yusuf Wibisono, S.Pdi
Kebun Raya
14/01/1989
S1 – Pendidikan Islam
2013
Universitas Muhammadiyah Malang
Agama Islam
2
Rahmad Budiono, S.Pd
Banjarmasin
11/11/1984
S1 – Matematika
2008
STIKP PGRI Banjarmasin
Matematika
3
Suwendri, M.Pd
Tebu Berair
19/09/1977
S2 - Teknologi Kejuruan
2012
UNY Yogyakarta
Otomotif
4
Wiwit Lestari, ST
Ngawi
20/06/1981
Kimia
5
Isnaina, S.Pd
Ujung Pandang
01/05/1984
S1 - Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
6
Dariani, S.Pd
Dampang
27/12/1982
S1 - Bahasa Inggris
2006
Un. Muh Makassar
Bahasa Inggris
7
Tilawati Indah, S.Sos
S1 - Sosial
Sejarah dan PPKN
8
Maulana, A.Md
Jelapat Baru
24/08/1991
DIII - Teknik Mesin
2014
POLITEKNIK Negeri Banjarmasin
Otomotif
9
Sugeng Riadi, S.Pd
Kotabaru
04/06/1986
S1 – TIK
2010
Un. Trunojoyo
KKPI
10
Aini Musarrofah, S.Pd.I
Jember
30/01/1989
S1 – Pendidikan Islam
2014
Universitas Islam Jember
Agama Islam
11
Santi Puji Dasa Wulansari, M.Pd
Blitar
14/10/1985
S2 - Bahasa Inggris
Universitas Muhammadiyah Malang
Bahasa Inggris
12
Tri Endah Restutiningsih, S.Pd


S1 - BP/BK
2013
FKIP Unlam
BP/BK
13
Bambang Pujiantoro,BE


DIII - Teknik Bangunan
1987

K2LH
14
M. Abdillah
Banjarmasin

PGA
1991
PGA Banjarmasin
Agama Islam
15
Nenny Noeroelina Nasution, S.E
Pekanbaru 
06/06/1988 
S1 - Ekonomi
2005

Akuntansi
16
Joko Susanto, M.Pd
 Boyolali
24/05/1978 
S2 - Teknik Kejuruan
2012
UNY Yogyakarta
Otomotif
17
Asli Ali Hasbi, S.E
Sumut
27/12/1963
S1 - Ekonomi
2004
STIE Pelita Bangsa
Akuntansi
18.
Muslih, S.Pd
Sari Utama
30/07/1987
S1-Penddikan Matematika
2010
STKIP-PGRI Banjarmasin
Matematika
19.
Rina Astuti
Banjarmasin
15/07/1991
S-1 Manajemen

UNISKA Muhammad ArsyadAl-Banjari Banjarmasin
Prakarya dan Kewirausahaan
20.
Siti Hajar, S.Pd





Akuntansi
21
Jumiai, S.Pd.I
Palingkau
.03/08/1989
S1 – Pendidikan Islam
2014
Universitas Muhammadiyah Malang
Agama Islam
II.3.     KARYAWAN
NO
STATUS KARYAWAN
L
P
JUMLAH
1
Tata Usaha Tetap/PNS



2
Tata Usaha PTT Pemkab



3
Tata Usaha GTY

2
2
4
Penjaga Sekolah ( Tenaga Honorer)
 1

 1
5
Pengelola Perpustakaan ( Tenaga Honorer)



6
Satpam


Jumlah
1
2
3
II.4.     DAFTAR KARYAWAN BERDASARKAN IJAZAH
No.
Nama
Tempat/Tgl Lahir
Pendidikan
Ket
Tingkat Ijazah
Nama Lembaga
Tahun Lulus
1
Mahmudah
Negara, 02-03-1994
SMK
SMKN 1 Satui
2012

2
Puri Lestari
Sragen, 13-06-1995 
SMA
SMAN 2 Kintap
2014

3






4






5







II.5.     KONDISI SISWA
   Jumlah Siswa
No.
Kelas
L
P
Jumlah
1
X
42
3
45
2
XI
14
11
25
3
XII
Jumlah
56
14
70
III.      SARANA PRASARANA
III.1     TANAH
a.         Letak Tanah
Letak Sekolah berada di : Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 07 RT. 08 Makmur Mulia
b.        Status Tanah
Kepemilikan tanah berdasarkan  :  Segel / Hibah 
c.         Luas Tanah
Luas tanah SMK Muhammadiyah Satui  :  10.000 m²
d.        Luas Bangunan
Luas bangunan yang ada                            :  224 m²
Lapangan Olahraga                                      :  600 m²
Halaman Sekolah                                         :  500 m²
Tanah Pekarangan ( Tanah Kosong )      :  8.676 m²
III.2.     BANGUNAN SEKOLAH
No.
Nama Bangunan
Jumlah
Luas Bangunan (m²)
Pengadaan
Tahun Dibangun
1
Bangunan Sekolah
1
224
Persyarikatan
2006
2
Bangunan Sekolah
1
72
Diknas
2014
3
Ruang Kepsek
1
9
Persyarikatan
2010
4
Ruang Wakasek
 -
 -
5
Ruang Guru
1
19
Persyarikatan
6
Ruang TU
 -
-
 -
7
Ruang UKS
 -
 -
 -
 -
8
Ruang OSIS
 -
 -
 -
9
Ruang BP/BK
 -
 -
10
Ruang Reproduksi
-
-
-
 -
11
Ruang Tamu
 -
12
Toilet Guru
 -
 -
13
Ruang Kelas
 -
14
Ruang Kelas
-
-
15
Laboratorium IPA
 -
16
Perpustakaan
 -
17
Gudang
 -
18
WC Siswa
2
3
Persyarikatan
2010
19
WC Siswa
 -
 -
 -
 -
20
Parkir Siswa
1
12
Persyarikatan
2008/2009
21
Rumah Diesel
-
-
-
-
22
Pagar Sekolah
 -
-
 -
III.3.      MEUBLER SEKOLAH
No.
Nama Barang
Jumlah
Keadaan
Pengadaan
Tahun dibuat
1.
Meja Guru
10
Baik
Persyarikatan

2.
Kursi Guru
20
Baik
Persyarikatan

3.
Lemari
2
Baik
Persyarikatan

4.
Meja Siswa
70
Baik
Persyarikatan

5.
Kursi Siswa
70
Baik
Persyarikatan

6.
Papan Tulis
5
Baik
Persyarikatan

7.
Papan Absen
2
Baik
Persyarikatan

8.
Papan Pengumuman
-
-
-

9.
Meja TU
2
Baik
Persyarikatan

10.
Kursi TU
2
Baik
Persyarikatan

11.
Kotak Obat
1
Baik
Persyarikatan

12.
Lemari Kayu
1
Baik
Persyarikatan

13.
Lemari Plastik
-
-
-


BAB III
KOMPETENSI KEAHLIAN DAN DATA PESERTA DIDIK

A.   Kompetensi Keahlian yang Dibuka
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Satui,yang berada di Kecamatan Satui, berdiri di tengah-tengah lingkungan perusahaan baik perusahaan asing maupun perusahaan lokal yang nantinya akan membutuhkan tenaga kerja tingkat menengah. Berdasarkan kondisi inilah, sejak tahun 2013, SMK Muhammadiyah Satui. Membuka dua jurusan keahlian yaitu :
1.   Teknik Kendaraan Ringan
Secara khusus tujuan Program Keahlian Mekanik Otomotif / Teknik Kendaraan Ringan adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :Perawatan dan perbaikan motor otomotif ; Perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga otomotif ; Perawatan dan perbaikan chasis dan suspensi otomotif ; Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan otomotif.
2.   Akuntansi
Secara khusus, Kompetensi Keahlian Akuntansi bertujuan untuk :Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik; Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggungjawab; Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni; Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam Kompetensi Keahlian Akuntansi, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di DUDI sebagai tenaga kerja tingkat menengah; Mendidik Peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam Kompetensi Keahlian Akuntansi ; Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
Dengan dibukanya dua program studi di SMK Muhammadiyah Satui, diharapkan siswa tamatan akan mampu berlaku sebagai pelaku pembangunan di tingkat lokal secara khusus dan masyarakat global secara umum sesuai dengan kompetensi yang dilikinya.



B.   Data Siswa dan Data Penerimaan Siswa
1.   Data Siswa
Hingga saat ini, SMK Muhammadiyah Satui,membina dua  program keahlian dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 70 siswa yang tersebar ke dalam 5 (lima rombongan belajar). Untuk kelas XI sebanyak 2 rombel, kelas X sebanyak 3 rombel.
2.   Data Penerimaan Siswa Tiga Tahun Terakhir
Sampai dengan tahun terakhir, jumlah pendaftar di SMK Muhammadiyah Satui,untuk masing-masing program keahlian mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
a.    Pada tahun ajaran 2012/2013, membuka 2 rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 48 siswa.
b.    Pada tahun ajaran 2013/2014, membuka 3 rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 56 siswa dan jumlah siswa secara keseluruhan sebanyak 70 siswa, yang tergabung dalam 5 rombel.













BAB  IV
PROGRAM PENGEMBANGAN SARANA

A.   Kebutuhan Media Pembelajaran
Sebagai sebuah sekolah baru dengan jumlah siswa yang juga selalu bertambah, kebutuhan dan perbandingan jumlah siswa media pembelajaran menjadi sebuah masalah tersendiri. Hal ini karena tuntutan kurikulum dalam hal pencapaian kompetensi mutlak harus terpenuhi. Hingga saat ini, SMK Muhammadiyah Satui,memiliki fasilitas peralatan dan media pembelajaran berbasis IT yang masih minim jika dibandingkan dengan rasio jumlah siswa. Di lain pihak, tuntutan pencapaian kompetensi sesuai dengan tuntutan kurikulum juga harus terpenuhi. Persentase pemenuhan rasio jumlah peralatan praktik dengan jumlah siswa, hingga saat ini masih berkisar 45%.
Untuk Ruang Kelas Belajar sebanyak 1 RKB milik sendiri dan 4 kelas ruang belajar masih pinjam , dan belum  mempunyai Ruang praktik. Kegiatan belajar-mengajar selama ini berlangsung dengan sistem Moving Class (kelas bergerak). Dengan demikian, SMK Muhammadiyah Satui,masih membutuhkan empat buah Ruang Kelas Belajar dengan luas minimal 72 M2 untuk satu RKB. Hal ini didasarkan pada jumlah rombongan belajar sebanyak 5 rombel dikurangi dengan jumlah ruang kelas yang ada sebanyak 1 ruang. Sehingga masih kekurangan ruang kelas belajar sebanyak 4 ruang kelas belajar .Sedangkan Ruang Praktik Siswa (RPS) belum ada, sehingga masih memerlukan sebanyak satu buah dengan luas minimal 132 M2. Dengan asumsi ruang praktek minimal 2 kali kuas kelas belajar .
B.   Rencana Pemenuhan Kebutuhan Media Pembelajaran
Kondisi SMK Muhammadiyah Satui,hingga saat ini membina 2 Program Keahlian, seperti yang telah dikemukan pada Bab terdahulu, yang terbagi kedalam Kelompok Teknologi dan Rekayasa, dan Kelompok Keuangan,. Dengan rasio pemenuhan media pembelajaran yang masih 45%, ini menunjukkan masih minimnya jumlah media pembelajaran pada masing- masing program keahlian dan ruang kelas. Rencana pemenuhan kebutuhan ini akan kami ajukan secara bertahap seperti pada lampiran proposal ini.



BAB  V
PENUTUP

Sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dari program bantuan ini, yaitu adanya peningkatan akses dan pemerataan pendidikan, maka kami harapkan bantuan serta atensi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan untuk dapat merealisasikan bantuan tersebut kepada SMK Muhammadiyah Satui, Tentunya dengan harapan terealisasinya bantuan tersebut dapat membantu mengatasi kurangnya jumlah Media Pembelajaran Berbasis IT yang kami miliki jika dibandingkan dengan rasio jumlah siswa dan ruang  Kelas belajar dengan pencapaian kompetensi secara keseluruhan.
Akhirnya, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak atas bantuan yang diberikan kepada kami sehingga kami dapat merampungkan proposal bantuan Media Pembelajaran ini, semoga bantuan yang diberikan akan mendapatkan pahala yang setimpal. Aamiin.  


Satui, 27 Februari 2015
Kepala SMK Muhammadiyah Satui,


Yusuf Wibisono, S.Pd.I
NIP.





0 comments:

Posting Komentar