BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam era globalisasi ini,
peningkatan
sumber
daya
manusia (SDM) sangat
diperlukan
untuk
mengelola
potensi
yang dimiliki,
baik
bidang
Teknologi
maupun
bidang
bidang
akuntansi. Hal ini memang kita sadari mengingat perkembangan ilmu dan
teknologi yang cukup
pesat, berdampak
kepada
tuntutan
masyarakat
akan
sumber
daya
manusia yang berkualitas untuk mengelola Sumber Daya Alam (SDA) ini semakin
besar pula.
Salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan pembangunan
di segala bidang adalah tersedianya sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas
yaitu SDM yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan baik sebagai tenaga kerja
maupun sebagai wirausaha. Keunggulan komparatif (comparative advantage) saja
tidak cukup, dibutuhkan juga keunggulan kompetetif (competitive advantage) untuk bisa memasuki persaingan dunia
kerja.
Sedangkan sumber daya alam
( SDA ) dan lingkungannya sangat potencial karena tersedia sumber daya alam dalam jumlah
yang cukup melimpah diberbagai sektor antara lain sector pertambangan,
perkebunan dan
industri. Disisi
lain
didukung
oleh
sarana
prasarana
perhubungan yang cukup memadai yakni letak terminal untuk angkutan darat
yang strategis
terletak
dipinggir jalan raya propinsi yang menghubungkan Kalimantan Selatan dengan
Kalimantan Timur, serta
tersedia
sarana
pelabuhan
laut yang sangat
potensial. Di samping itu, banyak kantor-kantor perusahaan baik perusahaan, semua itu tentunya sangat membutuhkan tenaga-tenaga terampil
(skill) untuk
mengelola dan mengembangkannya.
Sejalan dengan hal tersebut di atas, maka SMK
Muhammadiyah
Satui
yang menampung
lulusan SMP dan sederajat dalam wilayah
pada khususnya dan Kabupaten Tanah Bumbu pada umumnya perlu dikembangkan
dan dilengkapi
dengan
sarana dan prasarana
dalam
jumlah yang cukup dan memadai sehingga diharapkan dapat menunjang proses pendidikan
dan pelatihan yang pada akhirnya, SMK Muhammadiyah Satui, akan menghasilkan tenaga-tenaga potencial siap pakai yang
mampu bersaing
di era global untuk
mengelola dan mengembangkan bidang Teknologi, dan Akuntansi.
Antusiasme masyarakat Kecamatan Satui secara
khusus dan Kabupaten
Tanah
Bumbu secara umum
terhadap
dunia
pendidikan,
terutama
pendidikan
menengah
kejuruan
sangat besar. Hal
ini
tercermin
dari
jumlah
pendaftar pada Penerimaan Siswa Baru (PSB) pada setiap tahunnya mengalami peningkatan
yang cukup tinggi.
Hal ini berdampak
pada jumlah
sarana dan prasarana
pendidikan yang semakin tidak memadai dilihat dari rasio jumlah siswa dengan sarana dan prasarana yang ada. Oleh karena itu,
maka dukungan
dan partisipasi
pemerintah, baik
pemerintah
pusat
maupun
daerah
serta
dunia
usaha/industri dan masyarakat sangat diharapkan.
B. Tujuan dan Sasaran
1.
Tujuan
Dengan adanya program Bantuan Ruang Kelas Belajar
SMK ini, diharapkan ketersediaan dan kecukupan akan tempat Belajar yang representatif di SMK Muhammadiyah Satui
dapat teratasi, sehingga program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam
hal peningkatan akses dan pemerataan pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan
dapat tercapai.
2.
Sasaran
Sasaran dari program ini, tidak lain adalah
tersedianya Ruang kelas belajar yang
representatif dan standar untuk SMK Muhammadiyah Satui. Dengan demikian,
kendala yang kami hadapi pada tiap tahunnya menyangkut tidak terpenuhinya rasio
perbandingan antara jumlah ruang kelas dapat diminimalisir dengan tersedianya
Ruang Kelas Belajar tersebut tersebut.
BAB II
PROFIL
SEKOLAH
I.
IDENTITAS SEKOLAH
1
|
NAMA
|
SMK MUHAMMADIYAH SATUI
|
||||
2
|
NISS
|
32
2 15 11
03 007
|
||||
3
|
NPSN
|
6 9 7 7 2 9 4 2
|
||||
4
|
STATUS
AKREDITASI
|
1
|
TEK.
KENDARAAN RINGAN
|
|||
2
|
AKUNTANSI
|
|||||
5
|
ALAMAT
SEKOLAH
|
Jl.KH. Ahmad Dahlan No.007 Desa Makmur Mulia
|
||||
Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu
|
||||||
Telp/Fax
|
-
|
|||||
HP
|
081254721126
|
|||||
Email
|
smk.muhammadiyahsatui@gmail.com
|
|||||
6
|
SK
Pendirian
|
|||||
Nomor
|
188.45/296/DISDIK/2014
|
|||||
Tanggal
|
2 Juni 2014
|
|||||
7
|
BIDANG KEAHLIAN
|
PROGRAM
KEAHLIAN
|
KOMPETENSI
KEAHLIAN
|
|||
|
Teknologi
dan Rekayasa
|
Teknik
Otomotif
|
Tek.Kendaraan
ringan
|
|||
|
Keuangan
Akuntansi
|
Keuangan
|
Akuntansi
|
|||
8
|
Kepala
Sekolah
|
|||||
|
Nama
|
Yusuf
Wibisono, S.Pd.I
|
||||
|
NIP
|
|
||||
|
Pejabat
yang menetapkan
|
PW,
Muhammadiyah
|
||||
|
Nomor SK
|
|
||||
|
Tanggal
|
|
||||
|
TMT
|
|
||||
9
|
Nama
Yayasan
|
Muhammadiyah
|
||||
|
Nama Ketua
Yayasan
|
Asli Ali
Hasbi, SE
|
||||
|
Alamat
Yayasan
|
Jl.Karya
No.11o Desa Makmur Mulia Satui
|
||||
10
|
Komite
Sekolah
|
|||||
|
Nama
|
Bambang
Sucipto .ST
|
||||
II.
KONDISI
GURU, KARYAWAN, DAN SISWA
II.1. GURU
No.
|
Status Guru
|
L
|
P
|
Jumlah
|
1
|
Guru Tetap / PNS
|
|
|
|
2
|
Guru Kontrak Pusat
|
|
|
|
3
|
Guru Tetap / Bantu
Kabupaten
|
|
|
|
4
|
Guru PTT Kabupaten
|
|
|
|
5
|
Guru Tetap Yayasan (
GTY )
|
4
|
5
|
9
|
|
Guru Tidak Tetap / Honorer
|
6
|
6
|
12
|
|
Jumlah
|
10
|
11
|
21
|
Data Pembagian Tugas
terlampir.
II.2. DAFTAR GURU BERDASARKAN IJAZAH DAN MENGAJAR
No.
|
Nama
|
Tempat Lahir
|
Tanggal
|
Ijazah Tertinggi
|
Tahun diperoleh
|
Perguruan Tinggi
|
Mengajar
|
1
|
Yusuf Wibisono, S.Pdi
|
Kebun Raya
|
14/01/1989
|
S1 – Pendidikan Islam
|
2013
|
Universitas Muhammadiyah Malang
|
Agama Islam
|
2
|
Rahmad Budiono, S.Pd
|
Banjarmasin
|
11/11/1984
|
S1 – Matematika
|
2008
|
STIKP PGRI Banjarmasin
|
Matematika
|
3
|
Suwendri, M.Pd
|
Tebu Berair
|
19/09/1977
|
S2 - Teknologi Kejuruan
|
2012
|
UNY Yogyakarta
|
Otomotif
|
4
|
Wiwit Lestari, ST
|
Ngawi
|
20/06/1981
|
Kimia
|
|||
5
|
Isnaina, S.Pd
|
Ujung Pandang
|
01/05/1984
|
S1 - Bahasa Indonesia
|
Bahasa Indonesia
|
||
6
|
Dariani, S.Pd
|
Dampang
|
27/12/1982
|
S1 - Bahasa Inggris
|
2006
|
Un. Muh Makassar
|
Bahasa Inggris
|
7
|
Tilawati Indah, S.Sos
|
S1 - Sosial
|
Sejarah dan PPKN
|
||||
8
|
Maulana, A.Md
|
Jelapat Baru
|
24/08/1991
|
DIII - Teknik Mesin
|
2014
|
POLITEKNIK Negeri Banjarmasin
|
Otomotif
|
9
|
Sugeng Riadi, S.Pd
|
Kotabaru
|
04/06/1986
|
S1 – TIK
|
2010
|
Un. Trunojoyo
|
KKPI
|
10
|
Aini Musarrofah, S.Pd.I
|
Jember
|
30/01/1989
|
S1 – Pendidikan Islam
|
2014
|
Universitas Islam Jember
|
Agama Islam
|
11
|
Santi Puji Dasa Wulansari, M.Pd
|
Blitar
|
14/10/1985
|
S2 - Bahasa Inggris
|
Universitas Muhammadiyah Malang
|
Bahasa Inggris
|
|
12
|
Tri Endah Restutiningsih, S.Pd
|
|
|
S1 - BP/BK
|
2013
|
FKIP Unlam
|
BP/BK
|
13
|
Bambang Pujiantoro,BE
|
|
|
DIII - Teknik Bangunan
|
1987
|
|
K2LH
|
14
|
M. Abdillah
|
Banjarmasin
|
|
PGA
|
1991
|
PGA Banjarmasin
|
Agama Islam
|
15
|
Nenny Noeroelina Nasution, S.E
|
Pekanbaru
|
06/06/1988
|
S1 - Ekonomi
|
2005
|
|
Akuntansi
|
16
|
Joko Susanto, M.Pd
|
Boyolali
|
24/05/1978
|
S2 - Teknik Kejuruan
|
2012
|
UNY Yogyakarta
|
Otomotif
|
17
|
Asli Ali Hasbi, S.E
|
Sumut
|
27/12/1963
|
S1 - Ekonomi
|
2004
|
STIE Pelita Bangsa
|
Akuntansi
|
18.
|
Muslih, S.Pd
|
Sari Utama
|
30/07/1987
|
S1-Penddikan Matematika
|
2010
|
STKIP-PGRI Banjarmasin
|
Matematika
|
19.
|
Rina Astuti
|
Banjarmasin
|
15/07/1991
|
S-1 Manajemen
|
|
UNISKA Muhammad ArsyadAl-Banjari Banjarmasin
|
Prakarya dan Kewirausahaan
|
20.
|
Siti Hajar, S.Pd
|
|
|
|
|
|
Akuntansi
|
21
|
Jumiai, S.Pd.I
|
Palingkau
|
.03/08/1989
|
S1 – Pendidikan Islam
|
2014
|
Universitas Muhammadiyah Malang
|
Agama Islam
|
II.3. KARYAWAN
NO
|
STATUS KARYAWAN
|
L
|
P
|
JUMLAH
|
1
|
Tata Usaha Tetap/PNS
|
|
|
|
2
|
Tata Usaha PTT Pemkab
|
|
|
|
3
|
Tata Usaha GTY
|
|
2
|
2
|
4
|
Penjaga Sekolah (
Tenaga Honorer)
|
1
|
|
1
|
5
|
Pengelola Perpustakaan
( Tenaga Honorer)
|
|
|
|
6
|
Satpam
|
|
||
|
Jumlah
|
1
|
2
|
3
|
II.4. DAFTAR KARYAWAN BERDASARKAN IJAZAH
No.
|
Nama
|
Tempat/Tgl Lahir
|
Pendidikan
|
Ket
|
||
Tingkat Ijazah
|
Nama Lembaga
|
Tahun Lulus
|
||||
1
|
Mahmudah
|
Negara, 02-03-1994
|
SMK
|
SMKN 1 Satui
|
2012
|
|
2
|
Puri Lestari
|
Sragen, 13-06-1995
|
SMA
|
SMAN 2 Kintap
|
2014
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
II.5. KONDISI
SISWA
Jumlah
Siswa
No.
|
Kelas
|
L
|
P
|
Jumlah
|
1
|
X
|
42
|
3
|
45
|
2
|
XI
|
14
|
11
|
25
|
3
|
XII
|
|||
Jumlah
|
56
|
14
|
70
|
III.
SARANA
PRASARANA
III.1 TANAH
a.
Letak Tanah
Letak
Sekolah berada di : Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 07 RT. 08 Makmur Mulia
b.
Status Tanah
Kepemilikan
tanah berdasarkan : Segel / Hibah
c.
Luas Tanah
Luas
tanah SMK Muhammadiyah Satui : 10.000
m²
d.
Luas Bangunan
Luas
bangunan yang ada : 224 m²
Lapangan
Olahraga : 600 m²
Halaman
Sekolah :
500 m²
Tanah
Pekarangan ( Tanah Kosong ) : 8.676 m²
III.2.
BANGUNAN SEKOLAH
No.
|
Nama Bangunan
|
Jumlah
|
Luas Bangunan (m²)
|
Pengadaan
|
Tahun Dibangun
|
1
|
Bangunan Sekolah
|
1
|
224
|
Persyarikatan
|
2006
|
2
|
Bangunan Sekolah
|
1
|
72
|
Diknas
|
2014
|
3
|
Ruang Kepsek
|
1
|
9
|
Persyarikatan
|
2010
|
4
|
Ruang Wakasek
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Ruang Guru
|
1
|
19
|
Persyarikatan
|
|
6
|
Ruang TU
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
Ruang UKS
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8
|
Ruang OSIS
|
-
|
-
|
-
|
-
|
9
|
Ruang BP/BK
|
-
|
-
|
-
|
-
|
10
|
Ruang Reproduksi
|
-
|
-
|
-
|
-
|
11
|
Ruang Tamu
|
-
|
-
|
-
|
-
|
12
|
Toilet Guru
|
-
|
-
|
-
|
-
|
13
|
Ruang Kelas
|
-
|
-
|
-
|
-
|
14
|
Ruang Kelas
|
-
|
-
|
-
|
-
|
15
|
Laboratorium IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
16
|
Perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
17
|
Gudang
|
-
|
-
|
-
|
-
|
18
|
WC Siswa
|
2
|
3
|
Persyarikatan
|
2010
|
19
|
WC Siswa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
20
|
Parkir Siswa
|
1
|
12
|
Persyarikatan
|
2008/2009
|
21
|
Rumah Diesel
|
-
|
-
|
-
|
-
|
22
|
Pagar Sekolah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
III.3. MEUBLER SEKOLAH
No.
|
Nama Barang
|
Jumlah
|
Keadaan
|
Pengadaan
|
Tahun dibuat
|
1.
|
Meja
Guru
|
10
|
Baik
|
Persyarikatan
|
|
2.
|
Kursi
Guru
|
20
|
Baik
|
Persyarikatan
|
|
3.
|
Lemari
|
2
|
Baik
|
Persyarikatan
|
|
4.
|
Meja
Siswa
|
70
|
Baik
|
Persyarikatan
|
|
5.
|
Kursi
Siswa
|
70
|
Baik
|
Persyarikatan
|
|
6.
|
Papan
Tulis
|
5
|
Baik
|
Persyarikatan
|
|
7.
|
Papan
Absen
|
2
|
Baik
|
Persyarikatan
|
|
8.
|
Papan
Pengumuman
|
-
|
-
|
-
|
|
9.
|
Meja
TU
|
2
|
Baik
|
Persyarikatan
|
|
10.
|
Kursi
TU
|
2
|
Baik
|
Persyarikatan
|
|
11.
|
Kotak
Obat
|
1
|
Baik
|
Persyarikatan
|
|
12.
|
Lemari
Kayu
|
1
|
Baik
|
Persyarikatan
|
|
13.
|
Lemari
Plastik
|
-
|
-
|
-
|
|
BAB III
KOMPETENSI
KEAHLIAN DAN DATA PESERTA DIDIK
A.
Kompetensi
Keahlian yang Dibuka
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah
Satui,yang berada di Kecamatan Satui, berdiri di tengah-tengah lingkungan
perusahaan baik perusahaan asing maupun perusahaan lokal yang nantinya akan
membutuhkan tenaga kerja tingkat menengah. Berdasarkan kondisi inilah, sejak
tahun 2013, SMK Muhammadiyah Satui. Membuka dua jurusan keahlian yaitu :
1.
Teknik
Kendaraan Ringan
Secara khusus tujuan
Program Keahlian Mekanik Otomotif / Teknik Kendaraan Ringan adalah membekali
peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap
agar kompeten dalam :Perawatan dan
perbaikan motor otomotif ; Perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga
otomotif ; Perawatan dan perbaikan chasis dan suspensi otomotif ; Perawatan dan
perbaikan sistem kelistrikan otomotif.
2.
Akuntansi
Secara khusus, Kompetensi Keahlian Akuntansi bertujuan
untuk :Meningkatkan keimanan dan
ketaqwaan peserta didik; Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang
bertanggungjawab; Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat,
memiliki wawasan pengetahuan dan seni; Mendidik peserta didik dengan keahlian
dan ketrampilan dalam Kompetensi Keahlian Akuntansi, agar dapat bekerja baik
secara mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di DUDI sebagai tenaga kerja
tingkat menengah; Mendidik Peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi
dan mengembangkan sikap professional dalam Kompetensi Keahlian Akuntansi ;
Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal
bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
Dengan
dibukanya dua program studi di SMK Muhammadiyah Satui, diharapkan siswa tamatan
akan mampu berlaku sebagai pelaku pembangunan di tingkat lokal secara khusus
dan masyarakat global secara umum sesuai dengan kompetensi yang dilikinya.
B.
Data Siswa dan Data Penerimaan Siswa
1.
Data Siswa
Hingga saat ini, SMK
Muhammadiyah Satui,membina dua program
keahlian dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 70
siswa yang tersebar ke dalam 5 (lima
rombongan
belajar). Untuk kelas XI sebanyak 2 rombel, kelas X sebanyak 3 rombel.
2.
Data Penerimaan Siswa Tiga Tahun Terakhir
Sampai dengan tahun terakhir,
jumlah pendaftar di SMK Muhammadiyah Satui,untuk masing-masing program
keahlian mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
a. Pada tahun ajaran 2012/2013, membuka 2 rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 48
siswa.
b. Pada tahun ajaran 2013/2014, membuka 3 rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 56 siswa dan jumlah siswa secara keseluruhan sebanyak 70
siswa, yang tergabung dalam 5 rombel.
BAB IV
PROGRAM
PENGEMBANGAN SARANA
A. Kebutuhan
Media Pembelajaran
Sebagai sebuah sekolah baru dengan jumlah siswa yang juga selalu bertambah, kebutuhan dan
perbandingan jumlah siswa media pembelajaran menjadi sebuah masalah tersendiri.
Hal ini karena tuntutan kurikulum dalam hal pencapaian kompetensi mutlak harus
terpenuhi. Hingga saat ini, SMK Muhammadiyah Satui,memiliki
fasilitas peralatan dan media pembelajaran berbasis IT yang masih minim jika
dibandingkan dengan rasio jumlah siswa. Di lain pihak, tuntutan pencapaian
kompetensi sesuai dengan tuntutan kurikulum juga harus terpenuhi. Persentase
pemenuhan rasio jumlah peralatan praktik dengan jumlah siswa, hingga saat ini
masih berkisar 45%.
Untuk Ruang Kelas Belajar sebanyak 1 RKB milik sendiri dan 4 kelas ruang
belajar masih pinjam , dan
belum mempunyai Ruang praktik. Kegiatan
belajar-mengajar selama ini berlangsung dengan sistem Moving Class (kelas
bergerak). Dengan demikian, SMK Muhammadiyah Satui,masih
membutuhkan empat buah Ruang Kelas Belajar dengan luas minimal 72 M2 untuk
satu RKB. Hal ini didasarkan pada jumlah rombongan belajar sebanyak 5 rombel
dikurangi dengan jumlah ruang kelas yang ada sebanyak 1 ruang. Sehingga masih kekurangan ruang kelas
belajar sebanyak 4 ruang kelas belajar .Sedangkan Ruang Praktik Siswa (RPS)
belum ada, sehingga
masih memerlukan sebanyak satu buah
dengan luas minimal 132 M2.
Dengan asumsi ruang
praktek minimal 2 kali kuas kelas belajar .
B. Rencana
Pemenuhan Kebutuhan Media Pembelajaran
Kondisi
SMK Muhammadiyah Satui,hingga saat ini membina 2 Program Keahlian, seperti
yang telah dikemukan pada Bab terdahulu, yang terbagi kedalam Kelompok
Teknologi dan Rekayasa, dan Kelompok Keuangan,. Dengan rasio pemenuhan media
pembelajaran yang masih 45%, ini menunjukkan masih minimnya jumlah media
pembelajaran pada masing- masing program keahlian dan ruang kelas. Rencana
pemenuhan kebutuhan ini akan kami ajukan secara bertahap seperti
pada lampiran proposal ini.
BAB V
PENUTUP
Sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dari program bantuan
ini, yaitu adanya peningkatan akses dan pemerataan pendidikan, maka kami
harapkan bantuan serta atensi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan
melalui Dinas Pendidikan untuk dapat merealisasikan bantuan tersebut kepada SMK
Muhammadiyah Satui,
Tentunya dengan harapan terealisasinya bantuan tersebut dapat membantu
mengatasi kurangnya jumlah Media Pembelajaran Berbasis IT yang kami miliki jika
dibandingkan dengan rasio jumlah siswa dan ruang Kelas belajar
dengan pencapaian kompetensi secara keseluruhan.
Akhirnya, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak atas
bantuan yang diberikan kepada kami sehingga kami dapat merampungkan proposal
bantuan Media Pembelajaran ini, semoga bantuan yang diberikan akan mendapatkan
pahala yang setimpal. Aamiin.
Satui, 27 Februari 2015
Kepala SMK Muhammadiyah Satui,
Yusuf Wibisono, S.Pd.I
NIP.
0 comments:
Posting Komentar