Jumat, 26 Juli 2019

Posted by Rumah Ratu On Jumat, Juli 26, 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 01

Satuan Pendidikan                 :  SMK Negeri Kintap
Mata Pelajaran                        :  Mulok Pendidikan Al-Qur’an
Kelas / Semester                     :  X / 2 (Genap )
Materi Pokok                          :  Fungsi  turunnya Al-Qur’an
Alokasi Waktu                       :  2 x 45 menit

A.    KOMPETENSI  INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,tanggung jawab,peduli,santun,ramah lingkungan,gotong royong,kerjasama,cinta damai,responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.      Memahami, menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan ingintahunya tentan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta daam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan,

B.     KOMPETENSI  DASAR

3.9  Menganalisis QS Al-Baqarah: 185 tentang sebab-sebab turunya Al-Qur’an
 4.1 Membaca QS Al-Baqarah: 185 tentang sebab-sebab turunya Al-Qur’an

C.    INDIKATOR  PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Menganalisis hukum bacaan pada QS. Al-Baqarah : 185
2.      Mengedintifikasi hukum bacan pada QS. Al-Baqarah ; 185
3.      Membaca secara tartil  QS. Al-Baqarah: 185
4.       Melafalkan QS. Al-Baqarah: 185 dengan baik dan benar.

D.    TUJUAN  PEMBELAJARAN

Setelah pembelajaran, Peserta didik mampu:
1.       Membaca Qs. Al-Baqarah ; 185 dengan tartil
2.       Melafalkan perkata Qs. Al-Baqarah ; 185 dengan baik dan benar
3.       Menganalisis hukum bacaan tentang mad jaiz munfashil, idgham bilaghunnah, idgham bighunnah, alif lam qamariyah dll.
4.       Mengedintifikasi hukum bacaan tentang mad jaiz munfashil, idgham bilaghunnah, idgham bighunnah, alif lam qamariyah dll.

E.     MATERI PEMBELAJARAN

1) Membaca Qs. Al-Baqarah ; 185
2) Menganalisa Qs. Al-Baqarah ; 185

F. ALOKASI WAKTU
1. Pertemuan 1 : membaca QS. Al-Baqarah ; 185, menganalisa QS. Al-Baqarah ; 185
(2 x 45 menit)

G. METODE
1.    Scientific Method (metode ilmiah)
2.    Contextual Teaching and Learning
3.    Direct Instruction (Model Pengajaran Langsung)

H.  MEDIA PEMBELAJARAN

Media
1. Video Pembelajaran
2. CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
1.  Komputer
2.  LCD Projector
3.  Kartu berpasangan (matching card) lafadz dan artinya.

I.       SUMBER BELAJAR
1.         Kitab Al-Quranul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.         Buku mulok Teks Siswa SMA/ SMK Kelas X
3.         Buku ilmu  tajwid

J.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN          
Pertemuan           : Ke 1
Alokasi Waktu     : 2 x 45 menit

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
 a.          Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.          Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
 c.          Peserta didik menyiapkan kitab suci Al-Qur’an
d.          Secara bersama bertadarus Al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
 e.          Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
 f.          Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).

(20 Menit)

Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.

a.    Mengamati
-       Menyimak bacaan QS. Al-Baqarah: 185
-       Mencermati bacaan melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.

b.    Menanya
-       Menanyakan tentang QS. Al-Baqarah ;185
-       Menanyakan beberapa contoh hukum bacaan
-       Menanyakan manfaat membaca QS. Al-Baqarah ; 185

c.    Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan hukum bacaan QS. Al-Baqarah: 185
-       Menganalisis asbabun nuzul/wurud QS. Al-Baqarah: 185
-       Mengidentifikasi hukum bacaan pada QS. Al-Baqarah: 185

d.    Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan tentang hukum bacaan pada Qs. Al-Baqarah ; 185
-       Membuat kesimpulan tentang QS. Al-Baqarah ;185

e.    Mengkomunikasikan:
-       Menpresentasikan bacaan QS. Al-Baqarah : secara individu maupun kelompok;
-       Menyampaikan hasil diskusi tentang hukum bacaan  QS. Al-Baqarah : 185

(55Menit)
Penutup
a.    Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca QS. Al-Baqarah: 185,sebagai penutup materi pembelajaran;
b.    Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca QS. Al-Baqarah: 185
c.    Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.   Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


(15 Menit)

K.    PENILAIAN
a.         Tes (tertulis dan lisan)
b.        Non tes (tugas, observasi, dan portofolio)

Lembar Penilaian
1.    Tes Tertulis
No
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Coba kamu baca Qs. Al-Baqarah ;185
ãöky­tb$ŸÒtBuüÏ%©!$#tAÌRé&ÏmŠÏùãb#uäöà)ø9$#WèdĨ$¨Y=Ïj9;M»oYÉit/urz`ÏiB3yßgø9$#Èb$s%öàÿø9$#ur4`yJsùyÍky­ãNä3YÏBtök¤9$#çmôJÝÁuŠù=sù(`tBurtb$Ÿ2$³ÒƒÍsD÷rr&4n?tã9xÿy×o£Ïèsùô`ÏiBBQ$­ƒr&tyzé&3߃̍リ!$#ãNà6Î/tó¡ãŠø9$#Ÿwur߃̍ãƒãNà6Î/uŽô£ãèø9$#(#qè=ÏJò6çGÏ9urno£Ïèø9$#(#rçŽÉi9x6çGÏ9ur©!$#4n?tã$tBöNä31yydöNà6¯=yès9uršcrãä3ô±n@ÇÊÑÎÈ
2.
Sebutkan beberapa hukum bacaan yang terdapat pada Qs. Al-Baqarah ; 185
Alif lam Qamariyah,  ikhfa, idgham bighunnah, idgham  bilaghunnah, izhar syafawi dll.

-       Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)

No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
1.           1
Udin





2.           2
Nanang





3.           3
Utuh





Dst
Dst..........................





Keterangan :                                                                Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E

2.    Non Tes
-       Tugas (mengidentifikasi hukum bacaan yang belum di secara menyeluruh QS. Al-Baqarah ;185
-       Observasi (mengamati perilaku siswa dalam adab membaca QS. Al-Baqarah; 185.
-       Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)


Mengetahui
Kepala Sekolah



……………………………….
NIP.

…………..,……………..
Pendidik Bidang Studi PA



……………………………….
NIP.











                                                                     








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 02

Satuan Pendidikan                 :  SMA / SMK
Mata Pelajaran                        :  Pendidikan Al-Quran
Kelas / Semester                     :  X / 2 (Genap )
Materi Pokok                          :  1. Fungsi turunnya Al-Quran           
Alokasi Waktu                       :  2 x  Jampel

A.    KOMPETENSI  INTI
2)      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
3)      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,tanggung jawab,peduli,santun,ramah lingkungan,gotong royong,kerjasama,cinta damai,responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
4)      Memahami, menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan ingintahunya tentan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
5)      Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta daam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan,

B.     KOMPETENSI  DASAR

3.10 Memahami QS. Al-Baqaroh: 185 tentang sebab-sebab turunnya Al-Quran
4.2.4 Mempraktikkan Sikap seorang muslim dalam menjelaskan fungsi-fungsi Al-Quran sesuai QS. Al-Baqaroh: 185

C.    INDIKATOR  PENCAPAIAN KOMPETENSI
     3.9.1 Mengidentifikasi tajwid QS. Al-Baqaroh: 185 tentang sebab-sebab turunnya Al- Quran
    3.9.2 Menyimpulkan QS. Al-Baqaroh: 185 tentang sebab-sebab turunnya Al-Quran
    3.10.1 menerjemahkan arti perkata dan perayatQS. Al-Baqaroh: 185 tentang sebab-sebab  turunnya Al-Quran
    4.1.3.1 membaca QS. Al-Baqarah: 185 dengan baik dan benar
    4.1.3.2 melafalkan bacaan QS. Al-Baqarah: 185 sesuai kaidah tajwid
    4.2.41 Menunjukkan sikap seorang muslim dalam menjelaskan fungsi-fungsi turunnya QS.  Al-Baqarah: 185

D.    TUJUAN  PEMBELAJARAN

Setelah pembelajaran, Peserta didik mampu:
a.       Menyebutkan pengertian fungsi turunya Al-Quran.
b.      Menyebutkan dalil naqli dan aqli tentang fungsi turunya Al-Quran.
c.       Menjelaskan tentang fungsi turunnya Al-Quran
d.      Menunjukkan Manfaat turunnya Al-Quran

E.     MATERI PEMBELAJARAN

1) Memahami makna fungsi turunnya Al-Quran
2) hikmah turunnya Al-Quran

F. ALOKASI WAKTU
1. Pertemuan 2Memahami makna fungsi turunnya Al-Quran
   (2x 45 menit)

G. METODE
4.    Scientific Method (metode ilmiah)
5.    Contextual Teaching and Learning
6.    Direct Instruction (Model Pengajaran Langsung)

H.  MEDIA PEMBELAJARAN

Media
1.      Video Pembelajaran
2.      CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
                 1.      Komputer
2.LCD Projector
3.      Kartu berpasangan (matching card) lafadz dan artinya.

I.          SUMBER BELAJAR
4.         Kitab al-Quranul Karim dan terjemahnya, Depag RI
5.         Kitab Hadits Sohih
6.         Buku Teks Siswa Pendidikan Al-Quran Kelas X

J.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN          
Pertemuan           : Ke 2
Alokasi Waktu     : 2 x 45 menit

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.       Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.      Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
c.       Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
d.      Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
e.       Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
f.       Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).

(20 Menit)

Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.

a.      Mengamati
-       Menyimak bacaan dan mencermati isi kandungan  tentang QS. Al-Baqarah: 185, serta hadits terkait.
-       Mencermati manfaat dan hikmah tentang turunnya Al-Quran melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.

b.      Menanya
-       Menanyakan Pengertian tentang turunnya Al-Quran
-       Menanyakan Isi kandungan mengenai Al-Quran tentang turunnya Al-Quran

c.      Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mengidentifikasi tajwid QS. Al-Baqaroh: 185 tentang sebab-sebab turunnya Al-Quran
-       Menyimpulkan QS. Al-Baqaroh: 185 tentang sebab-sebab turunnya Al-Quran
-       menerjemahkan arti perkata dan perayat QS. Al-Baqaroh: 185 tentang sebab-sebab turunnya Al-Quran
-       membaca QS. Al-Baqarah: 185 dengan baik dan benar
-       Melafalkan bacaan QS. Al-Baqarah: 185 sesuai kaidah tajwid
-       Menunjukkan sikap seorang muslim dalam menjelaskan fungsi-fungsi turunnya QS. Al-Baqarah: 185

  d.      Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan tentang Pengertian turunnya Al-Quran
-       Membuat kesimpulan dari isi kandungan Q.S. Al-Baqarah: 185, serta hadits terkait.

   e.      Mengkomunikasikan:
-       Menpresentasikan isi kandungan, manfaat, dan hikmah yang terdapat pada Q.S. Al-Baqarah: 185 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok;
-       Menyampaikan hasil diskusi tentang manfaat dan hikmah yang terdapat pada 185 serta hadits terkait.

(100 Menit)
Penutup
a.       Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. Al-Baqarah: 185 sebagai penutup materi pembelajaran;
b.      Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. Al-Baqarah: 185
c.       Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.      Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


(15 Menit)

K.    PENILAIAN
c.         Tes (tertulis dan lisan)
d.        Non tes (tugas, observasi, dan portofolio)

Lembar Penilaian
3.    Tes Tertulis
No
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah: 185
 Ayat ini menjelaskan tentang turunnya Al-Quran
2.
Jelaskan keutamaan bulan puasa
Disebutkan didalam Hadits: barangsiapa senang dengan masukya bulan ramadhan, makan diharamkan jasadnya akan api neraka


-       Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)

No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
4.           1
Udin





5.           2
Nanang





6.           3
Utuh





Dst
Dst..........................





Keterangan :                                                                Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E


4.    Non Tes
-       Tugas (mengidentifikasi manfaat dan hikmah turunnya Al-Quran
-       Observasi (mengamati perilaku orang yang berpuasa di bulan ramadhan
-       Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)

Mengetahui
Kepala Sekolah



……………………………….
NIP.

…………..,……………..
Pendidik Bidang Studi PA



……………………………….
NIP.



0 comments:

Posting Komentar