PROPOSAL
USULAN BANTUAN PEMBANGUNAN PAGAR
SMKN 1
KINTAP
KABUPATEN
TANAH LAUT
MELALUI
DINAS
PENDIDIKAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
TAHUN
ANGGARAN 2018
|
SMK NEGERI 1
KINTAP
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN
PEMERINTAH
PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
Tahun 2017
PROFIL
SMK NEGERI 1 KINTAP
A.
IDENTITAS SEKOLAH
1
|
NAMA
|
SMK
NEGERI 1 KINTAP
|
||||
2
|
NISS
|
32
4150207022
|
||||
3
|
NPSN
|
69759064
|
||||
4
|
STATUS AKREDITASI
|
1
|
TKJ ( TEKNIK KOMPUTER JARINGAN)
|
|||
2
|
TKR ( TEKNIK KENDARAAN RINGAN)
|
|||||
3
|
ATPH ( AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN HOLTIKULTURA)
|
|||||
5
|
ALAMAT SEKOLAH
|
JL. A
Yani KM 142 Rt 04 Desa
Kintap Kecil
|
||||
Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut
|
||||||
Telp/Fax
|
-
|
|||||
HP
|
081352551293
|
|||||
Email
|
||||||
6
|
SK Pendirian
|
|||||
Nomor
|
188.45/743-KUM/2015
|
|||||
Tanggal
|
27
Oktober 2015
|
|||||
7
|
BIDANG
KEAHLIAN
|
PROGRAM KEAHLIAN
|
KOMPETENSI KEAHLIAN
|
|||
|
Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
Teknik Komputer dan
Informatika
|
Tek. Komputer dan
Jaringan
|
|||
|
Teknologi dan Rekayasa
|
Teknik Otomotif
|
Tek.Kendaraan ringan
|
|||
|
Agribisnis dan
Agroindustri
|
Agribisnis Produksi
Tanaman
|
Agribisnis Tanaman
Pangan dan Holtikultura
|
|||
8
|
Kepala Sekolah
|
|||||
|
Nama
|
Drs. Rukiyanto
|
||||
|
NIP
|
19670121 199303 1 007
|
||||
|
Pejabat yang menetapkan
|
Kepala Dinas Provinsi Kalimantan Selatan
|
||||
|
Nomor SK
|
821.29/009-290-BKD/2017
|
||||
|
Tanggal
|
24 Juli 2017
|
||||
|
TMT
|
24 Juli 2017
|
||||
9
|
Komite Sekolah
|
|||||
|
Nama
|
Husein
|
||||
VISI
a.
Berkualitas, Berdaya Saing, Berwawasan Global
dan berakhlaq mulia
MISI
a.
Melaksakan pembelajaran yang innovative mengacu
pada perkembangan ilmu pengatahuan dan teknologi
b.
Mewujudkan Lulusan yang siap kerja di dunia
industry
c.
Mewujudkan lulusan yang berjiwa wiraswasta dan
berdaya saing di dunia usaha
d.
Melaksanakan pembelajaran berbasis ICT (
informational Communication Teqnology)
e.
Melaksanakan
pembelajaran Agama yang dianut peserta didik.
MASTER PLAN SMKN 1 KINTAP
HALAMAN PERSETUJUAN
Usulan
Bantuan Pembangunan Pagar SMKN 1 Kintap
Melalui
Program Bantuan Pendidikan Menengah
Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan
Tahun anggaran 2018
Mengetahui / Menyetujui
Tanggal 29 Agustus 2017
Komite SMKN 1 Kintap Kepala
SMKN 1 Kintap
H u s e i n Drs. Rukiyanto
NIP 19670121 199303 1 007
KATA PENGANTAR
Arah
visi-misi pendidikan pemerintah yang secara umum dirangkum dalam Nawacita Terkait Pendidikan. Diantaranya peningkatkan
kualitas hidup manusia Indonesia. Melalui program Indonesia Pintar untuk
terwujudnya Wajib Belajar 12 tahun, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya
saing di pasar internasional. Membangun sejumlah science and technopark di kawasan
politeknik dan SMK, dengan prasarana dan sarana dengan teknologi terkini.
Sehubungan
dengan nawacita tersebut di atas, SMK Negeri 1 Kintap Kabupaten Tanah Laut
berupaya agar dapat mewujudkan nawacita tersebut dengan memenuhi delapan
standar Nasional sesuai dengan ketentuan BNSP. Salah satu diantaranya adalah
Standar Sarana dan Prasarana, SMK Negeri 1 Kintap merencanakan menambah Pagar,
mengingat sampai saat ini guru dan kepala sekolah besert staf tu tidak memiliki
Pagar sehingga menempati ruang belajar teori sedikit banyak hal ini mengganggu
kegiatan belajar.
Semoga
dengan penambahan Pagar ini kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar
dan mutu lulusan SMK Negeri 1 Kintap menjadi lebih baik sesuai dengan kebutuhan
masyarakat. Kiranya Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan
dapat mempertimbangkan Proposal Permohonan kami ini, mengingat SMK Negeri 1
Kintap ini telah berdiri sejak Tahun Ajaran 2003 namun sampai saat ini belum
memiliki Pagar padahal ruang Pagar adalah salah satu sarana penting guna
menunjang perkembangan sekolah.
Kintap, 29 Agustus 2017
Kepala SMK Negeri 1 Kintap
Drs. R u k i y a n t o
NIP. 19670121 199303 1 007
DAFTAR ISI
Halaman Sampul
..................................................................................................................... i
Halaman Profil Sekolah
........................................................................................................... ii
Halaman Persetujuan
............................................................................................................. iii
Halaman Kata Pengantar
........................................................................................................ iv
Halaman Daftar Isi
.................................................................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
....................................................................................................... 1
B.
Tujuan dan Sasaran
............................................................................................... 2
BAB II PROGRAM KEAHLIAN DAN DATA SISWA
A.
Kompetensi Keahlian yang dibuka
........................................................................ 3
B.
Kompetensi Keahlian dikembangkan
.................................................................... 3
C.
Data Siswa dan Data Penerima Siswa
................................................................... 4
BAB III PROGRAM PENGEMBANGAN SARANA
A.
Analisis Kebutuhan......................................................................... 5
B.
Ketersediaan dan Status Kepemilikan Tanah .......................................................... 5
BAB IV RENCANA ANGGARAN BIAYA .......... ............................................................ 6
BAB V PENUTUP .............................................................................................................. 7
BAB VI LAMPIRAN
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Keberhasilan pembangunan dewasa ini sangat
tergantung kepada keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM). SDM yang berkualitas
merupakn factor penunjang bagi kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu
bangsa. Tanpa SDM yang berkualitas, mustahil bagi suatu bangsa dapat mencapai
kemajuan dalam segala bidanng kehidupan. Ketersediaan SDM yang berkualitas
tentunya merupakan tanggung jawab fundamental bagi suatu lembaga pendidikan.
Hal tersebut bukanlah perkara yang mudah dan sederhana, tetapi persoalan yang
memerlukan upaya yang serius dan sungguh-sungguh dalam menanganinya. Pendidikan
yang fundamental berkaitan langsung dengan pembentukan kognitif, efektif dan
psikomotor peserta didik secara komprehensif, yang harus mendapat perhatian
serius bagi para pendidik, pimpinan lembaga pendidikan dan masyarakat umum
sebagai pengguna jasa kependidikan (costumer). Untuk meningkatkan kualitas
pendidikan, khususnyan di jenjang pendidikan menengah kejuruan, perlu ditunjang oleh sarana dan prasarana
yang memadai, gedung yang permanen, kokoh dan refresentatif, serta lingkungan
belajar yang nyaman, bersih dan asri sehingga tumbuh rasa bangga dan percaya
diri pada siswa dan mereka akan merasa betah selama berada di sekolah tersebut.
Selain itu juga, para pendidik dapat mampu menciptakan suasana pembelajaran
yang sesuai dengan yang
diinginkan.
Permasalahan Negara Republik Indonesia adalah
masalah kesejahteraan rakyat, indikatornya adalah taraf hidup, daya belinya
sangat rendah, selain itu jumlah pengangguran usia produktif/angkatan kerja
masih tinggi.; Tahun 2008 jumlah pengangguran angkatan kerja sekitar 200.000
orang, 80% adalah lulusan SMU dan 20 % lulusan SMK. Memperhatikan fenomena di
atas pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan dan Kebudayaan melalui
Direktorat Jenderal Menengah mengeluarkan kebijakan sangat esensial dan prinsip
yaitu pada tahun 2015 jumlah siswa SMK harus 70 % dan siswa SMU 30 %.
Mulai tahun 2005 Direktorat Pembinaan SMK
membangun SMK hampir disetiap kecamatan, hal ini dimaksudkan agar daya tampung
SMK lebih besar. Permasalahannya adalah sebagian besar komponen SMK belum
memenuhi standar minimal seperti ruang teori, gedung praktikum, sarana ibadah,
sarana pembelajaran praktik dan sumber daya guru produktif yang belum
terpenuhi.
SMK Negeri 1 Kintap berada di wilayah Kabupaten Tanah Laut
Provinsi Kalimantan Selatan didirikan pada tahun 2013 yang lokasinya sangat strategis berdekatan
dengan beberapa SMP
Negeri di atas lahan 2.000M²;
dampaknya sangat baik yaitu animo masyarakat melebihi daya tampung sekolah.
Kompetensi Keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Kintap adalah Tiga (3) Kompetensi Keahlian. Pertama Kompetensi
Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, Kompetensi
Keahlian Teknik Kendaraan Ringan, dan
Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan& Hortikultura.
Ruang kelas yang digunakan merupakan hasil kerja keras pemerintah kabupaten dan masyarakat, namun jumlahnya masih kurang. Permasalahan yang
perlu segera diatasi adalah kurangnya jumlah ruang kelas untuk teori baru yang
belum terselesaikan. Selama ini kami hanya belajar
teori, hal ini disebabkan tidak
tersedianya ruang praktik siswa beserta peralatan praktik di semua bidang
keahlian.
Sejalan dengan Kebijakan Pemerintah untuk memberikan keterampilan sesuai dengan bidang keahlian dan
sejalan pula dengan amanat UUD 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa guna
meningkatkan tingkat kesejahteraan, maka kami SMK Negeri 1 Kintap terus
berjuang dengan berbagai upaya agar SMKN Negeri 1 Kintap menjadi sekolah
unggulan di Kabupaten Tanah Laut untuk semua Bidang
Keahlian Teknologi yang
dibuka pada SMKN Kintap.
Melalui proposal ini kami sampaikan permohonan
bantuan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Selatan untuk memberikan
peralatan praktik bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan, agar mendekati standar minimal sesuai dengan
tuntutan standar sarana dan prasarana.
B.
Tujuan dan Sasaran
Tujuan dan sasaran yang diharapkan tercapai dari proposal ini adalah :
1.
Terlaksananya Pembangunan
Pagar SMKN 1 Kintap Kabupaten Tanah Laut.
2.
Meningkatkan mutu pendidikan terkait dengan sarana dan
Prasarana
Dengan
melihat rombongan belajar yang selalu meningkat dari tahun ke tahun maka sarana
pendidikan yang memadai tentulah menjadi prasarat yang harus dipenuhi untuk
meningkatkan kualitas peserta didik, apalagi diera globalisasi informasi saat
ini menuntut penguasaan keterampilan pada setiap
jurusan,
sedangkan SMKN 1 Kintap
Kabupaten Tanah Laut selama
ini belum memiliki peralatan praktik sebagai
sarana pembelajaran, maka SMKN 1 Kintap
Kabupaten Tanah Laut sangat
membutuhkan kelengkapan peralatan praktik untuk menunjang pembelajaran siswa.
Melalui
proposal ini kami sampaikan permohonan bantuan kepada Kepala Dinas Pendidikan
Kalimantan Selatan untuk pengadaan peralatan praktik untuk Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan agar mendekati standar minimal sesuai dengan
tuntutan standar sarana dan prasarana SMK.
BAB II
KOMPETENSI
KEAHLIAN DAN DATA SISWA
A.
Kompetensi
Keahlian Yang Dibuka
Program Kompetensi Keahlian yang
dibuka pada SMKN 1 Kintap meliputi 3 Program Keahlian, diantaranya adalah sebagai
berikut :
No
|
Program Keahlian yang telah dibuka
|
Tahun dibuka
|
Jumlah Rombel
|
1
|
Kompetensi
Keahlian Teknik Komputer & Jaringan
|
2013
|
3
|
2
|
Kompetensi
Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
|
2015
|
3
|
3
|
Agribisnis
Tanaman Pangan & Hortikultura
|
2015
|
3
|
B.
Kompetensi
Keahlian Yang Dikembangkan
Kompetensi Keahlian
yang dikembangkan pada SMKN 1 Kintap meliputi 3 Kompetensi Keahlian, diantaranya adalah
sebagai berikut :
No
|
Kompetensi Keahlian yang dikembangkan
|
Tahun dibuka
|
Jumlah Rombel
|
1
|
Kompetensi
Keahlian Teknik Komputer & Jaringan
|
2013
|
3
|
2
|
Kompetensi
Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
|
2015
|
3
|
3
|
Agribisnis
Tanaman Pangan & Hortikultura
|
2015
|
3
|
C.
Data
Siswa & Penerimaan Siswa
Data Siswa tahun
ajaran 2017/2018 SMKN 1 Kintap:
No
|
Bidang Keahlian
|
Data Siswa Pertingkat Tahun Ajaran 2017/2018
|
|||||
Tingkat X
|
Tingkat XI
|
Tingkat XII
|
|||||
RB
|
Siswa
|
RB
|
Siswa
|
RB
|
Siswa
|
||
1
|
Teknik
Komputer & Jaringan
|
1
|
36
|
1
|
33
|
1
|
32
|
2
|
Teknik
Kendaraan Ringan
|
1
|
35
|
1
|
27
|
1
|
30
|
3
|
Agribisnis
Tanaman Pangan & Hortikultura
|
1
|
34
|
1
|
18
|
1
|
20
|
BAB III
ANALISIS KEBUTUHAN
A.
Analisis kebutuhan
Hampir 5
Tahun Berdirinnya SMKN
1 Kintap sampai saat ini belum maksimal untuk mencapaian Keamanan dan Ketertiban. Sehingga siswa dapat belajar dengan konsentrasi
tanpa ada ganguan dari luar
seperti kendaraan yang melintas. SMKN 1 Kintap sangat membutuhkan
Pembangunaan Pagar Keliling
karena jumlah siswa yang terus meningkat
juga untuk keamanan dan ketertiban saat
pembelajaran sekolah dimulai.
B. Ketersediaan dan Status Kepemilikan Lahan
Luas
Tanah : 26.870 M2
Letak : Jl. A.Yani RT 04. Desa Kintap Kecil. Kec. Kintap
No
Sertifikat :
17.08.07.08.00740
Tanggal
Sertifikat : 06 Mei 2015
Pemilik : Pemerintah
Provinsi Kalimantan Selatan
BAB IV
RENCANA ANGGARAN BIAYA
Agar terarahnya program kegiatan pemenuhan pembangunan Pagar Kiranya Pemerintah Propinsi
Kalimantan Selatan melalui Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan,
maka perlu adanya Perencanaan Anggaran
Biaya sebagai acuan untuk pembangunan
Pagar tersebut. Oleh karena itu kami tidak menyusun anggaran namun menyerahkan
sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Selatan sesuai
dengan kebutuhan yang sangat mendesak pada SMK Negeri 1 Kintap.
Secara garis besar SMK Negeri 1 Kintap ini memerlukan
Pagar yang sangat mendesak dan sangat diperlukan untuk dipergunakan dalam
proses pembelajaran . adapun permintaan tersebut disesuaikan dengan anggaran
yang tersedia pada Dinas Pendidikan dan kebudayaan Propinsi Kalimantan Selatan.
BAB V
PENUTUP
Demikian
desain proposal untuk pembangunan Pagar SMK Negeri 1 Kintap Beberapa kekurangan
dan kelemahan pada desain ini mohon dimaklumi, dan diharapkan dapat diberikan
untuk kemajuan mutu dan kemandirian siswa.
Akhirnya kepada semua yang terlibat dan
membantu dalam pelaksanaan program ini diucapkan
terima kasih.
LAMPIRAN
0 comments:
Posting Komentar