PROPOSAL
USULAN
BANTUAN PEMBANGUNAN MUSHOLLA
SMKN
1 KINTAP
KABUPATEN
TANAH LAUT
MELALUI
DINAS
PENDIDIKAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
TAHUN
ANGGARAN 2018
|
SMK NEGERI 1
KINTAP
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN
PEMERINTAH
PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
Tahun 2017
PROFIL
SMK NEGERI 1 KINTAP
A.
IDENTITAS SEKOLAH
1
|
NAMA
|
SMK
NEGERI 1 KINTAP
|
||||
2
|
NISS
|
32
4150207022
|
||||
3
|
NPSN
|
69759064
|
||||
4
|
STATUS AKREDITASI
|
1
|
TKJ ( TEKNIK KOMPUTER JARINGAN)
|
|||
2
|
TKR ( TEKNIK KENDARAAN RINGAN)
|
|||||
3
|
ATPH ( AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN HOLTIKULTURA)
|
|||||
5
|
ALAMAT SEKOLAH
|
JL. A
Yani KM 142 Rt 04 Desa
Kintap Kecil
|
||||
Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut
|
||||||
Telp/Fax
|
-
|
|||||
HP
|
081352551293
|
|||||
Email
|
||||||
6
|
SK Pendirian
|
|||||
Nomor
|
188.45/743-KUM/2015
|
|||||
Tanggal
|
27
Oktober 2015
|
|||||
7
|
BIDANG
KEAHLIAN
|
PROGRAM KEAHLIAN
|
KOMPETENSI KEAHLIAN
|
|||
|
Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
Teknik Komputer dan
Informatika
|
Tek. Komputer dan
Jaringan
|
|||
|
Teknologi dan Rekayasa
|
Teknik Otomotif
|
Tek.Kendaraan ringan
|
|||
|
Agribisnis dan
Agroindustri
|
Agribisnis Produksi
Tanaman
|
Agribisnis Tanaman
Pangan dan Holtikultura
|
|||
8
|
Kepala Sekolah
|
|||||
|
Nama
|
Drs. Rukiyanto
|
||||
|
NIP
|
19670121 199303 1 007
|
||||
|
Pejabat yang menetapkan
|
Kepala Dinas Provinsi Kalimantan Selatan
|
||||
|
Nomor SK
|
821.29/009-290-BKD/2017
|
||||
|
Tanggal
|
24 Juli 2017
|
||||
|
TMT
|
24 Juli 2017
|
||||
9
|
Komite Sekolah
|
|||||
|
Nama
|
Husein
|
||||
VISI
a.
Berkualitas, Berdaya Saing, Berwawasan Global
dan berakhlaq mulia
MISI
a.
Melaksakan pembelajaran yang innovative mengacu
pada perkembangan ilmu pengatahuan dan teknologi
b.
Mewujudkan Lulusan yang siap kerja di dunia
industry
c.
Mewujudkan lulusan yang berjiwa wiraswasta dan
berdaya saing di dunia usaha
d.
Melaksanakan pembelajaran berbasis ICT (
informational Communication Teqnology)
Melaksanakan pembelajaran Agama yang dianut
peserta didik
MASTER PLAN SMKN 1 KINTAP
HALAMAN PERSETUJUAN
Usulan
Bantuan Pembangunan Mushalla Guru SMKN 1 Kintap
Melalui
Program Bantuan Pendidikan Menengah
Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan
Tahun anggaran 2018
Mengetahui /
Menyetujui
Tanggal 29 Agustus 2017
Komite SMKN 1 Kintap Kepala
SMKN 1 Kintap
H u s e i n Drs. Rukiyanto
NIP 19670121 199303 1 007
KATA PENGANTAR
Arah
visi-misi pendidikan pemerintah yang secara umum dirangkum dalam Nawacita Terkait Pendidikan. Diantaranya peningkatkan
kualitas hidup manusia Indonesia. Melalui program Indonesia Pintar untuk
terwujudnya Wajib Belajar 12 tahun, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya
saing di pasar internasional. Membangun sejumlah science and technopark di kawasan
politeknik dan SMK, dengan prasarana dan sarana dengan teknologi terkini.
Sehubungan
dengan nawacita tersebut di atas, SMK Negeri 1 Kintap Kabupaten Tanah Laut
berupaya agar dapat mewujudkan nawacita tersebut dengan memenuhi delapan
standar Nasional sesuai dengan ketentuan BNSP. Salah satu diantaranya adalah
Standar Sarana dan Prasarana, SMK Negeri 1 Kintap membangun Musholla, mengingat
sampai saat ini guru dan siswa tidak memiliki musholla sehingga harus
melaksanakan shalat di ruang kelas.
Semoga
dengan penambahan mushalla ini bias membantu kegiatan belajar mengajar Pendidikan
Agama Islam berjalan dengan lancar dan mutu lulusan SMK Negeri 1 Kintap menjadi
lebih baik sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kiranya Bapak Kepala Dinas
Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan dapat mempertimbangkan Proposal
Permohonan kami ini, mengingat SMK Negeri 1 Kintap ini telah berdiri sejak
Tahun Ajaran 2012 namun sampai saat ini belum memiliki mushla guru padahal
ruang mushalla adalah salah satu sarana penting guna menunjang perkembangan
sekolah.
Kintap, 29 Agustus 2017
Kepala SMK Negeri 1 Kintap
Drs. R u k i y a n t o
NIP. 19670121 199303 1 007
DAFTAR ISI
Halaman Sampul
..................................................................................................................... i
Halaman Profil Sekolah
........................................................................................................... ii
Halaman Persetujuan
............................................................................................................. iii
Halaman Kata Pengantar
........................................................................................................ iv
Halaman Daftar Isi
.................................................................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
....................................................................................................... 1
B.
Tujuan dan Sasaran
............................................................................................... 2
BAB II
PROGRAM KEAHLIAN DAN
DATA SISWA
A.
Kompetensi Keahlian yang dibuka
........................................................................ 3
B.
Kompetensi Keahlian dikembangkan
.................................................................... 3
C.
Data Siswa dan Data Penerima Siswa
................................................................... 4
BAB III PROGRAM PENGEMBANGAN SARANA
A.
Kebutuhan Pembangunan Mushalla...................................................................... 5
B. Ketersediaan dan Status
Kepemilikan Tanah……………………………….......... 5
BAB IV RENCANA ANGGARAN BIAYA......................................................................... 6
BAB V PENUTUP .............................................................................................................. 7
BAB VI LAMPIRAN
BAB
1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Keberhasilan pembangunan dewasa ini sangat tergantung
kepada keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM). SDM yang berkualitas merupakn
factor penunjang bagi kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Tanpa
SDM yang berkualitas, mustahil bagi suatu bangsa dapat mencapai kemajuan dalam
segala bidanng kehidupan. Ketersediaan SDM yang berkualitas tentunya merupakan
tanggung jawab fundamental bagi suatu lembaga pendidikan. Hal tersebut bukanlah
perkara yang mudah dan sederhana, tetapi persoalan yang memerlukan upaya yang
serius dan sungguh-sungguh dalam menanganinya. Pendidikan yang fundamental
berkaitan langsung dengan pembentukan kognitif, efektif dan psikomotor peserta
didik secara komprehensif, yang harus mendapat perhatian serius bagi para
pendidik, pimpinan lembaga pendidikan dan masyarakat umum sebagai pengguna jasa
kependidikan (costumer). Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnyan di
jenjang pendidikan menengah kejuruan,
perlu ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai, gedung yang permanen,
kokoh dan refresentatif, serta lingkungan belajar yang nyaman, bersih dan asri
sehingga tumbuh rasa bangga dan percaya diri pada siswa dan mereka akan merasa
betah selama berada di sekolah tersebut. Selain itu juga, para pendidik dapat
mampu menciptakan suasana pembelajaran yang sesuai dengan yang diinginkan.
Permasalahan Negara Republik Indonesia adalah masalah
kesejahteraan rakyat, indikatornya adalah taraf hidup, daya belinya sangat
rendah, selain itu jumlah pengangguran usia produktif/angkatan kerja masih
tinggi.; Tahun 2008 jumlah pengangguran angkatan kerja sekitar 200.000 orang,
80% adalah lulusan SMU dan 20 % lulusan SMK. Memperhatikan fenomena di atas
pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan dan Kebudayaan melalui
Direktorat Jenderal Menengah mengeluarkan kebijakan sangat esensial dan prinsip
yaitu pada tahun 2015 jumlah siswa SMK harus 70 % dan siswa SMU 30 %.
Mulai tahun 2005 Direktorat Pembinaan SMK membangun
SMK hampir disetiap kecamatan, hal ini dimaksudkan agar daya tampung SMK lebih
besar. Permasalahannya adalah sebagian besar komponen SMK belum memenuhi
standar minimal seperti ruang teori, gedung praktikum, sarana ibadah, sarana
pembelajaran praktik dan sumber daya guru produktif yang belum terpenuhi.
SMK Negeri 1 Kintap berada di wilayah Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan
Selatan didirikan pada tahun 2013
yang lokasinya sangat strategis berdekatan dengan beberapa SMP Negeri di atas lahan 2.000M²; dampaknya sangat baik
yaitu animo masyarakat melebihi daya tampung sekolah. Kompetensi Keahlian yang
ada di SMK Negeri 1 Kintap
adalah Tiga (3) Kompetensi Keahlian. Pertama Kompetensi
Keahlian Teknik Komputer dan
Jaringan, Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan, dan Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman
Pangan& Hortikultura.
Ruang kelas
yang digunakan merupakan hasil kerja keras pemerintah kabupaten dan masyarakat, namun jumlahnya masih kurang. Permasalahan yang
perlu segera diatasi adalah kurangnya jumlah ruang kelas untuk teori baru yang
belum terselesaikan. Selama ini kami hanya belajar teori, hal ini disebabkan tidak tersedianya ruang praktik siswa beserta peralatan
praktik di semua bidang keahlian.
Sejalan dengan Kebijakan Pemerintah untuk memberikan keterampilan sesuai dengan bidang
keahlian dan sejalan pula dengan amanat UUD 1945 untuk mencerdaskan
kehidupan bangsa guna meningkatkan tingkat kesejahteraan, maka kami SMK Negeri
1 Kintap terus berjuang dengan berbagai upaya agar SMKN Negeri 1 Kintap menjadi
sekolah unggulan di Kabupaten Tanah Laut untuk semua Bidang Keahlian Teknologi yang dibuka pada SMKN Kintap.
Melalui proposal ini kami sampaikan permohonan bantuan
kepada Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Selatan untuk memberikan peralatan
praktik bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan, agar mendekati
standar minimal sesuai dengan tuntutan standar sarana dan prasarana.
B.
Tujuan dan Sasaran
Tujuan dan sasaran yang diharapkan tercapai dari proposal ini adalah :
1.
Terlaksananya Pembangunan Mushalla SMKN 1 Kintap Kabupaten Tanah Laut.
2. Meningkatkan mutu
pendidikan terkait dengan sarana dan Prasarana
Dengan melihat rombongan
belajar yang selalu meningkat dari tahun ke tahun maka sarana pendidikan yang
memadai tentulah menjadi prasarat yang harus dipenuhi untuk meningkatkan
kualitas peserta didik, apalagi diera globalisasi informasi saat ini menuntut
penguasaan keterampilan pada setiap jurusan, sedangkan SMKN 1 Kintap Kabupaten Tanah
Laut selama ini
belum memiliki peralatan praktik sebagai sarana pembelajaran, maka SMKN 1 Kintap Kabupaten Tanah
Laut sangat
membutuhkan kelengkapan peralatan praktik untuk menunjang pembelajaran siswa.
Melalui proposal
ini kami sampaikan permohonan bantuan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan
Selatan untuk pengadaan peralatan praktik untuk Kompetensi Keahlian Teknik
Kendaraan Ringan agar
mendekati standar minimal sesuai dengan tuntutan standar sarana dan prasarana
SMK.
BAB II
KOMPETENSI
KEAHLIAN DAN DATA SISWA
A.
Kompetensi Keahlian
Yang Dibuka
Program Kompetensi
Keahlian yang dibuka pada SMKN 1 Kintap meliputi 3 Program Keahlian,
diantaranya adalah sebagai berikut :
No
|
Program Keahlian yang telah dibuka
|
Tahun dibuka
|
Jumlah Rombel
|
1
|
Kompetensi
Keahlian Teknik Komputer & Jaringan
|
2013
|
4
|
2
|
Kompetensi
Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
|
2015
|
2
|
3
|
Agribisnis
Tanaman Pangan & Hortikultura
|
2015
|
2
|
B.
Kompetensi Keahlian
Yang Dikembangkan
Kompetensi Keahlian yang dikembangkan pada SMKN 1 Kintap meliputi 3 Kompetensi Keahlian, diantaranya
adalah sebagai berikut :
No
|
Kompetensi Keahlian yang dikembangkan
|
Tahun dibuka
|
Jumlah Rombel
|
1
|
Kompetensi
Keahlian Teknik Komputer & Jaringan
|
2013
|
4
|
2
|
Kompetensi
Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
|
2015
|
2
|
3
|
Agribisnis
Tanaman Pangan & Hortikultura
|
2015
|
2
|
C.
Data Siswa &
Penerimaan Siswa
Data Siswa tahun ajaran 2016/2017 SMKN 1 Kintap:
No
|
Bidang Keahlian
|
Data Siswa Pertingkat Tahun Ajaran
2016/2017
|
|||||
Tingkat X
|
Tingkat XI
|
Tingkat XII
|
|||||
RB
|
Siswa
|
RB
|
Siswa
|
RB
|
Siswa
|
||
1
|
Teknik
Komputer & Jaringan
|
1
|
35
|
1
|
32
|
2
|
42
|
2
|
Teknik
Kendaraan Ringan
|
1
|
28
|
1
|
29
|
|
-
|
3
|
Agribisnis
Tanaman Pangan & Hortikultura
|
1
|
19
|
1
|
20
|
|
-
|
BAB III
PROGRAM PENGEMBANGAN SARANA
Pembangunan ruang mushalla
yang diprogramkan dan akan
dilaksanakan oleh SMK Negeri 1 Kintap Kabupaten Tanah Laut adalah sebagai berikut :
A. Kebutuhan Ruang Mushalla.
Kebutuhan
Musholla sangat mendesak untuk ibadah masyarakat sekolah juga sebagai praktik
pembelajaran
B. Ketersediaan dan Status Kepemilikan
Lahan
Luas Tanah :
26.870 M2
Letak :
Jl. A.Yani RT 04. Desa Kintap Kecil. Kec. Kintap
No Sertifikat :
17.08.07.08.00740
Tanggal Sertifikat :
06 Mei 2015
Pemilik :
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan
BAB IV
RENCANA ANGGARAN BIAYA ( RAB )
Agar terarahnya program kegiatan keagamaan, Kiranya
Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
memberikan baantuan, maka perlu adanya
Perencanaan Anggaran Biaya sebagai acuan untuk pemenuhan pembangunan mushalla. Oleh karena itu kami tidak
menyusun anggaran namun menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Propinsi Kalimantan Selatan sesuai dengan kebutuhan yang sangat
mendesak pada SMKN 1 Kintap.
adapun kebutuhan tersebut
disesuaikan dengan anggaran yang tersedia pada Dinas Pendidikan dan
kebudayaan Propinsi Kalimantan Selatan.
BAB V
PENUTUP
Dengan dibangunnya mushalla di SMK Negeri 1 Kintap Kabupaten Tanah Laut Pada Tahun Anggaran 2018
ini, mudah-mudahan menjadi solusi bagi suatu permasalahan yang ada. Pembangunan
ini nantinya sangat membantu sekali dalam kemajuan sekolah. Hal-hal yang belum
tersurat pada proposal ini mengenai teknis penerimaan dan panitia pengadaan
perbaikan maka kami akan mengikuti sesuai dengan ketentuan yang ada.
Demikian proposal permohonan
ini dibuat semoga dapat dikabulkan
mengingat keperluan bangunan mushalla sangat mendesak. Diharapkan dengan bantuan ini SMK Negeri 1 Kintap Kabupaten Tanah Laut dapat tumbuh dan berkembang sesuai
tuntutan perkembangan jaman, dan bisa menjawab tantangan dunia usaha/dunia industri dalam menunjang perekonomian Kabupaten Tanah Laut khususnya dan Kalimantan
Selatan pada umumnya.
LAMPIRAN
0 comments:
Posting Komentar