LAPORAN
KEGIATAN
PELAKSANAAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
PT.
PAMAPERSADA NUSANTARA
PERAWATAN DAN PERBAIKAN COOLING SYSTEM KOMATSU HD785-7
Nama : IVDRA
OKTAVIONO
NIS :
955
Jurusan : Tekhnik Kendaraan Ringan
PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMKN 1 KINTAP
2016/2017
LEMBAR PENGESAHAN
SEKOLAH
PERAWATAN DAN PERBAIKAN COOLING SYSTEM KOMATSU HD785-7
INDRA
OKTAVIONO
NIS
: 955
Telah disahkan oleh :
Program
Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
SMKN 1 KINTAP
Tanggal :13-04-2017
Mengesahkan :
Pembimbing sekolah Ketua Prakerin
Teknik Kendaraan Ringan
Yusuf wibisono S.Pd.I Bobby pudjianto,S.Pd
Disetujui oleh :
Kepala Sekolah SMKN 1 KINTAP
Sudianto, SP
NIP:
197105026998021004
LEMBAR PENGESAHAN
DUNIA INDUSTRI
PERAWATAN DAN PERBAIKAN COOLING SYSTEM KOMATSU HD785-7
INDRA OKTAVIONO
NIS : 955
Telah disahkan oleh :
Departement
PLANT
PT. PAMAPERSADA NUSANTARA Distrik PLANT
Tanggal :13-04-2017
Disetujui Oleh :
Plant Dept. Head Pembimbing Industri
Rochmandjai E.P Wahyu K.I
Mengetahui :
Project Manager PT.Pamapersada Nusantara
Distrik ARIA
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah Yang Maha
Kuasa, yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga penulis
dapat menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Industri ini. Laporan ini merupakan
hasil dari kegiatan Praktik Kerja di PT.Pamapersada Nusantara yang di lakukan kurang lebih 3 (tiga) bulan yang di mulai dari
tanggal 09 Januari 2017 s/d 13 April 2017.
Laporan ini disusun untuk memenuhi
persyaratan praktik kerja industri jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kintap agar dapat di jadikan sebagai bahan pengetahuan
tambahan serta pengenalan pada siswa tentang dunia usaha agar dapat lebih mudah
nantinya dalam dunia industri.
Adapun keberhasilan penulis dalam membuat
laporan ini tidak lepas dari bantuan dan kerja sama dari berbagai pihak yang telah
bersedia membimbing serta memberikan ilmu, amanah dan
nasehat-nasehat yang bermanfaat nantinya bagi penulis.
Penulis mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada:
1. Tuhan
yang maha esa beserta Nabi Muhammad SAW yang telah melipahkan
karunianya
kepada saya.
3. Bapak Sudianto,
sebagai Kepala Sekolah SMKN 1 Kintap.
4. Bapak
Bobby Pudjianto spd, sebagai kepala
program Teknik kendaraan ringan
SMKN 1 Kintap.
5. Bapak
Yusuf wibisono, sebagai
pembimbing sekolah Praktik kerja Industri.
6. Bapak
Rochmandjai Ekoprasetyo, sebagai Plant Dept Head.
7. Bapak
Wahyu K.I, sebagai pembimbing industri.
8. Seluruh
karyawan Departement Plant
dan karyawan PT.Pamapersada Nusantara yang telah memberikan bimbingan,
arahan serta pelajaran yang belum saya dapat sebelumnya.
9. Kedua orang tua beserta kerabat yang
senantiasa memberikan dukungan dan do’a restunya.
10. Seluruh
guru dan semua Staff SMKN 1 Kintap.
Laporan
ini disusun untuk memenuhi persyaratan kelulusan Praktik Kerja Industri
Semester II jurusan
Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kintap dan bisa menjadi
pengetahuan serta pengenalan bagi siswa tentang Dunia Industri.
Tak
ada gading yang tak retak, begitu pula laporan saya ini. Penulis menyadari
bahwa
dalam
menyusun laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu penulis mengharapkan
masukan–masukan dan saran yang sifatnya membangun, guna nantinya dalam membuat
laporan berikutnya akan lebih baik dan sempurna.
Akhirnya
penulis hanya bisa berharap nantinya laporan ini bisa bermanfaat bagi semua
pihak, terutama saya sendiri.
Kintap, 13-04-2017
Penulis
INDRA
OKTAVIONO
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL....................................................................................i
LEMBAR PENGESAHAN
SEKOLAH................................................... ii
LEMBAR PENGESAHAN
DUNIA INDUSTRI.................................... iii
KATA PENGANTAR............................................................................... iv
DAFTAR ISI.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR................................................................................. vi
DAFTAR TABEL...................................................................................... vi
DAFTAR
LAMPIRAN............................................................................. vi
DAFTAR NILAI PRAKEIN DARI INSTANSI........................................
DAFTAR GAMBAR
3.1 Gambar Cooling System...................................................................... 15
3.2.1 Gambar Radiator.............................................................................. 16
3.2.2 Gambar Thermostat.......................................................................... 16
3.2.3 Gambar Water Pump........................................................................ 17
3.2.4 Gambar Oil Cooler............................................................................ 17
3.2.5 Gambar Cylinder Head..................................................................... 17
3.2.6 Gambar Cylinder Liner..................................................................... 18
DAFTAR
TABEL
2.5 Tabel Jam kerja karyawan.................................................................... 13
4.1 Tabel Engine Overheat........................................................................ 18
DAFTAR
LAMPIRAN
Daftar Absensi Siswa Magang.................................................................. 21
BAB
I. PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang masalah.......................................................................... 1
1.2 Tujuan prakerin...................................................................................... 1
1.3 Manfaat Praktik Kerja Industri.............................................................. 2
1.3.1 Bagi Peserta Praktik Kerja Industri............................................... 2
1.3.2 Bagi Sekolah Menengah Kejuruan................................................. 2
1.3.3 Bagi Perusahaan............................................................................. 2
BAB
II. GAMBARAN UMUM
PERUSAHAAN
2.1 Profil Perusahaan/instansi...................................................................... 3
2.2 Lokasi Instansi....................................................................................... 3
2.3 Visi dan Misi Perusahaan/instansi.......................................................... 4
2.4 Struktur Organisasi Perusahaan/instansi................................................ 5
2.5 Jam Kerja Karyawan.............................................................................. 6
BAB III.
LANDASAN TEORI
3.1 Nama Komponen COOLING SYSTEM HD785-7.............................. 7
3.2 Fungsi COOLING SYSTEM HD785-7................................................ 8
3.3 Cara Kerja COOLING SYSTEM HD785-7....................................... 10
BAB IV. PEMBAHASAN
4.1 Troble Masalah Yang Sering Terjadi
Pada COOLING SYSTEM
HD785-7..................................................11
BAB V. PENUTUP
5.1 Kesimpulan.......................................................................................... 12
5.2 Saran-Saran.......................................................................................... 12
5.2.1 Saran Untuk Perusahaan.............................................................. 12
5.2.2 Saran Untuk Sekolah................................................................... 12
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................. 13
LAMPIRAN............................................................................................. 14
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Laporan praktik kerja industri
(prakerin) ini dibuat sebagai salah satu syarat
kenaikan kelas bagi siswa/siswi SMK, disamping itu kurikulum pendidikan
yang berlaku di SMK mewajibkan siswa/siswi untuk melakukan praktik kerja
industri di perusahan/Industri, karena sebagai bekal pengalaman untuk bekerja
di dunia Industri nanti.
Selama melaksanakan prakerin di PT.Pamapersada Nusantara banyak kegiatan yang
dilaksanakan salah satunya melakukan perawatan dan perbaikan alat produksi dan
alat support yang dimiliki PT.Pamapersada
Nusantara. Dari kegiatan itu penulis memutuskan untuk mengambil judul laporan “Perawatan dan Perbaikan Cooling System KOMATSU HD785-7”.
Dengan
kerja industri (prakerin) penulis bisa
mendapatkan ilmu pengetahuan dari dunia usaha/industri selain ilmu pengetahuan
yang di dapat melalui pendidikan sekolah.
1.2 Tujuan praktik kerja industri
Kegiatan
kerja industri atau pengalaman kerja lapangan yang bertujuan:
a. Untuk
menghasilkan tenaga kerja yang mempunyai keahlian profesional dengan tingkat
pengetahuan keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan
kerja.
b. Meningkatkan
efisien proses pendidikan
dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
c. Memberi
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses
pendidikan.
d. Mempelajari
organisasi atau tempat
praktik yang mencakup nyata perusahaan struktur, manajemen, tenaga kerja dan
lain-lain.
e. Sebagai
salah satu syarat mengikuti ujian akhir semester.
1.3 Manfaat Praktik
Kerja Industri
1.3.1 Bagi
Peserta Praktik Industri
a. Melatih
kemandirian siswa dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang terdapat di Dunia Usaha.
b.
Untuk
memperoleh, mempraktikkan dan memperdalam ilmu yang telah diperoleh
dibangku
Sekolah ke dunia
kerja/Industri.
c. Mengenal
cara kerja perusahaan secara umum.
d. Dapat
menambah wawasan dan pengalaman tentang praktik kerja di lapangan.
e. Memberi
bekal sebelum terjun ke dunia kerja secara nyata.
f. Menambah
bahan perbandingan antara teori yang diperoleh di bangku sekolah dengan praktik
sesungguhnya di dunia
kerja.
1.3.2 Bagi
Sekolah Menengah Kejuruan
a.
Terjalinnya
hubungan kerjasama dengan perusahaan yang ditempati untuk kerja praktik.
b.
Dapat mengetahui
tolerasi antara ilmu yang diberikan dibangku sekolah dengan kondisi industri
nyata.
1.3.3 Bagi Perusahaan
a. Terjalinnya
kerja sama dengan dunia
pendidikan.
b. Dapat
membantu menyiapkan sumber daya yang potensial untuk perusahaan.
BAB II
GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN
2.1 Profil
Perusahan/instansi
Nama
Perusahaan : PT.Pamapersada Nusantara
Alamat
Perusahaan : Simpang 4 Blok A/E, Desa Sungai Cuka,
Kec. Kintap, Kab. Tanah
Laut,
Kalimantan Selatan - 70883
Nama
Kepala Perusahaan : Bayu Setyawan
Jenis
Perusahaan/Instansi : Perseroan Terbatas (PT)
Bidang Usaha : Kontraktor Penambangan Batubara
Waktu
Kerja : a. Hari Kerja : 6 hari
b.
Hari Libur : 1 hari
c.
Jam Kerja : 06:00 s/d 18:00
2.2 Lokasi Instansi
Tempat pelaksanaan praktik kerja ini adalah di PT.Pama
Persada Nusantara yang beralamatkan di : Simpang 4 blok A/E, Desa Sungai Cuka, Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut . Kode
Pos 70883.
2.3 Visi Dan Misi Perusahaan
2.3.1. Visi Perusahaan PT.Pama Persada
Nusantara
To be World Leader Mining Contractor With The Best
PRESENT
(Productivity,
Engineering, Safety and Environment)
“Menjadi
Pemimpin kontraktor pertambangan kelas Dunia dengan Produktivitas,
Kemanpuan
Enginering, Pengendalian Lingkungan dan Keselamatan kerja yang Terbaik”
2.3.2. Misi Perusahaan PT.Pama Persada Nusantara
a. Menyediakan
jasa operasi dengan peralatan berat dalam bidang pertambangan dan pemindahan
tanah yang memungkinkan pelanggan memperoleh manfaat yang terbaik di tingkat
dunia.
b. Memberikan
kesempatan kepada karyawan untuk mengembang kompetensi untuk mencapai tujuan
hidupnya.
c. Memberikan
nilai tambah pasar dan nilai tambah ekonomi yang terbaik bagi pemegang saham.
d. Berupaya
secara terus menerus untuk menguasai teknologi dan kemampuan rekayasa yang berwawasan pada lingkungan dan
keselamatan kerja.
e. Melangsungkan
usaha yang berkesinambungan dan bermanfaat kepasda bangsa dan Negara.
2.3.3 Visi Departemen Plant
To be be the best provider of
product support with high availability
Best performance and the lowest
possible reliable cost
“Menjadi Penyedia Product Spport yang
Terbaik dengan Kesiapan Alat Tinggi,
Kemampuan yang Terbaik, Biaya yang Sewajarnya dan
Serendah Mungkin”
2.3.4 Misi Departement Plant
To be be the best provider of product
support with high availability
Best
performance and the lowest possible reliable cost
“Menjadi
Penyedia Product Spport yang Terbaik dengan Kesiapan Alat Tinggi, Kemampuan
yang Terbaik, Biaya yang Sewajarnya dan Serendah Mungkin”
2.4 Struktur Organisasi Perusahaan / instansi
2.5 Jam Kerja
Karyawan
JAM KERJA KARYAWAN PLANT DEPARTEMENT
|
|||
Jabatan/posisi
|
SHIFF
|
IN
|
OUT
|
Staff
|
SHIFF 1
|
06:00
|
18:00
|
SHIFF 2
|
18:00
|
06:00
|
|
Mekanik
|
SHIFF 1
|
06:00
|
18:00
|
SHIFF 2
|
06:00
|
18:00
|
|
Administrasi
|
|
07:00
|
17:00
|
Waktu Kerja : Hari
Kerja : 6 hari
Hari Libur :
1 hari
Jam
Kerja : 06:00 s/d 18:00
07:00 s/d 17:00
jam Kerja Industri : 07:00 s/d 17:00
BAB III
LANDASAN
TEORI
3.1 Komponen Cooling System Komatsu HD 785-7
3.1
Gambar Cooling System
3.2
Fungsi Cooling System Komatsu HD 785-7
Fungsi cooling system yaitu sebagai pendingin
pada engine, sistem ini sangat di butuhkan pada setiap engine untuk dapat
menyeimbangkan kinerja engine.
3.2.1 Radiator
Radiator berfungsi
sebagai media pendingin air engine. Dan mendinginkan air tersebut dengan
bantuan udara luar.
3.2.1 Gambar
Radiator
3.2.2 Thermostat
Untuk mengatur saat membuka
dan menutup aliran air pendingin ke radiator, sehingga temperatur air pada
sistem tetap pada batas-batas yang sudah di tentukan (70derajat C – 90derajat
C).
3.2.2 Gambar
Thermostat
3.2.3 Water Pump
Berfungsi untuk
mensirkulasikan air dengan tekanan ke dalam sistem pendingin. Semua pompa air
yang dipergunakan pada engine umumnya
mempergunakan jenis sentrifugal pump.
3.2.3Gambar Water
Pump
3.2.4 Oil Cooler
Berfungsi sebagai
media penyerap panas dari oli engine yang akan didinginkan dari cooling system.
3.2.4 Gambar Oil Cooler
3.2.5 Cylinder
Head
Berfungsi menahan
tekanan pembakaran, mengendalikan panas dalam ruangan (dengan system
pendinginan) dan tempat duduknya valve intake/exhaust.
3.2.5
Gambar Cylinder Head
3.2.6 Cylinder Liner
Berfungsi untuk
melindungi bagian dalam cylinder block dari gesekan ring piston.
3.2.6 Cylinder Liner
3.2.7 Water Manifold
Merupakan tempat bertemunya air
sebelum menuju ke thermostat.
3.2.8 Cylinder Block
Berfungsi untuk tempat slinder yang berfungsi
sebagai tempat bergeraknya piston.
3.3
Cara Kerja Cooling System Komatsu HD 785-7
Water pump digerakan oleh putaran crank shaft
melalui mekanisme gear untuk mensirkulasikan air dengan tekanan tertentu ke
sirkuit pendingin setelah dari pompa, air pertama-tama menuju ke oil cooler
untuk mendinginkan oli pelumas engine dan oli sistem lainnya. Kemudian, air
tersebut mengalir ke water jacket.
Didalam water jacket, air pendingin tersebut
mengalir ke sekitar silinder liner dan mendinginkan silinder liner dan ruang
bakar. Setelah ini air tersebut masuk ke water jacket silinder head.
Air tersebut kemudian masuk ke thermostat.
Thermostat mendistribusikan air pendingin ke dua saluran, yaitu ke water pump
dan radiator. Volume air yang didistribusikan tersebut tergantung pada
temperaturnya. Air yang mengalir ke radiator didinginkan oleh udara yang
dihembuskan oleh kipas.
Volume air yang didistribusikan tersebut
tergantung pada tempatnya. Air yang mengalir ke radiator didinginkan oleh udara
yang di hembuskan oleh kipas.
BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Troble Masalah Yang Sering Terjadi di COOLING SYSTEM HD785-7
Troble
|
Analisa/Sebab
|
Cara Perbaikan
|
Cara mencegah
|
-Engine
Overheating
|
-Air pendingin kurang
-Radiator buntu
-Thermostat rusak
-Terdapat udara di dalam cooling system
-Water pump bocor
-Fan belt putus
|
-leveling (Menambah) air pendingin.
-Membersihkan radiator dengan di semprot angin dan bersihkan pakai air
-Mengganti thermostat baru
-Mencari
penyebab masuknya udara cooling system dan perbaiki.
-Mengganti waterpump baru
-Mengganti fan belt baru
|
-Pada saat engine dingin
pastikan air pendingin dapat terlihat pada bagian bawah leher
tube sub tank pengisi radiator.
-Pengecekan rutin pada saat service.
-Pengecekan rutin pada saat service.
-Pengecekan rutin pada saat service.
-Pengecekan pada saat service.
-Pengecekan pada saat service.
|
4.1 Tabel Engine
Overheat
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari hasil praktek kerja industri (prakerin)
selama tiga bulan penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1.
Melaksanakan peraktek kerja
indutri (prakerin) adalah suatu kesempatan untuk menguji dan melatih kemampuan
yang di miliki siswa.
2.
Melaksanakan praktek kerja
industri (prakerin) adalah suatu kesempatan untuk mencari pengalaman kerja dan
wawasan yang tidak didapat disekolah.
3.
Setelah melaksanakan peraktek
kerja industri (prakerin) siswa dapat merasakan bahwa pengalaman pendidikan
tidak cukup hanya sampai di SMK jika ingin mencapai cita-cita atau meniti
karir.
4.
Gangguan-ganguan yang sering
terjadi pada cooling system adalah engine overheating sehingga keaadan mesin
terlalu panas dann tidak maksimal.
5.2 Saran-saran
5.2.1 Saran untuk Perusahaan
/ Dunia Indusrti
· Semoga
untuk selanjutnya PT.Pamapersada
Nusantara dapat bekerja sama dengan SMKN 1 Kintap, dengan
cara menerima siswa magang dari SMKN 1 Kintap di tahun-tahun berikutnya.
· PT.Pamapersada Nusantara diharapkan dapat
memberikan pelatihan terkait kegiatan Praktik Industri untuk peserta magang
pada kesempatan berikutnya.
5.2.2 Saran untuk Sekolah
· Melakukan
pendekatan-pendekatan kepada dunia Industri agar dapat menjalin kerja sama
secara terus-menerus.
· Pembimbing sekolah
diharapkan dapat secara rutin melakukan monitoring agar pihak sekolah
mengetahui keadaan para siswa didunia Industri.
· Sekolah diharapkan
dapat mengadakan pembekalan dengan durasi waktu yang lebih lama.
· Sekolah diharapkan
dapat melakukan pembekalan dalam bentuk praktik.
DAFTAR PUSTAKA
·
Motordiesel.pdf
LAMPIRAN
Daftar Absensi Siswa Magang
No
|
Tanggal
|
Kehadiran
|
Keterangan
|
1
|
minggu , 01 jan 2017
|
|
|
2
|
senin , 02 jan 2017
|
|
|
3
|
selasa , 03 jan 2017
|
|
|
4
|
rabu , 04 jan 2017
|
|
|
5
|
kamis , 05 jan 2017
|
|
|
6
|
jum'at , 06 jan 2017
|
|
|
7
|
sabtu , 07 jan 2017
|
|
|
8
|
minggu , 08 jan 2017
|
|
|
9
|
senin , 09 jan 2017
|
|
|
10
|
selasa , 10 jan 2017
|
|
|
11
|
rabu , 11 jan 2017
|
|
|
12
|
kamis , 12 jan 2017
|
Hadir
|
|
13
|
jum'at , 13 jan 2017
|
Hadir
|
|
14
|
sabtu , 14 jan 2017
|
Hadir
|
|
15
|
minggu , 15 jan 2017
|
|
Libur
|
16
|
senin , 16 jan 2017
|
Hadir
|
|
17
|
selasa , 17 jan 2017
|
Hadir
|
|
18
|
rabu , 18 jan 2017
|
Hadir
|
|
19
|
kamis , 19 jan 2017
|
Hadir
|
|
20
|
jum'at , 20 jan 2017
|
Hadir
|
|
21
|
sabtu , 21 jan 2017
|
Hadir
|
|
22
|
minggu ,22 jan 2017
|
|
Libur
|
23
|
senin , 23 jan 2017
|
Hadir
|
|
24
|
selasa , 24 jan2017
|
Hadir
|
|
25
|
rabu , 25 jan 2017
|
Hadir
|
|
26
|
kamis 26 jan 2017
|
Hadir
|
|
27
|
jum'at ,27 jan 2017
|
|
Ijin
|
28
|
sabtu , 28 jan 2017
|
|
Libur
|
29
|
minggu 29 jan 2017
|
|
Libur
|
30
|
senin , 30 jan 2017
|
Hadir
|
|
31
|
selasa , 31 jan 2017
|
Hadir
|
|
No
|
Tanggal
|
Kehadiran
|
Keterangan
|
1
|
rabu , 01 Feb 2017
|
Hadir
|
|
2
|
kamis , 02 Feb 2017
|
Hadir
|
|
3
|
jum'at , 03 Feb 2017
|
Hadir
|
|
4
|
sabtu , 04 Feb 2017
|
Hadir
|
|
5
|
minggu , 05 Feb 2017
|
|
Libur
|
6
|
senin , 06 Feb 2017
|
Hadir
|
|
7
|
selasa , 07 Feb 2017
|
Hadir
|
|
8
|
rabu , 08 Feb 2017
|
Hadir
|
|
9
|
kamis , 09 Feb 2017
|
Hadir
|
|
10
|
jum'at , 10 Feb 2017
|
Hadir
|
|
11
|
sabtu , 11 Feb 2017
|
|
Kesekolah
|
12
|
minggu , 12 Feb 2017
|
|
Libur
|
13
|
senin , 13 Feb 2017
|
Hadir
|
|
14
|
selasa , 14 Feb 2017
|
Hadir
|
|
15
|
rabu , 15 Feb 2017
|
Hadir
|
|
16
|
kamis , 16 Feb 2017
|
Hadir
|
|
17
|
jum'at , 17 Feb 2017
|
Hadir
|
|
18
|
sabtu , 18 Feb 2017
|
Hadir
|
|
19
|
minggu , 19 Feb 2017
|
|
Libur
|
20
|
senin , 20 Feb 2017
|
|
Libur
|
21
|
selasa , 21 Feb 2017
|
Hadir
|
|
22
|
rabu , 22 Feb 2017
|
Hadir
|
|
23
|
kamis , 23 Feb 2017
|
Hadir
|
|
24
|
jum'at , 24 Feb 2017
|
Hadir
|
|
25
|
sabtu , 25 Feb 2017
|
Hadir
|
|
26
|
minggu , 26 Feb 2017
|
|
Libur
|
27
|
senin , 27 Feb 2017
|
Hadir
|
|
28
|
selasa , 28 Feb 2017
|
Hadir
|
|
29
|
|
|
|
30
|
|
|
|
31
|
|
|
|
No
|
Tanggal
|
Kehadiran
|
Keterangan
|
1
|
rabu , 01 Mar 2017
|
Hadir
|
|
2
|
kamis , 02 Mar 2017
|
Hadir
|
|
3
|
jum'at , 03 Mar 2017
|
Hadir
|
|
4
|
sabtu , 04 Mar 2017
|
Hadir
|
|
5
|
minggu , 05 Mar 2017
|
|
Libur
|
6
|
senin , 06 Mar 2017
|
Hadir
|
|
7
|
selasa , 07 Mar 2017
|
Hadir
|
|
8
|
rabu , 08 Mar 2017
|
Hadir
|
|
9
|
kamis , 09 Mar 2017
|
Hadir
|
|
10
|
jum'at , 10 Mar 2017
|
Hadir
|
|
11
|
sabtu , 11 Mar 2017
|
|
Kesekolah
|
12
|
minggu , 12 Mar 2017
|
|
Libur
|
13
|
senin , 13 Mar 2017
|
Hadir
|
|
14
|
selasa , 14 Mar 2017
|
Hadir
|
|
15
|
rabu , 15 Mar 2017
|
Hadir
|
|
16
|
kamis , 16 Mar 2017
|
Hadir
|
|
17
|
jum'at , 17 Mar 2017
|
Hadir
|
|
18
|
sabtu , 18 Mar 2017
|
Hadir
|
|
19
|
minggu , 19 Mar 2017
|
|
Libur
|
20
|
senin , 20 Mar 2017
|
|
Sakit
|
21
|
selasa , 21 Mar 2017
|
Hadir
|
|
22
|
rabu , 22 Mar 2017
|
Hadir
|
|
23
|
kamis , 23 Mar 2017
|
Hadir
|
|
24
|
jum'at , 24 Mar 2017
|
Hadir
|
|
25
|
sabtu , 25 Mar 2017
|
Hadir
|
|
26
|
minggu , 26 Mar 2017
|
|
Libur
|
27
|
senin , 27 Mar 2017
|
|
Ijin
|
28
|
selasa , 28 Mar 2017
|
|
Libur
|
29
|
rabu , 29 Mar 2017
|
Hadir
|
|
30
|
kamis , 30 Mar 2017
|
Hadir
|
|
31
|
jum'at , 31 Mar 2017
|
Hadir
|
|
No
|
Tanggal
|
Kehadiran
|
Keterangan
|
1
|
sabtu , 01 Apr 2017
|
Hadir
|
|
2
|
minggu , 02 Apr 2017
|
|
Libur
|
3
|
senin , 03 Apr 2017
|
Hadir
|
|
4
|
selasa , 04 Apr 2017
|
Hadir
|
|
5
|
rabu , 05 Apr 2017
|
Hadir
|
|
6
|
kamis , 06 Apr 2017
|
Hadir
|
|
7
|
jum'at , 07 Apr 2017
|
Hadir
|
|
8
|
sabtu , 08 Apr 2017
|
Hadir
|
|
9
|
minggu , 09 Apr 2017
|
|
Libur
|
10
|
senin , 10 Apr 2017
|
Hadir
|
|
11
|
selasa , 11 Apr 2017
|
Hadir
|
|
12
|
rabu , 12 Apr 2017
|
Hadir
|
|
13
|
kamis , 13 Apr 2017
|
Hadir
|
|
0 comments:
Posting Komentar