NAMA
SEKOLAH : SMK NEGERI 1 KINTAP
MATA
PELAJARAN : Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : 1.
Mengaktualisasikan
sikap dan perilaku wirausaha
KODE KOMPETENSI : A
ALOKASI WAKTU :
32 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|||||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||||
1.1 Mengidentifikasi sikap dan
perilaku wirausaha
|
· Disiplin, komitmen tinggi,
jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi
· Kebeberhasilan dan
kegagalan wirausahawan diidentifikasi
berdasarkan sikap dan perilakunya
dalam keseharian
|
· Pengertian kewirausahaan
· Karakteristik wirausahawan
yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif,
mandiri dan realitis
· Cara mengidentifikasi 10
kegagalan dan keberhasilan seseorang
berdasarkan karakteristik wirausahawan
|
· Menjelaskan pengertian
kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan
· Mengetahui dan
mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin,
komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam
kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa
· Mengetahui cara
mengidentifiikasi dan menerapkan 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang
berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam keseharian siswa di sekolah dan
lingkungan
· Menyimpulkan karakteristik
wirausahawan yang berhasil dan yang gagal
· Menghargai karya dan
pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri
|
· Tes tertulis
· Observasi/pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
· Hasil Penugasan dalam
bentuk portofolio
|
6
|
|
|
· Modul bahan ajar
· Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
· Laporan kinerja siswa yang
dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
· Buku referensi yang
relevan
|
|||
1.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu
ingin maju)
|
· Kerja prestatif (selalu
ingin maju) meliputi :
-
Kerja
ikhlas
-
Kerja
mawas >< emosional
-
Kerja
cerdas
-
Kerja
keras
-
Kerja
tuntas
|
· Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja
prestatif
· Perilaku kerja prestatif
(selalu ingin maju) meliputi:
- kerja ikhlas
- kerja mawas >< emosional
- kerja cerdas
- kerja keras
-
kerja
tuntas
· Prinsip
cara kerja prestatif
|
· Mengetahui pengertian, tujuaan dan manfaat
perilaku kerja prestatif
· Menjelaskan cara kerja
prestatif (selalu ingin maju)
· Menerapkan perilaku kerja
prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan
keluarga, sekolah & masyarakat :
-
Kerja
ikhlas
-
Kerja
mawas >< emosiosonal
-
Kerja
cerdas
-
Kerja
keras
-
Kerja
tuntas
|
· Tes tertulis
· Observasi/pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
· Hasil Penugasan dalam
bentuk portofolio
|
8
|
|
|
· Modul bahan ajar
· Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
· Laporan kinerja siswa yang
dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
· Buku referensi yang
relevan
|
|||
1.3 Merumuskan solusi masalah
|
· Masalah diidentifikasi,
dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri
· Kecakapan mengolah informnasi,
· Berpikir kreatif
· Kecakapan memecahkan masalah,
· Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja
· Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan
hasil analisis
|
· Pengertian masalah
· Teknik pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
· Membedakan masalah dan bukan masalah
· Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya
· Mencari dan menentukan alternatif pemecahan
masalah
· Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah
· Dampak dari pengambilan keputusan
|
· Mengetahui pengertian dan perbedaan masalah dan
bukan masalah
· Mengetahui teknik pemecahan masalah dan
pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas
keseharian di lingkungan keluarga,
sekolah dan masyarakat.
· Mengidentifikasi masalah dan mencari penyebab
terjadinya masalah
· Menentukan alternatif pemecahan permasalahan
|
· Tes tertulis
· Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
· Hasil penugasan dalam
bentuk portofolio
|
8
|
|
|
· Modul bahan ajar
· Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
· Buku referensi yang
relevan
|
|||
1.4 Mengembangkan semangat wirausaha
|
· Menciptakan daya saing
sesuai dengan instrumen penilaian
· Menciptakan sikap selalu
ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian
· Meningkatkan sikap
disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian
· Menumbuhkan kreativitas
dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian
|
·
Inovatif
·
Kreatifitas
·
Motivasi
·
Sikap bekerja efektif dan efisien
|
· Menjelaskan faktor-faktor
yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha
· Mengetahui
pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi
· Mengetahui prinsip-prinsip
kerja yang efektif dan efisien
· Menerapkan faktor pengaruh
semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan
|
· Tes tertulis
· Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
· Hasil penugasan dalam
bentuk portofolio
|
8
|
|
|
· Modul bahan ajar
· Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
· Buku referensi yang
relevan
|
|||
1.5 Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi
orang lain
|
· Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi
apapun juga
· Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap
tantangan
· Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam
berusaha
· Selalu bekerja, berjuang
dan berkorban
|
·
Faktor-faktor yang
menunjukkan komitmen tinggi
·
Menerapkan perilaku tepat
waktu
·
Menerapkan perilaku tepat
janji
·
Menerapkan kepedulian
terhadap mutu hasil kerja
·
Menerapkan komitmen tinggi
terhadap pengendalian diri
|
·
Mengetahui faktor-faktor
yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian
aktivitas
·
Menerapkan perilaku tepat
waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di lingkungan
sekolah maupun lingkungan
·
Menerapkan komitmen tinggi
terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan
·
Menerapkan komitmen tinggi
terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan
|
· Tes tertulis
· Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
· Hasil penugasan dalam
bentuk portofolio
|
8
|
|
|
· Modul bahan ajar
· Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
· Laporan kinerja siswa yang
dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
· Buku referensi yang
relevan
|
|||
Kintap, Juli
2016
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
S
u d i a n t o, SP Yusuf
wibisono, S.Pd.I
NIP.
19670121 199303 1 NIP.
SILABUS
NAMA
SEKOLAH : SMK
NEGERI 1 KINTAP
MATA DIKLAT : Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER : XII/ Ganjil
STANDAR KOMPETENSI : Mengelola Usaha Kecil/mikro
KODE KOMPETENSI : D
ALOKASI WAKTU : 32
x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
TM
|
PS
|
PI
|
SUMBER BELAJAR
|
|||||
4.1.Mempersiap-kan pendirian usaha
|
§ Pendirian usaha
dipersiapkan sesuai dengan proposal meliputi
:
-
izin
usaha
-
pemodalan
-
tempat
usaha/lokasi
-
fasilitas
dan bahan baku
-
SDM
-
administrasi
|
Menerapkan
isi proposal usaha dalam pendirian
usaha sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan
|
§
Mengetahui
prosedur pengurusan izin usaha baru
pada pihak yang berwenang
§
Membuat
sistem pengelolaan keuangan pada usaha
yang telah dibentuk
§
Menentukan
dan mengurus tempat usaha
§
Mengetahui
dan mampu mengadakan fasilitas dan bahan baku produksi
§
Merekrut
dan menempatkan SDM yang diperlukan sesuai dengan kegiatan usaha yang didirikan
§
Mempersiapkan
administrasi usaha yang diperlukan dalam kegiatan usaha
|
§
Tes
tertulis
§
Laporan
hasil penugasan dalam bentuk portofolio
§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
§
Simulasi
pendirian dan pelaksanaan kegiatan usaha
|
|
|
§
Profil
organisasi usaha
§
Modul
bahan ajar
§
Objek
nyata/real (tempat usaha/perusahaan,
§
Contoh
format-format pendirian dan perijinan usaha
§
Proposal
usaha
§
Buku-buku
analisis aspek pendirian usaha
§ Buku panduan CMUS (Cara
Memulai Usaha Sendiri)
|
|
4.2.Menghitung resiko menjalankan usaha
|
1. Melakukan analisis aspek
§
keuangan
§
potensi
pasar
§
produk
§
pelanggan
§
pesaing
§
bahan
baku/bahan produksi
2. Adanya data hasil analisis
|
§ Melakukan analisis data
dengan menggunakan pendekatan statistika seperti peluang, regresi, korelasi
§ Menyusun strategi yang sistematis untuk
menjalankan usaha
|
§ Mengetahui sistem analisis
data dengan menggunakan pendekatan statistika
§ Mengumpulkan,
mengelompokkan dan mengolah data dengan pendekatan statistika
§
Menyusun
strategi yang tepat untuk menjalankan usaha
|
§
Tes
tertulis
§
Laporan
hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
|
|
|
§
Profil
organisasi usaha
§
Modul
bahan ajar
§
Objek
nyata/real (tempat usaha/perusahaan,
§
Contoh
format-format pengolahan data dengan kuisioner
§
Buku-buku
analisis aspek pendirian usaha
§ Buku Panduan CMUS (Cara
Memulai Usaha Sendiri)
§
Aplikasi
Microsoft Excel
|
Kintap, Juli
2016
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
S
u d i a n t o, SP Yusuf
wibisono, S.Pd.I
NIP.
19670121 199303 1 007 NIP.
0 comments:
Posting Komentar