Minggu, 18 September 2016

Posted by Rumah Ratu On Minggu, September 18, 2016




 
NAMA SEKOLAH                :    SMK  NEGERI 1 KINTAP           
MATA PELAJARAN             :    Kewirausahaan           

KELAS/SEMESTER              :    X/1

STANDAR KOMPETENSI    :    1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
KODE KOMPETENSI           :    A
ALOKASI WAKTU                :    32 x 45 menit
 
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1  Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
     
·   Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi
·   Kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan   diidentifikasi berdasarkan sikap dan   perilakunya dalam keseharian
·   Pengertian kewirausahaan
·   Karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis
·   Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan
·   Menjelaskan pengertian kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan
·   Mengetahui dan mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa
·   Mengetahui cara mengidentifiikasi dan menerapkan 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam keseharian siswa di sekolah dan lingkungan
·   Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal
·   Menghargai karya dan pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri

·   Tes tertulis
·   Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·   Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
6


·   Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·   Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·   Buku referensi yang relevan
1.2  Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)



·   Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi :
-    Kerja ikhlas
-    Kerja mawas >< emosional
-    Kerja cerdas
-    Kerja keras
-    Kerja tuntas









·   Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif
·   Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi:
-    kerja ikhlas
-    kerja mawas >< emosional
-    kerja cerdas
-    kerja keras
-    kerja tuntas
·   Prinsip cara kerja prestatif



·   Mengetahui pengertian, tujuaan dan manfaat perilaku kerja prestatif
·   Menjelaskan cara kerja prestatif (selalu ingin maju)
·   Menerapkan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga, sekolah & masyarakat :
-    Kerja ikhlas
-    Kerja mawas >< emosiosonal
-    Kerja cerdas
-    Kerja keras
-    Kerja tuntas
·   Tes tertulis
·   Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·   Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
8










·   Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·   Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·   Buku referensi yang relevan
1.3  Merumuskan solusi masalah







·   Masalah diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri
·   Kecakapan mengolah informnasi, 
·   Berpikir kreatif
·   Kecakapan memecahkan masalah,
·   Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja
·   Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis
·   Pengertian masalah
·   Teknik  pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
·   Membedakan masalah dan bukan masalah
·   Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya
·   Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah
·   Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah
·   Dampak dari pengambilan keputusan

·   Mengetahui pengertian dan perbedaan masalah dan bukan masalah
·   Mengetahui teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas keseharian  di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
·   Mengidentifikasi masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah
·   Menentukan alternatif pemecahan permasalahan
·   Tes tertulis
·   Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·   Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
8


·   Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·   Buku referensi yang relevan
1.4  Mengembangkan semangat wirausaha
·   Menciptakan daya saing sesuai dengan instrumen penilaian
·   Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian



·   Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian
·   Menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian 
·        Inovatif
·        Kreatifitas
·        Motivasi
·        Sikap bekerja efektif dan efisien
·   Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha
·   Mengetahui pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi
·   Mengetahui prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien

·   Menerapkan faktor pengaruh semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan


·   Tes tertulis
·   Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio


·   Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
8


·   Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan


·   Buku referensi yang relevan
1.5  Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain
·   Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga
·   Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan
·   Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha
·   Selalu bekerja, berjuang dan berkorban
·   Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
·   Menerapkan perilaku tepat waktu
·   Menerapkan perilaku tepat janji
·   Menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja
·   Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri

·   Mengetahui faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas
·   Menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan
·   Menerapkan komitmen tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan 
·   Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan

·   Tes tertulis
·   Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·   Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
8


·   Modul bahan ajar
·   Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·   Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·   Buku referensi yang relevan












                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Kintap,    Juli  2016


                                               Mengetahui,                                                
                                               Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran



                                                                    
                                               S u d i a n t o, SP                                                                                                                                                                                                                               Yusuf wibisono, S.Pd.I
                                               NIP. 19670121 199303 1                                                                                                                                                                                                                  NIP.


















SILABUS
NAMA SEKOLAH                     :     SMK  NEGERI 1 KINTAP

MATA DIKLAT                         :     Kewirausahaan

KELAS/SEMESTER                   :     XII/ Ganjil

STANDAR KOMPETENSI         :     Mengelola Usaha Kecil/mikro

KODE KOMPETENSI                :     D
ALOKASI WAKTU                    :     32 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
TM
PS
PI
SUMBER BELAJAR
4.1.Mempersiap-kan pendirian usaha



§ Pendirian usaha dipersiapkan sesuai dengan proposal meliputi :
-    izin usaha
-    pemodalan
-    tempat usaha/lokasi
-    fasilitas dan bahan baku
-    SDM
-    administrasi

Menerapkan isi proposal usaha  dalam pendirian usaha sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan




§ Mengetahui prosedur pengurusan  izin usaha baru pada  pihak yang berwenang
§ Membuat sistem  pengelolaan keuangan pada usaha yang telah dibentuk
§ Menentukan dan mengurus tempat usaha
§ Mengetahui dan mampu mengadakan fasilitas dan bahan baku produksi
§ Merekrut dan menempatkan SDM yang diperlukan sesuai dengan kegiatan usaha  yang didirikan
§ Mempersiapkan administrasi usaha yang diperlukan dalam kegiatan usaha

§ Tes tertulis
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio
§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
§ Simulasi pendirian dan pelaksanaan kegiatan usaha

6


§ Profil organisasi usaha
§ Modul bahan ajar
§ Objek nyata/real (tempat usaha/perusahaan,
§ Contoh format-format pendirian dan perijinan usaha
§ Proposal usaha
§ Buku-buku analisis aspek pendirian  usaha
§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

4.2.Menghitung resiko menjalankan usaha



1.  Melakukan analisis aspek
§ keuangan
§ potensi pasar
§ produk
§ pelanggan
§ pesaing
§ bahan baku/bahan produksi
2.  Adanya data hasil analisis
§ Melakukan analisis data dengan menggunakan pendekatan statistika seperti  peluang, regresi, korelasi
§ Menyusun strategi yang sistematis untuk menjalankan usaha

§ Mengetahui sistem analisis data dengan menggunakan pendekatan statistika
§ Mengumpulkan, mengelompokkan dan mengolah data dengan pendekatan statistika
§ Menyusun strategi yang tepat untuk menjalankan usaha
§ Tes tertulis
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

8


§ Profil organisasi usaha
§ Modul bahan ajar
§ Objek nyata/real (tempat usaha/perusahaan,
§ Contoh format-format pengolahan data dengan kuisioner
§ Buku-buku analisis aspek pendirian  usaha
§ Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)
§ Aplikasi Microsoft Excel






                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Kintap,    Juli  2016


                                               Mengetahui,                                                
                                               Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran



                                                                    
                                               S u d i a n t o, SP                                                                                                                                                                                                                               Yusuf wibisono, S.Pd.I
                                               NIP. 19670121 199303 1 007                                                                                                                                                                                                           NIP.

0 comments:

Posting Komentar