Selasa, 04 Oktober 2011

Analisis Desain Pelatihan


Analisis Desain Pelatihan

Unmuh1.jpg
Oleh :
Arina Wahyuni (09110008)





JURUSAN TARBIYAH
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
2011


Mengacu fenomena saat ini, pada kepemimpinan dipemerintahan, banyak para pemimpin yang asal dalam menjalankan jabatan yang mereka miliki, mereka juga tidak bisa mengayomi masyarakatnya. Mereka hanya bersenang-senang dengan kedudukannya.
Melihat fenomena diatas, Dalam setiap organisasi membutuhkan sebuah pelatihan kepemimpinan untuk memberikan bekal pada setiap individu yang ingin terjun kedalam sebuah organisasi, karena ketika individu tersebut sudah berada dalan sebuah organisasi, harus bisa menjadi pemimpin yang ideal, yang bisa menjadi pemimpin yang dapat mengayomi anggotanya.
Mereka membutuhkan pelatihan agar mengetahui bagaimana memimpin yang benar, tidak hanya itu, agar mereka juga mengetahui apa saja yang harus dikerjakan dalam sebuah organisasi. Maka dari itu untuk menghindari hal-hal negatif dalam sebuah organisasi perlu diadakan pelatihan kepemimpinan, agar merekati  tahu memimpin yang benar itu seperti apa,dapat bertanggung jawab dan tidak meniru fenomena pemimpin yang ada dipemerintahan.
Observasi: wawancara
1.      Bagaimana pemimpin yang ideal menurut anda?
2.      Apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang pemimpin?
3.      Apakah sebelum seseorang itu masuk ke dalam sebuah organisasi memerlukan pelatihan terlebih dahulu? Alasan!
4.      Pelatihan seperti apa yang seharusnya diadakan untuk masuk ke sebuah organisasi?
5.      Apakah setelah dilakukan pelatihan, mereka akan menjadi pemimpin yang bisa bertanggung jawab?
Dari tiga responden observasi, salah satu dari mereka mengatakan bahwa pemimpin yang ideal ialah, pemimpin yang dapat melaksanakan kepemimpinannya dengan baik, seperti dapat mengayomi anggotanya, sedangkan dua orang lagi mengatakan bahwa pemimpin yang ideal itu pemimpin yang dapat bertanggung jawab.
Apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang pemimpin, mereka sepakat bahwa pemimpin harus bisa menjadi panutan untuk anggota atau masyarakat, dapat mensejahterakan masyarakat dan bertanggung jawab.
Sebelum masuk kedalam sebuah organisasi perlu diadakan pelatihan terlebih dahulu, untuk mengasah dan memberikan bekal kepada mereka yang ingin menjadi pemipin. Dan memberikan pengajaran agar menjadi pemimpin yang baik. Tidak hanya itu pemimpin juga harus mempunyai mental yang kuat sehingga perlu diadakan pelatihan.
Pelatihan yang harus diadakan ialah pelatihan yang mengasah kepemimpinan mereka, mulai dari kepemimpinan, sikap seorang pemimpim, problematika dalan organisasi, administrasi dalam organisasi,struktur dan pola organisasi dll.
Dua diantara responden mengatakan, kemungkinan besar mereka akan bisa bertanggung jawab setelah diadakan pelatihan, karena mereka sudah mengetahui teori- teori yang sudah diberikan ketika pelatihan. satu responden lagi mengatakan belum tentu, karena kembali lagi pada setiap individu masing-masing, jika mereka yang sudah melakukan mepemimpinan jiwanya tidak tergerak untuk bertanggung jawab maka mereka tidak akan melaksanakan amanahnya dngan baik.

Contoh:  organisasi yang membutuhkan pelatihan, misalnya pada lembaga intra dikampus, sebelum perekrutan pengurus, akan diadakan pelatihan kepemimpinan guna mengasah dan memberi bekal tentang kepemimpinan.
Latar belakang
Bagi pengurus sebuah organisasi yang berdiri di bawah lembaga Islam yang kental dengan tradisi dakwah dan kepemimpinan, maka sesungguhnya tidak akan pernah merasa puas, sebelum melihat masa depan yang cerah bagi para generasinya. Masa depan cerah itu indikasinya adalah mereka memiliki kekokohan pemahaman mereka tentang dakwah yang integral dan kemampuan memimpin umat dengan managerial yang handal.
Beriring besarnya hasrat untuk selalu memajukan kualitas diri bersama umat, serta segenggam harapan untuk memberi yang terbaik pada Allah swt., dan Rasul-Nya serta orang-orang yang beriman, maka untuk mempersiapkan generasi yang tangguh, yang siap membela kebenaran dengan cara yang benar, yang siap berdakwah, memimpin, dipimpin dan memberantas kedzaliman dengan ijin Allah swt. Sehingga menjadi manusia sesuai dengan tujuan penciptaan manusia yaitu menjadi pemimpin dimuka bumi.

Tujuan

Tujuan dari adanya pelatihan kepemimpinan ini antara lain; mendidik mahasiswa agar menjadi leader yang siap memimpin umat, membekali Mahasiswa Muslim agar mampu hidup mandiri dan bermental tangguh, menumbuhkan ukhuwah antar mahasiswa, antara peserta dan pengurus, demi terciptanya masa depan kelembagaan intra FAI yang solid, agar kampus ini menjadi wahana penempaan Tingkat Dasar bagi mahasiswa FAI dan sebagai pra syarat menjadi pemimpin Lembaga Intra FAI pada periode selanjutnya.

Sasaran
  1. Seluruh Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Target
            Adapun target yang ingin dicapai dalam pelaksanaan agenda ini adalah sebagai berikut:
1.      Terselenggaranya seluruh rangkaian kegiatan dengan lancar sesuai dengan perencanaan.
2.      Tersaringnya para calon pemimpin yang berjiwa tangguh dan siap memimpin umat.
3.      Terciptanya kultur Politik Islam dikalangan Mahasiswa UMM.
4.      Peserta mampu memahami semua materi dan siap mengaplikasikannya.
5.      Mempererat tali ukhuwah antar civitas akademika (khususnya peserta) di lingkungan UMM.


0 komentar:

Posting Komentar